Membaca pasar dan produk pesaing serta melakukan riset pasar atas peluang usaha yang menjanjikan di masa depan saja tidaklah cukup untuk dijadikan sebagai modal dalam memulai suatu usaha. Dibutuhkan pula keuletan dan konsistensi dari pelakunya hingga akhirnya bisnis tersebut bisa sukses dan banyak dikenal orang. Menyinggung soal prospek, apa saja ya ide usaha yang paling menjanjikan di era modernisasi ini?

Peluang Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

1. Barbershop

Peluang usaha ini mensyaratkan pelakunya memiliki keahlian khusus dalam memotong rambut. Pun dengan penguasaan gaya-gaya rambut yang sedang tren di suatu waktu, baik untuk perempuan maupun pria.

Menekuni usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Pelakunya hanya memerlukan peralatan cukur, biaya promosi awal, dan ruko atau bangunan sebagai tempat praktek pemotongan rambut.

Baca Juga: Tips dan Cara Sukses Memulai Bisnis Barbershop untuk Pemula

2. Henna

Sejak beberapa waktu belakangan, melukis anggota tubuh dengan henna banyak dilakukan. Beberapa event penting seperti pernikahan dan pertunangan lagaknya tak pernah absen dari penggunaan jasa lukis henna ini. Tentu hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha potensial di masa mendatang.

Dan lagi, jenis usaha ini tidak membutuhkan modal terlalu besar. Dimana pebisnis hanya membutuhkan keterampilan untuk melukis tubuh manusia dan beberapa alat henna yang bisa diperoleh dengan harga sekitar puluhan ribu hingga ratusan ribu saja.

3. Paper Flower

Jenis usaha paper flower bisa ditekuni bagi pebisnis yang memiliki bakat dan minat dalam bidang dekorasi. Umumnya, bisnis ini akan ramai dengan konsumen yang sedang mempunyai hajat seperti halnya lamaran, ulang tahun, atau berbagai acara syukuran lainnya.

4. MUA (Make-Up Artist)

MUA (Make-Up Artist)
(Sumber: Topcareer.id)

Dengan mengandalkan minat dan bakat pengusaha dalam memoles wajah seseorang menjadi lebih tegas nan sempurna, bisnis Make-Up Artist umumnya menyasar pelanggan untuk penggunaan jasa make-up pernikahan, lamaran, wisuda, pre wedding, undangan, atau lainnya.

5. Desain Grafis

Seiring dengan berkembangnya teknologi internet, beberapa jenis pekerjaan bisa dilakukan secara online. Mulai dari perusahaan kecil hingga besar, hampir semuanya sudah mulai mengembangkan laman perusahaan agar dapat menjangkau pasar digital yang lebih luas sekaligus meningkatkan eksistensi dari perusahaan itu sendiri.

Sayangnya, tidak semua perusahaan memiliki karyawan yang cakap dengan bidang desain grafis mumpuni. Padahal, desain grafis banyak diperlukan untuk pengiklanan perusahaan, pembuatan logo, banner, website desain, hingga UI pada suatu aplikasi. Tentu hal ini bisa menjadi ladang bisnis menjanjikan bagi pebisnis yang paham soal desain grafis.

6. Sewa Dekorasi Photobooth

Zaman dimana masyarakatnya banyak menggunakan sosial media sebagai ajang unjuk diri membuat beberapa acara diharuskan menyediakan booth instagenic bagi para pengunjungnya. Mulai dari event tasyakuran hingga pernikahan, hampir semuanya memiliki stand photobooth tersendiri di salah satu sisi ruang. Tak ayal jika kemudian usaha sewa dekorasi photobooth masuk dalam ide usaha rumahan yang sangat menjanjikan.

7. Membuka Jasa Terjemahan

Tak perlu menyewa bangunan atau membuat produk out of the box yang jarang dipasarkan, membuka jasa terjemahan bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Dengan kemampuan berbahasa asing yang mumpuni, pebisnis dapat mendaftar ke situs-situs freelance resmi guna memperoleh pendapatan tambahan.

8. Katering

Bagi pengusaha yang tinggal di kota-kota besar, membuka bisnis katering masih jadi peluang usaha yang menjanjikan untuk digeluti. Mengingat makanan dari katering kerap menjadi solusi bagi para pekerja kantoran di jam makan siang, acara keluarga, dan bahkan acara pernikahan.

