5 Alasan Merintis Usaha Kolam Pemancingan

Usaha Kolam Pemancingan

Memancing adalah salah satu hobi yang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Jika kamu memiliki hobi yang sama, tidak ada salahnya mengubah kegemaran tersebut menjadi sumber penghasilan. Kabar baiknya, usaha kolam pemancingan tergolong cukup prospektif dan menguntungkan.

Dengan pengelolaan yang tepat, kolam pemancingan bisa disulap menjadi ladang bisnis yang menghasilkan pundi-pundi uang. Bagi kamu yang tertarik untuk merintis bisnis kolam pemancingan, jangan lewatkan pembahasan di bawah ini.

Mengapa Memilih Usaha Kolam Pemancingan

Usaha kolam pancing bukanlah hal baru di tengah masyarakat. Menariknya, animo masyarakat untuk mengunjungi kolam pemancingan tidak mengalami penurunan, bahkan cenderung meningkat. Tentu saja ini membuka peluang bisnis bagi kamu yang ingin berbisnis di bidang ini.

Ada sejumlah keuntungan yang menanti jika kamu membuka usaha kolam pancing. Berikut ini 5 alasan mengapa memilih bisnis yang satu ini dibandingkan yang lain:

Baca Juga : 6 Cara Buka Usaha Printing Rumahan dari Awal Modal Kecil

1. Hobi Memancing Masih Digemari Masyarakat

Usaha Kolam Pemancingan
Sumber: Serpongku.com)

Saat ini memancing masih sangat digemari oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari rakyat biasa hingga pejabat. Banyaknya jumlah pemancing serta tingginya animo terhadap kegiatan yang satu ini tentu saja membawa keuntungan tersendiri untuk pelaku bisnis kolam pancing.

Tak cukup sampai di situ, belakangan ini muncul berbagai klaim yang menyebutkan bahwa memancing bisa melatih konsentrasi dan meningkatkan produktivitas kerja. Wajar jika semakin banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi kolam pemancingan dan menjajal hobi yang satu ini.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, bisa dikatakan bahwa peluang untuk meraup keuntungan dari bisnis ini cukup besar. Tentu saja ada beberapa hal yang musti diperhatikan, misalnya pemilihan lokasi, jenis ikan, hingga strategi pemasaran.

2. Kolam Pancing sebagai Sarana Rekreasi untuk Keluarga

Siapa bilang kolam pemancingan hanya untuk memancing ikan? Tempat ini juga bisa menjadi pilihan tempat rekreasi yang menyenangkan untuk keluarga. Selain belajar memancing, anak-anak juga bisa bermain dan melakukan hal menyenangkan lainnya.

Sebagai pelaku bisnis, kamu bisa menyediakan arena bermain yang aman sehingga orang tua tidak perlu khawatir anak akan bosan ketika diajak ke kolam pemancingan. Selain itu, berbagai fasilitas lain seperti gazebo untuk beristirahat dan tempat sembahyang juga bisa menambah kenyamanan.

3. Lebih Aman

Dibandingkan sungai, danau, atau rawa, usaha kolam pemancingan tergolong lebih aman. Dengan alasan ini, wajar jika banyak pemancing yang lebih memilih untuk mengunjungi kolam pemancingan dibandingkan sungai atau rawa, apalagi jika mengajak anggota keluarga.

Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor ini turut berkontribusi membuka peluang untuk merintis bisnis kolam pancing. Agar dapat memanfaatkan aspek keamanan dengan lebih optimal, pastikan kolam pemancingan yang akan kamu buat memiliki desain yang aman dan nyaman.

4. Tempat Berkumpul dengan Komunitas

Tidak sedikit pemancing yang menemukan teman baru ketika berada di kolam pemancingan. Bahkan ada beberapa komunitas yang sengaja menyewa usaha kolam pancing sebagai tempat untuk berkumpul dengan anggota komunitas.

Dengan menyediakan fasilitas memadai, kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya saja dengan menggunakan area yang luas, kolam kamu akan terlihat lebih menarik untuk gathering atau mengadakan event komunitas.

5. Modal Dapat Disesuaikan

Alasan lain mengapa bisnis kolam pemancingan bisa menjadi pilihan tepat untuk berbisnis adalah karena modal yang dapat disesuaikan. Tidak ada patokan pasti berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini karena tergantung berbagai faktor, misalnya luas lahan dan lokasi.

