Usaha warkop mulai menjadi fenomena yang sudah tersebar mulai dari pedesaan sampai perkotaan  mulai dari yang memakai wifi sampai yang modern, bagaimana sich cara bisnis dan keuntungannya?

Menjamurnya usaha warkop mungkin merupakan peluang bisnis yang bisa dilakukan. Apalagi Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, yang tentunya memiliki berbagai macam kopi. Indonesia juga merupakan negara yang memiliki remaja paling tinggi di dunia. Dan remaja masa kini mulai menikmati minuman kopi, yang bisa dijadikan target konsumen. Nah, sebelum memulai usaha warung kopi. Ketahui cara memulainya.

Baca Juga: Rahasia Trik Buka Bisnis Kopi Agar Meraup Keuntungan Besar dengan Cepat

Tips Mulai Usaha Warkop

Memulai membuka bisnis memanglah tidak mudah. Apalagi yang tidak memiliki latar belakang pebisnis. Tapi tidak ada yang tak mungkin jika sudah ada tekat mau berusaha dan belajar. Untuk itu, sebelum memulai , ketahui langkah-langkah membuka usaha warkop. Simak caranya di bawah ini.

1. Buatlah Rencana Bisnis

Semua usaha bisnis tidak bisa berjalan tanpa rencana. Untuk itu sebelum memulai usaha warung kopi, buatlah rencana bisnisnya. Misalnya menentukan konsep yang nantinya akan ditawarkan. Siapa saja target pasarnya, apakah itu remaja atau pebisnis. Jangan lupa periksa pesaing di sekitar tempat rencana usaha. Lalu strategi promosi yang harus dilakukan. 

Untuk konsep merupakan hal paling penting ketika membuka usaha warkop. Agar mudah diingat, buatlah konsep yang berbeda dengan yang lainnya. Contohnya dalam bentuk pennyajian kopi.

2. Cari Tempat yang Strategis

Cari tempat yang strategis
(Sumber : Liputan6.com)

Ketika memulai usaha pasti mencari tempat yang strategis. Karena tempat usaha merupakan salah satu faktor keberlangsungan bisnis. Carilah tempat ramai orang lalu lalang, yang sering dilewati kendaraan. Ketahui juga masyarakat sekitarnya. Dan jangan lupa untuk melihat keamanan dan kebersihan tempat usaha. Pastikan tempat usaha relatif tinggi untuk menanggulangi ketika hujan besar datang. Semua itu demi kenyamanan konsumen. 

3. Gunakan Hiasan Eksterior dan Interior

Meskipun bukan faktor utama, tapi hiasan untuk usaha warkop juga bisa menentukan kenyamanan konsumen. Adanya hiasan yang berbeda bisa menarik konsumen baru. Untuk mencari ide, bisa melihat di internet, atau menyusuri beberapa warung kopi modern yang sudah sukses dan besar. Karena mungkin salah satu rahasia sukses mereka ada di hiasan eksterior dan interior.

4. Manfaatkan Promosi Lewat Sosial Media

Promosi paling efektif bisa melalui sosial media, karena bisa menaikkan popularitas usaha warung kopi. Manfaatkan sosial media orang-orang terkenal. Misalnya youtuber atau influencer. Buatlah konten-konten menarik. Bisa juga mengajak pelanggan untuk ikut mempromosikan dengan berikan gratis minuman kopi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Barang yang Laku Dijual Di Teras Depan Rumah

5. Cari Pemasok Kopi Terbaik

Cari pemasok kopi terbaik
(Sumber : Bisnis.tempo.co)

Karena ini adalah usaha warkop, maka kopi juga menjadi penentu. Carilah kopi yang berkualitas dari pemasok yang terpercaya. Ada baiknya lakukan uji coba ke beberapa pemasok kopi untuk menemukan kopi yang pas di hati. Carilah terlebih dahulu pemasok yang lokasinya tidak jauh dari tempat usaha, dengan tujuan meminimalisir pengeluaran ongkos kirim. 

6. Pelajari Tentang Pembukuan dan Keuangan

Ketika memulai untuk berbisnis, perlu mempelajari pengetahuan tentang pembukuan. Modal yang dibutuhkan di awal berbisnis adalah ketekunan ketelitian. Selain itu bisa dipelajari secara perlahan lewat internet melalui kelas-kelas bisnis. 

7. Tentukan Target Konsumen

Target konsumen harus ditentukan dahulu sebelum konsep digunakan. Karena setiap konsumen memiliki selera berbeda. Misalnya targetnya adalah remaja, maka konsep tempatnya yang bisa digunakan adalah lebih cheerful dan colorfull. Untuk menunya pun pakai yang kekinian. Jika targetnya adalah pebisnis, maka gunakan konsep tempatnya lebih tertutup dengan penerangan yang baik. Sediakan camilan ringan dan menambah varian teh. 

