10 Jenis Usaha Kecil Kecilan Ibu Rumah Tangga di Era Digital

usaha kecil kecilan ibu rumah tangga

Memiliki anak kecil yang harus diasuh dan dirawat di rumah mungkin akan membuat seseorang menjadi lebih sibuk dari sebelumnya. Akan tetapi, kesibukan sebagai ibu rumah tangga bukan berarti menyebabkan seseorang tak bisa menjalankan usahanya sendiri di rumah. Faktanya, terdapat beberapa jenis usaha kecil kecilan ibu rumah tangga yang bisa dijalankan tanpa mengabaikan anak, suami, ataupun urusan rumah loh! Apa sajakah itu?

Jenis Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

1. Jualan Pulsa

Bisa dibilang, hampir seluruh populasi manusia di dunia ini membutuhkan pulsa. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa, semuanya memiliki telepon selulernya sendiri sebagai alat berkomunikasi di era digital. Melihat fenomena tersebut, bisnis jualan pulsa dapat menjadi opsi alternatif yang tepat bagi seorang ibu rumah tangga. Dengan semakin berkembangnya dunia digital, prospek usaha ini pun cukup menjanjikan kedepannya.

Baca Juga: Cara untuk Memulai Bisnis Pulsa Tanpa Ada Pengalaman Sebelumnya

2. Usaha Menjahit

Usaha Menjahit
(Sumber: Bp-guide.id)

Menjahit sejatinya membutuhkan skill khusus dan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Diperlukan kesabaran juga ketelitian tinggi dalam hal pengukuran bahan hingga akhirnya bisa menjadi pakaian sesuai yang dikehendaki si pemesan.

Jenis usaha ini mempunyai prospek cerah, terlebih jika pebisnis sebelumnya memang mempunyai bakat dan minat di bidang ini.

Metode pemasaran bisa dilakukan ke orang-orang sekitar ataupun suatu komunitas yang diikuti di media sosial. Lewat mereka, usaha kecil pebisnis akan mulai dikenal luas oleh masyarakat.

Asalkan hasil jahitan bagus, rapi, dan sesuai permintaan konsumen, hampir bisa dipastikan bisnis menjahit akan ramai didatangi oleh pelanggan baru.

3. Jualan Kue Kering

Sudah tak terhitung lagi jumlahnya orang berujar, ‘bisnis makanan memang tidak ada matinya!’. Dan itu memang betul, lagipula siapa sih yang tidak menyenangi camilan, roti, atau kue lembut di sore hari dengan teh/kopi hangat?

Karena hal tersebut, berjualan kue kering sangat cocok untuk dijalani para ibu rumah tangga di rumah. Apabila pebisnis memiliki kemampuan sekaligus minat besar dalam pembuatan kue kering, tak ada salahnya untuk menjadikan peluang ini sebagai lahan usaha yang menguntungkan.

Jajanan kue kering sebaiknya memiliki rasa enak dan dapat diterima oleh seluruh lidah masyarakat. Pun harus unik sehingga dapat mengungguli produk dari kompetitor.

Selain itu, pebisnis dalam bidang ini harus selalu membuat inovasi. Cobalah untuk berkreasi dengan bahan lain supaya variasi produk yang dimiliki tidak membosankan.

4. Bimbingan Belajar

Jika kebetulan pebisnis memiliki kemampuan akademis mumpuni dan gemar mengajar orang lain, cobalah untuk membuka bimbingan belajar. Target utama bisnis ini adalah anak-anak sekolah yang tinggal di lingkungan sekitar.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini tidaklah besar. Cukup dengan menyiapkan beberapa kursi, meja, dan papan tulis, serta bahan ajar.

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran

5. Laundry

Laundry
(Sumber: Majoo.id)

Mencuci baju sudah jadi kegiatan yang akrab dilakoni para ibu rumah tangga. Ternyata, aktivitas ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah saat dikerjakan dengan baik. Bagaimana bisa?

Beberapa orang cukup sibuk dengan dunia kerja dan aktivitas sehari-harinya. Itu menyebabkan mereka terkadang merasa terlalu lelah jika harus mencuci baju orang-orang di rumah. Nah, orang-orang seperti inilah yang nantinya bisa dijadikan sebagai pasar dari usaha kecil kecilan ibu rumah tangga satu ini. Lebih detailnya, konsumen potensial dari bisnis ini adalah:

a. Mahasiswa

Kebanyakan mahasiswa yang belajar di luar kota dan tinggal di kost-kostan pasti memiliki peralatan mencuci serba terbatas. Ditambah lagi dengan padatnya kegiatan kuliah yang terkadang membuat mereka kerepotan jika harus mengurus pakaian kotornya sendiri.

b. Pasangan Suami Istri yang Keduanya Bekerja

Bagi pasangan suami istri yang bekerja tanpa memiliki asisten rumah tangga di rumahnya, jasa laundry menjadi alternatif mereka dalam mengurusi pakaian kotor yang tidak sempat dicucinya.
Pekerja kantoran.

