7 Kiat Usaha Mie Pangsit Rincian Modalnya, Dijamin Untung!

Usaha Mie Pangsit

Mie pangsit merupakan sejenis makanan yang digemari masyarakat dan mudah ditemukan di mana saja. Meskipun demikian, masing-masing usaha mie pangsit memiliki ciri khas dan keunikan cita rasa tersendiri sehingga mudah dikenal oleh para pelanggan. Simak penjelasan di bawah ini.

Mengapa Usaha Mie Pangsit Termasuk Menguntungkan?

Ternyata, berbisnis mie pangsit banyak dipilih karena memberikan peluang keuntungan cukup besar. Mulai dari mudahnya memperoleh bahan baku hingga tergolong ramah di kantong bagi masyarakat. Berikut ini beberapa alasan yang bisa Anda ketahui:

Baca Juga : 6 Cara Sukses Usaha Pizza Rumahan Laris Manis Setiap Hari

1. Persiapan modal tidak terlalu besar

Membuka tempak makan mie pangsit nyatanya tergolong fleksibel. Anda bisa melakukannya dengan membuka stan, gerobak, atau menggunakan salah satu bagian rumah. Umumnya, Anda cukup memperhatikan keperluan mangkuk, sendok, garpu, dan sebagainya.

Keseluruhan nominal dari modal tersebut mampu disesuaikan terlebih dahulu dengan keuangan Anda. Lakukan survei dan riset secara cermat agar pengeluaran juga lebih hemat.

2. Terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat

Salah satu pertimbangan lainnya adalah mie pangsit yang mudah disukai masyarakat. Tentu Anda tahu kalau mie pangsit mudah dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa. Apalagi, harga yang dipatok cenderung terjangkau dan tidak menguras kantong.

3. Bahan baku mudah didapatkan

Jika dibandingkan dengan asupan lainnya, mie pangsit tergolong jenis makanan dengan bahan baku tidak terlalu banyak. Yang terpenting Anda harus cerdas menyesuaikannya dengan resep yang ingin dipraktikkan.

Anda bisa memperoleh bahan-bahan melalui pasar atau supermarket. Bahkan, ada baiknya jika Anda bekerja sama dengan pemasok mie serta bahan-bahan lain supaya mendapatkan harga yang lebih hemat dan terjangkau.

4. Peluang usaha yang tidak pernah mati

Mie pangsit merupakan makanan berat yang biasa dikonsumsi masyarakat sebagai pengganti nasi, apalagi jika bepergian ke luar rumah. Makanan ini kaya akan karbohidrat yang berasal dari mie sehingga terasa mengenyangkan. Apalagi, olahan mie pangsit juga menjadi makanan favorit banyak orang.

7 Kiat Bisnis Mie Pangsit

1. Resep mie pangsit yang digunakan

Usaha Mie Pangsit
(Sumber: Wikimedia.org)

Rasa adalah tolak ukur utama yang diperhatikan pelanggan saat sudah mencicipi suatu makanan. Salah satu kiat bisnis yang mampu menjadi senjata utama kesuksesan Anda adalah kepemilikan resep rahasia. Apalagi jika berhasil menyajikan cita rasa khas dan lebih sedap ketimbang mie pangsit lainnya.

Untuk mengakalinya, lakukan testing pengolahan dan cicipi mie pangsit yang sudah jadi. Lakukan modifikasi bahan baku jika dirasa masih ada bumbu yang perlu ditambahkan untuk melengkapinya. Dengan begitu, konsumen mampu menikmati masakan sajian Anda secara puas.

2. Penentuan target pasar

Apabila resep dan rancangan bahan baku sudah siap, target pasar harus mampu diperhitungkan dengan baik agar mie pangsit laris di pasaran. Target akan berhubungan langsung dengan lokasi usaha di masa depan.

Jika makanan Anda menyasar mahasiswa, tentu Anda akan menjualnya dengan harga murah dan memilih tempat penjualan di sekitar kampus. Sebaliknya, usaha mie pangsit yang ingin menyasar masyarakat menengah ke atas perlu mempertimbangkan pembukaan gerai di mal atau sentra kuliner.

Baca Juga : Trik Rahasia Bisnis Sosis Bakar Laris Manis dan Untung Besar

3. Lokasi usaha

Mau selezat apa pun mie pangsit buatan Anda, penentuan lokasi yang strategis juga memengaruhi selera makan pelanggan. Tentu tidak mungkin jika usaha mie pangsit berada di samping peternakan ayam, bukan? Anda juga menghindari penularan polusi atau penyakit yang mudah merugikan konsumen.

Tentukan lokasi yang cenderung strategis, seperti perumahan, kampus, pusat kota, mal, wilayah pasar yang tetap higienis, dan sebagainya. Tempat yang nyaman dan bersih akan memampukan usaha milik Anda bersaing dengan kompetitor lainnya.

