7 Cara Membangun Usaha Toko Bunga yang Praktis dan Efisien

Usaha toko bunga

Sekarang adalah jamannya startup dan wirausaha untuk bersinar. Semua orang ingin ikut serta dalam memulai sesuatu yang baru, revolusioner, dan menakjubkan, yang dapat membantu mereka menghasilkan uang serta membuat perbedaan bagi kehidupan orang-orang. Selain daripada bisnis kayu, salah satunya adalah bisnis usaha toko bunga.

Bisnis ini adalah salah satu contoh model bisnis yang terbaik karena tidak memerlukan banyak investasi untuk memulainya. Dengan kemudahan dan keuntungan ini, siapa saja bisa memulai membangun bisnis ini. 

Baca Juga : Macam-Macam Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Untung

Usaha ini juga tidak membutuhkan keahlian teknis yang harus bersertifikasi. Yang kalian butuhkan hanyalah semangat dan motivasi untuk bisa berhasil dan mengatasi beberapa rintangan yang mungkin akan menghadang perjalanan bisnis kalian. 

Selain itu, sekarang bunga sedang dibutuhkan dimana-mana. Tidak hanya terbatas pada pernikahan atau acara khusus saja, sekarang bahkan rapat perusahaan, hingga dekorasi rumah pun membutuhkan bunga yang menawan. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa bunga telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita akhir-akhir ini.

Nah, sebelum masuk pada strategi usahanya, mari kita simak bagaimana prospek usaha toko bunga ini.

Prospek Toko Bunga / Florist

Usaha Toko Bunga
(Sumber: alamatjalan.com)

Sudah bukan berita lama bila bunga tidak akan lekang oleh waktu dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengekspresikan emosi kita. Bagaimana tidak, bunga-bunga kerap hadir pada hampir tiap perayaan, termasuk Hari Ibu, Valentine, dan bahkan pada saat perayaan kelahiran bayi.

Bunga yang erat kaitannya dengan emosi dan peristiwa mungkin merupakan alasan mengapa industri toko bunga telah berkembang pesat selama beberapa dekade dan mengapa kebutuhannya masih tetaplah kuat.

Menjalankan bisnis toko bunga berarti membutuhkan berjam-jam, kerja yang keras, dan kebutuhan untuk mengamankan image kita di mata klien. Pengetahuan yang baik tentang media sosial dan semangat kreativitas dapat membantu bisnis kalian untuk berkembang. 

Untuk menjalankan bisnis apapun, sudah tentu jika kalian harus mencintai apa yang kalian lakukan. Jika kalian mempertimbangkan untuk menjalankan bisnis toko bunga, maka kecintaan pada bunga dan bisnis adalah kuncinya.

Kalian harus bersedia melakukan tugas-tugas berat untuk menuai hasilnya. Inilah yang perlu kalian ketahui jika sedang berpikir untuk memulai, memiliki, atau menjalankan bisnis toko bunga.

Hal yang Harus Dipertimbangkan

Usaha Toko Bunga
(Sumber : anekabunga.com)

Operasi sehari-hari bisnis toko bunga akan bervariasi tergantung pada jenis bisnis toko bunga yang ingin kalian jalankan. Namun, usaha ini membutuhkan kerja keras dan waktu yang sangat pagi-pagi sekali. 

Kalian harus pergi ke pasar bunga paling cepat pukul 4.30 pagi, untuk mendapatkan bunga dengan kualitas terbaik. Ini juga berarti kalian akan bekerja berjam-jam, sebagian besar toko bunga buka dari jam 8 pagi sampai 6 sore. 

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Mendapatkan Uang dari Google Maps Terbaru

Selain itu, karena industrinya, kemungkinan besar kalian akan perlu bekerja lebih keras untuk semua hari yang penting seperti Hari Ibu, Hari Valentine, dll. Jika kalian ingin menyediakan bunga untuk acara-acara seperti pernikahan dan pesta, maka kalian juga akan perlu mempersiapkannya. Yang jelas, kalian perlu menginvestasikan waktu dalam merancang tata letak agar produk kalian bisa terlihat menarik di mata klien.

Ada juga hal lain yang harus dipertimbangkan, seperti :

1. Skill atau Kemampuan yang Harus Dimiliki

Sama halnya dengan bisnis jualan di mobil, sebenarnya kalian tidak perlu memperoleh kualifikasi atau pengalaman apa pun untuk memulai dan menjalankan bisnis toko bunga ini. Namun, sangat disarankan bagi kalian paling tidak mengerti tentang bunga dan cara perawatannya

Kalian mungkin menikmati membuat karangan bunga dan ahli dalam hal itu sebagai hobi, tetapi ini sangat berbeda dengan menjalankan bisnis. Sangat disarankan untuk mendapatkan beberapa kualifikasi yang sifatnya sangat mendasar. 

