7 Tips Memulai Usaha Service Komputer yang Sukses

Usaha Service Komputer

Apakah Anda memiliki kemampuan di bidang komputer, khususnya menangani permasalahan komputer? Jika iya, Anda berpeluang untuk sukses dalam membuka usaha service komputer. Tentu saja, jika ingin sukses dalam usaha Anda harus tahu hal yang diperlukan sebelum memulai bisnis.

Selain keinginan yang kuat untuk sukses, Anda juga harus membekali diri dengan keahlian dan beberapa peralatan yang mendukung. Sama seperti bisnis lainnya, Anda juga harus memikirkan bagaimana kegiatan marketing yang tepat supaya bisnis Anda bisa dikenal oleh banyak orang.

Tips Memulai Usaha Service Komputer

Sebelum memulai usaha, Anda harus memperhatikan beberapa hal penting yang harus dipersiapkan. Beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memulai usaha service komputer, yaitu:

Baca Juga : 6 Cara Buka Usaha Printing Rumahan dari Awal Modal Kecil

1. Keahlian Mengenai Komputer Baik Software dan Hardware

Usaha Service Komputer
(Sumber: Bleuwire.com)

Jika ingin membuka service komputer, Anda harus memastikan bahwa teknisi memiliki kemampuan dan keahlian untuk menangani masalah komputer. Teknisi dalam pengertian ini adalah Anda sendiri atau mempekerjakan karyawan. 

Jika teknisi memiliki kemampuan untuk memperbaiki komputer, maka pelanggan juga tidak akan meragukan kredibilitas. Hal ini menjadi salah satu kualitas paling penting untuk memperoleh pelanggan setia yang akan datang lagi dan mau mempromosikan usaha Anda kepada orang lain. 

Bisnis service komputer termasuk bisnis jasa yang memerlukan modal utama berupa keahlian. Oleh karena itu, untuk membekali diri dengan keahlian yang mumpuni Anda perlu mengikuti berbagai pelatihan yang fokus untuk menangani masalah software maupun hardware komputer. 

Setelah Anda merasa mampu, Anda bisa membuka usaha service. Semakin banyak pengalaman yang Anda peroleh dari service komputer klien, maka pengetahuan dan keterampilan juga akan semakin bertambah.

2. Peralatan yang Diperlukan

Selain keahlian, tentu saja Anda memerlukan peralatan yang menunjang pekerjaan. Beberapa peralatan yang diperlukan adalah komputer dengan spesifikasi tinggi yang dilengkapi dengan softfile service, misalnya software antivirus, installer program, dan aplikasi lainnya. 

Peralatan untuk service hardware contohnya obeng, amperemeter, dan peralatan service lainnya.

3. Membuka Usaha di Tempat Strategis

Salah satu cara efektif untuk menarik banyak calon pelanggan baru adalah membuka usaha di tempat yang terlihat dan strategis. Jika tempat usaha Anda terlihat oleh calon pelanggan, mereka tidak akan malu untuk datang ke toko untuk bertanya bahkan langsung menggunakan jasa. 

Namun, jika Anda belum memiliki modal untuk sewa ruko maupun tempat, Anda bisa memanfaatkan kamar sebagai ruang kerja dan menawarkan jasa dari mulut ke mulut atau lewat online.

4. Menjalin Kerja Sama dengan Toko Komputer

Bisnis service komputer adalah bisnis yang menawarkan jasa service. Oleh karena itu, selain menjangkau konsumen secara langsung Anda juga bisa memperkenalkan layanan tersebut kepada penjual atau toko komputer. 

Carilah toko komputer offline dan tawarkan kesepakatan untuk kerjasama untuk memperbaiki komputer rusak.

Anda juga bisa mencoba memberikan brosur kepada pelanggan yang ingin membeli komputer ke toko tersebut. Tentu saja, untuk melakukan hal tersebut lebih baik Anda meminta izin terlebih dahulu.

5. Melakukan Promosi Secara Offline maupun Online

Persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan Anda menjadi seorang pebisnis yang kreatif. Supaya bisnis yang dijalankan bisa dikenal oleh banyak orang, maka Anda harus melakukan kegiatan marketing

Tidak hanya secara offline, Anda juga harus gencar melakukan promosi online. Langkah promosi online bisa dikatakan cukup efektif untuk mendapatkan konsumen sesuai dengan lokasi yang diinginkan. 

Jika Anda sudah terbiasa dengan media sosial dan bisa menuliskan deskripsi jasa secara tepat, maka orang akan tertarik dan percaya untuk menggunakan jasa yang ditawarkan. 

