5 Cara Memulai Usaha Pisang Nugget dan Analisanya Lengkap

Usaha Pisang Nugget

Melakoni usaha kuliner memang bisa memberikan keuntungan tak terhingga. Salah satunya dengan membuka usaha pisang nugget. Usaha kuliner ini diketahui mampu memberikan prospek yang sangat cerah baik di desa maupun di kota.

Terlebih lagi pisang nugget menjadi camilan yang banyak disukai oleh orang-orang. Cita rasanya sangat enak, manis, nikmat sekaligus renyah. Cocok sekali dijadikan sebagai camilan dalam setiap acara dan tentunya bisa dibeli dengan harga ramah kantong.

Mengapa Pilih Usaha Pisang Nugget?

Pisang nugget merupakan camilan yang terus hits sampai sekarang. Wajar saja jika ide usaha seperti ini bisa menjadi referensi yang sangat menjanjikan. Terlebih bahan baku membuat pisang nugget sangat mudah didapatkan. Selain itu, masih ada alasan lain mengapa Anda harus memilih usaha ini.

Baca Juga : Trik Rahasia Bisnis Sosis Bakar Laris Manis dan Untung Besar

1. Pisang Nugget adalah Camilan Sejuta Umat

Siapa sih yang tidak menyukai camilan pisang nugget? Kreasi makanan hasil olahan pisang ini sampai sekarang begitu banyak memiliki penggemar. Hal ini membuat popularitas pisang nugget terus meroket tajam.

Karena alasan itulah maka Anda perlu memanfaatkan peluang untuk membuka usaha pisang nugget ini. Saking banyaknya penggemar tentu bisa membuat usaha Anda sangat potensial. Bersiaplah mendulang banyak untung dari usaha nugget.

2. Pisang Nugget Gampang Dibuat

Selain disukai oleh banyak orang, rupanya pisang nugget juga gampang dibuat. Bahkan Anda bisa mendapatkan bahan baku pembuatan pisang nugget dengan sangat mudah di pasar, supermarket maupun pusat perbelanjaan lainnya.

Bahkan Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuat pisang nugget. Simpel dan sangat praktis, Anda bisa langsung menggorengnya setelah jadi. Meskipun gampang dibuat, cita rasanya sungguh tiada duanya.

3. Mudah Dikreasikan

Usaha Pisang Nugget
(Sumber: Airyrooms.com)

Pisang nugget juga sangat mudah dikreasikan. Belakangan ini ada begitu banyak inovasi pisang nugget yang bisa dicoba. Nah, Anda juga bisa menerapkan hal ini pada usaha nugget pisang yang akan dibuat nanti.

Buatlah pisang nugget kekinian sehingga mampu menjangkau konsumen dari berbagai kalangan. Misalnya, dengan menambahkan topping cokelat di atas pisang nugget, pisang nugget dengan topping parutan keju atau dengan topping matcha. Dijamin rasanya akan menggugah selera.

Baca Juga : Informasi Lengkap Bisnis Franchise Minuman untuk Pemula

Cara Membuka Usaha Pisang Nugget

Untuk membuka usaha seperti ini ternyata tidak sulit dilakukan, lho! Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk memulainya dengan baik. Pastikan Anda luruskan niat terlebih dahulu agar bisa menjalani usaha ini dan memperoleh keuntungan gemilang.

1. Persiapkan Modal Terlebih Dahulu

Sebelum memulai usaha ini, tentu Anda perlu mempersiapkan modal terlebih dahulu. Modal untuk membuat usaha ini terbagi menjadi dua layaknya memulai usaha kuliner lainnya. Modal tersebut adalah modal investasi dan modal operasional.

Yang disebut sebagai modal investasi merupakan jenis modal yang meliputi pembelian berbagai macam alat dan perlengkapan usaha. Sementara itu, yang disebut dengan modal operasional merupakan modal untuk bahan baku, promosi hingga sewa tempat usaha.

2. Temukan Resep Pisang Nugget Terbaik

Usaha kuliner merupakan jenis usaha yang perlu berfokus pada cita rasa. Jika makanan tersebut enak dan cocok di lidah banyak orang, tentu usaha tersebut akan laris manis. Begitu pula yang berlaku pada usaha jajanan dari pisang ini.

Cobalah temukan resep pisang nugget yang enak dari buku resep maupun laman internet seperti Google. Setelah itu, buatlah nugget pisang sesuai resep tadi. Bila perlu kreasikan sedemikian rupa agar mampu menghasilkan pisang nugget yang lezat.

3. Cermati Target Pasar Pisang Nugget

Agar Anda bisa menjalankan usaha nugget pisang dengan lancar, maka sebaiknya tentukan terlebih dahulu target pasar. Apakah menu pisang nugget Anda dikhususkan untuk anak-anak saja atau bisa dikonsumsi juga oleh orang dewasa.

