10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Menggiurkan

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Berbisnis kini bisa dilakukan dari rumah. Tanpa perlu mengeluarkan modal besar untuk sewa tempat, kamu bisa menjalankan bisnis dengan mudah dan fleksibel. Lantas, apa saja usaha rumahan yang lagi trend dan menghasilkan?

Ada sejumlah ide usaha rumahan yang bisa kamu adopsi sebagai sumber pendapatan. Meskipun hanya dilakukan dari rumah, berbagai usaha tersebut mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:

Daftar Ide Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Jika berbicara tentang usaha rumahan, pikiran kamu pasti langsung tertuju pada katering dan laundry. Ini tidaklah salah karena kedua usaha tersebut memang memungkinkan untuk dilakukan dari rumah. Namun, masih ada banyak pilihan lain yang bisa kamu coba. Berikut daftar lengkapnya:

1. Katering Sehat

Usaha Rumahan yang Lagi Trend
(Sumber: Foodcourt.id)

Belakangan ini gaya hidup sehat semakin diminati. Ini membuka peluang buat kamu yang hobi memasak dan ingin memulai sebuah usaha dari rumah. Katering sehat menawarkan solusi untuk konsumen yang ingin mengonsumsi makanan sehat dan lezat tanpa harus repot di dapur.

Untuk menjalankan usaha ini, kamu harus membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara mengolah makanan yang sehat. Penting juga untuk menguasai jenis-jenis bahan makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Karena bermula dari rumah, modal yang dikeluarkan sebatas pada pembelian bahan dan peralatan memasak. Jangan lupa lakukan promosi agar bisnis kamu lebih dikenal banyak orang.

Baca Juga : Tips Sukses Cara Memulai Usaha Kuliner dengan Brand Sendiri

2. Laundry

Laundry menjadi salah satu bisnis yang sedang hits dan populer di tengah masyarakat. Usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar, tapi mampu mendatangkan keuntungan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Wajar saja jika semakin banyak orang yang tergiur untuk menggeluti bisnis ini.

Jika kamu tinggal di lingkungan kampus atau perkantoran, bisnis laundry bisa jadi pilihan tepat untuk mendapatkan penghasilan. Pasalnya, kebanyakan mahasiswa dan karyawan tidak punya waktu atau malas untuk mencuci baju sendiri.

Agar bisnis laundry berjalan lancar, pastikan kamu mempunyai peralatan yang memadai. Selain mesin cuci, kamu juga harus menyiapkan setrika, pewangi pakaian, rak khusus, dan lain sebagainya.

3.     Usaha Camilan

Bisnis camilan dan makanan ringan tidak pernah lekang oleh waktu. Hampir semua orang menggemari camilan untuk menemani saat bersantai. Apalagi jika memiliki cita rasa pedas yang menggugah selera, pasti mengundang lebih banyak peminat.

Menjalankan usaha camilan dari rumah bukanlah hal yang sulit, apalagi jika kamu punya keterampilan dalam bidang ini. Ciptakan camilan yang unik dan berbeda sehingga membuat orang penasaran untuk mencoba. Bukan tidak mungkin produk camilan kamu bisa jadi viral!

Soal modal, kamu tidak perlu khawatir. Kebanyakan bisnis camilan tidak membutuhkan modal yang besar. Selain bahan dasar yang murah, usaha ini juga tidak membutuhkan peralatan khusus.

Baca Juga : Trik Rahasia Bisnis Sosis Bakar Laris Manis dan Untung Besar

4. Jasa Make Up Artist

Make up Artist atau MUA memang tengah diminati belakangan ini. Wajar jika menyediakan jasa MUA menjadi salah satu ide usaha rumahan yang lagi trend. Selain mudah, bisnis ini mampu mengalirkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah besar.

Jika kamu memiliki skill make up yang baik, konsumen tidak segan-segan untuk menggelontorkan dana cukup banyak asalkan hasilnya memuaskan. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak kaum muda yang mulai menggeluti bidang satu ini.

Sebelum membuka usaha MUA, sebaiknya asah keterampilan merias kamu melalui kursus. Jangan lupa siapkan perlengkapan rias yang memadai dan berkualitas agar tidak mengecewakan konsumen.

