5+ Cara Memulai Usaha Rujak Buah yang Laris

Usaha Rujak Buah

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya, ada banyak makanan dan minuman yang bisa dijadikan suatu bisnis. Salah satunya adalah usaha rujak buah. Untuk membuat rujak buah tidak diperlukan keahlian khusus, Anda hanya perlu mencari tahu resep paling enak supaya konsumen ketagihan.

Tidak hanya resep yang enak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memulai bisnis rujak buah. Bisnis rujak buah ini sangat cocok dijalankan oleh siapa saja dan selain modal yang tidak besar, Anda juga bisa menyesuaikan sendiri konsep usaha yang ingin dilakukan.

Kelebihan Usaha Rujak Buah

Usaha Rujak Buah
(Sumber: Pinterest.com)

Hampir sama dengan bisnis makanan dalam skala kecil lainnya, ada beberapa kelebihan memulai bisnis rujak buah. Beberapa kelebihan dari bisnis rujak buah adalah:

  • Modal usaha dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.
  • Usaha rujak bisa dijalankan di mana saja, misalnya di dekat tempat ramai, lingkungan pasar, dekat pusat perbelanjaan, dan area lainnya.
  • Tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas, bisa juga dijual menggunakan gerobak di pinggir jalan.
  • Dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.
  • Bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga maupun mahasiswa sebagai usaha sampingan.
  • Bisa digabungkan dengan usaha lainnya, misalnya usaha es buah.

Tips Memulai Usaha Rujak Buah

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana memulai bisnis kuliner rujak buah, ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan dan perhatikan, yaitu:

Baca Juga : Tips Bisnis Bubur Ayam dan Resep Bubur Ayam untuk Pengusaha

1. Penentuan Lokasi Usaha

Sebelum mulai berdagang, lebih baik Anda bisa memilih lokasi berjualan yang ramai dikunjungi atau dilewati orang. Anda juga bisa memanfaatkan lahan di depan rumah supaya modal usaha tidak terlalu besar.

Dengan begitu, maka pangsa pasar yang pertama Anda tuju adalah masyarakat yang tinggal di dekat tempat tinggal Anda. Jika lancar, sedikit demi sedikit Anda bisa mengumpulkan keuntungan untuk membeli gerobak. 

Gerobak tersebut digunakan untuk berkeliling ke daerah yang lebih jauh, sehingga bisnis rujak buah bisa dikenal. Anda juga bisa memilih tempat kumpulan pedagang kaki lima atau food court untuk lebih mudah mendapatkan pelanggan. 

Anda juga bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar, karena ada banyak pengunjung yang datang dan tertarik untuk membeli rujak buah dagangan. Bagi orang yang menyukai pedas dan segar, tentu saja rujak buah menjadi magnet tersendiri. 

Setelah memperoleh lebih banyak keuntungan, Anda juga bisa berpikir untuk menyewa kios atau ruko dengan harga sewa yang murah. Sehingga, Anda memiliki peluang untuk menciptakan pelanggan tetap karena tidak perlu berpindah-pindah tempat lagi dan menambah pelanggan baru. 

Pilihlah lokasi yang ramai, misalnya di daerah tempat wisata, pusat perbelanjaan, pasar, dekat perumahan, dan lokasi ramai lainnya. Supaya lebih yakin, Anda bisa mengkaji lokasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa bisnis rujak buah bisa memiliki masa depan yang bagus.

2. Pelayanan untuk Konsumen

Usaha Rujak Buah
(Sumber: Masakapahariini.com)

Rujak buah termasuk sebagai makanan yang umum dan bisa dibuat oleh semua orang. Konsumen yang membeli adalah orang yang mencari kepraktisan serta pelayanan terbaik. Oleh karena itu, jika ada konsumen yang membeli selalu pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik. 

Pelayanan yang ramah akan membuat konsumen merasa senang dan ingin kembali lagi untuk membeli rujak buah. Usahakan untuk selalu tersenyum saat berbicara kepada konsumen.

3. Penetapan Harga Rujak Buah

Sebenarnya Anda bisa menetapkan harga sesuai dengan keinginan. Namun, jika ingin usaha Anda dilirik oleh konsumen tetapkanlah harga yang bersaing dan masuk akal. Coba hitung lagi modal yang dikeluarkan, sehingga harga yang ditetapkan bisa memberikan keuntungan. 

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu berapa harga kisaran untuk produk rujak buah. Jangan sampai harga yang Anda tetapkan terlalu mahal, sehingga calon pembeli menjadi ragu dan tidak jadi membeli produk. 

