12 Tips Usaha Toko Buku Pasti Untung Besar

Usaha Toko Buku

Salah satu ide usaha yang cukup menjanjikan saat ini adalah membuka toko buku. Usaha toko buku tentu sangat direkomendasikan bagi Anda yang gemar membaca dan paham betul dengan seluk beluk perbukuan.

Tentunya buku selalu menjadi kebutuhan bagi siswa, mahasiswa maupun masyarakat umum lainnya. Meskipun saat ini sudah banyak informasi yang bisa didapatkan secara online, akan tetapi buku berbentuk fisik masih menjadi favorit orang-orang.

Mengapa Pilih Usaha Buka Toko Buku?

Membuka toko buku tentu tidak boleh dianggap remeh. Sebab, membuka toko buku memang bisa menjanjikan keuntungan luar biasa. Tidak heran jika pemilik toko buku bisa memiliki rumah tidak lebih dari satu. Seperti halnya pemilik Toko Buku Gunung Agung yang sangat melegenda bernama Wie Tay.

Dengan usaha yang gigih sampai membuka cabang di Kwitang, maka toko buku ini bisa terus eksis sampai sekarang. Selain bisa mencontoh kerja keras Wie Tay, Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa alasan berikut untuk membuka toko buku.

Baca Juga : Info Biaya dan Cara Memulai Bisnis Franchise Indomaret

1. Segmentasi Target Konsumen Sangat Luas

Usaha Toko Buku
(Sumber: Maxpixel.net)

Mengapa sih harus membuka toko buku? Tentu saja karena toko buku memiliki target konsumen yang sangat luas. Pada dasarnya semua orang membutuhkan buku. Mulai dari siswa, mahasiswa maupun orang umum lainnya semua memerlukan buku.

Buku bukan hanya bisa dijadikan sebagai acuan teori dan tempat mengambil ilmu untuk mengerjakan berbagai tugas saja melainkan juga bisa dijadikan sebagai bahan bacaan hiburan. Misalnya, novel, cergam, ensiklopedia, komik, dongeng, biografi, novelet, fotografi, majalah, panduan dan masih banyak lagi.

2. Buku Selalu Dijadikan sebagai Panduan

Saat ini kita memang hidup di zaman yang serba teknologi. Segala informasi bisa didapatkan dengan sangat mudah via online. Akan tetapi, untuk pembelajaran dan tugas-tugas tentu masih tetap memakai buku fisik sebagai panduan.

Seperti halnya ketika mengerjakan skripsi. Tentu untuk kajian teori membutuhkan bukti buku fisik dalam memperkuat landasan teori. Maka dari itu, buku akan selalu dijadikan sebagai panduan. Anda tentu tidak akan menampik hal ini.

3. Membaca Buku Bisa Dijadikan sebagai Refreshing Paling Bagus

Membaca buku bukan menjadi aktivitas yang kaku dan menegangkan. Justru membaca buku bisa memberikan Anda pengetahuan yang luas. Selain itu, membaca buku juga bisa menjadi kegiatan refreshing yang paling bagus dan menyenangkan.

Misalnya, ketika Anda membaca novel berjudul “Dia Adalah Dilanku Tahun 1990”, tentu Anda akan terbawa suasana SMA yang penuh dengan masa-masa indah. Kemudian, ketika Anda membaca komik, maka Anda bisa terbawa fantasi yang sangat menakjubkan. Tidak percaya? Coba saja sendiri!

Baca Juga : Cara Kerjasama Distributor Sembako yang Benar dan Resmi

Tips Membuka Usaha Toko Buku

Buku menjadi benda yang selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Jadi, Anda tidak usah ragu lagi untuk membuka toko buku. Agar bisa membuka toko buku yang sukses, maka sebaiknya cobalah untuk menerapkan beberapa tips berikut.

1. Siapkan Modal yang Memadai

Modal sangat penting dalam memulai suatu usaha. Tanpa terkecuali membuka toko buku. Untuk membuka toko buku, Anda harus sedikit lebih banyak mengeluarkan modal. Namun tenang saja karena modal yang dikeluarkan bisa dilakukan secara bertahap.

2. Tentukan Tema Toko Buku

Setelah menyiapkan modal, selanjutnya Anda bisa mulai menentukan tema toko buku. Pastikan tema yang Anda pilih bisa mendatangkan banyak pelanggan untuk datang ke toko buku tersebut. Contohnya, toko buku bekas, toko buku baru atau toko buku lengkap.

