Sebelum terjun dalam bisnis perikanan, sebaiknya cari tahu dulu ciri-ciri usaha perikanan dan jenis usaha perikanan yang lengkap.

Ciri-Ciri Usaha Perikanan yang Wajib Diketahui

Usaha perikanan saat ini menarik minat banyak orang. Selain bahan yang didapatkan mudah tetapi usaha ini juga cenderung memiliki omzet yang tinggi dan dibutuhkan masyarakat. Ikan merupakan hewan yang bisa dibudidayakan atau hidup dilaut lepas. Sangat mungkin usaha perikanan menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Namun, usaha ini juga memiliki beberapa ciri khas yang sudah semestinya diketahui oleh calon pengusaha ikan. Ciri-ciri tersebut diantaranya:

1. Habitat Ikan

Di laut, ikan memiliki ruang hidup sesuai dengan ragamnya. Masing-masing ruang tersebut ada yang hidup bagian laut permukaan, ada yang hidup di laut bagian tengah dan adapula yang hidup di laut paling dasar. Keberadaannya yang tidak mudah diketahui dengan mata membuat proses fishing harus dilakukan secara ahli. Menilik dari hal ini maka dalam proses fishing diperlukan metoda dan pengetahuan khusus.

2. Fishing Ground

Fishing ground adalah wilayah perairan yang boleh dilakukan penangkapan ikan. Meskipun wilayah perairan di Indonesia sangat banyak namun ada beberapa wilayah tertentu yang tidak boleh di lakukan fishing. Jadi, sebelum usaha perikanan hal ini perlu untuk anda riset terlebih dahulu

Baca Juga: Jenis Bisnis Ikan Hias Paling Laris Saat Ini Cocok untuk Anak SMK Setelah Lulus

3. Migrasi Ikan

migrasi ikan
(Sumber: Kompasiana.com)

Usaha perikanan di laut sangat penting mengetahui kapan ikan-ikan bermigrasi. Karena ikan tidak hanya hidup disuatu tempat. Ikan-ikan ini selalu bermigrasi (bergerak atau berpindah tempat). Bahkan banyak ikan yang melakukan ruaya ke daerah. Hal tersebut dilakukannya untuk mencari tempat yang paling menguntungkan dalam proses perkembangan telur dan larva. Selain menguntungkan proses ruaya tersebut dilakukan untuk keamanan telur ikan dari predator.

4. Ikan Merupakan Komoditi yang Cepat Rusak

Namun dalam usaha perikanan ternyata tetap memiliki kekurangan. Sebab ikan merupakan komoditas yang cepat busuk dan rusak. Sehingga diperlukan kecerdasan dalam mengelola ikan, agar tidak mempengaruhi mutu dan harga pemasaran ikan.

5. Common Properties

Ikan dilaut adalah milik bersama. Siapapun dapat menangkapnya asal mematuhi peraturan fishing di laut. Dengan demikian, sangat mungkin terjadi over fishing (penangkapan berlebihan). Sehingga ikan di tempat tersebut menjadi sedikit dan susah ditemukan bahkan punah. Hal ini akan berpengaruh terhadap komoditi yang akan dipasarkan.

6. Sistem Penangkapan

Sistem bagi hasil merupakan sistem yang pada umumnya digunakan saat melakukan penangkapan ikan. Yang mana biaya operasiaonal diberikan untuk satu kali penangkapan dan sisanya di potong dari hasil lelang. Usaha perikanan ini akan bergantung pada hasil penangkapan dalam satu kali trip.

Jenis-Jenis Usaha Perikanan yang Lengkap dan Menguntungkan

Tidak menutup kemungkinan usaha perikanan di tanah air semakin menjamur. Semakin kreatif dan inovatif generasi muda sekarang yang mampu membuat olahan ikan ke dalam beragam bentuk dan jenis. Sebagai pemula atau mungkin ingin mencoba produksi ikan dalam bentuk lain maka di bawah ini adalah jenis-jenis usaha perikanan yang menjanjikan:

Usaha Abon Tulang Bandeng

Usaha perikanan ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Namun semakin canggih pemikiran generasi saat ini, sehingga tulang yang biasanya hanya diberikan kepada kucing, sekarang dapat dimanfaatkan.

Tulang ikan yang dapat dijadikan sebagai abon adalah dari jenis ikan bandeng. Pada tulang ikan bandeng terkandung kalsium yang tinggi. Yang mana kalsium ini membantu pertumbuhan gigi dan tulang dengan baik.

