8 Langkah Memulai Usaha Agen Telur Agar Profit Maksimal

Usaha Agen Telur

Telur adalah sumber makanan yang tidak pernah kehabisan pelanggan sepanjang waktu. Apalagi, kebutuhan pangan tidak pernah lepas dari telur dan ibu rumah tangga harus menyediakan stok secara rutin. Sebagai salah satu bahan pokok, sudah pasti usaha agen telur akan selalu laris di pasaran.

Peluang Bisnis Sebagai Agen Telur

Tidak hanya berkutat pada kebutuhan rumah tangga sebagai satu dari sekian daftar sembako, ternyata banyak yang membutuhkan telur sebagai bahan esensial dalam industri pangan. Kondisi tersebut bisa terjadi karena tingginya kandungan protein pada telur bagi kelangsungan hidup manusia.

Di tahun 2021, konsumsi telur ayam diperkirakan mampu mencapai 1,72 ton. Hal tersebut telah mengungkap fakta pangsa pasar yang luas, menyeluruh, dan memperlihatkan tingginya minat konsumsi masyarakat terhadap telur.

Hal ini juga didukung dengan besarnya permintaan telur segar kepada produsen. Jika pandai memasang harga, tentu Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan dalam nilai yang signifikan.

Setiap pebisnis agen telur tidak perlu merasakan keraguan atau ketakutan bahwa produknya tidak akan laku. Malahan, telur akan terus menemani asupan gizi masyarakat sebagai bahan baku utama maupun pendamping yang mudah diolah.

Di samping itu, Anda juga bisa mulai memikirkan dan menentukan ingin menjadi agen telur ayam kampung maupunras, atau bahkan bebek serta puyuh. Tidak perlu cemas, keduanya tetap memberikan prospek keuntungan yang berpotensi membesarkan bisnis Anda.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Ayam Kampung yang Baik dan Benar

Langkah Memulai Usaha Agen Telur

Meskipun mampu memberikan peluang keuntungan cukup besar, bukan berarti Anda santai-santai saja tanpa menetapkan strategi bisnis yang tepat. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini dalam memulai usaha sebagai agen telur ayam:

1. Mencari lokasi sebagai agen yang strategis

Sebagai salah satu bahan pokok yang esensial, Anda juga harus benar-benar mempertimbangkan lokasi penjualan yang efektif. Pastikan bahwa tempat Anda berjualan termasuk potensial karena mudah dijangkau oleh pelanggan.

Beberapa tolak ukur yang bisa digunakan adalah lapak pasar, warung, komplek perumahan, maupun daerah tempat tinggal yang tinggi kebutuhan telur untuk sepanjang hari. Selain itu, lokasi agen yang dekat dan terlihat memudahkan kedatangan pelanggan secara maksimal.

2. Tentukan jenis telur yang akan dijual

Usaha Agen Telur

Langkah pertama yang sudah pasti harus Anda lakukan adalah memilih jenis telur ayam untuk dipasarkan. Salah satu tips yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah jenis telur yang paling banyak peminat di daerah penjualan Anda.

Tentukan pilihan antara telur ayam negeri (ras) atau kampung. Bahkan, Anda juga bisa memikirkan peluang untuk menyandingkan telur ayam dengan jenis telur lainnya, seperti puyuh atau bebek. Jika Anda masih bingung, perhatikan perbedaan antara telur ayam negeri dan kampung berikut:

  • Telur ayam kampung punya ukuran lebih kecil, namun rasanya lebih lezat ketimbang jenis lain. Harganya cenderung lebih mahal dan sulit diperoleh dalam jumlah besar
  • Telur ayam negeri memiliki harga cukup terjangkau dan lebih mudah diperoleh. Sebanyak 65% kebutuhan telur nasional berhasil dipenuhi oleh telur ayam negeri. Banyak direkomendasikan bagi agen pemula disertai jenis telur lain sebagai pelengkap

Baca Juga : 10 Alasan Memulai Usaha Telur Puyuh dan Analisanya Pasti Untung

3. Mulai kerja sama dengan supplier telur terpercaya

Supplier atau pemasok adalah sumber dari penjualan telur yang akan Anda ajak kerja sama dalam jangka waktu tertentu. Pastikan Anda berhasil menjalin relasi bisnis dengan pemasok yang besar dan terpercaya. Pertimbangkan fasilitas lain yang berpotensi didapatkan selama bekerja sama.

Beberapa di antaranya bisa menawarkan harga paling rendah dengan jaminan telur kualitas terbaik maupun fasilitas pengantaran telur ke tempat agen. Gunakan strategi lebih dari satu pemasok untuk mencegah terjadinya kekosongan penjualan pada toko agen bila pemasok utama kehabisan stok telur.

Hal tersebut dikarenakan cepatnya distribusi telur dan tingginya minat di pasaran. Apalagi jika Anda berhasil menjadi yang lebih unggul jika dibandingkan dengan pesaing di lingkungan penjualan sebagai agen usaha telur.

