7 Strategi Membuka Usaha Toko Elektronik Untuk Mencapai Sukses

usaha toko elektronik

Seiring berkembangnya perekonomian, industri bisnis pun juga ikut mengalami imbasnya. Menciptakan bentuk usaha yang akan selalu dibutuhkan orang seperti usaha toko plastik bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Salah satu contoh lain adalah usaha toko elektronik. Tentu saja, semua orang pasti membutuhkan barang elektronik.

Untuk terjun dalam dunia usaha elektronik, tentu ada banyak hal yang harus kalian ketahui. Tak hanya terbatas pada modal saja, pengetahuan selalu menjadi salah satu kunci kesuksesan usaha. Di kota besar dengan persaingan yang kuat, kalian harus bisa berhasil mengalahkan kompetitor.

Baca Juga : Tertarik Membuat Usaha Pop Ice? Berikut 7 Tips yang Bisa Kamu Coba!

Kalian harus berperang dengan strategi kalian sendiri, dengan menggunakan strategi membuka usaha toko elektronik ini. 

Apabila kalian tertarik untuk membuka jenis usaha ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Strategi Membuka Usaha Toko Elektronik

usaha toko elektronik
(Sumber : kerjausaha.com)

1. Selalu Tambah Pengalaman dan Pengetahuan

Samal halnya dengan cara jualan di Line Shopping, kalian harus tetap update dengan berita-berita terkini. Kalian harus bisa mengisi kepala dengan segala informasi mengenai bentuk usaha elektronik ini.

Dengan adanya media elektronik, kalian bisa mulai mendapatkan info dari video Youtube tentang informasi gadget terbaru, kelebihan sebuah smartphone, beberapa smartphone terbaik di rentang harga tertentu, dan lain-lain.

Pastikan bahwa kalian memiliki added value yang membuat toko kalian lebih terlihat lebih informatif dari toko lainnya. Dengan begitu, pelanggan bisa percaya dengan kalian, dan mulai mencari rekomendasi barang elektronik sesuai dengan apa yang kalian ketahui.

2. Pastikan Produk Apa yang Akan Dijual

Langkah usaha toko elektronik yang kedua adalah fokus produk Seperti yang kalian tahu, barang elektronik itu sangat luas dan banyak jenisnya. Kompor elektrik dan handphone, sama-sama barang elektronik. Magic com dan laptop, juga sama-sama barang elektronik. 

Tidak lucu bukan apabila kalian menawarkan laptop, tapi juga menyertakan peralatan elektronik rumah tangga? Maka dari itu, fokus dari bentuk produk yang ditawarkan sangatlah penting.

Jual barang-barang elektronik sesuai dengan lokasi toko kalian. Laptop atau HP akan sangat laku apabila dijual di area perkantoran, sekolah, atau kampus. Sebaliknya, peralatan rumah tangga akan lebih cocok apabila dijual di dekat areal perumahan atau yang padat penduduk.

3. Kumpulkan Modal

usaha toko elektronik
(Sumber : Youtube.com)

Modal adalah urat nadi dalam bisnis. Tanpa adanya modal, kita sebagai pelaku usaha tidak bisa berbuat banyak.  Maka dari itu, sangatlah penting bagi kalian untuk memiliki modal terlebih dahulu sebelum memulai mendirikan usaha. 

Selain daripada menabung dan melakukan pinjaman uang, kalian bisa mulai mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. 

4. Pertimbangkan Mencari Supplier yang Terpercaya

Supplier menjadi salah satu pihak yang terpenting. Dimana kalian akan mendapatkan stok barang jika tidak dari supplier?

Supplier disini tidak hanya yang menguntungkan dari harga saja, tapi juga dalam bekerja sama. Menjaga hubungan yang baik sangatlah penting, karena kalian pasti akan membutuhkannya dalam jangka panjang.

Tentu saja, salah satu penyetok barang yang terbaik adalah distributor, penyalur stok dari produsen. Untuk bisa mencari pihak distributor yang terpercaya, kalian hanya perlu menggunakan bantuan Google saja.

Masukkan keywords “distributor elektronik terbaik di kota…”, maka akan ada beberapa hasil yang muncul. Kalian tinggal survei sendiri, kira-kira manakah distributor yang paling baik untuk kalina.

Cara lain yang bisa kalian gunakan adalah mengimpor barang langsung dari China. Seperti yang kalian tahu, China merupakan negara penghasil elektronik terbesar di dunia, dengan biaya yang super murah.

