9 Cara Memulai Usaha Travel Umroh, Tips dan Profitnya Pasti Untung

Usaha Travel Umroh

Usaha travel umroh menjadi salah satu ide usaha yang menarik untuk dipertimbangkan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari banyaknya jumlah jamaah umroh di Indonesia yang selalu mengalami kenaikan. Dalam memulai usaha seperti ini, ternyata bukan hanya bisa dilakukan oleh yang sudah berpengalaman saja.

Akan tetapi, bagi para pemula yang tertarik di bidang travel umroh juga bisa memulainya. Hanya saja bagi yang belum berpengalaman, maka sebaiknya memulai usaha travel umroh dengan menjadi agen maupun membuka cabang travel umroh terlebih dahulu. Hal ini juga bisa sekaligus menjadi pembelajaran.

Cara Memulai Bisnis Travel Umroh

Usaha Travel Umroh
(Sumber: wk-travel.co.id)

Bisnis travel umroh tentunya mampu memberikan keuntungan yang gemilang. Hanya saja untuk memulainya Anda perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit. Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memulai usaha ini.

Tentunya Anda tidak ingin usaha yang dimulai tersebut dianggap sebagai travel umroh ilegal, bukan? Maka dari itu, cobalah untuk memulainya dengan cermat dan hati-hati. Pahami pula berbagai macam persyaratan yang harus dipenuhi untuk memulai usaha ini seperti:

  1. Pastikan bahwa Anda bisa mengurus SIUP terlebih dahulu.
  2. Pastikan Anda sudah mempunyai NPWP.
  3. Jangan sampai lupa mengurus TDP.
  4. Lakukan pengurusan izin biro perjalanan wisata yang sudah diterbitkan oleh Kemenpar.
  5. Jadilah anggota ASITA. ASITA merupakan kependekan dari Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies.
  6. Jadilah anggota IATA. IATA adalah singkatan dari International Air Transport Association.
  7. Urus keperluan izin biro perjalanan dari haji dan umroh dari Kemenag.
  8. Untuk perizinan bisnis travel umroh dan haji, maka Anda perlu memberikan deposito awal senilai Rp.100.000.000,00.
  9. Pastikan bahwa Anda sudah mengurus surat izin untuk mendirikan usaha travel umroh dan haji.

Tips Memulai Usaha Travel Umroh

Untuk memulai usaha travel seperti ini tentu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Cobalah untuk memulai bisnis travel umroh dengan menerapkan beberapa tips berikut.

Baca Juga : Rahasia Bisnis Jilbab: Cara Memulai, Strategi dan Kelemahan

1. Persiapkan Modal Usaha

Guna memulai usaha, tentu membutuhkan persiapan modal yang cukup terlebih dahulu. Tanpa terkecuali usaha travel khusus umroh seperti ini. Siapkan modal setidaknya mencapai Rp.200.000.000,00 guna membuka biro travel.

Modal sampai Rp.200.000.000,00 tersebut bisa dialokasikan untuk beberapa keperluan penting dalam membuka usaha travel ini diantaranya:

  • Deposito awal untuk memulai bisnis travel umroh minimal sebesar Rp.100.000.000,00.
  • Melakukan sewa tempat usaha yang strategis.
  • Melakukan pengadaan alat perlengkapan kantor.
  • Deposito ke maskapai penerbangan, hotel, katering dan sebagainya.
  • Mengurus perizinan umroh.
  • Mencetak banner, brosur dan keperluan marketing lainnya.
  • Cadangan gaji untuk para karyawan.
  • Biaya tambahan seperti biaya darurat dan sejumlah hal kecil lainnya.

2. Persiapan Tempat Usaha

Jika Anda merupakan pemula dalam melakoni bisnis travel umroh, maka cobalah untuk mempersiapkan tempat usaha terbaik. Akan tetapi, jangan gegabah untuk berinvestasi properti terlebih dahulu. Alih-alih demikian, justru ada baiknya Anda membangun tempat usaha sendiri.

Bukan hanya hemat biaya saja, akan tetapi hal tersebut juga lebih menghemat waktu Anda. Namun, jika Anda ingin menyewa tempat maka sebaiknya sewalah tempat yang tidak terlalu besar. Yang terpenting bisa menjangkau bisnis Anda.

3. Persiapan Awal Pembukaan Kantor

Sebelum memulai bisnis travel umroh, maka penting sekali untuk meluruskan niat. Terlebih di bisnis seperti ini. Cobalah untuk berpikir bahwa bisnis tersebut bukan hanya urusan uang dan keuntungan saja melainkan juga dilandasi dengan orientasi ibadah.