Jam kerja dan aktivitas kantor yang tidak dapat diprediksi kerap membuat para pekerja kantoran tidak sempat mencuci seragam dan pakaian kotornya sehari-hari.

Untuk dapat menjalankan bisnis ini, pebisnis memerlukan beberapa perlengkapan memadai seperti halnya mesin cuci, air bersih, hingga perlengkapan untuk menyetrika dan plastik kemasan.

6. Usaha Loket Pembayaran

Seiring dengan kebutuhan masyarakat yang serba praktis dan enggan menemui kata ‘repot’, menjadikan jenis usaha ini semakin menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Ibaratnya, jika ditemukan suatu tempat yang mampu menerima segala jenis pembayaran, mereka akan langsung kesana.

Pebisnis dapat mencoba membuka loket yang menangani pembayaran atas kebutuhan dasar masyarakatnya. Sebut saja pembayaran tagihan telepon, BPJS, PDAM, listrik, cicilan kendaraan, dan lain sebagainya.

7. Jualan Aksesoris Wanita

Bisa dibilang, wanita, make up, dan aksesoris adalah hal yang sulit terpisahkan. Ini karena aksesoris dapat menunjang penampilan wanita kapanpun dan dimanapun. Bisnis penjualan aksesoris adalah opsi terbaik bagi ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan merawat anak kecil dan mengurus kebutuhan rumah.

Sebagai contoh saja, gelang, cincin, bandana, jam tangan, kalung, hijab, jam tangan, dan beberapa pernak-pernik unik yang kerap menarik perhatian wanita.

Terlebih bagi pengusaha yang pandai memilih pernik aksesoris unik dengan model terbaru dan sedang in dalam dunia fashion nasional, usaha ini pasti akan didatangi banyak pelanggan.

Simpanlah produk aksesoris yang dikulak ke dalam rak kaca di dalam rumah. Kemudian, tawarkan barang tersebut pada teman-teman dekat dan tetangga sekitar terlebih dahulu.

8. Jasa Penerjemah Bahasa Asing

Bagi calon pebisnis dengan kemampuan yang baik dalam penguasaan bahasa asing, membuka jasa penerjemah sangat mungkin dilakoni.

Jenis bisnis ini dapat dikerjakan di sela waktu luang sebagai seorang ibu rumah tangga. Prospek jasa penerjemah pun tergolong cukup cerah lantaran banyaknya bisnis lokal yang memerlukan penerjemah dalam menerjemahkan beberapa dokumen penting milik perusahaan. Pebisnis dapat mencari lowongan penerjemah bahasa asing di internet sebagai freelancer.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Penulis Artikel Online Untuk Pemula

9. Jasa Penulis Online

Jasa Penulis Online
(Sumber: Ruangfreelance.com)

Penulis online freelance ialah pekerjaan yang cukup menyenangkan bagi seorang ibu rumah tangga yang gemar menulis artikel informatif ataupun karangan sarat makna. Jenis pekerjaan ini tak banyak menyita waktu pelakunya, mengingat jam kerjanya yang fleksibel dan bisa digarap di waktu luang sembari mengurus kebutuhan keluarga di rumah.

Selain mensyaratkan kemampuan mengolah kata dan menulis sesuai aturan, profesi ini juga membutuhkan fokus, kedisiplinan dan konsistensi agar tulisan dapat berkembang semakin baik kedepannya.

Semakin baik kualitas dan manfaat tulisan, akan semakin banyak klien yang tertarik untuk menggunakan jasa pengusaha. Tentu hal ini dapat dijadikan sebagai peluang yang menguntungkan.

10. Menjadi Admin Media Sosial

Sudah banyak perusahaan kecil yang melakukan pemasaran dan branding melalui media sosial seperti halnya Twitter, Instagram, dan Facebook. Bergerak sebagai admin media sosial rupanya bisa menjadi peluang yang baik untuk menghasilkan uang tambahan bagi ibu rumah tangga dengan anak kecil di asuhannya.

Cukup dengan memposting foto produk, membuat deskripsi/caption menarik, menjawab berbagai pertanyaan dan pernyataan dari para pengikut di komentar, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jenis usaha kecil kecilan ibu rumah tangga yang bisa dijajal di rumah. Cukup menarik bukan?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like