3. Tentukan Lokasi Toko Buku

Usaha Toko Buku
(Sumber: Pixabay.com)

Lokasi toko buku pastinya sangat menentukan kesuksesan dari usaha tersebut. Dengan lokasi yang strategis tentunya akan memudahkan Anda dalam mencapai target penjualan. Cobalah untuk membuka toko buku di sekitaran kampus, sekolahan maupun pinggir jalan raya.  

4. Berikan Nama Toko yang Bagus

Nama usaha sangat penting agar nantinya bisa terus dikenal oleh banyak orang. Oleh karena itu, penting sekali memberikan nama yang unik dan sesuai dengan tema toko buku Anda. Pastikan nama toko buku Anda padat, singkat dan gampang diingat.

5. Desain Toko Buku Semenarik Mungkin

Meskipun toko buku yang Anda buat nantinya masih terbilang kecil, akan tetapi tetap perlu mendesainnya semenarik mungkin. Pastikan di ruangan tersebut segala sesuatunya sudah diatur secara rapih dan indah. Tentunya juga bisa dimasuki oleh banyak pengunjung.

Baca Juga : Rahasia Sukses Cara Memulai Bisnis Air Isi Ulang di Rumah

6. Sediakan Produk yang Menarik dan Beragam

Agar toko buku Anda bisa mendapatkan perhatian khusus dari pengunjung, maka sediakan produk yang menarik dan beragam. Jadi, Anda bukan hanya menyediakan banyak pilihan buku saja melainkan juga barang lainnya. Misalnya, pulpen, spidol, sampul buku dan sebagainya.

7. Jangan Lupa Sediakan Ruang Membaca

Karena Anda membuka toko buku, maka jangan lupa untuk menyediakan ruang membaca. Dengan adanya ruang membaca, pastinya toko buku Anda akan semakin ramai. Jadi, setelah pengunjung membeli buku, maka mereka bisa langsung membaca di ruang membaca. Berikan ruang membaca yang nyaman, ya!

8. Siapkan Perlengkapan Toko Buku Secara Lengkap

Sebelum Anda memasukkan koleksi buku yang akan dijual ke etalase toko buku, maka sebaiknya siapkan terlebih dahulu perlengkapannya secara komplit. Perhatikan juga perlengkapan apa saja yang begitu urgent untuk toko buku Anda. Beberapa diantaranya:

  • Etalase dan rak yang berukuran normal serta kuat.
  • Berikan penanda batas per tema buku yang akan dijual.
  • Letakkan buku sesuai dengan jenisnya dan jangan lupa berikan label harga.
  • Lengkapi toko buku Anda dengan mesin pencari buku.

9. Siapkan Karyawan Toko Buku

Usaha Toko Buku
(Sumber: Pixabay.com)

Kemudian penting sekali untuk menyiapkan karyawan untuk menjaga toko buku Anda. Selain membutuhkan orang untuk menjaga toko buku, Anda juga membutuhkan orang untuk mengisi posisi sebagai kasir. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa menyiapkan petugas kebersihan untuk merawat toko.

10. Berikan Potongan Harga atau Hadiah Tertentu

Untuk menarik perhatian calon pembeli, maka Anda bisa menyiapkan diskon khusus maupun hadiah tertentu dengan sejumlah persyaratan. Misal, potongan harga atau hadiah untuk pembeli pertama setiap bulannya. Hal ini tentu akan menjadi strategi marketing yang sangat bisa diandalkan.

Baca Juga : Panduan Sukses Cara Bisnis Beras Organik Kemasan di Rumah

11. Rawat dan Jaga Toko Buku dengan Baik

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan merawat serta menjaga toko buku dengan baik. Rajinlah merawat toko buku Anda. Pastikan kondisi buku-buku koleksi Anda tidak lapuk maupun termakan hewan-hewan kecil. Jaga juga kebersihan lantai, jendela dan sela-sela etalase buku dengan baik, ya!

12. Buat Kartu Pelanggan

Nah, Anda juga bisa menyediakan layanan pembuatan kartu pelanggan untuk pengunjung yang ingin berlangganan buku di toko Anda. Berikan benefit bagi mereka yang ingin belanja buku di toko Anda menggunakan kartu pelanggan tersebut. Hal ini pasti akan sangat disukai oleh mereka.

Usaha toko buku tampaknya bisa menjadi rekomendasi bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi jika Anda suka sekali membaca buku dan tahu baik seluk-beluk dunia perbukuan. Lengkapi juga koleksi toko buku Anda dengan berbagai produk yang berkaitan dengan dunia baca buku.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like