3 Strategi Jitu Membuka Usaha Baby Shop

Usaha Baby Shop

Bagi orang tua yang sedang menanti kelahiran buah hatinya, pasti ingin membeli perlengkapan dan peralatan terbaik. Tentu saja, bagi Anda yang memiliki keinginan berbisnis hal tersebut menjadi suatu peluang yang bagus. Usaha baby shop sangat terbuka lebar dan masih bisa dikembangkan.

Ada banyak barang yang bisa Anda jual jika memiliki bisnis baby shop. Supaya baby shop diminati oleh banyak orang, Anda harus bisa melakukan strategi pemasaran yang matang dan produk keperluan bayi dan ibu yang berkualitas.

Peluang Usaha Baby Shop

Semakin berkembangnya media sosial, Anda pasti sering melihat foto dan video bayi lucu. Bayi-bayi tersebut semakin terlihat lucu karena menggunakan pakaian yang cantik dan perlengkapan bayi yang terkini. 

Banyaknya pasangan yang selalu ingin memberikan perlengkapan terbaik untuk buah hati membuat prospek bisnis baby shop semakin menjanjikan. Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis namun masih bingung, bisnis baby shop layak untuk dicoba. Selain pasar yang luas, produk yang dijual juga sangat beraneka ragam.

Baca Juga : 6 Cara Sukses Usaha Pizza Rumahan Laris Manis Setiap Hari

Strategi Memulai Usaha Baby Shop

Sebelum membuka bisnis, tentu Anda sudah harus memikirkan strategi yang tepat. Setiap bisnis memiliki strategi yang berbeda, tergantung dari konsumen yang dituju dan faktor lainnya. Berikut ini beberapa strategi yang perlu dilakukan dalam memulai usaha baby shop, yaitu:

1.   Mempersiapkan Modal

Usaha Baby Shop
(Sumber: Pxhare.com)

Jika Anda ingin membuka usaha, tentu saja memerlukan modal, oleh karena itu persiapkan modal dengan memperhitungkan semua produk yang ingin dijual dan konsep bisnis yang diinginkan. 

Pikirkan dengan baik bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut, modal mandiri, kerja sama, atau investasi? Selain itu, model bisnis seperti yang akan dilakukan berjualan secara offline saja atau memadukan dengan sistem online? 

Beberapa rincian modal bisnis yang diperlukan adalah biaya sewa tempat, rekrut karyawan, stok barang, dan kegiatan pemasaran.

2.   Bangun Kemitraan Bisnis

Ketika menjalankan bisnis baby shop, Anda akan memerlukan bantuan dari pihak lain. Pihak lain yang dimaksud adalah pemasok atau supplier dari produk-produk yang akan Anda jual. Jalin kemitraan atau kerjasama dengan supplier yang terpercaya dan tepat. 

Jangan sampai Anda hanya tergiur dengan harga yang murah, namun ternyata kualitas produk-produk tersebut mengecewakan. 

Pertimbangkan dengan baik saat menjalin kemitraan dengan supplier, agar bisnis Anda dipercaya oleh konsumen dan menjadi pilihan untuk banyak orang karena kepercayaan dan kualitas yang diberikan.

3.   Strategi Pemasaran

Saat ini bisnis online semakin diminati karena kemudahannya. Hal ini membuat banyak konsumen beralih untuk membeli barang-barang secara online. Peluang besar tentu harus bisa Anda manfaatkan dengan baik. 

Strategi pemasaran secara offline yang bisa Anda lakukan adalah dengan menawarkan member card untuk memperoleh potongan harga untuk pembelian barang dalam nominal tertentu. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan diskon atau promo untuk hari besar, misalnya lebaran atau natal. 

Untuk strategi pemasaran online, Anda harus bisa menggunakan media sosial misalnya Facebook dan Instagram. Buat konten yang informatif dan menarik untuk audiens tidak hanya konten berjualan saja. 

Konten bermanfaat yang bisa Anda bagikan adalah mengenai parenting, tips pengasuhan bayi, atau kesehatan ibu dan anak.

Baca Juga : 6 Rahasia Sukses Cara Bisnis Bengkel Motor Banyak Pelanggan

Ide Usaha Baby Shop

Sebenarnya bisnis baby shop sangat luas, Anda bisa menjual berbagai produk yang berhubungan dengan bayi. Berikut ini beberapa ide usaha yang bisa Anda lakukan dan masih dalam ruang lingkup baby shop, yaitu:

1. Perlengkapan Bayi dan Ibu

Usaha Baby Shop
(Sumber: Bisnisukm.com)

Jika berbicara mengenai perlengkapan bayi maupun ibu, artinya barang yang habis saat dipakai. Contoh perlengkapan yang diperlukan yaitu popok, sabun, minyak telon, sabun, sampo, kapas, dan lainnya. Anda dapat menyediakan kebutuhan perlengkapan bayi dan ibu dengan lengkap. 