Kalian dapat memilih untuk mengambil kursus yang bervariasi dalam subjek kursus, lama kursus, serta biayanya. Sekarang ada banyak sekali kursus yang dapat kalian, carilah mana yang terbaik.

2. Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Biaya awal bisnis kalian akan bervariasi tergantung pada lokasi yang kalian pilih atau apakah kalian bahkan memiliki tempat usaha toko bunga atau tidak. Dengan menjalankan bisnis online atau bekerja dari rumah, kalian akan memangkas biaya secara signifikan. 

Dalam hal biaya awal, sebagian besar akan dibelanjakan untuk mendirikan toko. Tempat kalian memilih untuk menjalankan toko, apakah itu kota besar seperti Jakarta, akan berdampak signifikan pada dana yang dibutuhkan. 

Paling tidak kalian bisa menyiapkan dana sebesar 10-20 juta untuk membuat bisnis toko bunga offline. Dengan online, tentu kalian bisa memangkas biayanya dengan signifikan.

3. Menentukan Lokasi Usaha

Lokasi bisnis kalian harus tepat untuk bisa mencapai sukses. Meskipun, toko bunga di jalan raya adalah pilihan alami saat mempertimbangkan lokasi, kalian mungkin ingin mempertimbangkan lokasi alternatif, seperti lokasi di dekat rumah sakit, kuburan, atau tempat adanya event

Kalian perlu menemukan celah di pasar bahkan sebelum mempertimbangkan untuk memulai bisnis. Jadi, kalian perlu menemukan lokasi utama untuk benar-benar menghadirkan sesuatu yang baru kepada publik.

Strategi Mengembangkan Usaha Toko Bunga

Usaha Toko Bunga
(Sumber : rumusrumus.com)

Selain dari mempertimbangkan hal-hal di atas, ada beberapa strategi yang bisa kalian ikuti dalam mengembangkan usaha toko bunga:

1. Selalu Mulai Dengan Sebuah Rencana

Tidak ada salahnya jika kalian mempunyai mimpi besar, asalkan kalian sudah membuat rencana sebelumnya. Baik itu rencana penentuan lokasi, pembelian peralatan atau gagasan tentang biaya yang terlibat dalam proses pengadaan bunga. 

Dan, kalian juga harus menganalisis kebutuhan tenaga kerja yang mungkin kalian perlukan untuk merancang karangan bunga dan untuk pengiriman.

2. Jadilah Penjual yang Kreatif

Sebuah bisnis bunga bisa memiliki berbagai jenis warna, sama seperti halnya bunga. Lewatlah sudah hari-hari ketika produk bunga hanya terbatas pada karangan bunga. Sekarang, kalian memiliki beberapa pilihan seperti dekorasi, pajangan, dan tanaman yang bisa membuat mood lebih baik. 

Jangan lupa mencari variasi produk bunga terbaru dari kompetitor atau melihat trend yang sedang terjadi belakangan ini. Hal ini bisa menginspirasi, sekaligus membuat kalian berpikir lebih kreatif.

Baca Juga : Jenis Peluang Bisnis Modal 1 Juta Modal Kecil Untung Besar

3. Tetapkan Harga yang Masuk Akal

Jangan terlalu mahal ataupun terlalu murah. Kalian tentu ingin mendapatkan sebuah apresiasi atas kerja keras yang sudah dilakukan. Maka dari itu, kalian bisa tentukan harga yang masuk akal, baik untuk kalian sendiri, dan juga pelanggan.

Tentukan harga yang terjangkau di awal pembukaan toko untuk menarik pelanggan, dan mulai tingkatkan perlahan-lahan. Ikuti juga cara jualan di Line Shopping, apabila kalian tertarik menggunakan platform ini.

4. Pastikan Pelanggan Selalu Puas Akan Layanan Kalian

Ulasan buruk akan menyebar lebih cepat, terutama di era digitalisasi ini. Satu ulasan buruk, baik offline maupun online dapat merusak kerja keras dan upaya yang telah kalian lakukan selama ini. 

Jadi, tanggapi setiap masalah pelanggan secara sportif dan efektif. Jangan ragu untuk meminta maaf jika kalian memang benar-benar membuat kesalahan pada pelanggan. 
Itulah beberapa strategi membangun usaha toko bunga yang dapat kalian praktekkan. Semoga berhasil ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like