11 Cara Membuka Usaha Siomay dan Analisanya Agar Laris Manis di Pasaran

Usaha Siomay

Belakangan ini banyak ide usaha kuliner berupa jajanan yang terus mengalami inovasi. Namun ada satu ide usaha yang terus laris manis tanpa perlu promosi berlebih. Ide usaha siomay tentunya bisa menjadi referensi bisnis kuliner yang cukup menguntungkan bagi Anda.

Siomay menjadi jajanan yang bisa dinikmati oleh berbagai macam kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua semuanya menyukai siomay. Rasanya sangat lezat dan familiar di lidah orang Indonesia sehingga cocok sekali dijadikan ide usaha yang bisa mendatangkan banyak untung.

Cara Membuat Usaha Siomay Laris Manis di Pasaran

Tidak ada salahnya membuat usaha kuliner. Usaha kuliner bisa dipastikan tidak ada matinya. Apalagi seiring berjalannya waktu, semakin bertaburan pula inovasi kulineran yang ada di lingkungan sekitar Anda termasuk jajanan siomay.

Untuk memulai usaha berjualan siomay tentu membutuhkan berbagai macam persiapan. Bukan hanya niat saja, akan tetapi juga ada pemilihan jenis siomay, perlengkapan dan pertimbangan berbagai macam hal lainnya.

Baca Juga : Rahasia Cara Bisnis Ketoprak dari Awal Cepat Balik Modal

1. Pilih Jenis Siomay

Usaha Siomay
(Sumber: Wikimedia.org)

Untuk memulai usaha siomay, Anda mesti fokus memilih jenisnya terlebih dahulu. Misalnya, siomay ayam, siomay ikan hingga siomay daging. Fokus pilih salah satu jenis siomay yang akan Anda jual dan buatlah siomay terbaik versi Anda.

2. Buat Siomay Terbaik

Setelah Anda memilih jenis siomay yang ingin difokuskan, maka berikutnya buatlah siomay terbaik versi Anda. Racik siomay dengan cita rasa enak dan lezat untuk jualan yang laris manis. Jangan lupa bahwa sambal kacang menjadi salah satu jurus jitu untuk membuat siomay terasa sangat enak.

3. Jangan Ragu untuk Melakukan Eksperimen

Sebelum memulai jualan, jangan pernah sekalipun merasa ragu untuk melakukan eksperimen. Lakukan beberapa kali sampai mendapatkan resep siomay yang enak dan ideal versi banyak lidah. Anda bisa meminta kerabat, tetangga dan anggota keluarga di rumah untuk mencicipi siomay buatan Anda.

4. Rancanglah Konsep Jualan

Setelah memastikan bahwa resep siomay Anda sudah layak dijual, maka berikutnya mulailah untuk merancang konsep jualan. Anda bisa memilih konsep jualan seperti sistem keliling, rumahan, gerobak kaki lima atau di pusat perbelanjaan tertentu.

> Sistem Jualan Keliling

Konsep jualan keliling bisa Anda coba dengan menggunakan mode kendaraan seperti motor, gerobak maupun sepeda tradisional lainnya. Jangan lupa pilihlah lokasi jualan yang strategis sehingga bisa mendatangkan banyak calon pembeli potensial.

> Sistem Jualan Skala Rumahan

Konsep jualan seperti ini bisa dijalankan hanya di rumah saja. Pastikan Anda tinggal di lokasi strategis seperti pinggir jalan, dekat pusat keramaian, dekat sekolahan, lingkungan kantor, lingkungan perumahan dan sebagainya.

> Sistem Jualan Gerobak Kaki Lima

Anda juga bisa coba berjualan dengan konsep gerobak kaki lima. Pastinya Anda sudah tidak merasa asing dengan konsep jualan seperti ini, bukan? Cobalah memulai usaha jualan siomay dengan sistem gerobak kaki lima di lingkungan strategis.

> Sistem Jualan di Pusat Perbelanjaan

Bukan hanya menggunakan konsep keliling, skala rumahan maupun gerobak kaki lima saja. Anda juga bisa mencoba konsep jualan siomay dengan membuat booth jualan di berbagai pusat perbelanjaan. Pastikan Anda mampu memberikan pelayanan prima kepada setiap pelanggan Anda, ya!

Baca Juga : Tips Bisnis Bubur Ayam dan Resep Bubur Ayam untuk Pengusaha

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Usaha Siomay
(Sumber: Bukalapak.com)

Memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi pebisnis kuliner. Misalnya, dengan membuat pesanan sesuai keinginan pembeli, memberikan pelayanan yang cepat, menyajikan siomay dengan mangkok bersih dan sebagainya.