Semakin besar budget yang kamu punya, semakin mudah untuk membangun kolam pancing impian. Tapi tentu saja kamu tidak harus memaksakan untuk memiliki kolam yang besar dengan fasilitas lengkap di awal bisnis. Pasalnya kamu bisa melakukan pengembangan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga : 6 Rahasia Sukses Cara Bisnis Bengkel Motor Banyak Pelanggan

Langkah Memulai Usaha Kolam Pemancingan

Usaha Kolam Pemancingan
(Sumber: Pakuanpos.com)

Bagi kamu yang mulai tertarik untuk menjalankan usaha kolam pemancingan, ada baiknya jika kamu mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis ini. Tentu saja hal ini bertujuan agar kamu tidak salah dalam mengambil langkah.

Berikut ini beberapa langkah untuk merintis bisnis kolam pancing ikan:

1. Tentukan Anggaran

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis kolam pemancingan adalah menentukan anggaran. Dengan mengetahui anggaran yang kamu miliki, akan lebih mudah untuk melakukan langkah selanjutnya seperti pemilihan lokasi dan luas lahan.

Pastikan kamu tetap mengacu pada anggaran awal ketika mengambil keputusan. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir akan kekurangan modal saat bisnis sudah berjalan.

2. Pilih Lokasi Kolam

Selanjutnya persiapkan kolam pemancingan. Pastikan untuk memilih lokasi yang strategis dengan akses mudah sehingga mampu menarik lebih banyak pemancing. Pasalnya tidak sedikit kolam pancing yang ditinggalkan oleh pelanggan karena akses yang sulit.

Selain pemilihan lokasi, desain dan penataan juga harus diperhatikan agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Pastikan lokasi memiliki area parkir yang memadai supaya memudahkan pemancing saat berkunjung ke kolam.

3. Membuat Kolam

Pembuatan kolam bisa dilakukan setelah kamu memilih lokasi. Kolam bisa dibuat berbentuk persegi panjang, kotak, atau bentuk lain yang menarik. Selain pembuatan kolam, jangan lupa untuk melengkapi area dengan fasilitas seperti tempat duduk di pinggir kolam.

Membuat area dengan ikon menarik juga disarankan untuk lokasi terlihat lebih unik. Apalagi di era sosial media seperti saat ini, kehadiran spot instagrammable tentu menawarkan daya tarik tersendiri.

4. Pilih Jenis Ikan

Pemilihan jenis ikan sangat penting dalam menjalankan usaha kolam pemancingan. Ada banyak jenis ikan yang bisa kamu gunakan untuk mengisi kolam seperti ikan gurami, ikan mas, ikan bawal, dan lain sebagainya.

Kamu bisa melakukan riset mengenai jenis ikan yang paling digemari oleh pemancing. Selain itu, pilihlah ikan yang mudah dibudidayakan dan tahan penyakit. Dengan hal ini, jadi kamu tidak perlu menanggung rugi karena ada banyak ikan yang mati.

5. Pemeliharaan dan Promosi

Terakhir, pemeliharaan sangat dibutuhkan agar ikan tetap dalam keadaan sehat dan area kolam pemancingan tetap terawat. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar pemancing tetap tertarik untuk mengunjungi kolam kamu.

Selain itu, promosi juga sangat penting untuk menarik lebih banyak konsumen, sehingga kamu bisa mendapat keuntungan yang juga banyak.

Baca Juga : Tips Bisnis Bubur Ayam dan Resep Bubur Ayam untuk Pengusaha

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Usaha Kolam Pemancingan
Sumber: kabarmancing.com)

Bagi pemula, membangun kolam pemancingan bukanlah hal yang mudah. Meskipun terlihat sederhana, kamu harus memperhatikan banyak hal agar bisnis tetap berjalan dengan lancar, bahkan semakin berkembang.

Salah satu kendala yang sering kali ditemui oleh pelaku bisnis kolam pancing adalah pelanggan yang mulai pergi. Berikut ini sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar kolam pemancingan kamu tidak lekas ditinggalkan oleh pelanggan:

  • Pastikan tempat pemancingan selalu aman dan nyaman
  • Ikan harus selalu dalam kondisi sehat
  • Tentukan tarif yang kompetitif
  • Buat peraturan yang mudah ditaati oleh pengunjung
  • Tingkatkan fasilitas jika memungkinkan

Bagaimana? Semakin tertarik untuk merintis usaha kolam pemancingan? Daripada hanya menjadikan memancing sebagai hobi, tidak ada salahnya jika kamu mulai membangun usaha kolam pancing agar pundi-pundi uang tetap mengalir.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like