Mungkin kebanyakan orang berpendapat bahwa menjadi pengusaha adalah soal action kita, tapi action tanpa didasari dengan ilmu sama saja kosong. Di era modern seperti sekarang ini, banyak sekolah bisnis yang berkembang, baik dari dalam maupun luar negeri. Di negara kita, banyak juga sekolah bisnis terbaik di Indonesia yang memiliki persaingan ketat untuk mendapatkan posisi terbaik di kategori sekolah bisnis.

Untuk menjadi seorang pengusaha, sekolah bisnis memang bukan menjadi suatu kewajiban. Akan tetapi, apabila sedari awal memang sangat meminati dunia bisnis, tidak salah juga mencoba belajar di sekolah bisnis. Sebab, jika diperhitungkan banyak ilmu yang bisa kita peroleh dari sekolah bisnis, termasuk ranah investasi akan dikaji lengkap dalam sekolah bisnis.

Inilah 8 Daftar Sekolah Bisnis Terbaik Di Indonesia


Adanya berbagai macam inovasi terpadu, tenaga pengajar yang selalu berusaha di upgrade, sistem belajar, kurikulum, serta berbagai jenis fasilitas yang disediakan yang menjadi salah satu faktor pendukung dalam sekolah bisnis. Biasanya, semakin waktu berlalu, maka sekolah bisnis semakin berusaha mengembangkan sayapnya untuk mencapai standar. Tidak hanya dalam lingkup Nasional saja, tapi mencapai lingkup Internasional juga.

1. School of Business and Management (ITB)

Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia
(Sumber: linkedin.com)

Setiap orang atau masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan ITB. Sebuah sekolah yang memang amat terkenal terutama dengan jurusan tekniknya. Namun, siapa sangka ITB selain didominasi dengan jurusan-jurusan teknik, juga memiliki SBM atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sekolah Bisnis dan Manajemen yang cukup berkembang pesat.

SBM atau Sekolah Bisnis dan Manajemen di ITB menerapkan beberapa misi yang diberi nama Tridarma Perguruan Tinggi, dimana di dalamnya terdapat unsur pendidikan, riset, serta pengabdian terhadap masyarakat. Ada banyak sekali program unggulan yang ditawarkan di SBM ITB. Baik itu yang bersifat teoritik maupun praktik.

Bahkan, setiap mahasiswa yang bersekolah di SBM biasanya dituntut untuk membangun usaha atau perusahaan sendiri dengan dana pinjaman yang didapat melalui bank swasta. Jenjang pendidikan yang ditawarkan pun tidak hanya S1, namun sudah merebak ke jenjang S2 dan S3.

2. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas yang cukup populer, terutama di kalangan para calon mahasiswa baru dan seringkali menjadi salah satu universitas impian kebanyakan orang di Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan FEUI merupakan salah satu kampus dengan konsep modern, dinamis dan bersahabat.

Tepat berlokasi di daerah Salemba, Depok, FE UI atau Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia memiliki komitmen yang cukup tinggi terhadap pelayanan prima yang diberikan dalam setiap proses belajar mengajar.

Tingkat pelayanan prima tersebut dapat dilihat dari kinerja staf pengajarnya, kurikulum yang digunakan, sistem pengajaran, fasilitas maupun program-program lainnya yang mampu mendukung peningkatan kualitas para mahasiswa. Jenjang pendidikan yang ditawarkan ada S1 (sarjana), kemudian ada S2 (magister), serta jenjang S3 (doktoral).

3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau yang lebih dikenal dengan istilah FEB menjadi salah satu fakultas favorit di lingkungan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. FEB di Universitas Gadjah Mada semakin hari terus bergerak maju beriringan dengan standar internasional yang diraih pada tahun 2004.

Pada saat itu, dilakukan perombakan besar-besaran mulai dari mutu pengajaran yang diterapkan sampai dengan fasilitas yang disediakan. FEB di Universitas Gadjah Mada juga makin mengembangkan sayapnya dengan menjalin kerjasama dengan beberapa universitas yang ada di wilayah Asia. Terdapat tiga jenjang pendidikan yang ditawarkan di FEB Universitas Gadjah Mada, yaitu S1, S2, serta S3.

