Tertarik Membuat Usaha Pop Ice? Berikut 7 Tips yang Bisa Kamu Coba!

Cara Usaha Pop Ice

Usaha minuman instan sempat menjadi trend yang menarik di dalam dunia usaha, Pada saat ini, kalian dapat menemukan banyak sekali orang yang mulai berjualan produk-produk minuman instan, apalagi Pop Ice yang sejak dulu sudah hadir di hati masyarakat. Melihat kesempatan yang menarik ini, tentu banyak orang yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara memulai dan mengembangkan usaha Pop Ice.

Tentu bagi yang belum pernah memulai bisnis franchise minuman sebelumnya, langkah-langkah ini akan terlihat cukup menantang.

Namun dibalik itu semua, sepanjang perjalan usaha kalian bisa mendapatkan pengalaman yang berharga sekaligus rewarding.

Sekilas Tentang Usaha Pop Ice

Usaha Pop Ice
(Sumber:masandy.com)

Sebenarnya sejak kapan usaha ini sudah ada di Indonesia? Dan bagaimana prospek kedepannya?

Meski Pop Ice dikenal sebagai salah satu produk minuman instan yang sudah lama dikenal masyarakat, produk ini masih bisa eksis sampai saat ini, menjatuhkan para kompetitor yang banyak sekali jumlahnya.

Baca Juga : Tips Bisnis Bubur Ayam dan Resep Bubur Ayam untuk Pengusaha

Produk hasil produksi PT Forisa Nusa Persada ini masih digemari masyarakat berkat rasanya yang enak dan bervariasi. Tidak hanya terbatas pada buah-buahan, kalian juga bisa merasakan permen karet yang khas.

Semenjak munculnya produk ini di pasaran bertahun-tahun yang lalu, banyak penjual minuman yang selalu memiliki Pop Ice dalam dagangan mereka. Dan selagi masih banyak peminatnya, mereka dapat mendapat keuntungan dari Pop Ice secara terus menerus, meskipun persaingan juga tinggi tentunya. 

Dengan penambahan variasi rasa yang banyak jumlahnya, Pop Ice bisa dibilang sudah berhasil merajai pasar minuman instan. Hal ini bisa dibuktikan dari eksistensinya hingga saat ini yang tiada habisnya. Bahkan, banyak produk lain yang masih belum bisa menyaingi ketenaran produk ini.

Apa Untungnya Memulai Usaha Ini

Sebelum benar-benar memulai bisnis minuman ini, ada baiknya kalian memahami beberapa keuntungan yang bisa didapat dari usaha Pop Ice. Agar bisa memotivasi kalian dalam berusaha, berikut adalah daftar keuntungannya :

1. Hanya Perlu Sedikit Modal

Bagaimana tidak? Hanya dengan bermodalkan blender, air galon, sedotan, wadah plastik, dan es batu saja, kalian sudah bisa mendapat keuntungan yang lebih besar.

Kalian mungkin perlu meningkatkan kenyamanan pelanggan dengan menambahkan meja dan kursi saja. Selebihnya, modal usaha ini masih bisa dikatakan sedikit.

2. Proses Pembuatan yang Mudah

Selain modalnya sedikit, membuat satu produk minuman Pop Ice juga bisa dibilang mudah. Seperti namanya, pembuatan minuman ini sangatlah instan.

Kalian hanya tinggal memasukkan serbuk minuman, air, dan beberapa es batu. Untuk lebih seru lagi, masukkan beberapa topping yang diminati pelanggan. Tambahkan beberapa variasi topping untuk menghindari kebosanan.

Baca Juga : 14 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan Untung Berlipat Ganda

3. Sudah Ada Target Pasar

Dalam membangun sebuah usaha, salah satu hal yang paling dipertimbangkan adalah ada tidaknya target pasar. Sebuah usaha akan sia-sia jika tidak ada target pasarnya, rasanya logika tersebut harus dimiliki dulu.

Namun, untuk bisnis Pop Ice, kalian tidak perlu mencari-cari lagi. Mengapa? Karena pasar dari minuman ini adalah semua orang. Orang pasti akan membutuhkan minuman dikala panas sebagai sarana untuk menyejukkan diri.

Kalian hanya tinggal melakukan survei lokasi untuk menentukan tempat jualan saja.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan Untuk Usaha Pop Ice

Usaha Pop Ice
(Sumber:ramesia.com)

Nah, jika kalian sudah paham, kini tinggal langkah untuk mempersiapkan usaha. Tenang saja, berbeda dengan bentuk usaha lain yang lebih sulit, kalian hanya perlu mempersiapkan beberapa hal utama.

