8 Tips Memulai Usaha Bengkel Mobil yang Menguntungkan, Mau?

Usaha Bengkel Mobil

Mobil merupakan kendaraan roda empat yang dimiliki sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kebutuhan servis dan modifikasi yang banyak peminat ternyata mampu membuka peluang besar bagi usaha bengkel mobil. Apalagi, jika Anda mampu memberikan pelayanan yang memuaskan.

Mengapa Anda Harus Berbisnis Bengkel Mobil?

Bengkel mobil termasuk bidang usaha otomotif yang akan terus dicari. Ada beragam alasan yang harus Anda pertimbangkan soal keharusan membuka bengkel mobil. Berikut ini hal-hal yang bisa dipikirkan secara matang:

Baca Juga : Strategi Sukses Cara Memulai Bisnis Cuci Mobil Untung Besar

1. Mobil telah menjadi kebutuhan yang esensial

Usaha Bengkel Mobil
(Sumber: Pxhere.com)

Tinggal dan bekerja di wilayah perkotaan tentu membutuhkan mobilitas cukup tinggi. Salah satu dari berbagai jenis moda transportasi tersebut adalah mobil. Bisa dibilang, mobil telah menjadi kebutuhan dasar dalam memenuhi mobilisasi.

Mobil akan dipakai setiap hari, entah untuk bekerja maupun bepergian. Kondisi tersebut mampu menghasilkan kondisi mesin yang aus dan membutuhkan perawatan berkala. Kehadiran bengkel mobil akan memenuhi animo masyarakat demi kendaraan yang aman dan nyaman di jalan.

2. Mampu menyasar hampir seluruh lapisan masyarakat

Tentu Anda paham kalau setiap masyarakat berhak dan mampu untuk memiliki mobil. Jika sudah memiliki mobil, otomatis ada komitmen untuk mengupayakan maintenance secara berkelanjutan agar tidak mudah rusak dan aman dikendarai.

Banyak dari masyarakat pedesaan maupun perkotaan yang mempunyai mobil untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah pertanda bagi Anda untuk menyediakan standar perawatan terhadap mobil mereka melalui bengkel berkualitas.

3. Modal hanya sekali, namun untungnya besar

Mungkin Anda merasa pembangunan bengkel mobil butuh modal cukup tinggi untuk memulainya. Hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun, investasi yang Anda usahakan di bidang mekanik mobil mampu meraup keuntungan yang mampu menutup modal dalam waktu cukup singkat.

Tips Memulai Usaha Bengkel Mobil

Dalam membangun bisnis bengkel mobil yang unggul, Anda perlu mengetahui strategi untuk diterapkan selama persiapan maupun prosesnya. Mulai dari persiapan lokasi sampai upaya promosi, berikut ini yang harus diperhatikan:

1. Lakukan penghitungan dan estimasi modal serta operasional secara cermat

Rasanya, modal senantiasa menjadi salah satu persiapan krusial dan harus diperhitungkan agar tidak rugi. Ada banyak alat dan bahan dasar yang harus dimiliki saat memulai bisnis bengkel mobil. Namun, Anda masih mampu menyesuaikan dengan peralatan yang lebih dibutuhkan terlebih dahulu.

Beberapa kebutuhan utama adalah kunci, obeng, maupun dongkrak. Jangan lupa untuk memasukkan dana sewa tempat jika memang membuka bengkel mobil di luar wilayah rumah. Kebutuhan lainnya akan bersifat operasional berupa biaya listrik dan air, gaji karyawan, serta servis alat-alat.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Cuci Motor dan Resiko Usaha Cuci Motor

2. Pencarian dan persiapan lahan usaha

Tempat usaha yang strategis merupakan kunci utama yang memengaruhi seberapa besar perhatian masyarakat terhadap bengkel Anda. Ketika mencari suatu lahan bagi bengkel mobil, setidaknya pertimbangkan hal-hal di bawah ini:

  • Usahakan memperoleh lahan yang luas, setidaknya muat lebih dari satu mobil agar pelayanan kepada konsumen juga lebih efisien
  • Sediakan tempat parkir dan tempat menunggu bagi pelanggan. Setidaknya, Anda bisa mengakali setiap sudut lahan dengan maksimal
  • Pastikan lahan yang Anda pilih mudah dijangkau, terlihat oleh masyarakat yang melintas, sekaligus tidak merepotkan pelanggan untuk memasukkan mobil ke area bengkel

3. Siapkan teknisi atau tenaga montir berkualitas

Usaha Bengkel Mobil
(Sumber: Hippopx.com)

Kualitas dari seorang montir akan berdampak pada kesuksesan usaha dan profit besar dari bengkel Anda. Pastikan bahwa setiap tenaga kerja memang mumpuni, mampu memenuhi kualifikasi, dan memberikan standar kerja yang optimal.

