Prospek dan 6 Tips Usaha Spare Part Mobil yang Bisa Dipraktekkan

Usaha Spare Part Mobil

Kita dapat memahami bahwa penduduk di Indonesia berkembang pesat setiap tahunnya. Hampir setiap hari kita melihat motor dan mobil dimana-mana. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan penduduk menjadi simultan yang baik akan perkembangan otomotif di Indonesia. Maka dari itu, tak salah rasanya jika banyak orang mulai mencari metode usaha spare part mobil atau motor di Indonesia.

Pada kota-kota besar, hampir semua jalanan utama pasti sesak dengan banyaknya kendaraan bermotor, terutama waktu berangkat dan pulang kerja. Perkembangan otomotif meskipun baik, tapi juga berdampak pada hal lain tentunya.

Baca Juga : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga Produk

Tingkat penjualan mobil dan motor di Indonesia semakin meningkat. Berdasarkan data, ada kurang lebih 7 juta unit mobil dan 120 juta unit sepeda motor di Indonesia. Angka tersebut terus meningkat tiap tahunnya.

Hal ini tentu membuka peluang besar bagi kalian yang sedang ingin membangun usaha spare part mobil. Meski persaingan ketat, kalian bisa menjadi penjual yang terbaik apabila sudah mengenal pasar dengan baik, dan juga mempelajari tips tentang usaha ini.  Selain usaha suku cadang, bisnis cuci mobil juga terlihat menjanjikan.

Seberapa bagusnya prospek perkembangan bisnis ini? Simak penjelasan mengenai prospek di bawah ini

Prospek Usaha Spare Part Mobil

Usaha-Spare-Part-Mobil
(Sumber :reviewmotors.co)

Usaha spare part mobil bisa dikatakan tidak pernah mati. Alasannya cukup masuk akal, yakni perkembangan pasar otomotif yang tiada habisnya. Untuk mobil sendiri, tiap tahun makin besar angka penjualannya.

Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan daya beli masyarakat Indonesia secara rata-rata sudah cukup baik. Karena mobilitas yang tinggi di kehidupan masyarakat modern, tak jarang mereka akan menggunakan jasa bengkel untuk mempertahankan kondisi kendaraan.

Berbeda dengan bisnis makanan dan minuman, produk spare part seringkali memiliki masa kadaluarsa yang lama sekali. Produk dan perlengkapan seperti oli bahkan memiliki masa kadaluarsa bertahun-tahun.

Karena merupakan jenis kebutuhan yang berulang, tak jarang pengusaha mendapatkan repeat order, sama halnya dengan bisnis rental. Tentu saja semua orang butuh untuk merawat kendaraan mereka setiap waktu. Jadi, bisa dikatakan bahwa bisnis ini sangatlah menjanjikan, bahkan untuk waktu yang panjang.

Tantang yang Akan Dihadapi

Dalam berbisnis, tentu ada suatu tantangan yang harus dihadapi. Berikut adalah tantangan usaha spare part mobil yang patut dipertimbangkan :

  • Pelanggan sangat mendesak dan menuntut ketersediaan barang segera (yang mana merupakan pemilik mobil yang stress akan kerusakan mobilnya)
  • Sebagian besar suku cadang memiliki jumlah yang  kecil untuk dijual 
  • Pengusaha harus memiliki beragam suku cadang yang jumlahnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan

Ketiga masalah ini dapat meningkatkan masalah stok habis atau stok rendah dengan cepat. Perlu diingat, berbanding terbalik dengan usaha grosir, bisnis suku cadang kecil lebih rentan terhadap dampak masalah ini.

Jenis Usaha Spare Part

Usaha-Spare-Part-Mobil
(Sumber:dicadadri.com)

Nah, bentuk bisnis ini tidak hanya mengambil 1 macam saja. Ada beberapa jenis toko yang bisa kalian gunakan, seperti :

1. Retail Store atau toko kecil

Jenis ini adalah salah satu cara paling menguntungkan dan tradisional untuk memulai bisnis ini. Dalam model ini, kalian harus memperoleh lokasi yang paling baik. Kemudian, kalian akan menjual suku cadang dari konter ritel kepada pelanggan.

2. Toko dengan bengkel

Model ini juga merupakan kesempatan menguntungkan lainnya bagi pengusaha. Pada dasarnya, toko suku cadang mobil dengan bengkel memungkinkan pelanggan untuk membeli suku cadang dan memperbaikinya di waktu yang sama. 

Baca Juga : Bangun dan Kembangkan Bisnis Kayu dengan 6 Metode Ini!

