5 Tips Sukses Memulai Usaha Toko Listrik

Usaha Toko Listrik

Jika memiliki ruang kosong di rumah, Anda dapat memanfaatkannya untuk dijadikan usaha toko listrik. Berbeda dengan makanan, peralatan listrik cenderung tahan lama sehingga Anda bisa menyimpan produk listrik dengan aman.

Supaya lebih lengkap, Anda juga bisa menambah layanan pembelian pulsa atau pembayaran listrik di toko. Semakin lengkap layanan yang diberikan, pembeli juga akan senang bertransaksi di toko listrik milik Anda.

Tips Membuka Usaha Toko Listrik

Bagi yang masih bingung apa saja yang perlu diperhatikan saat membuka toko listrik, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan. Beberapa tips dalam membuka usaha toko listrik antara lain:

Baca Juga : 7 Tips Jitu Bisnis Rental Komputer dan Print Laris Manis

1.   Menjalin Kerja Sama dengan Supplier

Usaha Toko Listrik
(Sumber: Pxhare.com)

Saat Anda berencana membuka bisnis toko listrik, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mencari supplier berkualitas dan menjalin kerja sama. Tentu saja, Anda harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan supplier tersebut. 

Tujuannya supaya ketika Anda memerlukan barang, pihak supplier dapat menyediakannya. Keuntungan dari menjalin kerjasama dengan supplier juga memberikan kesempatan untuk memperoleh potongan harga dan endorsement dari supplier dalam bentuk banner atau lainnya.

2.   Stok Barang Secukupnya untuk Beberapa Barang Tertentu

Ketika sudah membuka toko listrik, Anda tidak perlu stok barang dalam jumlah yang sangat banyak. Lebih baik sediakan barang dalam jumlah stok yang sedikit namun lengkap. 

Apabila Anda menerapkannya, saat ada orang yang memerlukan peralatan listrik bisa mendapatkan di toko Anda. Alasan lainnya adalah alat listrik berbeda dengan sembako, sehingga orang hanya memerlukan peralatan listrik saat perlu diganti saja. 

Daripada stok barang yang terlalu banyak, lebih baik modal yang dimiliki digunakan untuk membeli beberapa produk lainnya. Walaupun peralatan listrik banyak diperlukan, namun orang hanya memerlukannya di waktu-waktu tertentu.

3.   Akurat dan Lengkap

Jika toko Anda lengkap, tentu saja pelanggan juga akan merasa senang berbelanja keperluan listrik di toko milik Anda. Kadang-kadang juga ada beberapa konsumen mencari produk yang sulit untuk dijumpai di toko. 

Apabila Anda bisa menyediakan barang yang diperlukan konsumen, tentu saja konsumen merasa senang dan kemungkinan akan mempromosikan toko Anda kepada orang lain. Harapannya toko listrik Anda semakin dikenal dan ada banyak orang yang membeli peralatan listrik di toko milik Anda.

4.   Pembeli adalah Raja

Usaha Toko Listrik
(Sumber: Freepik.com)

Ketika Anda menjadi seorang konsumen, pasti mengharapkan pelayanan yang bagus dari suatu toko. Dari pemikiran tersebut, Anda harus paham bahwa pembeli merupakan raja. Usahakan untuk selalu melayani pembeli dengan ramah dan baik. 

Perlu diketahui, bahwa setiap orang yang datang ke toko Anda memiliki karakter yang beragam. Beberapa orang suka bertanya tetapi tidak jadi membeli, namun ada juga pembeli yang langsung mengatakan barang yang diperlukan. 

Mungkin Anda juga akan bertemu dengan pembeli yang suka marah dan menyalahkan Anda karena barang yang dicari tidak tersedia. Oleh karena itu, sebagai pemilik usaha Anda harus bisa beradaptasi dengan karakter orang yang bermacam-macam. 

Seperti apapun karakter pembeli yang datang ke toko, Anda harus bisa melayaninya dengan baik. Pelayanan yang ramah dan baik akan membuat pembeli merasa dilayani dengan baik dan nyaman. Bahkan pada beberapa kejadian juga pembeli bisa menjadi seorang pelanggan karena menyukai keramahan Anda.

5.   Harga Miring dan Terjangkau

Memang ada banyak toko listrik, namun bagaimana caranya membuat toko listrik Anda ramai pembeli? Jawabannya adalah dengan menjual barang atau peralatan listrik dengan harga miring dan terjangkau. 

