Selain menjadi alternatif untuk mencari penghasilan tambahan, freelancer juga bisa dijadikan ajang untuk mengasah ketrampilan yang dimiliki, tapi pastikan hanya mengaksesnya di situs freelance terbaik

Memiliki pekerjaan mapan di sebuah perusahaan, memang menjadi impian paling indah. Gaji tinggi, kesehatan terjamin, belum tunjangan lain-lain. Eh, tapi siapa bilang, tidak kerja kantoran hidup pasti jadi gelandangan? Situs freelance terbaik di Indonesia ini menjadi bukti yang nyata, bahwa masa depan yang gemilang tak hanya ada di belakang meja. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk sukses dan makmur. Lantas, apa saja situs yang paling direkomendasikan? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Profesi dan Peluang Bisnis Saat Corona yang Bikin Kaya Raya

13 Situs Freelance Terbaik dan Paling Banyak Dicari

Sebelum membahas lebih jauh, mari kenali profesi freelancer terlebih dahulu. Secara sederhana, freelancer bisa diartikan sebagai pekerja lepas. Ia tidak memiliki keterikatan kontrak dengan pihak mana pun, sehingga jam kerjanya pun lebih fleksibel. Meski pernah diremehkan orang-orang, tapi kini justru mulai banyak diminati. Terutama para generasi milenial yang memiliki segudang aktivitas. Pasalnya, selain cocok untuk pekerjaan sampingan, freelancer juga menjanjikan beragam kemudahan. Nah, berikut adalah daftar situs freelance terbaik yang wajib dicoba :

1. People Per Hour

Salah satu keunggulan yang dimiliki situs People Per Hour adalah pekerjaan yang berbasis jaringan lokal. Baik perusahaan maupun pencari kerja sama-sama berada di area tersebut (masih dalam jangkauan). Hal ini tentu akan lebih menjamin keamanan dan kepercayaan untuk pihak mana pun. Selain itu, pembayaran bisa melalui rekening bersama milik People Per Hour, sehingga tak perlu takut akan penipuan.

Cara Daftar Freelance People Hour : Klik Link https://www.peopleperhour.com

2. Fiverr

Fiverr
(Sumber : Apps.apple.com)

Fiverr adalah salah satu situs freelance terbaik yang berbasis internasional, tepatnya dari Israel. Sehingga peluang untuk mendulang rupiah semakin terbuka lebar. Tak hanya itu, kategori pekerjaan yang bisa ditawarkan di Fiverr terbilang sangat banyak. Mulai dari digital marketing, musik, audio, lifestyle, business, pemrograman, desain grafis, writer, dan lain sebagainya. Enaknya, di sini freelancer bisa mematok harga sendiri.

Cara Daftar Freelance Fiverr : Klik Link https://www.fiverr.com

3. SimplyHired

Memiliki kemampuan yang multi-talenta? Tak ada salahnya mencoba peruntungan di SimplyHired. Sebab, situs ini menawarkan lowongan dari beragam pekerjaan, baik bidang administratif, teknologi, hingga konstruksi. Tidak hanya di Indonesia, SimplyHired sudah ada di 24 negara, lho. Menariknya, selain menawarkan pekerjaan secara online, situs ini juga memfasilitasi penawaran offline. Tinggal atur lokasi ke wilayah yang masih terjangkau dan jika beruntung, pekerjaan bisa terus berlanjut.

Cara Daftar Freelance SimplyHired : Klik Link https://www.simplyhired.com

4. Crowdsource

Salah satu situs freelancer terbesar yang wajib diintip adalah Crowdsource. Sangat cocok bagi pencari kerja yang memiliki keahlian di bidang editing, pembuatan konten, penerbit, maupun perusahaan media. Menariknya, situs ini membagi-bagi tugas besar menjadi lebih kecil dan mudah untuk dikelola. Sebagai pemula, mungkin hanya akan mendapatkan tugas-tugas ringan saja. Tapi jika sudah memiliki citra yang baik, bukan tidak mungkin freelancer akan kebanjiran pekerjaan.

Cara Daftar Freelance Crowdsource : Klik Link https://www.crowdsource.com

5. Upwork

Ingin mengepakkan sayap lebih jauh lagi? Upwork bisa menjadi solusi. Sebab, Upwork sudah masuk ke dalam kategori situs freelance terbaik di seluruh dunia yang berbasis cloud. Sehingga bisa memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pencari kerja. Dari segi pencari jasa pun sangat menguntungkan, karena bisa mendapatkan freelancer yang benar-benar ahli di bidangnya. Kelebihan lain yang dimiliki Upwork, yaitu tidak ada batasan atau spesifikasi pekerjaan, semua boleh ditawarkan.

Cara Daftar Freelance Upwork : Klik Link https://www.upwork.com

Baca Juga: Bisnis untuk Mahasiswa Pemula Anak Kuliah Tahun Pertama Semester 1

6. Guru

Guru adalah situs freelancer global yang didirikan pada tahun 2001. Berkat kekonsistenannya, situs ini berhasil menjadi salah satu website pekerja lepas terbaik di dunia. Wajar, karena mereka update banget, setiap hari selalu ada pekerjaan baru yang masuk ke Guru. Sementara keunggulan dari situs ini adalah kenyamanan dan keamanan. Sebab, kerja sama hanya dilakukan berdasarkan kecocokan setelah melihat profil masing-masing. Selain itu, pencari kerja juga bisa mencari pekerjaan berdasarkan kategori, lokasi, maupun jenis pembayaran.