Hal tersebut nantinya akan berdampak baik bagi keberlangsungan usaha Anda. Ketika melakoni usaha, Anda juga bisa lebih tenang dan tekun. Dengan landasan itu pula Anda bisa terus menjalankan bisnis dengan hati-hati.

4. Persiapan Kepengurusan Legalitas dan Perizinan Usaha

Anda tentu tidak bisa memulai bisnis travel umroh tanpa mengurus legalitas atau perizinan usaha terlebih dahulu. Usaha apapun tentunya membutuhkan perizinan yang sesuai dengan standar. Apalagi usaha seperti travel umroh.

Anda tidak akan pernah bisa menjalani bisnis travel umroh tanpa mengantongi izin sah dari Kemenag sebagai PPIU. Di samping itu, Anda juga perlu mengurus legalitas lainnya seperti pendirian PT, NPWP, perizinan lokasi usaha dan sebagainya. Usahakan perizinan Anda benar-benar lengkap.

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Jastip? Sistem, Strategi dan Cara Memulai

5. Rekrut SDM yang Sudah Berpengalaman

Merekrut karyawan yang sudah berpengalaman tentunya bisa membuat usaha Anda selangkah lebih maju lagi. Tentunya Anda tidak mungkin mengurus biro umroh sendiri, bukan? Satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar usaha tersebut bisa sedikit lebih maju adalah dengan merekrut karyawan berpengalaman.

Cobalah rekrut karyawan yang berpengalaman dalam bidang keuangan, customer service hingga humas dan marketing. Dengan merekrut orang-orang berpengalaman pastinya akan membuat Anda semakin hemat waktu dan biaya training karyawan baru.

6. Mulailah Lakukan Promosi

Dalam memulai usaha apa saja tentu setelah persiapan semua siap, maka hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah promosi. Lakukan promosi secara maksimal sehingga nantinya orang-orang bisa tahu tentang usaha yang Anda lakoni.

Semangatlah untuk mendapatkan jamaah pertama Anda dengan memperkuat tim marketing yang handal. Jangan ragu untuk mempromosikan usaha Anda ke berbagai instansi hingga gencar berpromosi ke berbagai sosial media.

7. Ciptakan Halaman Website Profesional

Membuat usaha travel umroh tentu membutuhkan halaman website yang profesional. Di zaman serba digital seperti ini tentu kurang afdol rasanya jika mendirikan usaha tanpa membuat halaman website profesional.

Menciptakan halaman website sangat penting demi bisa menunjukkan eksistensi usaha Anda. Bila perlu gunakan saja software khusus travel umroh agar Anda dapat mendokumentasikan seluruh transaksi dengan baik.

Meningkatkan Profit Bisnis Travel Umroh

Usaha Travel Umroh
(Sumber: Wikimedia.org)

Profit merupakan keuntungan bersih yang bisa diperoleh dari suatu usaha. Ketika Anda menjalani usaha travel khusus umroh seperti ini tentunya ingin mendapatkan profit yang tinggi, bukan? Untuk itu terapkan beberapa langkah berikut agar Anda bisa meningkatkan profit bisnis tersebut secara maksimal.

Baca Juga : Syarat dan Prosedur Mendirikan SPBU Pertamina Lengkap

1. Tingkatkan Biaya Transaksi

Dalam rangka meningkatkan profit bisnis travel umroh, maka Anda bisa memulainya dengan meningkatkan biaya transaksi. Semakin banyak jamaah yang terbang umroh menggunakan jasa Anda, tentu semakin besar pendapatan Anda. Profit Anda pasti akan semakin meningkat.

2. Kurangi Cost Per Jamaah

Berikutnya Anda bisa mengurangi cost per jamaaah. Hal ini sebetulnya tergantung dengan bagaimana dan seperti apa cara Anda untuk menekan biaya. Misalnya, Anda bisa mengurangi cost per jamaah dengan meningkatkan jumlah jamaah.

3. Tingkatkan Ongkos Umroh

Terakhir, Anda dapat meningkatkan profit bisnis travel umroh dengan meningkatkan ongkos umroh. Cobalah untuk menaikkan biaya per jamaah sehingga penghasilan Anda pun akan meningkat nantinya. Namun, jika Anda ingin menaikkan biaya per jamaah pastikan bisa memberikan pelayanan yang prima.

Memulai usaha travel umroh rupanya bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Hanya saja sebagai pebisnis travel umroh pemula, Anda mesti mengawalinya dengan mendirikan agen umroh terlebih dahulu. Bangunlah citra usaha yang baik dan lakukan promosi secara maksimal.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like