Usaha peternakan adalah salah satu usaha rumahan yang mudah ditiru dan dapat dikerjakan di tengah musim pandemi yang sedang berlangsung dengan aneka pilihan usaha yang disesuaikan dengan keinginan.

Ragam Ide Usaha Peternakan Di Rumah

Dunia dikejutkan dengan adanya pandemi yang mengakibatkan banyak dari para pelaku usaha tergoncang dari segi ekonomi. Hal ini tentu berdampak dengan banyaknya karyawan yang dirumahkan karena banyak usaha yang tutup dan mengalami kerugian akibat pandemi. Menyiasati hal tersebut tentu harus cepat dan cerdas karena kebutuhan rumah tangga juga terus berlanjut.

Banyak pilihan usaha yang dapat dilakukan di rumah, namun alangkah baiknnya jika mencoba terlebih dahulu usaha dengan modal kecil yang sekiranya mudah untuk dilakukan. Salah satu bidang yang dapat dicoba adalah usaha peternakan.

Usaha bidang peternakan dianggap cocok karena dalam penerapannya mudah untuk dilakukan terutama untuk pemula yang baru saja terjun dalam dunia usaha. Banyak keuntungan yang didapatkan dari jenis bidang ini, yakni waktu yang fleksibel untuk pengerjaannya, dari segi modal juga lebih ringan, dan mudah dilakukan di rumah. Berikut ragam usaha peternakan yang dapat dilakukan di rumah.

Baca Juga: Panduan Dasar Sukses Bisnis Ternak Ayam Termudah untuk Pemula

1. Usaha Peternakan Ayam Potong

usaha peternakan ayam potong
(Sumber: Ayamkita.com)

Ayam potong adalah salah satu jenis ayam konsumsi yang banyak diminati semua kalangan. Harga ayam potong di penjual cenderung naik dan turun mengikuti kebutuhan para konsumen. Banyak dari para pemula pelaku bidang usaha peternakan mencoba untuk terjun memelihara ayam potong, dikarenakan permintaan pasar selalu tinggi untuk jenis ayam satu ini.

Kecenderungan harga relatif stabil, selain itu cara memelihara ayam ini pun tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Meskipun di awal akan banyak diperlukan modal untuk membuat kandang, namun hal itu akan sebanding dengan harga dan keuntungan setelah perputaran beberapa kali.

Masa beternak ayam mulai dari membeli anakan hingga ayam siap untuk dijual membutuhkan waktu yang relatif singkat. Sebelum memulai usaha jenis ini yang perlu disiapkan adalah membuat kandang, setelah itu mencari tempat membeli anakan ayam dan mencari informasi tempat yang mau membeli ayam yang telah siap dipanen. Tahap selanjutnya setelah ayam berada dikandang adalah dengan merawat ayam tersebut setiap hari dan membersihkan kandang setiap hari agar ayam sehat dari berbagai penyakit.

2. Usaha Peternakan Ayam Petelur

Ayam petelur merupakan usaha peternakan yang tidak kalah menggiurkan untuk dicoba. Karena kebutuhan telur ayam semakin hari semakin meningkat. Dari segi perputaran uang, jenis ayam petelur lebih cepat dibanding ayam pedaging. Karena setiap telur yang dihasilkan tentu akan mudah untuk dijual kembali.

Usaha ini menjadi rekomendasi untuk dilakukan di rumah karena dalam penerapannya cenderung lebih mudah untuk dijalankan. Dari segi modal juga dapat diatasi karena tidak terlalu membutuhkan modal yang besar. Hal ini dapat dimulai dari memelihara sedikit terlebih dahulu.

3. Usaha Peternakan Sapi

Usaha peternakan sapi tetap menjadi hal yang disukai oleh sebagian orang. Karena dari segi harga cukup tinggi. Selain itu dari segi laba dapat diperoleh apabila sapi tersebut mampu melahirkan anak. Untuk pakan sapi dapat lebih mudah didapatkan dibanding kambing, karena sapi cenderung mau menerima apapun yang diberikan.

Memelihara sapi hal utama yang harus diperhatikan adalah masalah pakan yang jangan sampai kehabisan dan harus rutin untuk membersihkan kandang guna menghindari terjadinya penumpukan kotoran.

Baca Juga: Langkah Jitu Bisnis Ayam Petelur Secara Intensif untuk Pemula

4. Usaha Peternakan Kambing

usaha peternakan kambing
(Sumber: Berwirausaha.net)

Beternak kambing adalah salah satu usaha peternakan yang banyak dilakukan oleh banyak kalangan. Karena hewan kambing dinilai cukup mudah untuk beternaknya. Jika dahulu orang lebih suka mengembala kambing di hamparan luas seperti sawah, namun kini banyak yang beralih dengan kambing tetap pada kandangnnya. Pemilik peternakan yang mencari tumbuhan hijau untuk diberikan pada kambing. Dari segi harga kambing lebih stabil dan akan naik pada saat musim Idul Qurban.