Baca Juga : Prospek dan 6 Tips Usaha Spare Part Mobil yang Bisa Dipraktekkan

Kalian dapat memanfaatkan hal ini dengan menggunakan aplikasi seperti Alibaba.com untuk mengetahui dan mencair penjual barang-barang elektronik yang kalian inginkan. Di aplikasi ini ada ribuan barang elektronik yang dijual murah, pilihlah mana saja yang terbaik. 

Selain mendapat barang yang kalian mau, kalian juga bisa mendapatkan harga yang terbaik lewat tawar menawar dengan penjual. Lakukan hal ini untuk mendapatkan harga yang paling pas, dari segi kualitas dan kantong kalian.

5. Pilih Lokasi yang Terbaik

Tidak hanya lokasi yang bagus, kalian butuh lokasi yang terbaik dari semuanya. Pemilihan lokasi sangatlah penting bagi kalian yang ingin berdedikasi untuk mendirikan toko offline

Lokasi yang paling sesuai untuk jenis usaha toko elektronik ini adalah yang ramai dengan penduduk. Lokasinya harus cocok dengan barang apa yang akan kalian jual, seperti yang sudah kami sampaikan tadi di atas.

Apabila kalian tinggal di pedesaan, kalian bisa mulai mencari tempat ruko di area perkotaan yang seringkali dipenuhi oleh masyarakat. Titik lokasi yang ramai berbeda-beda, tergantung pada kota mana kalian tinggal.

Maka dari itu, sempatkan untuk melakukan survei ke tempat-tempat yang potensial. Lakukan langkah serupa dalam waktu mingguan untuk mendapatkan keyakinan yang lebih kuat.

Perhatikan tempat sekitar, jangan sampai tempat kalian dikelilingi oleh para kompetitor, karena tingkat persaingan akan sangatlah sulit nantinya.

6. Dirikan Toko Online

Tentu cara ini terlihat lebih approachable daripada mendirikan toko offline. Dengan metode ini, kalian bahkan bisa mendapatkan pembeli tanpa modal mendirikan tempat sekalipun. Diluar modal uang, yang hanya kalian butuhkan adalah laptop, handphone, dan koneksi internet.

Dengan mengandalkan marketplace yang sedang naik daun, kalian pun dapat ikut masuk dalam arus tren. Penjualan online bisa menjadi opsi yang sangat menarik untuk dimanfaatkan, terutama di masa pandemi seperti ini. 

Gunakan saja marketplace lokal yang terkenal, dan mulai pasarkan barang di sana. Apabila dibutuhkan, kalian juga bisa mengaplikasikan cara berjualan di ebay. Karena selain menggunakan kesempatan di pasar lokal, kalian juga bisa meraup keuntungan dari pasar internasional.

Baca Juga : 6 Ide Bisnis Jualan di Mobil yang Patut Untuk Dicoba

Jangan takut akan persaingan yang tinggi. Dengan membawakan added value melalui diskon ataupun voucher gratis ongkir, toko kalian bisa jadi yang utama di mata pelanggan. Pastikan untuk menjaga dan mempertahankan keramahan dan kredibilitas pada saat melayani pembeli.

Mengapa? Karena dua hal ini sangatlah penting dalam berjualan online. Untuk barang elektronik, pastikan juga memberikan garansi dan diskon harga yang menarik. 

7. Aplikasi Strategi Marketing yang Efektif

usaha toko elektronik
(Sumber : reztaoshella.files.wordpress.com)

Apabila semua sudah siap, kini kalian tinggal menyiapkan cara untuk promosi saja. Strategi marketing yang tepat sangat dibutuhkan untuk jenis usaha apapun. Agar bisa membuat toko online kalian ramai, kalian bisa menggunakan blog atau website untuk bisa lebih dekat dengan calon pelanggan.

Gunakan ilmu SEO agar website kalian bisa terus mencapai posisi puncak. Jangan lupa juga untuk menggunakan sosial media yang kerap digunakan orang seperti Instagram atau Facebook. Punya ide unik untuk memasarkan produk? Gunakan juga Tiktok untuk menggapai pasar yang lebih muda.


Itulah beberapa strategi membuka usaha toko elektronik yang bisa kalian aplikasikan sekarang. Membangun sebuah usaha, apalagi usaha elektronik, memang bukanlah hal yang mudah untuk disepelekan. Tapi dengan semangat dan konsistensi, kalian pun bisa mencapai sukses dengan cara ini.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like