10 Jenis Usaha Potensial di Desa yang Untung dan Tidak Rugi

usaha potensial di desa

Baru-baru ini, para pendatang mulai menaruh perhatian lebih ke daerah-daerah pedesaan. Bukan tanpa alasan, desa dianggap memiliki potensi yang tinggi dalam hal usaha atau bisnis. Terlebih lagi, beberapa tahun belakangan ini pemerintah fokus pada program pembangunan dan pengembangan desa. Program ini jelas menjadi kesempatan baru yang cemerlang untuk perkembangan usaha di daerah pedesaan. Ada banyak usaha potensial di desa yang mampu memberikan banyak keuntungan dan minim rugi.

Membuka usaha di desa memiliki potensi tinggi yang dapat membangun ekonomi desa tersebut. Ada banyak usaha yang bisa dibuka di desa. Secara tidak langsung, peluang usaha di desa lebih menggiurkan di banding dengan serah perkotaan. Apa saja bisnis yang berpotensi sukses besar di daerah pedesaan? Berikut contoh bisnis yang bisa dijalankan di desa.

Baca Juga: Cara untuk Memulai Bisnis Pulsa Tanpa Ada Pengalaman Sebelumnya

1. Bisnis Pulsa

Bisnis Pulsa
(Sumber: Kompasiana.com)

Dewasa ini, kebutuhan manusia terhadap pulsa dapat dikategorikan cukup tinggi. Bukan tanpa alasan, baik pulsa biasa maupun pulsa data, keduanya berkaitan dengan aktifitas yang melibatkan teknologi smartphone. Pulsa biasa digunakan untuk menelepon dan mengirim sms, sedangkan pulsa data digunakan pada kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan internet.

Untuk memulai bisnis pulsa tidak harus menggunakan modal dalam jumlah besar. Meski minim modal, bisnis ini mendatangkan banyak keuntungan. Sebagai pemula, temukan agen atau operator pulsa lebih dulu. Pangsa pasar bisnis pulsa yang luas dan tidak terbatas membuat bisnis ini begitu laris di pasaran.

2. Toko Sembako

Kebutuhan rumah tangga atau sembako semakin meningkat dari waktu ke waktu, tak terkecuali di daerah pedesaan sekalipun.Tingginya permintaan pasar terhadap sembako bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Toko sembako dapat dijalankan dalam skala besar maupun skala kecil.

Untuk bisa membuka usaha potensial di desa ini, pebisnis perlu menyiapkan beberapa hal seperti lokasi usaha, modal awal, supplier, dan kendaraan untuk menghantar barang. Terkait dengan lokasi, toko sembako bisa didirikan di rumah pribadi agar tidak memakan modal lagi untuk membeli lahan. Toko sembako yang menyediakan banyak kebutuhan rumah tangga akan minim mengalami kerugian.

3. Membuka Usaha Galon

Berbeda dengan daerah perkotaan yang dipenuhi dengan mall dan toko-toko besar, daerah pedesaan lebih umum dengan usaha tingkat menengah ke bawah. Usaha galon adalah salah satu bisnis yang cukup populer di daerah pedesaan. Desa memiliki lingkungan yang masih asri dan alami, kualitas air di daerah pedesaan juga tergolong cukup baik.

Untuk peralatan instalasi yang dibutuhkan jika ingin membuka usaha ini bisa dengan mudah didapatkan di agen-agen terdekat. Usaha ini jelas akan semakin laris saat penggunaan dispenser listrik mengalami peningkatan. Prospek bisnis usaha ini bisa bertahan dalam jangka panjang jika pengelolaan yang dilakukan tepat sasaran.

4. Membuka Lembaga Kursus atau Les

Membuka lembaga kursus atau les juga bisa menjadi amal sekaligus ladang bisnis yang potensial. Berbeda dengan jenis usaha lain yang membutuhkan barang sebagai modal usahanya, untuk membuka lembaga kursus ini tentu butuh ilmu yang mumpuni guna diajarkan kepada para siswa.

Hebatnya lagi, membuka kursus seperti ini tidak hanya memberikan penghasilan bagi sang guru saja, namun juga dijadikan ladang pahala karena membagikan ilmu yang berguna. Terlebih lagi disaat seperti ini, kurikulum sekolah menjadi lebih sulit.