6. Siapkan Peralatan Usaha Lengkap

Berikutnya Anda bisa mulai menyiapkan peralatan usaha lengkap sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, gerobak, booth, tenda, bahan baku, terpal, etalase dan sebagainya. Siapkan perlengkapan tersebut sebelum memulai jualan.

7. Bidik Pangsa Pasar Terbaik

Sebelum memulai langsung untuk terjun berjualan, pastikan Anda sudah membidik pangsa pasar terlebih dahulu. Misalnya, jika target pasar Anda ada di kalangan menengah ke atas maka harga mahal bukan menjadi persoalan. Begitupula sebaliknya.

8. Berjualan di Lokasi Strategis

Penting sekali untuk berjualan di lokasi strategis. Hal ini bertujuan agar penjualan bisa meningkat secara pesat dan laris manis. Misalnya, di sekitaran tempat wisata, kolam renang, sekolahan, lingkungan kantor dan masih banyak lagi.

9. Kerja Keras dan Berdoa

Bekerja keraslah untuk membuat usaha Anda tetap jaya. Jangan lupa iringi usaha Anda dengan berdoa. Kerja tanpa dibarengi dengan doa tentu hal tersebut hanya sia-sia saja. Pastikan segalanya seimbang demi kebaikan Anda.

10. Jangan Pantang Menyerah

Namanya usaha tentu akan ada fase naik turunnya. Maka dari itu, jangan pantang menyerah untuk melakoni usaha tersebut. Ingatlah bahwa segala macam usaha tentu ada resiko yang harus dijalani dan dilampai dengan hati yang besar.

11. Cobalah Menerapkan Sistem Franchise

Jika Anda sudah menang nama atau brand, maka Anda bisa coba menerapkan sistem franchise. Hal ini tentunya akan memberikan keuntungan berlipat ganda bagi Anda. Dengan sistem franchise, Anda juga bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi orang-orang di luar sana.

Analisa Peluang Usaha Siomay

Usaha Siomay
(Sumber: Flickr.com)

Untuk memulai usaha berjualan siomay, tentu Anda memerlukan analisis usahanya terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana sasaran konsumennya, cara memulai bisnisnya, keuntungan yang diperoleh, hambatan, strategi hingga kunci sukses menjalani usaha.

Baca Juga : 10 Alasan Memulai Usaha Telur Puyuh dan Analisanya Pasti Untung

1. Konsumen

Siomay tentu menjadi salah satu jajanan yang mempunyai begitu banyak penggemar. Penggemar siomay mulai dari anak-anak, remaja sampai orang dewasa semua menyukai siomay. Jangan lupa buatlah kuliner dengan harga yang relatif ekonomis.

2. Memulai Usaha

Dalam memulai usaha kuliner seperti siomay, fokus utama yang benar-benar perlu diperhatikan adalah soal rasa. Buatlah makanan yang kiranya cocok di lidah banyak orang sehingga bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen.

3. Keuntungan Usaha

Tahukah Anda bahwa modal yang perlu disiapkan untuk membuat usaha makanan ini tidak perlu besar. Bahkan usaha seperti ini juga bisa dimulai dari skala rumahan saja. Peluang bisnisnya pastinya masih sangat terbuka lebar.

4. Hambatan Usaha

Resiko terbesar dalam menjalani usaha berjualan siomay adalah persaingan yang semakin ketat. Meskipun berbeda-beda jenis siomay, akan tetapi jajanan ini memiliki banyak penggemar. Selain itu, kenaikan bahan baku juga bisa menjadi hambatan usaha yang cukup sering menghadang.

5. Strategi Pemasaran

Promosi usaha siomay bisa dilakukan oleh Anda dengan cara sederhana. Misalnya, dengan membuat spanduk jualan dengan gambar yang menarik, promosi di sosial media dan lain sebagainya. Anda juga bisa menerima pesanan untuk keperluan acara penting seperti arisan, pernikahan, rapat dan lainnya.

6. Kunci Sukses Berjualan Siomay

Kunci sukses untuk berjualan siomay adalah tetap terus berusaha dan tidak gampang menyerah dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Jadikan hambatan sebagai tantangan yang harus ditaklukan dengan baik. Jangan lupa fokuslah kepada kepuasan pelanggan demi mendapatkan peluang keuntungan.

Usaha siomay memang bisa menjadi ide bisnis yang cukup menggiurkan. Terlebih bagi Anda yang memiliki passion dalam dunia kuliner. Pastinya tidak akan sulit untuk bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dengan berjualan siomay bercita rasa lezat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like