4. Pemakaian bahan baku yang berkualitas

Usaha Mie Pangsit
(Sumber: Cintapekalongan.com)

Mie pangsit yang lezat dan berkualitas sudah pasti diolah dari bahan baku yang bagus serta tidak sembarangan. Jika Anda membelinya secara cermat sekaligus bekerja sama dengan pemasok terpercaya, tentu kesehatan konsumen juga bisa terjaga.

Perhatikan pengecekan bahan baku secara berkala dan gantilah dengan yang baru jika mie atau komponen lainnya sudah rusak. Jangan lupa untuk mencermati kode expired dari saus sambal, saus tomat, dan kecap yang disajikan bersama mie pangsit.

5. Pertahankan cita rasa dari mie pangsit

Hal yang akan terus diingat oleh konsumen adalah rasa, tekstur mie, maupun kenikmatan yang Anda tawarkan. Tidak ada salahnya untuk terus berinovasi melalui menu yang beragam. Salah satu contohnya adalah menyediakan variasi topping, seperti jamur atau bakso.

6. Peluasan bisnis yang teratur dan terencana

Jika mulanya Anda mempunyai tempat khusus untuk menjual mie pangsit, tidak ada salahnya merekrut karyawan untuk berkeliling melakukan penjualan dengan motor atau mobil. Alternatif lainnya adalah membuka pemesanan secara online dan menyediakan jasa antar.

Bahkan, Anda bisa meniti peluasan cabang hingga menyasar kalangan menengah ke atas dan membuka gerai di pusat perbelanjaan. Hal ini bisa terjadi jika Anda ikut merencanakan strategi penjualan serta manajemen bisnis dengan optimal.

7. Strategi dan aktivitas promosi yang maksimal

Produk makanan berupa mie pangsit juga membutuhkan aktivitas promosi supaya lebih dikenal masyarakat luas. Di era digital seperti saat ini, manfaatkan kekuatan media sosial dalam membagikan informasi seputar mie pangsit lezat milik Anda.

Beberapa bentuk dukungan promosi lainnya dapat berupa potongan harga hingga layanan gratis pesan antar untuk minimal pemesanan tertentu. Selain itu, jangan remehkan kekuatan word of mouth yang berasal dari testimoni kepuasan dan rekomendasi dari seorang ke orang lainnya.

Baca Juga : Contoh Bisnis Makanan Ringan Unik Belum Ada Pesaing

Rincian Perkiraan Anggaran Usaha Mie Pangsit

Usaha Mie Pangsit
(Sumber: Phinemo.com)

Perkiraan anggaran merupakan modal yang harus Anda siapkan untuk menata pembangunan bisnis kuliner melalui mie pangsit. Anggaran modal terbagi menjadi dua, yaitu modal perlengkapan dan bulanan.

Modal perlengkapan terdiri dari:

  • Panci 1 unit Rp250.000,00
  • Gerobak 1 unit Rp3.500.000,00
  • Sendok dan garpu 120 unit Rp100.000,00
  • Sumpit plastik 75 pasang Rp180.000,00
  • Mangkuk 50 buah Rp700.000,00
  • Gelas 60 buah Rp420.000,00
  • Meja 5 unit Rp1.750.000,00
  • Kursi 20 unit Rp400.000,00
  • Mangkuk kuah 1 lusin Rp25.000,00
  • Wadah saus dan kecap secukupnya Rp10.000,00-Rp30.000,00
  • Termos air panas ukuran sedang Rp50.000,00
  • Teko air 2 unit Rp80.000,00

Sedangkan, modal bulanan bisa mencakup keperluan berikut ini:

  • Mie 5 kilogram Rp150.000,00
  • Minyak goreng 1 liter Rp20.000,00
  • Daging ayam 3 kilogram Rp150.000,00
  • Pangsit 1 bungkus Rp100.000,00
  • Daun bawang 10 ikat Rp15.000,00
  • Sawi 10 ikat Rp40.000,00
  • Bakso 100-250 biji Rp250.000,00
  • Saus tomat 1 botol Rp75.000,00
  • Saus sambal 1 kilogram Rp45.000,00
  • Kecap 1 liter Rp45.000,00

Baca Juga : Ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar Terbukti Omset Jutaan

Beberapa daftar di atas bisa disesuaikan dengan penunjang lainnya, seperti biaya listrik maupun gaji karyawan. Selain itu, Anda juga mampu memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran rutin dengan kondisi pangsa pasar saat itu.

Apakah Anda sudah mantap mendirikan usaha mie pangsit yang laris manis dan disukai pelanggan? Terapkan kiat-kiat di atas dan perhatikan rancangan biaya modal yang perlu Anda siapkan. Maksimalkan potensi kepemilikan Anda supaya pangsit mie terus memberikan manfaat dan untung secara optimal.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like