Di awal bisnis, Anda juga bisa menawarkan harga promosi supaya konsumen lebih tertarik dengan rujak buah yang dijual.

Baca Juga : Rahasia Cara Bisnis Ketoprak dari Awal Cepat Balik Modal

4. Membuat Daftar Dagangan atau Daftar Menu Rujak Buah

Setelah menentukan harga dasar, Anda bisa membuat banyak variasi rujak buah yang dijual. Semakin banyak pilihan, konsumen juga akan semakin suka. Sebelum menentukan daftar dagangan, ada baiknya untuk melakukan riset atau survey terlebih dahulu ke pedagang lainnya.

Ketahui apa saja buah yang digunakan, menu apa saja yang dijual, strategi promosi yang digunakan, dan informasi lainnya yang bisa Anda pakai untuk mendukung usaha. Jika sudah melakukan survey, Anda bisa mengetahui apa saja yang perlu Anda persiapkan. 

Buatlah daftar menu rujak buah yang kira-kira diminati oleh banyak orang, misalnya rujak petis, rujak manis, rujak garam, dan lainnya. Setelah itu, tuliskan harga jual sehingga konsumen yang akan membeli dapat mengetahuinya.

5. Menjalankan Strategi Pemasaran yang Efektif

Usaha Rujak Buah
(Sumber: Kelltontech.com)

Kegiatan promosi menjadi salah satu langkah yang harus dilakukan supaya suatu usaha bisa sukses. Melakukan promosi adalah waktu seorang pebisnis mengenalkan produk kepada calon pelanggan. 

Tanpa melakukan promosi, usaha sulit untuk dikenal oleh masyarakat dan cenderung tidak sukses. Begitu juga dengan usaha rujak buah, Anda memerlukan cara yang kreatif untuk mempromosikan produk dagangan. 

Promosi yang tepat membuat masyarakat kenal dan mengetahui bisnis Anda. Sebagai tahap pengenalan produk, Anda bisa menjual rujak buah dengan harga promo yang lebih murah. 

Supaya bisnis bisa menjangkau daerah yang luas, Anda juga perlu melakukan promosi secara online. Manfaatkan media sosial yang Anda miliki untuk memberitahu banyak orang mengenai rujak buah dagangan Anda. 

Setelah itu, tawarkan produk secara online. Anda hanya perlu melakukan packing yang baik dan mengirimkannya menggunakan jasa antar atau mengantarnya sendiri. 

Jika ada banyak pembeli, sebaiknya gunakan ojek online untuk mengantar produk dengan aman sampai ke tangan pelanggan.

6. Mengetahui Keunggulan Usaha

Supaya bisnis rujak buah yang dilakukan terlihat berbeda, Anda perlu memberikan keunggulan atau keunikan dibanding dengan produk serupa yang dijual oleh pesaing. 

Keunggulan yang menarik akan membuat minat pelanggan meningkat, sehingga pelanggan akan setia dengan produk yang Anda jual. Misalnya, Anda menawarkan jasa antar kepada konsumen yang berada di sekitar lokasi penjualan. 

Kelebihan berupa free ongkos kirim akan membuat pelanggan lebih tertarik dan sering membeli rujak buah dari tempat Anda. Selain itu, Anda juga harus cepat tanggap jika ada konsumen yang memiliki permintaan khusus. 

Sehingga, Anda bisa memenuhi keinginan pembeli tanpa harus merusak mood dalam menikmati kenikmatan produk rujak buah yang dijual. Anda juga bisa memberikan service menarik lainnya, misalnya diskon untuk ibu hamil yang sedang ngidam rujak buah. 

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Buka Usaha Jus Buah Kekinian Paling Laris

Selain itu, Anda juga bisa membuat promosi menarik di hari jadi usaha sehingga ada banyak orang yang tertarik untuk membeli rujak buah karena harga sedang diskon. Ada banyak keunggulan yang bisa Anda berikan untuk produk rujak buah yang dijual. 

Kelebihan tersebut akan membuat usaha Anda terlihat lebih unik dan beda dibandingkan usaha serupa.

Walaupun terlihat mudah untuk dilakukan, supaya usaha rujak buah laris manis Anda harus konsisten dan memiliki keunggulan dibandingkan pesaing. Ciri khas yang unik juga bisa menjadi salah satu cara agar produk rujak buah Anda lebih dikenal dan disukai oleh banyak orang.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like