4. Menentukan harga jual

Kondisi ekonomi biasanya senantiasa memengaruhi alur penjualan dalam aspek penetapan harga jual. Agen telur satu dengan lainnya memang tidak memiliki perbedaan harga yang tipis dan tidak drastis. Meskipun demikian, harga jual bisnis Anda mampu ditentukan melalui survei pasar secara mandiri.

Mungkin Anda berpotensi memperoleh keuntungan dalam nominal besar jika menjualnya jauh lebih mahal ketimbang kompetitor. Namun, sebaiknya hal ini dihindari supaya toko agen Anda mampu bersaing dan lebih unggul. Jangan sampai terlalu rendah agar keuntungan yang Anda terima tetap stabil dan tidak rugi.

5. Memastikan model penjualan yang digunakan

Usaha Agen Telur

Model penjualan merupakan bagian dari pemasaran yang krusial dan memengaruhi masa depan bisnis agen telur Anda. Bahkan, manajemen bisnis yang baik akan dipengaruhi oleh seberapa besar upaya Anda untuk meningkatkan potensi usaha telur. Beikut ini model yang bisa Anda terapkan:

  • Salah satu model penjualan yang sudah pasti akan Anda pakai adalah metode konvensional dengan membuka toko atau menyewa tempat. Pilih yang cenderung ramai atau terletak di pinggir jalan agar mudah terlihat
  • Menjual telur secara online dan menjadi agen utama bagi kebutuhan pangan di luar kota karena perkembangan teknologi juga semakin pesat
  • Titipkan telur jualan Anda ke warung-warung makan atau toko sembako yang ada di daerah tempat tinggal untuk memperluas jaringan penjualan Anda
  • Penjualan telur dengan berkeliling ke tempat-tempat strategis memakai kendaraan. Anda bisa berhenti beberapa saat untuk membuka lapak dan berpindah ke tempat lainnya
  • Lakukan kerja sama dan buat penawaran bagi pemilik bisnis industri makanan yang ada di beberapa wilayah

Baca Juga : Ide Usaha Peternakan Modal Kecil di Rumah Mudah Ditiru

6. Memperkirakan stok penjualan telur

Usaha Agen Telur

Salah satu hal yang harus menjadi perhatian agen usaha telur adalah strategi untuk menentukan jumlah telur yang akan dipesan dan diterima dari pemasok. Perlu Anda ketahui bahwa telur adalah bahan pangan yang memiliki ketahanan hingga 2 minggu.

Kecerdasan dalam menentukan stok pemesanan dari pemasok tidak akan membuat Anda menjadi rugi atau bahkan mengalami kekosongan stok telur. Berikut bahan pertimbangan yang bisa dipakai untuk stok penjualan:

  • Buat strategi sasaran penjualan terhadap konsumen yang tinggalnya dekat dengan lokasi jual dari bisnis Anda
  • Perhitungkan pembelian pada periode sebelumnya dengan kondisi penjualan saat ini

7. Pertahankan kualitas dan wadah telur yang dijual

Pemasok bernama besar dan terpercaya sudah pasti mampu menyediakan telur berkualitas untuk para pebisnis agen. Bila Anda terus berhasil menjual telur bagus dan berkualitas, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak yang menjadi pelanggan setia Anda.

Selain itu, Anda harus menjadi pihak agen yang cerdas membedakan telur bagus maupun tidak layak konsumsi. Bila sudah dipastikan, pakai wadah khusus agar telur tidak mudah rusak atau pecah dan tahan benturan. Pisahkan satu dengan lainnya agar tidak mudah membusuk dan siap konsumsi.

Selalu ingat bahwa telur memiliki rentang usia penyimpanan sampai 2 minggu saja. Simpan dengan benar dan tepat saat dijual kepada pelanggan.

Baca Juga : Langkah Jitu Bisnis Ayam Petelur Secara Intensif untuk Pemula

8. Berikan layanan terbaik kepada para pelanggan

Hal utama yang harus Anda tawarkan kepada konsumen adalah penyediaan telur bagus, berkualitas, dan memuaskan. Tingkatkan terus usaha Anda, salah satunya dengan menyediakan moda transportasi untuk layanan pesan antar secara bersyarat maupun tanpa minimal pembelian.

Kualitas terbaik ikut menghasilkan kepuasan bagi para pelanggan. Tidak heran, usaha Anda juga mudah dikenal masyarakat karena adanya testimoni yang bagus. Siap-siap jadi agen telur terlaris di daerah Anda!

Menjadi agen usaha telur tentu membutuhkan proses yang cermat dan ada kalanya mengalami kenaikan atau penurunan penjualan. Namun, strategi dan langkah-langkah membangun bisnis secara efektif ternyata berpotensi meningkatkan pamor bisnis Anda.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like