5. Usaha Peternakan Kelinci

Melihat kelinci tentu akan banyak orang yang ingin memelihara kelinci tersebut. Karena hewan satu ini terlihat lucu dan menggemaskan sehingga banyak anak yang ingin memelihara kecinci. Hal ini mencari peluang untuk usaha peternakan kelinci.

Dari segi perawatan juga cukup mudah untuk dilakukan. Belum terlalu banyak orang yang tertarik dengan jenis usaha satu ini. Sehingga akan sedikit pesaingnya. Dari segi harga, kelinci memiliki keunikan tersendiri, karena banyaknya jenis varian kelinci yang dikelompokan berdasarkan ras kelinci tersebut. Semakin unik ras tersebut maka akan semakin mahal pula harganya.

6. Usaha Peternakan Ikan Gurami

Ikan gurami adalah salah satu jenis ikan konsumsi yang cukup banyak peminatnya. Banyak orang menyukai usaha peternakan ini karena tidak perlu dipusingkan dengan mencari tambahan pakan. Karena pakan cukup dilakukan dengan memberikan pakan khusus yang telah dibeli di toko.

Ikan gurami masa panennya sekitar satu tahun. Karena jenis ikan satu ini tidak dapat diberikan pakan sebanyak mungkin seperti halnya pada ikan patin. Ikan gurami cenderung lebih agresif, karena jika kondisi kurang nyaman makan dengan mudah ikan gurami akan mengalami stres dan menimbulkan penyakit pada ikan tersebut.

Perawatan pada ikan gurami harus dilakukan secara teliti guna mengetahui kondisi setiap harinya. Namun itu semua terbayarkan dengan harga ikan gurami yang cenderung lebih mahal dibanding jenis ikan lainnya. Karena tentu target market ikan gurami lebih ke menengah ke atas.
Jika telah memasuki usia panen.

Ikan dapat dipanen dengan menghubungi tengkulak atau jika mau, juga dapat dipanen dan dipasarkan sendiri. Tentu hal ini akan menjadi nilai lebih tersendiri karena harga cenderung dapat menguasahi karena langsung pada konsumen.

7. Usaha Peternakan Ikan Lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang banyak disukai banyak kalangan baik atas maupun bawah. Hal ini menjadikan permintaan pasar lebih besar dibanding jenis ikan lainnya. Karena dari segi harga ikan lele juga lebih murah, namun dari segi rasa memiliki cita rasa tersendiri.

Banyak para pelaku usaha peternakan yang lebih menyukai beternak lele karena dari segi perawatannya ikan lele lebih tahan cuaca dan mudah penerapannya. Banyak metode perawatan ikan lele yang ditawarkan. Untuk masa panen ikan lele yang paling cepat adalah dalam kurun waktu 3 bulan.

Baca Juga: Jenis Bisnis Ikan Hias Paling Laris Saat Ini Cocok untuk Anak SMK Setelah Lulus

8. Usaha Peternakan Ikan Hias

usaha peternakan ikan hias
(Sumber: 99.co)

Ikan hias menjadi salah satu pilihan jenis usaha peternakan yang dapat dilakukan di rumah. Dari segi modal, lebih terjangkau dan waktu dapat dikerjakan lebih fleksibel. Banyak jenis pilihan ikan hias. Namun akan efektif jika dalam beternak lebih konsentrasi pada salah satu jenis ikan.

Jenis ikan yang kini banyak diminati dan permintaan pasar cenderung naik adalah jenis ikan cupang dan ikan guppy. Kedua jenis ikan hias ini banyak kalangan anak-anak maupun dewasa menyukainnya. Target pasar pun banyak yang memburu jenis ikan ini. Namun tidak menutup kemungkinan jika menginginkan beternak jenis ikan hias lainnya sesuai dengan pilihan hati.

Demikian pilihan berbagai usaha perternakan yang dapat dilakukan di rumah dengan modal yang lebih terjangkau. Dari segi perawatan juga cukup mudah untuk dilakukan. Memulai usaha dari nol adalah salah satu bentuk pencapaian terbesar dengan berani melangkah untuk maju. Meskipun lebih menyukai kerja sebagai karyawan namun usaha ini dapat dilakukan di rumah sebagai bentuk tambahan penghasilan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk semuanya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.