Namun, tipe ini perlu biaya yang agak banyak. Dengan investasi modal yang besar dan perencanaan strategis, kalian dapat memulai jenis toko ini. Kalian juga bisa mengikuti prosedur mendirikan SPBU Pertamina sebagai penambah penghasilan

3. Toko Online

Jika kalian tidak ingin direpotkan dengan pemilihan lokasi, kalian dapat mempertimbangkan untuk memulai toko spare part online. Selain itu, kalian dapat menjalankan dan mengoperasikan model bisnis ini dari rumah.

Pada dasarnya, kalian dapat membuka toko online suku cadang mobil dengan investasi modal startup yang rendah. 

Tips Usaha Spare Part Mobil

Bagi kalian yang sudah memiliki tekad yang bulat untuk memulai usaha ini, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan :

1. Pilih Jenis Toko yang Sesuai

Berdasarkan pilihan di atas, kalian bisa memulai menentukan model mana yang sesuai dengan pribadi kalian masing-masing. Pastikan budget nya mencukupi, sekaligus pertimbangkan untuk keuntungan yang didapatkan.

2. Ciptakan Rencana Bisnis

Menyusun rencana bisnis tentu adalah sebuah keharusan untuk memulai bisnis ini. Selain menciptakan bayangan mengenai usaha, rencana bisnis membantu mengidentifikasi tujuan dan cara mencapai tujuan itu. 

Selain itu, rencana ini dapat membantu mengamankan modal startup dari investor atau bank dengan matang.

Kembangkan rencana bisnis dan juga pemasaran. Rencana bisnis harus terdiri dari informasi tentang bagaimana kalian akan menjalankan bisnis. 

Selain itu, sebutkan area khusus jika ada, dan bagaimana cara kalian membuka dan memelihara bisnis. Dan juga, pertimbangkan di mana kalian akan mendapatkan suku cadang mobil, dan bagaimana bernegosiasi tentang harga untuk mendapatkan keuntungan.

Rencana pemasaran harus berisi informasi tentang audiens target dan kompetisi lokal, serta bagaimana kalian berniat untuk menarik target pasar. Kalian dapat menyusun rencana sendiri atau meminta bantuan penulis rencana profesional atau perangkat lunak.

3. Pahami Dulu Industrinya

Ini adalah aspek terpenting lainnya yang harus kalian pertimbangkan sebelum memulai bisnis ini. Meskipun bisnis tidak menuntut gelar pendidikan apa pun, kalian harus memiliki pengetahuan yang jelas tentang industri ini dari dalam.

Kalian dapat bekerja selama beberapa hari dengan pemilik toko lainnya untuk mengetahui detail mengenai perdagangan. Pada dasarnya, kalian harus memiliki konsep yang jelas tentang spesifikasi suku cadang yang berbeda. 

Selain itu, kalian mungkin perlu memberitahu pelanggan tentang apa yang harus dibeli. Ini semua menuntut pengetahuan khusus tentang industri suku cadang.

4. Hitung Biaya dan Pertimbangkan Lokasi

Setelah mendapatkan pengetahuan dan sudah menyelesaikan model bisnis, kalian harus menghitung biaya modal awal. Umumnya, kalian harus mempertimbangkan biaya sewa lokasi, biaya pengaturan toko, dan membeli suku cadang dari perusahaan grosir atau manufaktur.

Setelah itu, kalian harus mencari lokasi toko yang sesuai dengan model bisnis. Kalian harus memilih ruang penyimpanan di lokasi yang baik. Namun, jika strategi pemasaran dan periklanan kalian cukup baik, kalian tidak perlu berinvestasi lebih banyak untuk sewa lokasi.

5. Dirikan Toko

Kalian harus bisa mendirikan dan mengatur toko dengan benar. Adanya spanduk atau tanda usaha di luar ruangan adalah suatu keharusan. 

Baca Juga : Ingin Membangun Toko Online? Berikut 5 Cara Jualan di Line Shopping yang Praktis

Selain itu, periksa elektrifikasi, ruang service, dan rak-rak dengan benar. Kalian dapat berkonsultasi dengan desainer interior untuk memiliki denah lantai yang tepat. 

Namun, kalian harus bisa menggunakan setiap inci ruang dengan benar untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

6. Sewa Pegawai

Usaha-Spare-Part-Mobil
(Sumber:infoguidenigeria.com)

Jangan lupa untuk mempekerjakan tenaga kerja yang tepat. Dalam bisnis startup apapun, karyawan awal memainkan peran penting dalam mendapatkan kesuksesan di awal pendirian toko. 

Periksa, apakah kalian memerlukan mekanik berpendidikan atau tidak. Selain itu, jika kalian ingin membuka toko dengan bengkel, maka pertimbangkan untuk menggunakan jasa montir juga. 

Untuk bisnis ini, kalian bisa mulai mencari pegawai secara online, atau tidak. Gunakan cara yang menurut kalian paling efisien.

Itulah beberapa metode yang bisa kalian coba lakukan. Semoga kalian bisa mencapai sukses dalam mendirikan bisnis ini ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like