Promosi online dapat dibagi menjadi beberapa macam, misalnya promosi yang dilakukan di media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan platform lainnya. 

Cara lainnya adalah Anda bisa menggunakan iklan berbayar, seperti Google Ads agar usaha Anda bisa berada di posisi teratas pencarian. Secara organik, Anda juga bisa menerapkan teknik SEO untuk jangka panjang. 

Untuk kegiatan marketing secara offline, Anda bisa memperkenalkan produk jasa dari mulut ke mulut atau mengikuti bazar.

Baca Juga : 7 Tips Jitu Bisnis Rental Komputer dan Print Laris Manis

6. Selalu Belajar untuk Memperluas Keahlian dan Ilmu

Usaha Service Komputer
(Sumber: Worldorgs.com)

Setelah Anda membekali dengan ilmu dan sudah memiliki pengalaman dalam service komputer, jangan sampai Anda cepat merasa puas dan tidak belajar. Setiap hari dunia teknologi selalu berkembang pesat, supaya bisa mengikutinya Anda harus selalu belajar. 

Anda harus update serta bisa memberikan layanan service yang terkini dan up to date. Pelanggan juga akan merasa puas dengan layanan yang diberikan, karena Anda mampu mengikuti tren teknologi terkini.

7. Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Salah satu faktor sukses yang membuat usaha jasa service laris adalah layanan after-sales. Saat klien sudah memperoleh pelayanan, maka jangan sampai komunikasi Anda dengan klien terputus begitu saja. 

Anda harus bisa memberikan garansi dalam kurun waktu tertentu, supaya klien merasa yakin dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Ada banyak bisnis service komputer yang tidak berani memberikan garansi.

Bahkan ada juga yang nekat melakukan kecurangan dengan mengganti onderdil original komputer dengan onderdil bekas. Anda harus menghindar dari perbuatan licik tersebut, karena akan merusak nama baik bisnis dan merupakan tindakan yang dilarang. 

Anda harus bisa memberikan layanan yang terbaik dan menemukan jawaban dari permasalahan komputer klien. Sehingga, ketika klien merasa puas dengan senang hati klien tersebut akan merekomendasikan jasa service komputer kepada kerabat yang sedang memerlukan jasa Anda. 

Beberapa pelayanan yang bisa Anda lakukan supaya usaha service komputer semakin laris adalah:

  • Memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan menyenangkan.
  • Menawarkan jasa perbaikan yang masuk akal bahkan lebih murah dibandingkan pesaing.
  • Memberikan masa garansi.
  • Menawarkan komisi untuk orang yang dapat mendatangkan konsumen baru.

Hal Penting dalam Usaha Service Komputer

Usaha Service Komputer
(Sumber: Studentcomp.com)

Setelah mengetahui beberapa tips sebelum membuka bisnis service, kini Anda tinggal memulainya. Bagi Anda yang berencana membuka usaha secara offline, Anda bisa memulainya dengan ruangan berukuran 4×5 meter. Lengkapi ruangan dengan lemari display, rak, meja, dan kursi. 

Anda bisa menata peralatan yang dimiliki, sehingga pelanggan yang datang ke tempat Anda merasa yakin dan percaya bahwa usaha yang dijalankan benar-benar serius. Sebelum memulai usaha, tentu Anda juga harus bisa menentukan harga untuk service komputer. 

Umumnya, harga untuk service komputer sangat bervariasi tergantung dari kesulitan. Anda harus bisa membuat perkiraan biaya dan menghitung berapa keuntungan yang dapat diperoleh. Hal penting dari bisnis service adalah kualitas dan harga. 

Baca Juga : Strategi Cara Bisnis Rental PS Terbaru yang Tidak Rugi

Apabila pelanggan merasa puas dengan kualitas hasil service atau harga yang ditawarkan terlalu tinggi, maka dalam jangka panjang toko service komputer akan kehilangan pelanggan. Supaya lebih lengkap, Anda juga bisa menjual berbagai kebutuhan komputer. 

Konsep ini menjadi peluang yang cukup bagus. Jika ada pelanggan yang mengalami kerusakan hardware, maka Anda bisa langsung menawarkan produk yang dijual. Namun, jika Anda belum bisa menyediakan kebutuhan tersebut, Anda bisa menawarkan diri untuk mencarikannya.

Walaupun terlihat banyak yang harus dipersiapkan, Anda bisa mengembangkan usaha seiring dengan berjalannya usaha. Ketika usaha service komputer telah banyak dikenal dan bisa menangani banyak permasalahan komputer, Anda juga bisa memperluas jaringan usaha.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like