Strategi Pengembangan Produk Berkualitas dan Laris Manis

strategi pengembangan produk

Setiap pengusaha baik dalam jangkauan bisnis kecil, menengah, maupun besar harus mempunyai strategi pengembangan produk yang terarah. Sebaiknya, strategi ini harus dipersiapkan sejak awal dari mulainya sebuah produk dikembangkan. Di samping itu, strategi pengembangan sebuah produk tersebut juga harus melihat beberapa aspek langsung yang ada di pasaran seperti halnya persaingan, minat pasar, lingkungan pemasaran, dan masih banyak lagi lainnya.

Apa Itu Strategi Perkembangan Produk?

Istilah strategi perkembangan produk tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pengusaha dan mereka yang mempunyai usaha dalam bidang produksi atau pemasaran. Pada dasarnya, hal ini merupakan sebuah langkah atau cara yang digunakan oleh individu atau sekelompok orang yang mempunyai produk tertentu agar produk tersebut laku di pasaran. Tentunya, hal ini diperlukan kemampuan khusus seseorang dalam berinovasi agar produk yang dihasilkan benar-benar unik dan disukai oleh pasaran.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih strategi untuk mengembangkan produk tersebut adalah lingkungan sekitar dan target pasar yang akan disasar. Oleh sebab itu, sebelum menentukan strategi perkembangan yang tepat, pengusaha dan elemen-elemen pegembang lainnya harus melakukan perencanaan yang matang. Selain itu survey yang akurat di lapangan juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah strategi untuk mengembangkan produk atau jasa.

Pada akhirnya, pengembangan produk yang dilakukan tersebut harus menghasilkan unsur-unsur baru yang belum ada sebelumnya. Hal ini menyangkut terkait dengan proses perubahan yang dilakukan terhadap suatu produk yang telah ada. Itu sifatnya hanya melakukan perubahan yang leih baik terhadap produk yang telah ada sesuai dengan keinginan calon konsumen yang disasar.

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penetapan Harga Produk

Tujuan Strategi Pengembangan Produk

Adanya strategi pengembangan produk sesungguhnya bukanlah tanpa tujuan yang jelas. Secara nyata, hal ini mempunyai tujuan khusus sesuai dengan keinginan sang pengembang. Hal tersebut berkaitan dengan keuntungan yang akan didapatkan serta memperbaiki kualitas ekonomi pencipataan produk kreatif di era sekarang ini.

1. Mempertahankan Daya Saing

Mempertahankan Daya Saing
(Sumber: Accurate.id)

Tujuan dari adanya strategi pengembangan produk yang pertama adalah untuk memenangkan persaingan yang ada dalam lingkungan pemasaran. Seperti yang telah diketahui secara umum, persaingan terhadap produk yang sedang diminati oleh masyarakat sangatlah besar. Oleh sebab itu, jika ingin tetap eksis, maka pengusaha harus melakukan suatu terobosan baru.

Salah satu terobosan baru yang akan sangat menguntungkan yakni melakukan inovasi terhadap produk yang sudah ada. Hal ini akan lebih efektif karena ciri khas suatu produk yang dimiliki akan tetap bertahan, tetapi terdapat inovasi atau pembaharuan yang sifatnya unik dan digemari oleh konsumen.

2. Memenuhi Kebutuhan Baru

Dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, kebutuhan masyarakat pun semakin beragam. Produk-produk yang mereka butuhkan juga harus sesuai dengan hal tersebut. Dengan begitu, pengusaha juga harus cerdas dalam membaca situasi ini. Beberapa produk yang telah diciptakan memang harus dievaluasi kembali dan dilakukan pembaharuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern.

Tujuan pengembangan produk yang satu ini erat kaitannya dengan pangsa pasar yang dituju oleh pengusaha. Jika hal tersebut menyasar generasi muda, secara tidak langsung produsen juga harus paham betul terhadap kebutuhan para generasi muda pada saat itu sehingga nantinya akan dihasilkan produk baru sesuai kebutuhan mereka dan itu akan laku keras di pasaran.

