Banyak peluang usaha pertanian yang bisa dijalankan oleh anak muda, bahkan beberapa di antaranya bisa dilakukan tanpa modal yang besar dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

Ragam Usaha Pertanian dari Rumah

Selama ini banyak orang yang berpikir bahwa untuk menjalankan sebuah usaha pertanian harus mengeluarkan modal yang besar dan membutuhkan lahan yang luas. Pemikiran ini menyebabkan banyak orang terutama generasi muda menjadi tidak mempunyai keinginan untuk melakukan bisnis di bidang ini.

Padahal sebenarnya dengan sedikit kreatifitas dan kemauan yang tinggi para anak muda ini bisa menjalankan usaha di bidang pertanian tanpa modal besar dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan usaha ini bisa dilakukan di pekarangan rumah saja. Berikut beberapa peluang usaha pertanian yang bisa dilakukan oleh anak muda:

Baca Juga: Rahasia Strategi Bisnis Properti Untung Besar yang Mudah Ditiru Anak Muda

1. Usaha Pertanian Pembibitan Tanaman, Untung dalam Waktu Singkat

usaha pertanian pembibitan tanaman untung dalam waktu singkat
(Sumber: Cashlez.com)

Menjalankan usaha pertanian di bidang pembibitan tanaman sangatlah menguntungkan karena usaha ini hanya butuh waktu singkat sampai bisa memberi hasil. Menjual bibit tanaman hias maupun buah-buahan telah terbukti dapat memberikan keuntungan dalam jumlah yang cukup besar.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjual bibit agar dapat menjadi pemasukan yang besar dan kontinyu, antara lain:

a. Mengutamakan Kualitas

Selalu tawarkan bibit tanaman yang berkualitas tinggi. Jangan pernah menjual bibit yang rusak atau telah terserang penyakit karena itu akan menyebabkan pembeli menjadi jera untuk membeli kembali.

b. Lakukan Inovasi

Rajin-rajinlah membaca buku tentang pembibitan. Ikutlah dalam komunitas pecinta dan penjual tanaman agar selalu tahu tentang info terkini mengenai tanaman. Lakukan inovasi, seperti perkawinan silang atau teknik pertanian lain untuk bibit-bibit yang sudah dimiliki, hal ini akan memberikan nilai tambah yang akhirnya akan menaikkan harga jual. Sebagai contoh, pembeli akan menjatuhkan pilihan pada bibit mawar dengan bunga berwarna merah bergaris-garis putih, daripada bibit mawar berwarna merah polos, bukan?

Baca Juga: Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda

2. Usaha Pertanian Berjualan Tanaman Herbal, Untung Tanpa Perlu Menanam

usaha pertanian berjualan tanaman herbal untung tanpa perlu menanam
(Sumber: Tasteofhome.com)

Alternatif usaha pertanian yang bisa dijalankan oleh anak muda adalah menjual tanaman herbal. Dewasa ini masyarakat sudah mulai sering mengkonsumsi ramuan tradisional yang berasal dari tanaman herbal dan bahkan menjadikannya sebagai gaya hidup. Hal ini menyebabkan peluang usaha di bidang ini sangatlah besar.

Berikut adalah beberapa usaha pertanian di bidang tanaman herbal yang bisa dilakukan oleh anak muda:

a. Menjual dalam Bentuk Kering

Blusukan ke pasar atau pasar induk bisa dilakukan untuk memperoleh bahan mentah tanaman herbal ini. Apabila usaha pertanian sudah berskala besar, maka pedagang tanaman herbal bisa bertransaksi langsung dengan para tengkulak untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Beberapa bahkan sering berhubungan langsung dengan petani untuk mendapatkan harga beli yang sama dengan yang ditentukan oleh para tengkulak.

Beberapa tanaman herbal yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah kunyit, temulawak, jahe, kencur, dan kunyit putih. Para pengusaha muda ini dapat menjual tanaman herbal dalam bentuk mentah yang sudah dikeringkan. Tanaman herbal kering dapat ditawarkan dalam kemasan sekali rebus yang praktis, sehingga pembeli tidak perlu menakar jumlahnya lagi.

b. Menjual dalam Minuman Kemasan

Inovasi perlu dilakukan untuk meningkatkan harga jualnya. Dengan memanfatkan gaya hidup masyarakat perkotaan yang serba praktis dan tidak mau repot, buat kemudahan untuk mengkonsumsinya dengan menjual dalam bentuk minuman herbal cair yang sudah dikemas. Hal yang penting diingat saat membuat minuman herbal kemasan adalah prosesnya yang harus steril, dimulai dari pengolahan bahan sampai pengemasan, serta menggunakan bahan yang benar-benar alami tanpa campuran pengawet, bahan kimia, maupun gula buatan.

