Macam-Macam Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Untung

usaha sampingan karyawan pabrik

Menggeluti usaha sampingan karyawan pabrik kerap dipilih untuk memperoleh penghasilan tambahan. Hingga saat ini, ada banyak sekali jenis usaha sampingan yang menarik untuk dijalani. Apa sajakah itu?

Peluang Usaha Sampingan Paling Menguntungkan

1. Jual Pulsa

Pada dasarnya, berjualan pulsa menjadi bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, pun demikian oleh karyawan pabrik. Terdapat 2 jenis pulsa yang paling banyak dicari oleh orang-orang saat ini, yakni pulsa listrik dan telepon.

Tak perlu mengeluarkan modal besar, pengusaha hanya perlu menyediakan ponsel dan sejumlah modal berupa saldo pulsa agar bisa mulai menjajakan produknya.

Baca Juga: Cara untuk Memulai Bisnis Pulsa Tanpa Ada Pengalaman Sebelumnya

2. Usaha Katering

Usaha Katering
(Sumber: Tabloidpeluangusaha.com)

Jenis usaha ini sangat cocok untuk dijalankan sebagai bisnis sampingan dengan target pabrik-pabrik yang tidak menyediakan fasilitas makan siang bagi karyawannya. Yang perlu dilakukan ialah menawarkan katering sarapan atau makan siang kepada teman-teman di pabrik dan mendata mereka.

Mengingat, tugas sebagai karyawan pabrik sangat banyak dan padat, segala bentuk proses pemasakan hingga penyajian makanan bisa dilakukan dengan bantuan asisten rumah tangga, istri/suami, atau mungkin relasi yang bergerak di bidang kuliner serupa. Namun perlu dicatat, beberapa pabrik tidak mengizinkan karyawan membawa makanan dari luar.

3. Reseller/Dropshipper

Reseller atau dropshipper produk online seperti aksesoris atau pakaian dapat dilakukan oleh karyawan yang tidak memiliki terlalu banyak waktu lantaran harus bekerja di pabrik. Bisnis ini sendiri bisa dijalankan secara online dengan mencari sebuah agen atau toko yang nantinya akan menjadi supplier dari produk yang hendak dijual.

Baik reseller maupun dropshipper, keduanya bisa dijadikan sebagai alternatif bisnis sampingan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu dan modal yang besar.

4. Les Privat

Jika pekerja pabrik mempunyai kemampuan akademis mumpuni, tidak ada salahnya untuk menjajal peluang sebagai guru les privat.

Kegiatan belajar mengajar dalam les ini bisa dilakukan di rumah pribadi, rumah murid, ataupun tempat kondusif lainnya. Waktu pelaksanaan usaha ini tergolong fleksibel, bisa sore atau malam hari setelah pulang dari pabrik.

5. Joki Game Online

Peringkat dan atribut karakter menjadi salah satu incaran setiap pemain dalam game online. Seakan menjadi gelar prestisius yang akan menunjukkan jati diri pemainnya, semakin tinggi tier seorang pemain, maka akan semakin terpandang pula dirinya. Tak ayal bila kemudian banyak sekali player game online harus sampai membayar jasa joki guna meningkatkan tier mereka. Dilihat dari peluangnya, joki game online memiliki prospek cukup baik kedepannya.

Baca Juga: Trik Cara Mendapatkan Uang dari Playstore Sudah Terbukti

6. Menjadi Blogger

Menjadi Blogger
(Sumber: Wijatnikaika.id)

Bekerja sampingan sebagai seorang penulis di blog (Blogger) menjadi bisnis yang paling mungkin dijalani seorang karyawan pabrik. Bagaimana tidak? Pelakunya tidak dituntut untuk selalu mengunggah artikel di setiap waktu, bila tidak memiliki waktu luang. Segala jenis postingan bisa dibuat di sela-sela istirahat kerja atau setelah pulang kerja. Yang terpenting ialah setiap artikel yang ada di blog harus dipasangi iklan dan dimonetisasi.

Blogger akan memperoleh uang dari tiap-tiap pengunjung yang mengklik iklan pada blog terkait. Semakin banyak pengunjung yang mampir, akan semakin tinggi pula potensi income yang didapatkan.

7. Jual Kopi

Menjual kopi tidak mensyaratkan modal yang besar lantaran hanya membutuhkan beberapa peralatan seadanya. Sebut saja termos berisi air panas, kopi sachet, sendok, dan gelas.

