Sejak dulu hingga saat ini, usaha kerajinan tangan cukup jarang ditemukan. Walau begitu, permintaan pasar akan keberadaannya cukup tinggi. Sehingga prospek pasar pun cukup besar. Semakin kreatif produk kerajinan yang tercipta, akan semakin bagus pula untuk perkembangan usaha.

Saat ini, pasar kerajinan tangan tak hanya bisa dijangkau melalui toko-toko offline ataupun promosi mulut ke mulut, tapi juga secara online. Bukan hanya akan menjangkau pasar yang lebih luas, penggunaan platform online untuk pemasaran produk kerajinan akan menghemat biaya sewa dan biaya promosi.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bisnis UKM Terbaik Modal Kecil Untung Besar

Jenis Usaha Kerajinan Tangan

1. Kerajinan Tangan Kertas Bekas

Memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang keberadaannya kerap diabaikan dan dianggap sebagai sampah terbilang menguntungkan. Ini karena bahan bakunya yang menjadi sangat murah.

Kebanyakan orang akan berpikir bila barang tersebut tidak memiliki manfaat sama sekali. Misalnya saja limbah kertas bekas.

Mereka sering keliru dengan menganggap limbah kertas tidak berguna. Padahal, bila barang tadi diubah dengan kreativitas dan imajinasi yang baik, kertas bekas bisa disulap menjadi sebuah kerajinan tangan epik dengan value tinggi.

Contohnya saja, kerajinan tas belanja, vas bunga, keranjang, tempat buah, dan lain sebagainya. Sebagai pelirik peluang usaha, pastikan untuk membuat kerajinan dengan desain kreatif nan unik, sehingga akan ada banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

2. Kerajinan Tangan Lilin Warna

Kerajinan Tangan Lilin Warna
(Sumber: Pixabay.com)

Lilin warna atau lilin hias umumnya digunakan sebagai hiasan meja, ruang keluarga, ruang tamu, ataupun hiasan kamar tidur.

Meningat lilin hias memiliki kesan romantis, maka akan sangat cocok bila digunakan untuk menghangatkan suasana dikala sedang makan malam bersama orang terkasih.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lilin hias sangatlah mudah untuk ditemukan. Yakni lilin bubuk, crayon, sumbu, wadah, gelas, serta penyangga pengaduk.

3. Kerajinan Tangan Tradisional

Bagi pengusaha yang hobi menenun, memahat, maupun membuat keramik, maka jenis kerajinan tangan satu ini sangat cocok untuk dipilih.

Karena memiliki nilai seni tinggi akan keorisinilan dan kekreatifannya, jenis kerajinan tangan tradisional biasa dijual dengan harga cukup tinggi.

Tidak hanya bisa menjajakan produk jadi saja, pengusaha dapat membuka jasa pelatihan untuk pembuatan keramik. Jangan anggap remeh, nyatanya ada banyak sekali peminat dari prrogram pelatihan seperti itu. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, gemar membuat kerajinan keramik berbasis tanah liat.

4. Sketsa Wajah

Sejatinya ada banyak sekali hobi yang bila ditekuni dengan cara yang tepat bisa menjadi peluang usaha beromset jutaan hingga ratusan juta.

Jika sebelumnya pengusaha memiliki hobi melukis, mencoba membuka jasa melukis wajah boleh jadi usaha terbaik untuk digeluti. Sketsa wajah masuk dalam jenis usaha dengan sedikit pesaing, mengingat tidak semua orang pandai melukis dan mau belajar.

Harga jual sketsa wajah pun terbilang cukup tinggi. Sebagai bahan promosi, cobalah untuk melukis wajah beberapa orang terlebih dahulu kemudian menjadikannya sebagai portofolio. Dengan begitu, orang-orang akan tertarik untuk melakukan pemesanan setelah melihatnya. Dibandingkan dengan promosi lewat tulisan tanpa contoh nyata.

Baca Juga: Rahasia Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Usia Muda

5. Bunga Kertas

Bunga Kertas
(Sumber: Bisnisukm.com)

Cukup banyak disepelekan, ternyata kerajinan bunga kertas memiliki banyak manfaat yang mungkin belum pernah terpikirkan. Misalnya saja untuk menghiasi rumah ketika hadir tamu istimewa, mendekorasi kamar pengantin yang baru menikah, mempercantik dekorasi event tertentu seperti ulang tahun atau perayaan kelulusan, dan lain sebagainya.

Jenis usaha ini bisa dilakoni oleh siapapun karena tidak mensyaratkan keahlian khusus dari pelakunya. Asalkan mau belajar, ulet, juga telaten. Akan ada banyak keuntungan yang bisa diraih.