Coba bayangkan jika Anda memilih montir asal-asalan, apa yang bisa terjadi? Bengkel berpotensi menjadi pembicaraan hangat soal pelayanan yang buruk. Selain itu, pelanggan mudah komplain apabila montir tidak mampu menangani kebutuhan mobil mereka dengan baik.

Baca Juga : 6 Rahasia Sukses Cara Bisnis Bengkel Motor Banyak Pelanggan

4. Pengadaan ruang tunggu untuk pelanggan

Selama mobil diperbaiki, tentu pelanggan ingin bersantai sejenak di ruang tunggu yang sudah disediakan bengkel. Masih banyak yang menyepelekan keberadaan ruang tunggu, padahal hal ini menjadi faktor penting akan kepuasan pelanggan untuk kembali dan merekomendasikan bengkel Anda.

  • Sediakan tempat yang cukup luas dan pastikan kebersihannya setiap saat
  • Pisahkan area servis dengan ruang tunggu menggunakan sekat kaca agar pelanggan tetap mampu mengawasi mobilnya
  • Pertimbangkan kelengkapan AC maupun ruang tunggu khusus perokok
  • Jika ada dana lebih, tentu Anda bisa mengupayakan penggunaan WiFi, televisi, kulkas minuman, atau sejenisnya

5. Tentukan daftar harga dan bandingkan dengan kompetitor

Kualitas pelayanan bengkel yang baik nyatanya mampu mendorong pelanggan tidak berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang dalam nominal besar. Meskipun demikian, bengkel yang baru buka harus cerdas menentukan harga dan tidak asal menetapkan rincian yang mahal sejak awal.

Jika sudah berjalan cukup lama, segera lakukan survei harga kembali karena bisa jadi ada bengkel baru dengan harga lebih terjangkau di masa depan. Dengan begitu, Anda mampu memutuskan perubahan atau harga tetap agar pelanggan tidak hilang begitu saja.

6. Pelajari juga dunia perbengkelan mobil

Usaha Bengkel Mobil
(Sumber: Pixnio.com)

Sebagai pemilik usaha bengkel mobil, tentu sangat penting untuk melakukan supervisi dan pengawasan secara rutin. Anda perlu memastikan setiap karyawan melaksanakan tugas dengan baik. Namun, salah satu hambatan pebisnis bengkel pemula adalah kurangnya wawasan di dunia tersebut.

Oleh sebab itu, jangan lelah untuk mempelajari wawasan mekanik, interior, maupun eksterior mobil. Tentu akan menguntungkan jika dasarnya mobil adalah hobi Anda.Selain menjadi sarana pengawasan terhadap karyawan, Anda juga bisa memberikan masukan kepada pelanggan seputar mobilnya sendiri.

7. Survei untuk mencari pemasok suku cadang

Usaha bengkel mobil mampu memberikan keuntungan bagi layanan yang sudah ada, entah itu perawatan sampai penggantian suku cadang. Dalam hal ini, pemasok suku cadang yang terpercaya dan sudah terkenal di kalangannya mampu menentukan kesuksesan reputasi bengkel Anda.

Selain itu, pikirkan pula beberapa hal berikut secara matang-matang:

  • Lakukan survei terhadap lebih dari satu pemasok sebagai bahan pertimbangan memilih yang paling menguntungkan
  • Pilih pemasok yang sifatnya supplier langsung untuk mendapatkan harga terjangkau dan masuk akal. Namun, Anda juga perlu menyiapkan dana cukup banyak karena mereka menggunakan sistem grosir
  • Pastikan bahwa barang yang sampai ke bengkel Anda adalah yang terbaik dan berkualitas demi kenyamanan pelanggan

Baca Juga : Syarat dan Prosedur Mendirikan SPBU Pertamina Lengkap

8. Strategi promosi yang tidak kalah optimal

Kebanyakan bengkel sudah pasti memasang spanduk di depan lokasi agar menarik perhatikan masyarakat yang melintas. Namun, Anda juga harus adaptif dengan kondisi saat ini dan mengupayakan strategi promosi secara daring.

Untuk membangun bonding dengan pelanggan, pastikan Anda menyelipkan informasi promo, wawasan seputar mobil, hingga testimoni dari konsumen sebelumnya. Dengan begitu, semakin banyak orang sadar akan keberadaan bengkel dan meningkatkan kepercayaan untuk mencoba di tempat Anda.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui jika Anda ingin membuka usaha bengkel mobil. Pastikan segala persiapan dan alur perjalanan bengkel dari diatur dengan baik. Perhitungkan setiap pengeluaran di awal hingga memperoleh keuntungan berlipat di masa depan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like