Dengan modal kecil, jenis usaha seperti ini dapat menjadi alternatif terbaik untuk menambah pendapatan dan dimungkinkan akan sangat laris dikarenakan para pekerja pabrik biasanya akan mencari segelas kopi hangat di sela waktu istirahatnya untuk kembali menyegarkan pikiran juga tubuh mereka.

8. Penulis Lepas

Sekarang ini, cukup banyak website atau blog yang mencari jasa penulis lepas untuk mengisi konten di lamannya. Jika karyawan pabrik memiliki kemampuan menulis artikel secara informatif, menjajal usaha sampingan ini tidak ada salahnya untuk digeluti.

Sebagai tahap awal, mungkin bayaran yang akan diperoleh tidaklah terlalu besar. Namun saat karyawan sudah semakin dikenal publik, maka tulisannya juga akan dihargai lebih tinggi seiring dengan berjalannya waktu.

Bertugas sebagai penulis lepas bisa dilakukan ketika karyawan selesai mengerjakan pekerjaannya di pabrik atau saat memiliki waktu luang, di akhir pekan misalnya, sehingga jenis usaha ini tidak akan mengganggu profesi utama sebagai karyawan pabrik.

9. Jasa Jahit

Gemar menjahit atau mempermak beragam jenis pakaian? Atau kebetulan saat ini sedang bekerja di pabrik garmen? Maka jangan ragu untuk membuka usaha sampingan satu ini di rumah!

Bisnis jasa jahit dapat dilakukan di rumah tanpa perlu membuka toko atau lapak dikarenakan promosinya dapat dilakukan secara online atau mulut ke mulut. Adapun waktu pengerjaannya pun bisa dilakukan setelah jam pulang kerja usai atau di waktu libur akhir pekan.

Akan tetapi, disebabkan terbatasnya ketersediaan waktu, karyawan harus membuat kesepakatan kepada para pelanggannya terlebih dahulu dan kembali mengingatkan mereka bahwa waktu penyelesaian jahitan atau permak dilakukan berdasarkan kesanggupan dari karyawan itu sendiri. Sehingga tidak bisa terburu-buru.

Dengan begitu, pelanggan akan maklum dan memilih untuk memesan jasa karyawan dari jauh-jauh hari agar pesanan bisa selesai dalam kurun waktu yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Cuci Motor dan Resiko Usaha Cuci Motor

10. Jasa Cuci Motor

Jasa Cuci Motor
(Sumber: Productnation.co.id)

Apabila karyawan mempunyai tanah yang belum digarap di tepi jalan, membuka usaha jasa motor mungkin bisa menjadi alternatif yang tepat untuk meningkatkan gaji bulanan. Tak perlu langsung membukanya dengan skala yang besar, cukup persiapkan pompa air, kompresor, tangki penampung air, dan peralatan cuci motor sebagai modal usaha.

Mengingat jam kerja karyawan pabrik yang padat tidak memungkinkan pembukaan jasa cuci motor secara mandiri, maka perekrutan karyawan bisa menjadi pilihan terbaik dari segala opsi yang ada. Sejatinya, usaha ini memang tidak membutuhkan keahlian khusus dari para pelakunya. Hanya saja, orang-orang yang terlibat dalam bisnis ini harus telaten dan terus berusaha untuk memberikan hasil memuaskan kepada para konsumennya.

11. Kredit Perabotan Rumah Tangga (Furniture)

Usaha sampingan karyawan pabrik dengan mengkreditkan beberapa jenis perabotan rumah ternyata menjanjikan keuntungan lumayan besar pada pelakunya. Pasar utama bisnis kredit furniture bisa diarahkan pada rekan sejawat yang juga bekerja di pabrik yang sama.

Untuk dapat memulai usaha ini, karyawan pabrik harus mencari distributor atau pemasok perabotan rumah tangga terlebih dahulu untuk kemudian dijadikan sebagai mitra dalam bisnis ini.

Setelah berhasil menemukan satu atau beberapa distributor perabotan rumah tangga kredibel, langkah berikutnya ialah menawarkan produk-produk tersebut ke teman-teman pabrik. Nantinya, karyawan akan memperoleh komisi atas usahanya dalam mendapatkan pelanggan yang tertarik untuk mengkredit furnitur yang ditawarkan.

Jika dilakoni dengan serius, tak menutup kemungkinan jika kredit perabotan rumah tangga akan berkembang dari yang semula adalah usaha sampingan di rumah menjadi bisnis besar dengan toko megah.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan karyawan pabrik yang bisa dicoba di rumah. Bagaimana? Manakah dari sekian banyak daftar di atas yang paling menarik untuk digeluti?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like