4. Prasetiya Mulya Business School

Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia
(Sumber: prasetiyamulya.ac.id)

Prasetiya Mulya Business School merupakan sekolah bisnis yang berlokasi di daerah Cilandak, Jakarta. Prasetiya Mulya Business School merupakan sekolah bisnis pertama di Indonesia yang didirikan sekitar tahun 1982. Sekolah bisnis ini awalnya dibangun oleh para anggota komunitas bisnis negara.

Sekolah bisnis ini juga menawarkan jenjang Magister Manajemen yang cukup terkemuka. Program Magister Manajemen berusaha menerapkan konsep bisnis yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dunia bisnis yang nyata. Program pendidikan yang ditawarkan di sekolah bisnis Prasetiya Mulya Business School ada S1, S2 dan Program Sertifikasi.

5. Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran

Universitas yang berada di Bandung ini memiliki banyak sekali program unggulan yang ditawarkan kepada para mahasiswanya. Kualitas mutu pendidikan, kinerja staf pengajar, kurikulum yang digunakan, beserta fasilitas yang digunakan sebagai penunjang sangatlah diperhatikan. Universitas Padjadjaran sendiri menawarkan tiga jenjang pendidikan, mulai dari S1 (Sarjana), S2 (Magister), serta S3 (Doktoral).

6. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro merupakan universitas yang terletak di daerah Semarang. Sekolah bisnis yang ada di Universitas Diponegoro menjadi salah satu sekolah bisnis yang dapat diperhitungkan. Berbagai macam fasilitas yang amat sangat memadai, termasuk dengan tersedianya tax center yang diperuntukkan bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan perpajakan dan berbagai program studi lainnya.

Sekolah bisnis di Universitas Diponegoro menawarkan program akuntansi sampai dengan ekonomi pembangunan yang menjadi program studi unggulan. Persoalan mutu pendidikan beserta fasilitas penunjang yang disediakan Universitas Diponegoro tidak usah diragukan lagi, karena tentu sangatlah berkualitas.

7. IBII

Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia
(Sumber: kwikkiangie.ac.id)

IBII merupakan salah satu sekolah bisnis yang terletak di daerah Jakarta. Sekolah bisnis yang satu ini berfokus pada ekonomi dan bisnis yang berorientasi standar Internasional. Sekolah bisnis memberikan banyak pemahaman dan pembelajaran mengenai strategi dalam dunia bisnis atau usaha.

Selain itu, IBII juga mengajarkan bagaimana cara membangun sebuah perusahaan dengan kesempurnaan di segi manajemennya. Tentunya, ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh sekolah bisnis yang satu ini.

8. Sekolah Bisnis IPB

Kebanyakan masyarakat pasti berpikir kalau IPB atau Institut Pertanian Bogor hanya menawarkan program studi seputar pertanian saja. Namun, jangan salah. IPB juga memiliki sekolah bisnis yang bernama SB IPB atau Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor.

Pada mulanya, sekolah ini hanya menawarkan program Magister jurusan manajemen agribisnis yang kemudian pada tahun 2015 dikembangkan menjadi Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor. Untuk jenjang pendidikan yang ditawarkan, SB IPB sudah membuka program mulai dari S1 sampai dengan S3.

Di IPB juga terdapat berbagai kegiatan konsultasi, penelitian, juga kegiatan pelatihan. Dengan kata lain, di SB IPB tidak hanya sekedar mendapat ilmu saja, tetapi juga terdapat banyak kegiatan-kegiatan yang akan mendukung dalam pembentukan pribadi yang lebih matang saat menjalankan usaha.

Dari beberapa ulasan yang telah dijelaskan mengenai sekolah bisnis terbaik di Indonesia. Tentunya sekolah bisnis tersebut dapat menjadi rujukan terbaik bagi siapa saja yang memang ingin terjun dan berkecimpung dalam dunia bisnis. Bagaimana, apakah tertarik untuk memasuki salah satunya?

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.