Baca Juga: Informasi Lengkap Bisnis Franchise Minuman untuk Pemula

3. Usaha Pertanian Tempat Makan Vegetarian, Manfaatkan Tren

usaha pertanian tempat makan vegetarian manfaatkan tren
(Sumber: Steemitimages.com)

Gaya hidup sehat sekarang sedang menjadi tren bagi kalangan pebisnis muda. Pola hidup mulai berubah. Selain semakin rajin melakukan kegiatan olahraga, pola makanpun ikut berubah. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat ditiadakan, mengurangi makanan berdaging, dan yang terutama memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Manfaatkan perubahan pola hidup ini dengan membuka peluang usaha pertanian di bidang kuliner. Membuka tempat makan yang menyediakan makanan khusus vegetarian bisa menjadi pemasukan yang sangat tinggi bagi yang serius menjalankannya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan tempat makan khusus vegetarian sebagai usaha pertanian, di antaranya:

a. Pilihlah Bahan-Bahan Makanan Sayur dan Buah-Buahan yang Berkualitas Baik

Pembeli tidak akan mempedulikan harga makanan yang dijual saat mereka tahu bahan-bahan yang digunakan adalah organik dan berkualitas baik.

b. Menu yang Beragam

Sajikan aneka pilihan menu yang bervariasi agar pembeli tidak merasa bosan dengan menu yang itu-itu saja. Lakukan inovasi terhadap bahan makanan yang ada. Selain buah-buahan dan sayur-sayuran, dapat juga disertai tambahan tempe dan tahu. Penyajian minuman sebaiknya tidak satu jenis saja, lakukan pencampuran aneka buah-buahan atau buah dengan sayur agar terdapat variasi rasa. Pelajari buah dan sayur apa yang boleh dicampur, mana yang tidak. Karena konon pencampuran yang salah akan dapat menurunkan khasiatnya.

c. Tempat Makan yang Nyaman

Bila target tempat makan vegetarian adalah anak muda, maka pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Desainlah tempat makan menjadi tempat yang asik dan nyaman karena biasanya para muda menjadikan tempat makan sebagai tempat berkumpul dan bercengkerama bersama teman-teman. Selalu jaga kebersihan dan beri pelayanan yang cepat dan ramah agar pengunjung merasa betah dan menjadi pelanggan setia.

d. Jalin Kerjasama dengan Pihak Lain

Agar tempat makan dikenal banyak orang dan ramai pengunjung, lakukan kerjasama dengan pusat kesehatan dan kebugaran. Kerjasama ini bisa berupa pemberian diskon, pembagian voucher makan gratis, ataupun potongan harga pelayanan di pusat kebugaran bagi pelanggan setia tempat makan. Kerjasama ini sangat menguntungkan kedua belah pihak karena masing-masing akan mendapatkan tambahan pelanggan.

4. Penyalur Buah dan Sayur Organik

Tidak perlu tempat yang luas saat menjadi penyalur buah dan sayur organik. Usaha ini dilakukan dengan cara menyalurkan sayur dan buah-buahan ke supermarket ataupun toko yang khusus menjual bahan pangan yang organik. Banyak peluang yang bisa diambil dari segmen ini. Bukan hanya sekadar sayur dan buah organik saja yang bisa dijual, namun juga termasuk beras organik, biji-bijian hingga keperluan dapur seperti garam dan gula.

Hal penting yang harus diperhatikan saat menjalankan usaha ini adalah memastikan bahwa bahan yang diambil adalah memang benar-benar organik, bebas bahan kimia seperti pupuk dan pestisida. Pastikan mengambil barang dari supplier yang jelas dan benar-benar telah terbukti sebagai penyedia bahan organik. Pembeli tidak akan segan-segan mengeluarkan kocek lebih untuk membeli bahan-bahan organik dari penjual yang tepercaya, oleh karena itulah usaha ini bisa menjadi pilihan yang mendatangkan keuntungan yang luar biasa.

Demikianlah beberapa alternatif usaha pertanian yang bisa dijalankan oleh anak muda tanpa modal yang besar dan lahan yang luas. Yang paling penting diperhatikan adalah untuk selalu menjaga kualitas bahan agar menjadi penjual yang disenangi dan dipercaya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.