Cara Daftar Freelance Guru : Klik Link https://www.guru.com

7. Gobann

Gobann merupakan salah satu situs freelance terbaik yang cukup tenar. Pasalnya, baik pencari jasa maupun freelancer sama-sama bisa mengakses situs ini. Pilihan untuk jenis pekerjaan juga terbilang cukup banyak. Uniknya lagi, Gobann memiliki istilah tersendiri, yaitu Demand sebutan untuk pencari jasa dan Kangtao untuk freelancer. Dan sesuai dengan namanya, Gobann, maka standar upah yang ditetapkan di sini adalah 50 ribu rupiah.

Cara Daftar Freelance Gobann : Untuk saat ini link website Gobann belum bisa diakses

8. Toptal

Memiliki keahlian di atas rata-rata? Sudah saatnya mencoba situs freelance terbaik bernama Toptal. Selain menyediakan pekerjaan dengan kategori di atas situs lain, terkadang juga ada perusahaan ternama yang buka tawaran di sini. Soal harga tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, dijamin menggiurkan. Sayang, situs ini hanya menerima freelancer yang benar-benar profesional. Jangan heran, jika persaingan di antara pencari kerja di Toptal sangat ketat.

Cara Daftar Freelance Toptal : Klik Link https://www.toptal.com

9. 99 Design

99 Design
(Sumber : Gulangguling.com)

Mengusung konsep yang sedikit berbeda, 99 Design memberi kesempatan kepada para designer untuk unjuk gigi. Di sini, pencari jasa akan memposting tentang sebuah proyek yang akan dijalankan. Nah, para seniman desain boleh menunjukkan karya terbaiknya berikut dengan penjelasan detail. Nanti pihak pencari jasa akan menentukan pilihan dan menghubungi peserta yang terpilih. Sangat cocok untuk uji nyali dan mengukur kemampuan yang dimiliki.

Cara Daftar Freelance 99 Design : Klik Link https://99designs.com

10. Projects

Bagi yang suka mengutak-atik dunia digital, kudu mampir nih ke situs freelance terbaik, Projects. Di sini, tersedia aneka pekerjaan yang berhubungan dengan komputer dan digital, seperti social media, digital marketing, SEO, maupun IT. Di samping itu, Projects juga bisa difungsikan sebagai situs jual-beli yang berbasis online. Dengan catatan, produk yang ditawarkan juga berupa digital, seperti eBook, web template, dan lain-lain.

Cara Daftar Freelance Projects : Klik Link https://projects.co.id

11. Freelancer

Freelancer merupakan situs online pekerja lepas yang berasal dari benua Australia. Jangkauannya kini sudah mencapai 247 negara dengan pengguna sebanyak 24 juta. Kebayang kan, betapa besarnya situs freelance terbaik yang satu ini? Jangan lupa untuk mampir, karena pekerjaan yang ditawarkan cukup beragam. Ada marketing, penerjemah, jurnalistik, desain grafis, IT, dan lain-lain. Bagi yang tidak fasih berbahasa Inggris pun tidak masalah, karena Freelancer menyediakan fitur yang berbahasa Indonesia.

Cara Daftar Freelance Freelancer : Klik Link https://www.freelancer.co.id

12. Sribu

Sribu termasuk salah satu situs situs freelance terbaik dengan konsep berupa kontes. Untuk bergabung di situs ini, peserta diwajibkan untuk mengikuti tes dan mengajukan portofolio terlebih dahulu. Ingat, pastikan mengirim portofolio lengkap dan memajang hasil karya terbaik. Bisa berupa website, desain logo, interior, hingga aplikasi mobile. Jika bisa memenangkan kontes, hadiahnya lumayan banget, lho. Selain itu, bisa dipergunakan juga untuk menambah isian di portofolio.

Cara Daftar Freelance Sribu : Klik Link https://www.sribu.com/id

Baca Juga: Bisnis Ibu Rumah Tangga Muslimah yang Berkah, Halal dan Tanpa Riba

13. Sribulancer

Sribulancer
(Sumber : Linkedin.com)

Jika Sribu merupakan situs kontes, maka Sribulancer adalah situs freelance. Keduanya berada di naungan perusahaan yang sama. Tapi, situs yang satu ini memiliki layanan cukup lengkap. Mulai dari copywriting, penerjemah, marketing, desain grafis, dan lain sebagainya. Menariknya, freelancer bisa memilih gaji yang diinginkan, mau menggunakan rupiah atau dolar. Cocok banget nih, untuk kerja sambilan tapi menghasilkan pundi-pundi dolar.

Cara Daftar Freelance Sribulancer : Klik Link https://www.sribulancer.com/id

Demikianlah 13 situs freelance terbaik yang kekinian dan wajib dicoba. Manfaatkan waktu yang dimiliki untuk kegiatan yang bermanfaat, seperti menjadi seorang freelancer. Selain menambah uang jajan, pekerjaan ini juga bisa dijadikan ajang untuk mengasah dan meningkatkan skill. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.