1. Memilih Lokasi yang Tepat

Lokasi adalah faktor yang penting di sini. Kalian harus menemukan tempat yang banyak dikunjungi orang, seperti pasar atau tempat wisata. Berjualan sementara di event-event tertentu juga bisa memberikan keuntungan yang menarik. 

Rajin-rajinlah mencari informasi mengenai keberadaan lokasi yang sekiranya menguntungkan. Dengan bermodalkan internet, itu sudah lebih dari cukup.

2. Kepuasan Pelanggan Selalu Nomor 1

Ingat, pelanggan adalah raja di dunia usaha. Setiap pelanggan tentu mengharapkan fasilitas yang number one

Buatlah Pop Ice dengan cepat, tapi tidak serampangan. Meski butuh latihan beberapa kali, kalian pasti bisa menemukan pola kerja yang paling efektif.

Apabila kekurangan karyawan, jangan sungkan untuk meminta bantuan kerabat yang membutuhkan pekerjaan. Buka lowongan kerja setelah usaha sudah menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

3. Peralatan Mumpuni Akan Membuahkan Hasil

Seperti kalian bisa menghasilkan produk dengan cepat, peralatan yang mumpuni tentu diperlukan. Belilah blender dengan spesifikasi yang memadai untuk membuat produk dengan seefektif mungkin.

Hal ini bertujuan untuk bisa melayani pelanggan dengan cepat, jadi mereka tidak perlu menunggu lama hanya untuk meminum segelas Pop Ice. Layanan yang baik akan selalu diikuti oleh keuntungan yang besar.

Tips Memperoleh Untung Dari Usaha Pop Ice

Usaha Pop Ice
(Sumber:ceroboh.com)

Setelah semuanya sudah siap, kini kalian sudah bisa mempelajari tips-tips yang nantinya akan kalian praktekkan. Ada beberapa cara yang bisa diikuti, seperti :

1. Ciptakan Label Minuman yang Menarik

Meski yang dijual sama-sama produk Pop Ice, seorang penjual bisa menjadi lebih sukses dari penjual lainnya lho. Alasannya sederhana, ia berhasil menanamkan brand nya dikepala pembeli. Jadi saat pembeli membayangkan tempat untuk membeli Pop Ice, tempat pengusaha tadi akan selalu menjadi rujukan. 

Kalian bisa melakukan ini dengan membuat desain label yang menarik, mudah diingat, dan menonjolkan identitas merek kalian. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada desainer untuk masalah ini.

2. Gencarkan Promosi

Untuk bisa menarik engagement yang besar dari masyarakat, seorang pengusaha harus melakukan promosi. Dalam kasus ini, banyak pengusaha minuman instan yang memasarkan produk lewat sosial media atau platform yang bisa diandalkan. 

Daftarkan saja tempat usaha kalian di Grabfood atau Gofood agar pemesanan produk bisa dilakukan dengan mudah. Dengan munculnya produk kalian pada aplikasi-aplikasi tersebut, bisa dipastikan pembeli akan mulai berdatangan apabila betul-betul tertarik.

3. Berikan Diskon yang Menarik

Biasanya seller-seller akan melakukan GA atau Giveaway yang menarik banyak perhatian. Seringkali barang yang dibagikan berupa barang mereka sendiri.

Tapi lain dengan pengusaha minuman Pop Ice, bentuk promosi Giveaway terlihat tidak wajar. Sebaliknya, cara yang paling baik adalah memberikan diskon atau promo.

Baca Juga : Trik Rahasia Cara Buka Usaha Jus Buah Kekinian Paling Laris

Jangan lupa lihat cara cara menghitung diskon agar kalian tidak begitu merugi. Pada saat awal pembukaan toko, lakukan promo beli 1 gratis 1 yang seringkali diminati banyak orang.

4. Pastikan Sudah Memilih Lokasi yang Sesuai

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, lokasi sangatlah penting. Pastikan bahwa kalian sudah melakukan survei lokasi dulu sebelum melakukan cara-cara di atas.

Pastikan lokasi kalian berada di area yang menjanjikan. Dirikan toko di sekitar area kampus atau kantor, untuk menarget mereka yang sedang beristirahat. Pasar juga bisa dijadikan opsi, karena tempat itu selalu ramai.
Itulah tadi beberapa tips untuk membangun usaha Pop Ice. Semoga trik-trik yang kami berikan bisa membantu kalian untuk mulai menjadi pengusaha yang sukses dan mandiri.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like