8. Tidak Putus Asa dan Selalu Semangat Belajar

Memulai untuk usaha warkop memang melelahkan. Tapi jangan pernah putus asa karena usaha yang dilakukan dimulai dari nol. Teruslah belajar untuk memperbaiki kualitas. Berikan pelayanan terbaik pada konsumen. 

Itulah tips yang bisa digunakan ketika memulai usaha warkop. Memang tidak mudah tapi jika berhasil akan menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Apalagi bisnis ini mulai dilirik karena keuntungannya. Tinggal memilih buka warung kopi modern atau warung kopi sederhana. Keduanya memang sama-sama menjual kopi tapi memiliki konsep yang berbeda. Dan tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Usaha Warkop Sederhana

Berbeda dengan warkop modern, usaha warkop sederhana memiliki segmen menengah ke bawah. Jika diamati, usaha warung kopi sederhana memiliki daya tarik ekonomi bagi pemiliknya. Apalagi usaha ini juga menjanjikan. Berikut kelebihan usaha warung kopi sederhana.

1. Murah Meriah

Berbeda dengan warkop modern, harga minuman di warkop sederhana lebih terjangkau. Dengan harga empat ribuan sudah bisa menikmati kopi. Bukan hanya itu saja, agar pelanggan lebih betah, pemilik akan menyediakan wifi gratis atau televisi. Pelanggan juga bisa menikmati menu lain, misalnya nasi bungkus, mie goreng, atau camilan lainnya yang tentunya harganya tidak membuat kantong bolong.

2. Menghasilkan Keuntungan yang Tinggi

Karena hampir semuanya dijual dengan harga murah, maka penghasilan yang didapatkan juga tinggi. Minimal laba yang didapatkan antara 350 – 500 ribu jika keadaan sepi. Jika ramai maka laba yang didapatkan bisa lebih. Itulah yang membuat usaha warkop diminati banyak orang.

Baca Juga: Bisnis untuk Mahasiswa Pemula Anak Kuliah Tahun Pertama Semester 1

3. Budaya Masyarakat

Budaya masyarakat
(Sumber : Tek.id)

Masyarakat Indonesia terkenal dengan budayanya yang ramah tamah, suka berinteraksi dengan yang lainnya meskipun tidak kenal. Maka adanya warung kopi bisa digunakan untuk bersantai atau berinteraksi dengan orang lain. Bisa janjian dengan teman atau hanya berkenalan dengan orang baru. 

4. Sebagai Media Promosi

Karena usaha warkop atau warung kopi tempat berkumpulnya banyak orang, maka tepat sekali jika digunakan sebagai media promosi makanan, minuman, atau lainnya. Dan itu bisa menambah penghasilan bagi pemilik usaha. 

5. Dibuka Non Stop 24 Jam

Ada beberapa usaha warung kopi dibuka 24 jam non stop. Biasanya letaknya di keramaian, misalnya terminal, komplek pabrik, stasiun, dan lainnya. Pemilik usaha cukup memperkerjakan satu atau dua karyawan agar bisa buka non stop. Bisa dibayangkan keuntungan yang didapatkan pemilik warkop. 

6. Tidak Butuh Tempat Luas

Meskipun tempatnya kecil masih bisa digunakan untuk usaha warkop. Tidak seperti warkop modern yang harus tempat yang besar. Cukup sediakan bangku dan meja panjang untuk tempat duduk para pelanggan. Hemat biaya kan!

Kelebihan di atas bisa dijadikan acuan bagi yang ingin membuka usaha warkop sederhana. Bukan hanya itu saja, ada beberapa hal yang harus disediakan ketika membuka warung kopi sederhana.

  • Kopi hitam. Jangan lupa sediakan gula juga
  • Kopi sachet dengan berbagai merk dan rasa
  • Berbagai minuman rasa-rasa
  • Gorengan, bisa dibuat sendiri atau disuplai dari orang lain
  • Nasi bungkus
  • Wifi gratis, sebagai penarik khusus 
  • Meja dan kursi panjang
  • Ventilasi yang cukup
  • Pilih tempat yang tepar

Dari sembilan hal yang harus disediakan, masih ada hal lain yang harus dipakai. Diantaranya ramah pada pelanggan, selalu jaga kebersihan, suasana nyaman, dan lain sebagainya. Jadi, jangan ragu untuk memulai, karena usaha warkop ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Selamat mencoba.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.