Mungkin Anda bertanya, apakah menjual peralatan listrik dengan harga yang miring bisa menghasilkan keuntungan? Tentu saja bisa, bahkan bisa jadi keuntungan yang diperoleh lebih banyak dan stabil, karena barang yang dijual lebih banyak. 

Jika menjual barang dengan harga yang tinggi dan berharap bisa mendapatkan keuntungan yang besar, pembeli akan berpikir ulang sebelum membeli barang di toko Anda. Akhirnya, hanya ada satu atau dua orang saja yang mau membeli. 

Namun, jika Anda memutuskan untuk menjual barang dengan harga yang lebih rendah meskipun selisih Rp 500 saja, pembeli akan menilai bahwa toko listrik Anda lebih murah dibandingkan yang lain.

Baca Juga : 7 Tips Sukses Bisnis Pakan Ternak untuk Pemula

Alat Listrik yang Diperlukan dalam Rumah Tangga

Usaha Toko Listrik
(Sumber: Justdial.com)

Ada banyak peralatan listrik yang bisa Anda jual, namun tentu saja beberapa peralatan listrik lebih banyak dibutuhkan dibandingkan peralatan lainnya. Berikut ini beberapa alat listrik yang perlu Anda sediakan di toko listrik, yaitu:

  • Saklar
  • Stop kontak
  • Fitting lampu
  • Steker
  • Ballast lampu
  • Pengaman listrik
  • Meteran listrik
  • Kabel listrik
  • Multi plug
  • Pengaman thermal
  • Pengaman lebur
  • Pelindung instalasi listrik

Keuntungan Usaha Toko Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini listrik bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer, karena hampir seluruh aktivitas yang dilakukan memerlukan listrik sebagai penunjang. Alasan tersebut membuat usaha toko listrik menjadi peluang usaha yang patut dicoba. Beberapa keuntungan dari usaha membuka toko listrik, yaitu:

1.   Peralatan Listrik adalah Barang yang Sangat Diperlukan

Melihat banyaknya pembangunan yang dilakukan membuat kebutuhan terhadap peralatan listrik juga semakin meningkat. Setiap rumah maupun gedung pasti memerlukan peralatan listrik. Keuntungan yang diperoleh dari penjualan peralatan listrik sangat bergantung pada besarnya toko dan pemasaran yang dilakukan.

Hal terpenting adalah bahwa Anda bisa menjual peralatan listrik yang sangat banyak diperlukan oleh orang-orang. Misalnya lampu, saklar, dan kabel sehingga keuntungan dari toko listrik bisa segera dirasakan.

2.   Tidak Banyak Saingan

Walaupun peralatan listrik adalah barang yang diperlukan, namun hingga saat ini toko peralatan listrik belum terlalu banyak dibandingkan dengan toko lainnya seperti kios pulsa. Hal ini menjadi peluang tersendiri sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan yang semakin besar. 

Untuk memaksimalkan keuntungan dan unggul dibandingkan pesaing, Anda harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Apabila Anda mampu memberikan pelayanan yang baik, maka toko bisa menjadi tujuan utama orang yang memerlukan peralatan listrik.

Baca Juga : Rahasia Strategi Pemasaran Jasa Laris Manis dan Terbukti

3.   Bisa Dilakukan dalam Skala Kecil

Salah satu keuntungan dari menjual peralatan listrik adalah bisa dilakukan dalam skala kecil. Sehingga, untuk memulainya Anda tidak perlu menyewa tempat yang terlalu besar dan stok barang dalam jumlah yang terlalu banyak. 

Untuk membuat toko listrik Anda terlihat lebih menarik dan lengkap, Anda harus bisa menata produk peralatan listrik secara baik. Untuk memaksimalkan penjualan, Anda juga bisa memasarkan secara online.

4.   Untung Penjualan yang Cukup Besar

Ternyata, hasil penjualan peralatan listrik bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Apalagi jika Anda membuka toko listrik di desa, karena masih jarang toko listrik yang ada sehingga masyarakat akan membeli di toko Anda. 

Untuk memperoleh keuntungan secara maksimal, tentu Anda harus bisa menghitungnya secara cermat. Coba bandingkan harga dengan toko lainnya dan lihat apa saja kelebihan yang Anda miliki dibandingkan dengan toko lain. 

Beberapa kelebihan yang tidak bisa ditemukan di toko pesaing akan membuat Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Walaupun sebelumnya tidak begitu memahami mengenai peralatan listrik, Anda bisa mempelajarinya sambil berjualan. Jika toko listrik yang dibuka tidak terlalu besar, Anda juga tidak memerlukan karyawan karena masih bisa dilakukan sendiri.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like