6 Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut Pria Mudah Pasti Berhasil

Usaha Pangkas Rambut Pria

Ide usaha memang begitu banyak macamnya. Salah satu yang cukup berpeluang untuk mendatangkan keuntungan besar ialah usaha pangkas rambut pria. Usaha ini bisa dipastikan tidak akan pernah tergerus zaman.

Pastinya setiap pria selalu membutuhkan jasa pangkas rambut. Bahkan dalam melakoni usaha seperti ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal awal yang besar. Hanya saja Anda harus terus berlatih agar keahlian pangkas rambut Anda bisa semakin lebih baik lagi.

Cara Memulai Usaha Pangkas Rambut Pria

Memulai usaha potong rambut khusus pria tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, bukan berarti tidak dapat dilakukan. Hanya saja untuk mempermudahnya, maka Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut.

Baca Juga : 7 Tips Jitu Bisnis Rental Komputer dan Print Laris Manis

1. Latih Terus Keahlian Anda dalam Pangkas Rambut

Sebelum memulai bisnis potong rambut pria, maka sebaiknya Anda terus konsisten dalam melatih keahlian tersebut. Tanamkan pada diri bahwa Anda sedang menjual jasa terbaik. Dengan demikian, maka akan banyak orang yang bersedia berlangganan menggunakan jasa Anda.

Terlebih setiap orang tentu ingin dipangkas rambutnya dengan gaya yang berbeda-beda. Untuk itu, penting sekali melatih keahlian pangkas rambut untuk berbagai usia. Jadi, Anda tidak membatasi model potongan rambut.

2. Pilihlah Lokasi Strategis untuk Usaha Anda

Usaha Pangkas Rambut Pria
(Sumber: Pixabay.com)

Tidak dapat dipungkiri bahwa lokasi sangat menentukan keberhasilan Anda dalam menjalani usaha potong rambut. Jangan sampai Anda salah dalam menentukan lokasi. Jika hal tersebut terjadi tentu saja hanya akan membuat Anda gagal.

Misalnya, Anda bisa menemukan lokasi potong rambut yang berdekatan dengan sekolah, kampus, lingkungan perumahan bahkan pinggir jalan. Pastinya di lokasi-lokasi tersebut akan selalu ramai pelanggan karena pada dasarnya rambut pria memang lebih mudah tumbuh.

3. Lakukan Strategi Pemasaran Terbaik

Ketika Anda memilih usaha pangkas rambut khusus pria, maka jangan lupa menerapkan strategi pemasaran terbaik. Caranya bisa diawali dengan memastikan semua orang mampu melihat tempat usaha Anda dari sudut pandang manapun.

Jangan lupa pasang banner Anda dengan baik dan terpampang jelas. Manfaatkan juga promosi menggunakan media internet seperti halnya lewat Instagram, Facebook, Twitter hingga Youtube. Anda juga bisa memberikan promo tertentu untuk semakin banyak menarik perhatian orang-orang.

4. Berikan Kenyamanan di Tempat Usaha Anda

Tetap berikan kenyamanan bagi setiap pelanggan yang datang untuk pangkas rambut di tempat Anda. Salah satunya dengan memberikan sedikit hiburan bagi pelanggan yang sedang mengantri jasa Anda. Misalnya, dengan menyediakan TV atau sound musik tertentu.

Bila perlu Anda juga bisa memberikan wifi gratis untuk para anak muda yang mengantri jasa pangkas rambut tersebut. Cara ini juga bisa menjadi ajang promosi dengan meminta pengguna wifi untuk sekaligus mempromosikan jasa Anda.

5. Berikan Pelayanan yang Memuaskan untuk Setiap Pelanggan

Usaha Pangkas Rambut Pria
(Sumber: Pxfuel.com)

Selalu berikan pelayanan yang memuaskan bagi setiap pelanggan Anda. Mulailah dengan bersikap sopan dan ramah kepada setiap pelanggan yang singgah ke tempat usaha Anda. Tawarkan kepada mereka bahwa Anda bisa memangkas rambut dengan berbagai macam model potongan.

Jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga kebersihan tempat pangkas rambut Anda. Apabila terlalu banyak potongan rambut yang berserakan, maka segeralah untuk membersihkannya terlebih dahulu. Ini penting agar pelanggan senantiasa terus merasa nyaman.

Baca Juga : 14 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan Untung Berlipat Ganda

6. Terus Bekerja Keras dan Optimalkan Kinerja Anda

Dalam menjalani usaha Anda perlu untuk terus bekerja keras serta bekerja cerdas. Apalagi jika usaha Anda masih baru. Tentunya benar-benar butuh perhatian dan dedikasi luar biasa agar usaha tersebut bisa terus berjalan dengan baik.

Optimalkan setiap layanan yang Anda berikan kepada setiap pelanggan. Jangan sampai pelanggan Anda protes dengan layanan yang diberikan. Ingatlah, pelanggan adalah raja dan perlu Anda layani dengan begitu baik.

Hambatan Usaha Potong Rambut Pria

Siklus bisnis ada kalanya naik dan turun. Jangan merasa khawatir jika usaha Anda sedang ada dalam titik turun. Hambatan selalu ada ketika seseorang menjalani suatu bisnis tertentu dan hal tersebut tentu perlu diatasi dengan baik.