5. Kerajinan Tangan

Usaha Rumahan yang Lagi Trend
(Sumber: Uprint.id)

Ada banyak sekali ide kerajinan tangan yang bisa kamu pilih sebagai usaha rumahan. Misalnya saja pembuatan kerajinan dari anyaman bambu, pembuatan dekorasi dari benang wol, atau pembuatan aksesoris dari bahan alami.

Semua usaha ini sangat memungkinkan untuk dilakukan dari rumah. Bahkan jika usaha kamu mulai berkembang dan permintaan semakin banyak, bukan tidak mungkin kamu bisa membuka lapangan pekerjaan bagi tetangga sekitar. Kunci dari bisnis ini adalah kreativitas yang tinggi.

6. Desain Grafis

Buat kamu yang mempunyai keterampilan dalam bidang desain grafis, menjadi desainer grafis bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menyediakan jasa pembuatan desain untuk perusahaan atau keperluan lainnya tanpa harus menyewa kantor atau gedung karena pekerjaan dilakukan dari rumah.

Seorang desainer grafis dituntut untuk mempunyai kreativitas dan inovasi yang mumpuni. Kamu juga harus mampu memvisualisasikan keinginan klien untuk mewujudkan desain sesuai keinginan.

Agar dapat menjalankan pekerjaan dengan baik, kamu harus mempunyai perlengkapan yang memadai. Sebuah laptop dengan software desainer cukup untuk memulai bisnis desain grafis.

Baca Juga : 8 Langkah Tepat Memulai Bisnis Desain Grafis

7. Cuci Helm dan Sepatu

Bisnis laundry pakaian memang sudah menjamur di berbagai tempat. Tapi usaha laundry helm dan sepatu masih terbilang langka. Jika kamu ingin menghindari persaingan yang ketat, tidak ada salahnya untuk menjalankan usaha yang satu ini.

Jasa laundry sepatu sangat diminati oleh kaum milenial karena ini dapat menunjang fashion mereka. Usaha yang satu ini cocok untuk kaum muda yang ingin terlihat bersih tanpa perlu repot mencuci sepatu atau helm sendiri.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cuci sepatu dan helm cukup terjangkau. Persiapkan sampo khusus, sikat, dan pewangi agar sepatu dan helm benar-benar bersih dan wangi.

Baca Juga : 7 Tips Cara Memulai Bisnis Cuci Sepatu dari Awal Modal Kecil

8. Menjadi Agen PPOB

Usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah menjadi agen Payment Point Online Bank (PPOB). Ini merupakan loket pembayaran online yang bisa digunakan untuk pembayaran tagihan seperti listrik, PDAM, hingga kuota internet.

Di zaman yang serba praktis ini, masyarakat lebih menyukai sesuatu yang mudah dan cepat. Pembayaran tagihan secara online mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga membuka peluang bisnis bagi pelaku.

Untuk menjadi agen PPOB cukup mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi bisnis ini bisa dilakukan dari mana saja sehingga cocok untuk bisnis sampingan. Hal yang tak kalah penting, usaha ini tidak membutuhkan keterampilan khusus.

9. Jasa Menjahit

Menjahit menjadi salah satu usaha rumahan yang masih menjadi favorit bagi banyak orang. Jika kamu memiliki keterampilan menjahit, tidak ada salahnya untuk menjalankan usaha yang satu ini. Kebutuhan fashion yang tidak ada habisnya membuat peluang di bidang ini selalu terbuka lebar.

Agar bisnis menjahit kamu selalu ramai pelanggan, pastikan kamu selalu update tren fashion terbaru sehingga bisa memenuhi permintaan konsumen.

10. Reseller Kosmetik

Usaha Rumahan yang Lagi Trend
(Sumber: Sisternet.co.id)

Skincare dan kosmetik tengah populer di kalangan wanita. Ini membawa berkah tersendiri untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis dari rumah. Menjadi reseller kosmetik cukup mudah untuk dijalankan karena tidak membutuhkan keterampilan khusus.

Dengan ketekunan dan kesabaran serta promosi yang baik, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar bahkan hingga jutaan rupiah. Namun, pastikan kosmetik yang kamu jual aman dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Baca Juga : Rahasia Sukses Cara Memulai Bisnis Kosmetik Cepat Laris

Dengan banyaknya pilihan usaha rumahan yang lagi trend, kamu bisa memilih usaha yang paling cocok dengan situasi dan kondisi. Perhatikan keterampilan dan kemampuan yang bisa kamu maksimalkan sehingga dapat menemukan usaha yang tepat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like