8 Tips Praktis Usaha Angkringan Modern Bagi Pemula

Usaha Angkringan Modern

Tertarik untuk berbisnis kecil-kecilan tapi menghasilkan untung besar-besaran? Coba pertimbangkan untuk menjalankan usaha angkringan modern. Meskipun terdengar sederhana, kini banyak pelaku bisnis yang mulai melirik usaha yang satu ini.

Angkringan yang dulunya identik dengan kota Jogja saat ini mulai menjamur di berbagai daerah. Menyajikan menu sederhana dengan harga terjangkau, wajar jika usaha ini mulai ditekuni oleh banyak orang. Buat kamu yang tertarik untuk menggeluti bisnis angkringan, simak pembahasan berikut ini.

8 Tips Membangun Usaha Angkringan Modern

Tanpa perlu mengeluarkan modal besar, kamu sudah bisa menjalankan sebuah bisnis dan meraup omzet yang tidak main-main. Tapi tentu saja semua itu tidak datang begitu saja. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar bisnis angkringan yang kamu jalankan bisa sukses.

Berikut ini 8 tips dalam merintis usaha angkringan:

Baca Juga : Tips Sukses Cara Memulai Usaha Kuliner dengan Brand Sendiri

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Jika berjalan-jalan di kota Jogja, kamu bisa dengan mudahnya menemukan warung angkringan di tepi jalan. Apalagi di kawasan perkotaan, hampir di setiap sudut terdapat angkringan yang ramai pengunjung. Ini cukup wajar karena tepi jalan raya memang tergolong strategis dan mudah dijangkau.

Mengadopsi konsep serupa, kamu juga perlu menentukan lokasi yang strategis untuk membangun warung angkringan. Pastikan lokasi tersebut merupakan akses yang ramai oleh pengguna jalan sehingga kamu bisa mendapatkan lebih banyak perhatian dari calon konsumen.

2. Siapkan Daftar Menu Andalan

Usaha Angkringan Modern
(Sumber: Mediaini.com)

Angkringan identik dengan menu sederhana tapi menggoda. Kamu bisa mempertahankan konsep ini dengan menyajikan berbagai menu sederhana seperti nasi kucing dan sate usus namun dengan penyajian yang lebih modern. Ini bisa jadi strategi jitu untuk menarik pelanggan.

Agar angkringan kamu laris manis, jangan lupa tawarkan menu andalan dengan ciri khas yang ingin kamu tonjolkan. Misalnya nasi kucing dengan sambal super pedas atau tempe goreng dengan konsep kekinian. Bukan tidak mungkin menu andalan ini akan mengangkat nama angkringan kamu.

Untuk menonjolkan kesan modern, kamu juga bisa melakukan inovasi dengan menyajikan menu-menu yang tidak biasa ditemukan di angkringan pada umumnya. Misalnya saja pisang bakar keju, nasi goreng, aneka olahan ayam, dan masih banyak lagi.

3. Desain Angkringan Menarik

Salah satu kunci penting untuk menarik minat calon pembeli adalah membuat angkringan dengan desain yang menarik. Jika kebanyakan angkringan hanya menggunakan gerobak dan tenda, kamu bisa menghadirkan angkringan dengan desain yang lebih modern.

Sebagai contoh, kamu bisa menggabungkan ide warung angkringan dengan konsep food truck. Atau kamu juga bisa menyulap gerobak angkringan menjadi counter yang terlihat lebih elegan dan estetik. Dijamin akan semakin banyak pembeli yang mendatangi angkringan modern kamu.

4. Beri Fasilitas Tambahan

Selain menggunakan desain menarik dan kekinian, menghadirkan beragam fasilitas tambahan juga bisa diandalkan untuk menggaet lebih banyak konsumen. Apalagi di era digital seperti saat ini, fasilitas internet gratis bisa membuat konsumen semakin betah nongkrong di angkringan kamu.

Ide ini sudah diadopsi oleh beberapa angkringan modern. Dengan menambahkan Wi-Fi gratis, warung angkringan jadi lebih diminati oleh pembeli terutama dari kalangan anak muda. Sambil makan, mereka juga bisa nongkrong dan berinternet ria.

Tapi jika Wi-Fi gratis dirasa memberatkan, kamu tidak perlu memaksakan diri. Jika ingin memberikan fasilitas, kamu bisa menawarkan jaringan internet murah meriah. Dengan begitu, kamu dan pembeli tetap sama-sama untung.