Jika memang target konsumen pisang nugget Anda tidak terbatas, maka hal ini akan semakin membuka peluang untuk mendapatkan banyak keuntungan. Siapa saja bisa memakan pisang nugget buatan Anda sehingga omset yang diperoleh bisa semakin besar.

4. Lakukan Penjualan dengan Baik

Setelah berhasil menemukan resep pisang nugget yang lezat, selanjutnya Anda bisa melakukan penjualan dengan baik. Anda bisa menjual pisang nugget di sekolah, perumahan maupun dititipkan ke kantin-kantin tertentu.

Jangan lupa optimalkan promosi Anda agar bisa mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai kalangan. Anda bisa mempromosikan usaha Anda dari mulut ke mulut, menggunakan media iklan seperti banner atau memanfaatkan laman sosial media.

5. Berikan Inovasi Terbaik

Usaha Pisang Nugget
(Sumber: Smartpluspro.com)

Penting sekali untuk memberikan inovasi pada produk yang dijual. Hal ini perlu dilakukan agar usaha Anda tetap terus ada di hati pelanggan setia. Inovasi produk juga akan membuat pelanggan tidak jenuh dengan produk yang Anda jual.

Bayangkan jika mereka jenuh. Hal ini hanya akan berakibat fatal. Bisa-bisa omset penjualan Anda menurun drastis karena hal ini. Cobalah kreasikan pisang nugget buatan Anda secara optimal dan dapatkan keuntungan tak terhingga.

Baca Juga : Bisnis Ibu Rumah Tangga Muslimah yang Berkah, Halal dan Tanpa Riba

Rincian Modal untuk Membuat Usaha Jajanan Pisang Nugget

Usaha Pisang Nugget
(Sumber: Pergikuliner.com)

Jika Anda sudah mulai tertarik dengan usaha ini, maka sebaiknya tinggal realisasikan saja. Jangan lupa untuk memberikan fokus utama Anda pada rincian modal pembuatan pisang nugget. Pisahkan antara modal investasi dengan modal operasional, ya!

1. Modal Investasi

Untuk modal investasi pembuatan pisang nugget diperlukan beberapa hal seperti:

  • Kompor gas seharga Rp.300.000,00.
  • Tabung gas seharga Rp.150.000,00.
  • Piring seharga Rp.50.000,00.
  • Spatula seharga Rp.35.000,00.
  • Pisau set seharga Rp.35.000,00.
  • Wajan seharga Rp.67.000,00.
  • Panci seharga Rp.50.000,00.
  • Gerobak atau booth seharga Rp.1.500.000,00.
  • Cobek dan ulekan seharga Rp.50.000,00.
  • Wadah atau baskom seharga Rp.40.000,00.
  • Pengangkat makanan seharga Rp.40.000,00.
  • Loyang seharga Rp.48.000,00.
  • Serbet seharga Rp.20.000,00.
  • Meja dan kursi seharga Rp.350.000,00.

Sehingga modal investasi awal untuk membuat usaha jajanan pisang nugget adalah Rp.2.735.000,00.

2. Modal Operasional

Berikutnya, modal operasional untuk membuat pisang nugget meliputi:

  • Gaji pegawai sebesar Rp.1200.000,00.
  • Bahan baku pembuatan pisang nugget seperti garam, tepung panir, minyak goreng, tepung terigu, garam, susu bubuk, gula pasir, pisang kepok dan keju cheddar sebesar Rp.1000.000,00.
  • Biaya listrik dan air seharga Rp.300.000,00.
  • Sewa lokasi sebesar Rp.300.000,00.

Sehingga modal operasional untuk membuat usaha jajanan ini adalah Rp.2.800.000,00.

Baca Juga : Cara Memenangkan dan Menghadapi Persaingan Bisnis Kaos Distro Saat Ini

Franchise Pisang Nugget

Jika Anda masih merasa gentar untuk mencoba usaha nugget pisang sendiri, maka tidak ada salahnya untuk membuat usaha nugget pisang secara franchise. Di Indonesia sudah banyak franchise nugget pisang yang bisa Anda jadikan sebagai batu loncatan seperti:

  1. Pisang Nugget Kece.
  2. Sang Pisang.
  3. Pisang Nugget MisterPi. 
  4. Banana Katsu.
  5. Banana Nugget Juara.
  6. Raja Pisang Nugget.
  7. Bakoel Pisang.
  8. Banana King.id.
  9. Banananugget.
  10. Pisang Berbisik.
  11. Pisang Nugget Bandung.
  12. Pisang Nugget Surabaya.
  13. JOJOBA Pisang Pluitdalam.
  14. Raja Pisang Keju Arjuna.
  15. Pisang Nugget Jakarta. s
  16. Dan masih banyak lagi lainnya.

Usaha pisang nugget tentu bisa menjadi ide bisnis yang mampu membuat Anda memperoleh banyak keuntungan. Terlebih jajanan ini begitu banyak memiliki penggemar. Siapa saja bisa mengonsumsi pisang nugget sehingga hal ini bisa mendatangkan omset yang bagus.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like