Teknologi yang kini semakin berkembang pesat ternyata juga ikut berpengaruh terhadap dunia bisnis. Kini, pebisnis atau pelaku usaha harus bisa memanfaatkan dan menerapkan kecanggihan teknologi sebagai sarana untuk mempromosikan produknya. Tanpa melibatkan teknologi dalam kegiatan bisnis, maka sulit bagi bisnis tersebut untuk berkembang pesat. Salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk urusan bisnis adalah whatsapp bisnis. Fitur instant messenger yang satu ini hadir untuk memudahkan para pelaku bisnis dalam usaha mereka. Apa saja kelebihan dan kekurangan whatsapp bisnis terbaru?

Mengenal Apa Itu WhatsApp Business


WhatsApp Bisnis
(Sumber: topcareer.id)

WhatsApp sebelumnya hanya dikenal sebagai aplikasi untuk berbagi pesan secara gratis menggunakan data internet. Sekarang, fungsi WhatsApp bukan hanya itu saja. Melalui WhatsApp bisnis, para pebisnis akan lebih mudah terhubung dengan para konsumen atau pelanggan.

Jadi, WhatsApp Business sebenarnya adalah aplikasi yang khusus diperuntukkan untuk para pelaku bisnis, baik untuk perusahaan kecil sampai perusahaan besar sekali pun. Dengan WhatsApp Business ini, maka kegiatan berkomunikasi dengan para konsumen akan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga : Memahami Bisnis Multi Level Marketing dan Imbal Hasil Bisnis

Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messenger Biasa


Sebelum membahas tentang apa saja kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business, akan lebih baik jika mengetahui apa perbedaan WhatsApp Business dari WhatsApp Messenger. Berikut adalah beberapa perbedaan keduanya:

1. Logo dan Fitur

Perbedaan yang pertama terletak pada logo yang digunakan. WhatsApp Business menggunakan logo berupa huruf ‘B’ dengan latar warna hijau khas WhatsApp. Hal ini berbeda WhatsApp Messenger yang menggunakan logo bergambar telepon. Meskipun warnanya masih sama-sama hijau, namun logo keduanya adalah berbeda.

2. Menu Setting

Pilihan pada menu setting juga memiliki perbedaan. Pada WhatsApp Business, ada pilihan menu bernama Business Setting. Pada menu tersebut, pengguna bisa mengatur isi profil bisnis, jam operasional, deskripsi bisnis, alamat email, alamat website, hingga lokasi bisnis yang dihubungkan dengan Google Maps.

3. Tanda Centang Hijau

Umumnya, pada Instagram dan Twitter hanya akun terverifikasi saja yang bisa mendapatkan centang biru. Nah, pada WhatsApp Business ini menggunakan tanda centang berwarna hijau sebagai bentuk akun terverifikasi. Jika sebuah nomor WhatsApp memiliki tanda ini, maka artinya nomor tersebut adalah resmi milik suatu bisnis atau perusahaan.

Inilah Berbagai Kelebihan WhatsApp Business


(Sumber: wajiralfa.blogspot.com)

WhatsApp bisnis tentunya menawarkan banyak sekali kelebihan. Nah, berikut ini adalah aneka kelebihan WhatsApp Business:

1. Bisa Menambahkan Nomor Telepon Lain

Keunggulan WhatsApp bisnis yang pertama adalah bisa menambahkan nomor kantor atau nomor telepon rumah sekaligus. Pengguna bisa menggunakan nomor tersebut hanya dalam satu genggaman gadget saja.

Dengan keunggulan ini, maka pengguna bisa lebih mudah untuk memisahkan akun bisnis dengan akun pribadi yang diperlukan untuk kepentingan personal. Dengan begitu, maka percakapan yang sifatnya personal tidak akan tumpang tindih dengan pesan atau percakapan dalam bisnis.

Selain itu, hal ini juga dapat membuat bisnis yang dikelola terlihat lebih profesional. Apalagi, WhatsApp Business menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memasang profile perusahaan dan deskripsi produk dengan jelas, sehingga akan menjadi nilai lebih bagi perusahaan tersebut di mata konsumen.

2. Fitur Balas Pesan Otomatis

WhatsApp bisnis mempunyai fitur yang sangat canggih, yaitu bisa membalas pesan konsumen secara otomatis. Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah, yaitu hanya dengan menyetel fitur balasan pesan otomatis pada menu setting.

Fitur ini akan berjalan ketika nomor WhatsApp bisnis mendapatkan pesan berupa pertanyaan-pertanyaan dari para konsumen. Fitur balas cepat memungkinkan pengguna hanya perlu menulis satu hingga dua kata saja untuk mengetik beberapa kalimat.