Sediakan produk perawatan bayi maupun ibu yang berkualitas dan banyak dicari. Perlengkapan bayi memang ada banyak, namun volumenya kecil. Oleh karena itu, Anda harus bisa menyediakan produk dengan ukuran yang beragam. 

Hal ini dikarenakan tidak semua konsumen akan membeli perlengkapan dalam jumlah yang banyak karena memikirkan masa berlaku pemakaian dan hal lainnya.

2. Peralatan Bayi dan Ibu

Berbeda dengan perlengkapan yang akan habis jika digunakan, peralatan merupakan barang yang tidak habis namun mengalami penyusutan. Peralatan yang dimaksud adalah ranjang bayi, kereta bayi, dan peralatan lainnya. 

Supaya baby shop Anda diminati banyak konsumen, Anda harus bisa menyediakan peralatan sesuai dengan model yang sedang diminati. Contohnya gendongan dengan berbagai motif, kereta dorong, selimut, dan aksesoris lainnya. 

Untuk mengetahui produk bayi dan ibu apa saja yang sedang diminati, Anda perlu melakukan riset menggunakan market place atau media sosial. Dari hasil riset yang sudah dilakukan, Anda bisa tahu cara untuk mengembangkan bisnis baby shop.

3. Produk Makanan dan Minuman

Umumnya, bayi dan ibu yang hamil atau menyusui memerlukan asupan yang berbeda. Terdapat banyak produk makanan maupun minuman yang dapat Anda jual untuk kebutuhan bayi dan ibu. 

Agar konsumen memiliki banyak pilihan, Anda harus bisa menyediakan susu formula untuk bayi dari usia 0 bulan sampai balita. Selain susu bayi, Anda juga perlu menyediakan susu untuk ibu hamil dengan aneka rasa, misalnya vanilla, coklat, dan stroberi. 

Makanan bayi yang bisa Anda sediakan adalah bubur bayi dan biskuit untuk camilan. Produk makanan dan minuman yang lengkap akan memudahkan ibu ketika memilih produk untuk dirinya maupun anaknya.

Baca Juga : 6 Cara Buka Usaha Printing Rumahan dari Awal Modal Kecil

4. Pakaian Bayi

Pakaian bayi menjadi salah satu produk yang wajib tersedia di toko Anda. Pakaian bayi merupakan produk dengan masa pakai singkat, namun sangat diperlukan dan bisa digunakan secara berulang. 

Contohnya, bayi usia satu bulan akan memerlukan pakaian lagi saat memasuki usia 3 bulan. Pertumbuhan bayi yang lebih cepat membuat kebutuhan terhadap pakaian bayi menjadi meningkat. 

Anda harus bisa menyediakan pakaian bayi dengan ukuran dan model yang bervariasi. Jangan sampai Anda ketinggalan tren yang sedang berkembang, sehingga pakaian yang dijual selalu up to date.

Daftar Barang Dagangan Baby Shop

Usaha Baby Shop
(Sumber: Alamatjalan.com)

Setelah mengetahui bahwa ada banyak produk yang bisa dijual di baby shop, Anda harus bisa menentukan barang apa saja yang dijual. Hal ini sangat penting bagi Anda yang ingin memulai usaha namun memiliki modal yang terbatas. 

Tujuan dari membuat daftar barang dagangan yaitu efisiensi modal yang dibutuhkan dalam usaha untuk memanfaatkan dana supaya tidak boros. Pilih beberapa barang yang paling banyak diminati oleh konsumen. Beberapa produk baby shop yang diminati oleh konsumen, yaitu:

  • Pakaian bayi
  • Popok
  • Mainan bayi
  • Tempat tidur bayi
  • Baby walker
  • Gendongan bayi
  • Peralatan mandi bayi

Walaupun toko yang Anda miliki tidak terlalu lengkap, selalu usahakan untuk menjual barang yang lengkap. Supaya terlihat lengkap, Anda juga perlu melakukan pengaturan layout, sehingga calon pembeli merasa nyaman ketika memilih barang. 

Setelah usaha berjalan, Anda perlu melakukan evaluasi mengenai permintaan dan penjualan produk apa saja yang paling laku, sehingga Anda bisa menentukan strategi lain yang lebih baik.

Tentu saja, jika belum memiliki modal untuk sewa tempat Anda bisa menjualnya secara online. Oleh karena itu, usaha baby shop sangat cocok bagi seorang pemula sekali pun. Mulailah dengan beberapa barang yang paling diminati, selanjutnya Anda dapat mengembangkannya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like