Baca Juga: Tips dan Cara Sukses Memulai Bisnis Barbershop untuk Pemula

5. Jasa Barbershop atau Pangkas Rambut

Jasa Barbershop atau Pangkas Rambut
(Sumber: Motherandbaby.co.id)

Satu lagi usaha potensial di desa yang wajib dicoba adalah barbershop atau pangkas rambut. Hampir semua orang membutuhkan jasa potong rambut. Kendati berada di daerah pedesaan, modal yang dibutuhkan untuk usaha ini juga tidak terlalu tinggi. Untuk membuka bisnis barbershop ini, dibutuhkan tenaga yang benar-benar ahli dalam memotong dan membuat gaya rambut sesuai dengan keinginan pelanggan.

Peralatan yang perlu disiapkan dalam bisnis ini adalah lokasi usaha, gunting, sisir, cermin, gambar model rambut, alat pemotong rambut elektrik, kursi, dan beberapa keperluan tambahan guna menunjang sarana prasarana usaha barbershop. Bayaran untuk setiap kali potong ini bervariasi tergantung dengan model rambut yang diinginkan oleh pelanggan.

6. Berjualan Bahan Bakar

Kebutuhan bahan bakar kendaraan semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan banyaknya transportasi yang digunakan. Usaha potensial di desa ini cukup laris dan bisa mendatangkan banyak keuntungan kepada penjualnya. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Hanya membutuhkan botol bekas dan etalase sederhana yang terbuat dari kayu untuk meletakkannya. Namun, jika memiliki lebih banyak modal, silahkan menggunakan lapak pertamini yang seperti bentuk kecil dari pom.

7. Warung Makan

Membuka usaha warung makan bisa menjadi peluang yang tepat jika ingin mendapat banyak untung selama berbisnis di desa. Warung makan sudah menjadi bisnis populer di kalangan masyarakat luas. Kendati membuka bisnis warung makan di daerah pedesaan, harga yang dipatok pada setiap makanannya tidak bisa terlalu tinggi.

Hal dikarenakan warga desa lebih menyukai menu sehari-hari ala rumahan yang sederhana namun enak dan mengenyangkan. Menu-menu sederhana seperti sayur lodeh, sayur bening, sop ayam, telur balado, dan masih banyak lagi menu lain yang bisa dijajakan di warung makan pedesaan ini.

8. Berjualan Kue Tradisional

Berbeda dengan masyarakat perkotaan yang lebih menyukai jenis roti-rotian seperti pizza, burger, cheese cake dan lain-lain, masyarakat desa lebih menyukai kue-kue tradisional yang seringkali dijual di pasar. Rasa suka masyarakat terhadap kue tradisional ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Modal untuk memulai bisnis ini juga cukup terjangkau karena biasanya, kue tradisional terbuat dari bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah.

Kue tradisional memiliki rasa yang lezat dan menarik. Karena itulah, banyak orang menyukai kue-kue tradisional. Pemasaran kue ini bisa di pasar, dititipkan di toko atau dijajakan dengan berkeliling.

Baca Juga: Cara Bisnis Ayam Potong Pemula Dengan Keuntungan Fantastis

9. Beternak Ayam

Beternak Ayam
(Sumber: Artisanalbistro.com)

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang paling potensial untuk dijadikan ternak. Dalam hal beternak, ada beberapa jenis ayam yang bisa dipilih. Ayam daging, ayam kampung, ayam potong, dan ayam petelur lebih sering dipilih untuk diternakkan. Daerah pedesaan sangat cocok untuk dijadikan lokasi mengembangkan bisnis peternakan ayam.

Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memulai bisnis ini adalah kandang ayam, pakan, perawatan ayam, hingga pemasaran yang akan diterapkan dalam mengelola peternakan ini. Dengan bekal keterampilan dan telaten, bisnis ini tentu akan sukses besar.

10. Ternak Lele

Usaha potensial di desa selanjutnya adalah membuka bisnis ternak lele. Seperti yang diketahui, lele masuk dalam daftar ikan primadona yang banyak disukai oleh orang-orang. Tidak hanya dijadikan makanan rumahan saja, olahan lele juga sering disajikan di warung makan sederhana hingga restoran.

Keuntungan dari ternak lele ini bisa dilakukan di lahan sempit sekalipun. Sayangnya, lele-lele yang tidak bisa melewati proses seleksi alam akan menjadi santapan bagi lele lain.Demikianlah contoh usaha potensial di desa yang bisa dijalankan dengan sedikit modal saja. Bisnis-bisnis diatas memiliki potensi kesuksesan yang tinggi jika dijalankan di daerah pedesaan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like