Silakan dicoba usaha perikanan yang sangat inovatif ini. Dengan alat yang sederhana saja seperti presto, abon tulang bandeng dapat menjadi sumber penghasilan. Caranya, rebus tulang bandeng ke dalam presto hingga lembut. Kemudian aduk dengan bumbu hingga merata. Setelah diaduk dan rasa sudah pas, sangrailah sampai menjadi abon.

Baca Juga: Aneka Usaha Pertanian untuk Anak Muda Bikin Tajir Melintir

Cemilan Ikan

cemilan ikan
(Sumber: Omiyago.com)

Ikan yang merupakan sumber protein tidak hanya bisa dijadikan sebagai lauk. Namun, ikan juga dapat dijadikan sebagai cemilan saat santai. Usaha perikanan yang satu ini juga tidak rugi jika anda menjajalnya.

Ikan petek jadi salah satu jenis ikan yang bisa dibuat cemilan enak dan lezat. Cemilan ikan ini dapat di budidaya sendiri lho. Sehingga semakin menguntungkan jika dapat memiliki sumber produksi sendiri.

Karena cemilan ikan biasanya makanan kering, maka usaha perikanan ini semakin berpotensi menghasilkan omzet tinggi sebab dalam pemasarannya dapat menjangkau konsumen yang sangat luas. Dengan demikian, keuntungan yang anda dapatkan semakin berlimpah.

Ikan Sebagai Menu Utama Restoran atau Rumah Makan

Menu olahan ikan sebagai sajian makanan yang ada di restoran atau rumah makan memang sudah populer. Akan tetapi tidak ada salahnya jika ikan dijadikan menu utama yang disediakan restoran. Bisa berasal dari beberapa jenis ikan dan diolah dengan bermacam ciri khas, sehingga dengan begini akan diserbu para pecinta ikan.

Untuk memperindah dan memikat pengunjung dalam usaha perikanan jenis ini dapat ditambahkan kolam ikan disekitar restoran tersebut. Sehingga, selain menikmati sajian dari restoran pengunjung dapat melakukan request kepada pramusaji untuk memancing kemudian hasilnya baru diolah. Nah, biasanya hal ini akan semakin menarik minat pengunjung. Bahkan restoran bisa jadi sarana berlibur.

Tepung Ikan untuk Hewan

Tulang ikan dapat dijadikan sebagai bahan tambahan pembuatan makan untuk ternak. Ikan yang mengandung banyak protein mampu mempercepat pertumbuhan ternak tersebut. Sangat beruntung jika dapat mengembangkan usaha ini, karena nilai jualnya cukup tinggi. Selain itu, tulang ikan untuk bahan tambahan tepung ini bisa dari semua tulang ikan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Barang yang Laku Dijual Di Teras Depan Rumah

Membudidayakan Ikan

membudidayakan ikan
(Sumber: Hewan.id)

Untuk usaha perikanan jenis ini bisa dilakukan dengan cara menyediakan kolam sebagai tempat peternakan ikan. Bisa dengan menyewa atau membuat sendiri. Yang termasuk pembudidayaan ikan adalah memelihara, membesarkan, memanen atau dapat juga pengembangbiakan bibit.

Tentunya jika mengembangkan usaha ini berkaitan langsung dengan usaha nomor empat. Karena membudidayakan ikan sudah tentu membutuhkan pakan. Sehingga jika dapat memproduksi pakan sendiri maka biaya operasional peternakan dapat diminimalisir.

Memasarkan Ikan

Selain kelima usaha di atas, masih ada bisnis ikan yang dapat ditekuni. Yakni, pemasaran ikan. Biasanya pemasaran ikan memiliki beberapa macam. Bisa dalam bentuk segar atau sudah menjadi olahan dalam kemasan.

Pemasaran ini pun dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Bisa menjualnya di pasar tradisional yang terhubung langsung dengan konsumen atau sebagai agen yang mengelola ikan dari pelelangan. Sehingga kapasitas pemasaran lebih banyak dan menguntungkan. Biasanya menjadi agen ikan membutuhkan banyak biaya. Sebab, membeli dengan jumlah yang cukup banyak kemudian di distribusikan ke penjual.

Sebenarnya masih banyak usaha perikanan yang dapat digeluti. Apalagi zaman sekarang semua teknologi serba canggih sehingga mempermudah pengusaha untuk berkecimpung dalam bisnis perikanan. Dapat pula menyediakan kebutuhan ternak seperti obat atau pakan, sehingga menjadi salah satu bisnis yang menghasilkan uang. Demikianlah ulasan ciri-ciri usaha perikanan dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.