5. Tunjukkan Ciri Khas

Inovasi adalah faktor penentu apakah angkringan kamu bisa bertahan di tengah persaingan yang begitu ketat. Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis yang monoton cenderung ditinggalkan oleh pembeli, apalagi jika tidak ada sesuatu yang terlihat unik atau menarik.

Baca Juga : Jenis Bisnis Kerupuk Terlaris dan Cara Agar Untung Besar

Dengan berinovasi, kamu bisa menunjukkan ciri khas yang kamu miliki. Misalnya angkringan kamu menghadirkan menu serba dua ribu atau pelayanan yang unik seperti memperlihatkan teknik juggling ala bartender dan lain sebagainya.

Nantinya inilah yang akan menjadi ciri khas dari usaha angkringan modern yang tengah kamu jalankan. Alhasil angkringan kamu lebih mudah untuk dikenali karena berbeda dari warung lainnya.

6. Hitung Modal dengan Teliti

Usaha Angkringan Modern
(Sumber: Unsplash.com)

Seperti bisnis lainnya, modal untuk membangun usaha angkringan sangat beragam tergantung kebutuhan. Tapi secara garis besar bisnis angkringan adalah salah satu jenis usaha yang tidak membutuhkan modal besar, jadi cocok untuk anak muda yang belum memiliki banyak dana.

Sebelum membuka usaha, pastikan untuk menghitung modal dengan teliti mulai dari sewa tempat, pembuatan gerobak angkringan, hingga peralatan masak dan alat-alat untuk berjualan. Untuk skala kecil, kamu sudah bisa memulai usaha dengan modal sekitar 1 jutaan saja.

7. Jaga Kebersihan

Meskipun angkringan dikenal sebagai tempat makan pinggiran, bukan berarti kamu boleh mengabaikan soal kebersihan. Aspek yang satu ini wajib untuk diperhatikan, apalagi untuk angkringan dengan konsep modern. Pastikan tempat, alat-alat jualan, serta makanan terjaga kebersihannya.

Dengan memperhatikan kebersihan angkringan, pembeli akan merasa nyaman sehingga tidak ragu untuk kembali di lain waktu. Lain halnya jika angkringan kamu terlihat kotor, maka konsumen pasti tidak nyaman dan enggan untuk kembali.

8. Gencarkan Promosi

Semakin populer bisnis kamu, semakin besar peluang untuk mendapatkan konsumen dan meraup keuntungan. Setidaknya inilah konsep yang perlu kamu tanamkan ketika memulai bisnis. Jika kamu ingin bertahan dan berkembang, jangan pernah meremehkan promosi.

Saat ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk promosi, salah satunya adalah melalui media sosial. Buat akun khusus untuk bisnis yang kamu jalankan dan lakukan promosi dengan strategi yang telah kamu susun. Jika perlu, berikan diskon atau promo untuk menarik pelanggan.

Keuntungan Usaha Angkringan Modern

Usaha Angkringan Modern
(Sumber: Kompas.com)

Menjamurnya usaha angkringan modern bukanlah tanpa alasan. Dibandingkan dengan bisnis lainnya, ada sejumlah keuntungan yang bisa kamu rasakan jika memilih untuk merintis bisnis warung angkringan. Simak beberapa keuntungan berikut:

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Bunga Hias Modal Kecil Untung Besar

1. Sangat Diminati Pembeli

Angkringan tidak pernah sepi membeli. Selain karena menu beragam, harga yang terjangkau juga menjadi alasan kuat mengapa banyak konsumen yang lebih memilih warung angkringan dibandingkan tempat makan lain.

Tidak hanya itu, angkringan juga menawarkan suasana yang berbeda. Tidak seperti di rumah makan atau restoran, pembeli bisa saling membaur dengan pembeli lain sehingga terasa lebih akrab.

2. Keuntungan Menjanjikan

Dengan modal yang tidak terlalu besar, bisnis angkringan mampu menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit. Apalagi jika warung kamu ramai pembeli, bukan tidak mungkin kamu bisa meraih omzet ratusan ribu setiap harinya.

3. Ideal untuk Usaha Sampingan

Buat kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tapi belum menemukan ide yang tepat, usaha angkringan layak untuk dipertimbangkan. Pasalnya kebanyakan angkringan buka di sore dan malam hari sehingga bisa kamu manfaatkan sebagai usaha sampingan.

Tertarik untuk memulai usaha angkringan modern? Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, usaha yang satu ini sangat cocok untuk pemula yang sedang mulai merintis bisnis. Jangan lupa perhatikan tips di atas agar angkringan kamu laris manis.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like