Pembuatan bunga kertas bisa dipelajari otodidak. Modal yang diperlukan pun tidaklah besar. Hanya saja pengusaha harus berhati-hati dalam pembuatannya, karena kertas adalah bahan yang riskan robek.

6. Kerajinan Ban Bekas

Sebagian besar ban bekas yang sudah tidak layak untuk digunakan akan dibuang begitu saja, beberapa diantaranya bahkan dibakar tanpa memperdulikan dampaknya terhadap polusi udara disekitarnya.

Daripada itu, sulap saja ban bekas tadi menjadi perabotan rumah tangga. Setelah berhasil dialihfungsikan, ban bekas akan memiliki peran baru dan harganya pun cukup tinggi.

Dengan memanfaatkan beberapa ban bekas, pengusaha sudah bisa membuat 1 set furnitur dengan desain out of the box. Selain itu, furnitur ban bekas memiliki nilai estetika tinggi dan tidak mudah rusak, serta awet dari resiko serangan rayap.

7. Kreasi Unik Berbahan Kayu

Ide usaha bisa berasal dari apapun, menggunakan bahan apapun, dan kreasi seperti apapun. Asalkan tampak menarik dan memiliki manfaat, jenis usaha tersebut akan menghadirkan keuntungan berlimpah pada pelakunya.

Memanfaatkan limbah palet kayu misalnya. Biasanya limbah seperti ini akan digunakan sebagai media untuk meletakkan tumpukan barang di supermarket ataupun minimarket. Ternyata, palet kayu bisa diubah menjadi barang cantik untuk aksesoris rumah. Contohnya saja rak sepatu, rak bunga, meja belajar, hingga gantungan baju.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Usaha Kecil Menengah untuk Milenial Indonesia

8. Kerajinan Tangan Kain Flanel

Kerajinan Tangan Kain Flanel
(Sumber: Bsd.city)

Dari dulu, kain flanel disebut sebagai bahan kerajinan berkualitas baik dengan harga murah. Jenis kerajinan yang bisa dibentuk dari kain flanel pun cukup beragam. Sebut saja boneka, sepatu, pakaian barbie, gantungan kunci, case smartphone, dan masih banyak lagi lainnya.

Melihat persaingan usaha ini cukup ketat di pasaran, pengusaha harus bisa bersaing dalam hal kualitas dan keunikan hasil kerajinan.

9. Kerajinan Tangan Eceng Gondok

Ternyata, tumbuhan eceng gondok bisa diubah menjadi kerajinan tangan klasik yang menarik dan bernilai jual tinggi. Sebagai contoh, pengusaha bisa membuat kerajinan tangan berbahan dasar eceng gondok menjadi tas, dompet, mobil-mobilan, atau sejenisnya.

Bukan hanya akan memberikan keuntungan secara materi, namun memilih untuk memanfaatkan eceng gondok sebagai bahan utama pembuatan kerajinan akan membantu kelestarian lingkungan. Ini dikarenakan tanaman eceng gondok dikategorikan sebagai gulma yang dapat merusak ekosistem perairan.

Terlebih, enceng gondok bisa menyebar melewati salurain air menuju penampungan air lainnya. Bisa dibilang, enceng gondok adalah tanaman parasit yang ingin dibasmi oleh hampir semua orang.

Kerajinan enceng gondok tak butuh modal banyak, bahkan malah gratis. Kembali lagi, tak semua orang menyukai keberadaan dari enceng gondok ini.

Namun, bila ingin menekuni usaha handycraft berbahan enceng gondok, pengusaha harus bisa sabar dan telaten lantaran proses pembuatannya yang sangat lama.

Untuk proses pengeringannya saja membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Belum lagi jika kondisi cuaca tidak memungkinkan seperti terjadi hujan lebat atau awan mendung yang menutupi matahari. Setelah kering, pelaku usaha masih harus membentuk kepangan panjang sebelum akhirnya bisa mulai mengkresikannya dalam bentuk kerajinan.

Jika ditelusuri lebih lanjut, cukup banyak usaha kerajinan tangan unik yang sebenarnya dibutuhkan tapi tidak mendapat banyak sorotan. Seperti halnya tas enceng gondok di atas sebagai subtitusi tas kulit hewan. Selain tidak merusak lingkungan, penggunaan tas enceng gondok diyakini akan menurunkan potensi perburuan liar hewan langka di hutan. Pengusaha bisa memasukkan opini tersebut dalam tagline produknya, sehingga masyarakat akan tertarik untuk membelinya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.