Serba-Serbi Usaha Toko Plastik : Prospek, Peluang, dan 5 Strategi Utamanya

Salah satu kunci dalam berwirausaha adalah menciptakan produk yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak hanya bisnis makanan saja, bisnis usaha toko plastik juga akan selalu dibutuhkan, bahkan untuk segala bidang industri.

Usaha ini termasuk dalam salah satu yang terpopuler, seperti usaha pop ice. Hanya saja, pelaku usaha dari bisnis ini tentu tak serama di bidang usaha lainnya

Toko plastik sendiri bukanlah hal yang mudah ditemukan. Maka dari itu, persaingannya bisa dibilang sangat minim. Namun, tentu kalian harus bisa memikirkan cara agar toko kalian terlihat lebih menarik dibandingkan dengan toko lainnya.

Seperti yang kalian tahu, kehidupan kita serasa tak pernah lepas dari plastik. Tak hanya di minimarket saja, di pasar tradisional pun, semua orang menggunakan plastik untuk membawa belanjaan mereka. Target pasar yang sangat luas membuat prospek usaha ini terlihat menarik. 

Baca Juga : Jenis Bisnis Modal 5 Juta yang Masih Sangat Prospektif

Selain daripada plastik biasa, toko plastik biasanya akan menjual berbagai barang yang terbuat dari plastik, seperti mebel plastik, mangkok, ataupun peralatan dapur lain yang terbuat dari plastik. Bahan plastik sendiri dinilai lebih aman dan awet untuk digunakan.

Tapi dibalik ini semua, bagaimana sih prospek usaha ini yang sebenarnya?

Prospek Usaha Toko Plastik

Usaha Toko Plastik
(Sumber : jateng.tribunnews.com)

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, usaha ini terlihat begitu menarik karena akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Barang yang anda jual sudah pasti akan dibeli oleh orang lain. Asalkan, toko yang kalian miliki menjadi rujukan utama atau top of mind di masyarakat sekitar lingkungan kalian tinggal.

Selain itu, plastik tidak memiliki kadaluarsa. Maka dari itu, meskipun kalian menyetok banyak plastik, tidak ada rasa khawatir yang berlebih.

Namun tetap saja, pengawasan gudang mutlak hukumnya, karena plastik sendiri merupakan bahan yang mudah terbakar. Selain kebakaran, kalian harus menjaga stock barang dari gangguan serangga yang bisa membuat bahan plastik berlubang.

Selebihnya, prospek usaha plastik ini bisa dibilang cukup menarik, terlebih lagi, pada saat ini toko plastik masih belum begitu menjamur.

Apa Saja Faktor yang Harus Dipertimbangkan

Nah, apabila kalian sudah mulai tertarik untuk menekuni usaha ini, ada beberapa faktor yang harus dipertiumbangkan terlebih dahulu. Seperti bentuk usaha lainnya, usaha toko plastik juga perlu perencanaan yang matang. Mari kita simak satu persatu.

1. Pasar

Sebelum menentukan produk plastik yang akan dijual, ada baiknya jika kalian sudah mendapat bayangan mengenai pasar seperti apa yang akan dituju. Ada beberapa pilihan pasar yang umum untuk usaha ini, seperti industri, rumah makan, konveksi, hotel, dan cafe.

2. Tentukan Produk Sesuai Jenis Pasar

Nah, kebutuhan akan plastik di setiap pasar tentu berbeda-beda. Di pasar industri misalnya, jenis plastik yang sering dicari adalah HDPE, PE, PP, ataupun PVC. Sementara itu, untuk konveksi atau garmen, mereka sering menggunakan Polybag, HDPE, PP, OPP, dan PE.

Baca Juga : Rahasia Sukses Cara Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

3. Lokasi

Jenis lokasi yang terbaik untuk usaha toko plastik ini adalah tempat yang ramai dilewati orang, seperti pinggir jalan raya, pasar, maupun pusat pertokoan. Pastikan akses jalan menuju toko kalian mudah dikunjungi orang lain.

Tips Menjalankan Usaha Toko Plastik

Usaha Toko Plastik
(Sumber : tambelan.com)

Untuk bisa membangun sebuah usaha dalam bidang jual beli plastik ini, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti. 

1. Tips Memilih Lokasi yang Sesuai

Lain halnya dengan bisnis yang berkeliling seperti bisnis ketoprak, kalian harus menemukan tempat atau lokasi yang benar-benar pas. Seperti yang telah dikatakan di atas, lokasi yang paling pas untuk usaha ini adalah area yang ramai. Dalam hal ini adalah area pusat perbelanjaan maupun pasar. Lakukan survei terlebih dahulu untuk menemukan area yang potensial.

Potensial yang kami maksudkan adalah area yang ramai, namun tidak sengit persaingannya. Artinya, kalian bisa memanfaatkan potensi pasar secara maksimal tanpa bersaing dengan toko lain yang mungkin sudah ada terlebih dahulu.

Apabila kalian memilih untuk mendirikan toko di pinggir jalan, pastikan jalan nya selalu dilalui penduduk, bukan jalanan yang sepi. Pinggir jalan raya terlihat cukup menjanjikan.