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Dropnshop dan Bagaimana Pengaturan Sistem Kerjanya

Sebagai contoh jika pengguna ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada para customer. Nah, dalam hal ini yang perlu dilakukan yaitu hanya menulis kode seperti  “/terima kasih” saja. Kemudian, kata-kata ucapan terima kasih yang lebih panjang akan langsung dari pengaturan yang dilakukan sebelumnya. Jadi, tidak perlu mengetik dan menulis panjang.

Lebih menarik lagi karena WhatsApp Business ternyata menyediakan tiga fitur sekaligus sebagai pilihan pesan otomatis. Berikut adalah fungsi dari tiga fitur tersebut:

  • Away message adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membalas pesan para pelanggan secara otomatis. Jadi, sekali pun pengguna sedang sibuk, namun tetap dapat menjawab berbagai pertanyaan dari konsumen.
  • Greeting message yaitu sebuah fitur yang memungkinkan pengguna dapat menyambut dan menyapa para pelanggan baru dengan membalas pesan mereka secara otomatis. Fitur ini akan sangat memudahkan proses promosi produk baru ke semua pelanggan.
  • Quick replies merupakan fitur untuk membalas pesan pelanggan yang memberikan pertanyaan sama. Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan membuat sejumlah pesan yang kemungkinan akan banyak dipertanyakan oleh para konsumen mengenai produk bisnis tersebut. Ketika ada pesan pelanggan yang masuk, pengguna cukup dengan menekan simbol (/) atau garis miring, lalu secara otomatis akan langsung muncul quick replies yang sebelumnya telah dibuat. Dengan fitur ini, tentunya bisa menghemat banyak waktu.

3. Fitur Statistik Pesan

WhatsApp Business bisa digunakan untuk memantau pesan masuk dan pesan terkirim. Caranya adalah dengan menggunakan fitur statistik pesan yang tersedia pada aplikasi ini. Bukan hanya itu, WhatsApp Business juga menyediakan fitur untuk mengelompokkan pesan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah dalam mengelompokkan pesan seperti pesan baru, pesanan terbayar, pesanan yang masih menunggu bayaran, hingga pesanan yang sudah selesai dikirimkan.

4. Fitur Migrasi Percakapan

Kelebihan WhatsApp Business yang selanjutnya adalah layanan Migrasi Percakapan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer chat atau pesan dari satu perangkat ke perangkat lain. Migrasi pesan seperti ini tentunya sangat penting sekali. Apalagi untuk perusahaan yang benar-benar memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai sarana berkomunikasi dengan para pelanggan.

5. Fitur Label Chat

Fitur ini memungkinkan pengguna dapat membuat kategori pelanggan. Caranya adalah dengan memberikan label dengan warna yang berbeda-beda. Contohnya jika ada customer baru, maka pengguna dapat menandai akun pelanggan baru tersebut dengan warna tertentu. Fitur label chat ini sangat bermanfaat untuk mengkategorikan pelanggan, misalnya pelanggan baru, pelanggan lama, dan kategori lainnya.

Kekurangan WhatsApp Business


WhatsApp Bisnis
(Sumber: bloggermuntilan.com)

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, namun WhatsApp bisnis ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Jika pada WhatsApp Messenger pengguna dapat mengganti nama dengan mudahnya, maka kemudahan ini tidak bisa dirasakan ketika menggunakan WhatsApp bisnis.

Baca Juga : Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda

Pengguna WhatsApp bisnis ternyata tidak dapat melakukan perubahan terhadap nama akun bisnis. Maka dari itu, perlu dipertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk membuat nama akun bisnis. Pastikan untuk menentukan nama akun yang benar-benar tepat karena nantinya nama tersebut sudah tidak bisa diubah lagi.

Saat menggunakan aplikasi whatsApp bisnis, pengguna masih dapat mengakses WhatsApp Messenger. Sayangnya, pengguna tidak dapat memakai nomor telepon yang sama. Jika pengguna telah mendaftarkan nomor telepon pada WhatsApp Messenger, kemudian menggunakan kembali nomor tersebut pada akun WhatsApp Business, maka nantinya pengguna tidak dapat mengakses WhatsApp Messenger. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan nomor yang berbeda.

WhatsApp Business adalah sebuah aplikasi yang diperuntukkan untuk orang-orang yang tengah menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Beragam fitur pada whatsApp bisnis terbaru jelas dapat mempermudah para customer untuk mendapatkan informasi tentang bisnis tersebut. Selain itu, komunikasi dengan para pelanggan pun akan lebih mudah, cepat, dan hemat waktu.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.