Agar tidak terasa monoton, cobalah untuk mengembangkan beberapa menu yang ditawarkan. Misalnya saja dengan memberikan katering khusus dengan menu makanan sehat, menu ibu menyusui, menu yang ramah vegetarian, atau yang lainnya.

Baca Juga: Contoh Bisnis Makanan Ringan Unik Belum Ada Pesaing

9. Sewa Kasur

Sewa Kasur
(Sumber: Graha288.com)

Tidak banyak dilirik orang, bahkan beberapa diantaranya masih menganggap bisnis ini tabu untuk dilakukan. Padahal, sebuah perusahaan dengan sewa kasur sebagai jasanya mengklaim bahwa mereka mampu menghasilkan omset hingga Rp 2,1 miliar per tahunnya.

Agar dapat membuka bisnis sewa kasur, pebisnis perlu mempersiapkan beberapa model kasur lengkap dengan moda transportasi untuk mengantarkan barang tersebut ke tempat pelanggannya. Selain itu, sediakan pula website resmi yang bisa menginformasikan tentang detail produk, info perusahaan, pun dengan detail diskon dan promo.

10. Food Truck

Di luar negeri, model berbisnis kuliner dengan menggunakan truk biasa digunakan oleh pengusaha es krim. Sementara di Indonesia, hampir semua jenis usaha makanan dan minuman telah mengadopsi model bisnis satu ini.

Alih-alih mengeluarkan banyak anggaran untuk menyewa ruko yang semakin mencekik setiap bulannya, kenapa tak langsung merombak kendaraan yang dimiliki menjadi sebuah food truck sederhana nan kekinian?

11. Budidaya Ikan

Budidaya ikan diyakini bisa menjanjikan masa depan cerah di desa. Terlebih bila pasar yang berada di sekitar kawasan pebisnis masih minim pemasok ikan.

Upaya paling krusial yang perlu dilakoni pelaku budidaya ikan ialah mencari tahu distributor dan agen yang mau menerima pasokan ikan dalam jumlah cukup.

Tak lupa, pebisnis harus melakukan riset atas kekuatan pasar dan bagaimana patokan harga untuk tiap jenis ikan. Adapun beberapa jenis ikan yang biasa laris di pasaran ialah ikan nila, betutu, belut, lele, gurame, kepiting, galah, oscar, louhan, cupang, arwana, rainbow fish, dan lain-lain.

12. Cuci Sepatu

Cuci Sepatu
(Sumber: Winnetnews.com)

Sadarkah pebisnis jika selama ini sebagian besar masyarakat Indonesia masih merasa malas untuk mencuci sepatunya sendiri?

Ini adalah kesempatan yang bagus bagi pebisnis untuk memulai usaha cuci sepatu. Dimana modal utama dari bisnis ini adalah peralatan cuci, sabun cuci khusus sepatu, dan air bersih.

Baca Juga: Jenis-Jenis Barang yang Cocok Dijual Online dan Laris Manis

13. Ternak Kroto

Kroto sejatinya merupakan semut rangrang yang memiliki harga sangat mahal di pasarnya. Hal ini diakibatkan lantaran persediaan kroto di alam lepas sudah sangat sedikit.

Telur semut kroto sendiri nantinya akan digunakan sebagai pakan burung dan ikan. Kabarnya, untuk 1 kilogram kroto, harga yang ditawarkan bisa mencapai Rp 150 ribuan.

Ide usaha ternak kroto pada dasarnya sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan membuat rak dan tata toples sebagai tempat bertelur. Umumnya, pebisnis akan memperoleh 1 sampai 2 ons telur kroto untuk setiap toplesnya. Sedangkan periode panen ternak kroto sendiri dilakukan setiap 15 hingga 20 hari, bergantung pada metode perawatan yang digunakan.

14. Jual Beli Barang Antik

Meski terkesan jadul dan banyak diabaikan, nyatanya penjualan barang antik bisa menjadi usaha yang menjanjikan di masa mendatang.

Disadari atau tidak, masih saja ada orang yang antusias saat membeli barang antik seperti motor, mobil, mainan, vas bunga, dan banyak lainnya.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini tidaklah selalu besar. Pebisnis bisa memulainya dengan menjajakan beberapa barang antik yang nilainya tak terlalu tinggi. Seiring dengan perkembangan usaha, produk yang dijual bisa lebih divariasikan dan diperbanyak jumlahnya.

Dari beberapa daftar usaha yang menjanjikan di masa depan di atas, manakah yang paling menarik untuk dijajal?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.