3. Menambah Omset Penjualan

Ketika produk memiliki inovasi baru dan tentunya berbeda dengan yang lainnya, maka penjualan pun diperkirakan juga akan naik. Hal ini akan memberikan omset penjualan yang lebih tinggi kepada perusahaan. Secara otomatis, walaupun sifat omset tersebut masih kotor, tetapi perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Selanjutnya, jika produk yang dilakukan pengembangan kira-kira lumayan laku keras, pengusaha bisa menambah kuantitas produksinya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Produk Bisnis Afiliasi Terlaris dan Paling Laku Setiap Hari di Pasaran

4. Mencegah Kebosanan Konsumen

Mencegah Kebosanan Konsumen
(Sumber: Frontier.co.id)

Tentu saja konsumen akan bosan dengan keadaan produk yang itu-itu saja. Hal ini memerlukan inovasi baru yang menarik agar mereka bersemangat dalam membeli produknya. Ini menjadi salah satu tujuan penting adanya pengembangan produk.

Tanyakan terlebih dahulu apa yang diinginkan konsumen dari produk yang akan diperbaharui. Kemudian, buat hal tersebut dengan semenarik mungkin dan sesuaikan dengan apa yang mereka inginkan.

Macam-Macam Strategi Pengembangan Produk

Untuk mengembangkan produk agar berhasil dan lancar, maka pengusaha harus mengetahui macam-macam strategi pengembangan produk. Hal tersebut sangat bermacam-macam dan dapat digunakan salah satu sesuai dengan kondisi yang terjadi pada bidang usaha mereka.

1. Strategi Peningkatan Keistimewaan Produk

Keistimewaan sebuah produk berarti bahwa produk yang akan dijual harus istimewa dan berbeda dari yang lainnya atau mempunyai ciri khas tersendiri. Hal ini sangat penting untuk dikembangkan agar produk tersebut semakin disukai oleh konsumen dimana pun mereka berada.

Jika suatu produk terlihat unik dan berbeda, peminatnya pun akan semakin bertambah asalkan harganya juga tidak terlalu mahal. Ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi pengusaha untuk senantiasa berinovasi agar produk yang dihasilkan semakin istimewa, tetapi harganya masih ramah di kantong semua kalangan.

2. Strategi Peningkatan Kualitas Produk

Jika berbicara mengenai kualitas, maka hal itu akan berkaitan dengan komponen-komponen internai atau bahan penyusun produk yang dimaksud. Jika sebelumnya bahan yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut masih berkualitas rendah, produsen bisa melakukan pembaharuan dengan bahan yang lebih baik, tetapi harganya juga tidak terlalu mahal. Hal ini akan membuat konsumen lebih bergerak cepat dalam melakukan pembelian barang karena memang kualitasnya lebih baik.

Jadi jangan ceroboh dalam memilih bahan untuk sebuah produk. Sekarang ini konsumen cenderung lebih cerdas sehingga mereka memilih membeli prosuk yang berkualitas walaupun harganya lebih mahal. Ini harus menjadi catatan penting bagi pengusaha atau produsen produk.

Baca Juga: 10 Ide Promosi Kreatif yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

3. Strategi Peningkatan Gaya Produk

Strategi Peningkatan Gaya Produk
(Sumber: Uprint.id)

Strategi untuk mengembangkan produk yang terakhir yakni langkah-langkah atau cara pengembangan yang menitikberatkan pada gaya produk yang dimaksud. Gaya tersebut meliputi tampilan packaging produk, warna produk, bentuk produk, dan lain-lain semacamnya. Walaupun terlihat sepele, tetapi hal ini ternyata merupakan salah satu hal yang paling bisa menarik minat pembeli untuk suatu produk. Jadi bisa dikatakan, pembeli akan tertarik dengan penampakan luar suatu produk terlebih dahulu.

Dalam menciptakan peningkatan gaya produk tersebut, sebaiknya pengusaha harus mengandeng para desainer yang memang sudah ahli dalam pengembangan gaya produk seperti halnya pembuatan bungkus dan masih banyak lagi lainnya. Mereka juga bisa melakukan tes pasar terlebih dahulu sebelum benar-benar meluncurkan produk tersebut.

Dalam membuat strategi pengembangan produk yang baik dan terarah, elemen pengembangannya mulai dari produsen dan distributor memang tidak boleh setengah-setengah dalam bekerja. Semoga informasi yang disajikan secara gamblang di dalam artikel ini bisa menambah wawasan masyarakat khususnya yang masih awam di dalam dunia perdagangan. Jangan lelah untuk terus mengupgrade ilmu seputar pengembangan produk agar usaha yang dijalani dapat bertumbuh dengan baik sesuai harapan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like