Tanpa terkecuali bisnis potong rambut pria. Bisnis ini juga memiliki sejumlah resiko yang kerap menghantui pemiliknya. Beberapa hambatan yang kerap ada dalam usaha potong rambut pria diantaranya:

Baca Juga : 6 Cara Buka Usaha Printing Rumahan dari Awal Modal Kecil

1. Adanya Komplain dari Pelanggan

Komplain dari pelanggan bisa menjadi hambatan yang cukup sering menghantui. Biasanya komplain tersebut berkaitan dengan kriteria model potongan rambut ideal versi mereka. Jangan kaget ya, bisa jadi ada salah satu pelanggan Anda yang melakukan hal tersebut.

Jika ada pelanggan yang komplain tentu sikapi dengan rasa empati. Tentunya sebagai manusia biasa Anda pun tidak bisa terus mencukur sesuai dengan kehendak mereka. Apabila masih mungkin diperbaiki, maka cobalah perbaiki potongan Anda.

2. Banyaknya Antrian Tunggu

Hambatan lainnya dalam menjalani usaha pangkas rambut pria adalah antrian tunggu yang mengular. Semakin puas pelanggan dengan cukuran rambut Anda, maka nantinya akan semakin banyak pelanggan yang datang kembali untuk menggunakan jasa Anda.

Solusinya, Anda bisa memberikan sedikit hiburan pada mereka dengan menyediakan TV, musik atau wifi. Selain itu, Anda juga dapat menambah jumlah karyawan sehingga para pelanggan tidak akan merasa kecewa karena lama menunggu.

3. Saingan yang Ketat

Hambatan terakhir dan paling sering menimpa adalah banyak persaingan usaha di luar sana. Hal tersebut karena pikiran orang-orang yang merasa bahwa usaha potong rambut pria merupakan jenis usaha yang sangat menjanjikan.

Agar bisa terus membuat pelanggan nyaman dengan jasa Anda, maka sebaiknya tawarkan banyak keunggulan dibandingkan usaha sejenis lainnya di luar sana. Misalnya, menyediakan banyak pilihan model potongan rambut, mengoptimalkan fasilitas yang diberikan dan harga potongan rambut yang terjangkau.

Baca Juga : 7 Tips Jitu Bisnis Rental Komputer dan Print Laris Manis

Analisa Usaha Potong Rambut Pria

Usaha Pangkas Rambut Pria
(Sumber: Pxfuel.com)

Untuk memulai usaha potong rambut pria, maka sebaiknya Anda membuat perkiraan modal usaha terlebih dahulu. Hal ini sangat penting sehingga ketika usaha tengah berjalan maka tidak akan ada kekurangan bahan dan permasalahan kecil lainnya.

1. Sewa Tempat

Memulai usaha potong rambut pria bisa dimulai dengan menyewa tempat terlebih dahulu. Setidaknya Anda membutuhkan sewa ruangan dengan ukuran 3 x 3 meter. Harga sewa per daerah tentu berbeda-beda bisa dimulai dari Rp.5000.000,00 per bulannya.

  • Membeli Perlengkapan Usaha dan Modal Operasional
  • Peralatan dan Perlengkapan Cukur
  • Peralatan cukur rambut senilai Rp.1.500.000,00.
  • Kursi pangkas rambut 2 set senilai Rp.2000.000,00.
  • Cermin senilai Rp.1000.000,00.
  • Meja rias 2 set senilai Rp.1000.000,00.
  • Kursi antrian panjang seharga Rp.500.000,00.
  • Perlengkapan tambahan senilai Rp.500.000,00.

Biaya total peralatan dan perlengkapan cukur adalah Rp.6.500.000,00.

  • Biaya Operasional
  • Gaji 1 karyawan senilai Rp.2000.000,00.
  • Listrik dan air senilai Rp.500.000,00.
  • Sabun seharga Rp.10.000,00.
  • Bedak bayi seharga Rp.30.000,00.
  • Minyak pelumas seharga Rp.20.000,00.

Total biaya operasional ialah Rp.2.560.000,00.

2. Perkiraan Pendapatan

Anggap saja tarif pangkas rambut adalah Rp.20.000,00 dan dalam sehari kedatangan pelanggan sebanyak 20 orang. Maka bisa diperoleh perkiraan pendapatan Rp.20.000,00 x 20 x 30 = Rp.12.000.000,00. Kemudian, untuk keuntungan bisa diperoleh dari omset bulanan – biaya operasional.

Perkiraan keuntungan ialah Rp.12.000.000,00 – Rp.2.560.000,00 = Rp.9.440.000,00. Itulah keuntungan bulanan yang bisa Anda peroleh dari membuka usaha potong rambut khusus pria. Pastinya akan sangat menggiurkan.

Usaha pangkas rambut pria memang bisa menjadi solusi ide usaha terbaik yang perlu Anda coba. Khususnya jika Anda memiliki keahlian pangkas rambut, maka hanya perlu untuk mengasah kemampuan Anda agar semakin lebih baik lagi.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like