Tapi, sekali lagi pastikan jika jalan tersebut bukanlah area industri pabrik yang selalu dilalui kendaraan-kendaraan besar. Selain polusi kebisingan, potensi pengunjung akan menurun, mengingat area nya tidak terlalu nyaman untuk dikunjungi.

Apabila kalian tinggal di desa, cobalah dirikan toko baru di area perkotaan atau pinggirnya saja. Prospek konsumen di area pedesaan tidak semenguntungkan di kota-kota. Maka dari itu, mulai pertimbangkan besaran modal yang cukup untuk mendirikan atau menyewa toko.

2. Cara Mendapatkan Distributor Terpercaya

Tentu saja, distributor sangat berperan penting dalam kemajuan toko kalian. Selain bisa selalu menyetok barang lewat tangan pertama, kerja sama dengan distributor biasanya akan berujung pada tawaran harga yang istimewa.

Meski terlihat begitu menarik, banyak orang yang tak mengerti bagaimana cara mencari pihak distributor yang bisa diajak bekerja sama. Padahal, di era yang serba modern ini mencari distributor terpercaya pun bisa sangat mudah.

Yang hanya kalian perlu lakukan adalah menggunakan Google. Ya, semudah itu.

Dengan bantuan Google, kalian bisa menemukan distributor terpercaya di area kalian, lengkap dengan alamat dan nomor telepon (jika dicantumkan). Tinggal masukkan saja keyword  “distributor plastik di…(area kalian)”.

Hanya sebentar saja, akan muncul hasil beberapa distributor yang bisa kalian hubungi. Kalian tinggal menghubungi saja dan mulai membandingkan harga. Carilah harga yang paling menarik untuk kerja sama yang lebih panjang.

Selain harga, perhatikan juga faktor kualitas plastiknya. Jangan sampai barang yang kalian punya menimbulkan kesan yang jerek dan buruk.

3. Menambahkan Nilai Lebih

Kunci dari sebuah usaha hanya satu, hubungan dengan pelanggan yang harmonis. Meski terdengar seperti mimpi, untuk bisa mendapatkannya tidak sepenuhnya mustahil kok.

Kalian bisa menawarkan nilai lebih agar toko yang kalian punya terasa lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya. Kalian bisa mengaplikasikan tips di bawah ini:

  • Tawarkan harga yang tidak terlalu mahal. Harga yang terlewat mahal hanya membuat pelanggan kalian pergi
  • Apabila harga barang lumayan mahal, tawarkan promo seperti buy 1 get 1
  • Selalu perhatikan kualitas barang dagangan, jangan berikan pelanggan barang dengan kualitas yang buruk
  • Perhatikan juga kenyamanan toko kalian. Pastikan toko kalian nyaman untuk disinggahi
  • Kalian bisa menawarkan bonus pada pelanggan pertama atau pelanggan yang sudah pernah membeli di toko kalian sebelumnya

4. Layani Pembeli dengan Baik

Usaha Toko Plastik
(Sumber : kaderbisnis.com)

Seperti yang kalian sudah ketahui, pembeli adalah raja. Jadi, anggaplah setiap pembeli adalah raja kalian. Layani mereka dengan baik, dan jangan lupakan 3S (Senyum, Sapa, Salam). Pastikan untuk menyambut mereka dengan pakaian yang rapi dan tidak serampangan.

Apabila kalian sudah memiliki karyawan, pastikan karyawan bisa bersikap sopan pada pelanggan. Hal ini akan bisa berimbas pada penjualan kalian. Apabila dibarengi dengan kualitas yang baik serta toko yang nyaman, keuntungan akan meningkat dengan sendirinya.

Apabila ditekuni, bisnis ini juga bisa berperan sebagai salah satu usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga.

5. Tips Pemasaran Usaha Toko Plastik

Teknik pemasaran dalam usaha plastik tentu berbeda dengan usaha lainnya. Toko plastik perlu market yang lebih spesifik, jadi mau tidak mau kalian harus melakukan sedikit upaya yang lebih.

Salah satunya adalah dengan mengunjungi toko-toko atau warung. Buatlah hubungan konsinyasi dengan mereka, atau mudahnya dengan “menitipkan barang”.

Aturlah harga dan keuntungan yang disepakati. Meski tidak bisa menjaring beberapa toko sekaligus, kalian bisa mendapatkan hubungan tetap yang harmonis dengan langkah ini.

Datangi juga pengusaha UKM yang biasanya membutuhkan banyak sekali plastik sebagai wadah produk mereka. Atur harga semenarik mungkin untuk mereka, sehingga kalian bisa selalu menyetok persediaan plastik apabila dibutuhkan.

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Buka Usaha Jus Buah Kekinian Paling Laris

Metode ini juga bisa digunakan untuk mencari pelanggan tetap yang akan selalu membutuhkan barang kalian. 

Jualan online pun bisa dilakukan dengan menjual plastik kalian di berbagai marketplace yang ada. Tanpa ada biaya tambahan, kalian sudah bisa menjaring target pasar baru lewat online.

Itulah tadi beberapa tips usaha toko plastik yang bisa kami bagikan untuk memulai usaha ini. Dengan mengaplikasikan tips-tips di atas, diharapkan kalian bisa mulai membangun usaha jual beli plastik ini dengan baik.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like