Selain konsep usaha, perencanaan bisnis adalah hal penting yang harus disiapkan seorang entrepreneur sebelum memulai langkahnya. Dengan perencanaan yang jelas, langkah-langkah yang akan dijalankan pun bisa lebih terukur. Rencana atau plan merupakan guide yang akan membantu para pebisnis untuk mengelola usahanya.

Saat ini, beberapa anak muda atau yang sering disebut milenial, banyak yang telah sampai di puncak karir bisnisnya. Menjadi sukses di usia muda merupakan cita-cita banyak orang. Terlebih jika kesuksesan itu berawal dari usaha yang dirintis sendiri dari 0.

Peluang Sukses Berbisnis Bagi Kaum Milenial

perencanaan bisnis
(Sumber: Forbes.com)

Mengapa anak-anak muda sangat berpeluang untuk meraih kesuksesan pada berbagai bidang usaha yang mereka jalankan? 

Baca Juga: Rahasia Strategi Bisnis Properti Untung Besar yang Mudah Ditiru Anak Muda

1. Memiliki Ide Fresh

Pertama, karena biasanya kaum milenial memiliki berbagai ide yang fresh. Segala macam bentuk konsep bisnis yang berawal dari gagasan yang original, bisa diciptakan oleh para pemuda. Mereka cenderung berpikir kreatif dan out of the box. Karena jiwanya yang masih merasa bebas, berbagai konsep dan ide bisnis yang ada di pikirannya pun lebih bisa terexplore.

2. Cepat Beradaptasi

Kedua, anak-anak muda itu cepat untuk beradaptasi. Ketika mempelajari hal-hal baru, kebanyakan dari mereka akan cepat memahaminya, termasuk bidang bisnis. Jadi, saat para milenial memulai karirnya sebagai pebisnis, mereka bisa learning by doing, dan yang menjadi nilai tambah dari kemudahan beradaptasi ini adalah, millennials mampu melihat dan memanfaatkan peluang yang ada di sekitar.

3. Terlahir di Era “Canggih” 

Ketiga, mereka adalah anak-anak yang lahir di era ‘canggih’. Untuk itu, kelebihannya yang lain adalah, millennials tanggap terhadap teknologi dan perkembangannya. Beberapa bisnis bisa mereka kombinasikan dengan perkembangan teknologi yang semakin memudahkannya untuk meraih keuntungan dan kesuksesan.

4. Visioner 

Keempat, karena usianya yang masih terbilang muda, kaum milenial akan berpikiran panjang, atau visioner, mereka akan melakukan perencanaan bisnis berdasarkan tren yang terjadi saat ini maupun prediksi untuk tahun-tahun yang akan datang.

5. Networking atau Relasi yang Luas

Kelima, anak muda kebanyakan akan senang bergaul dan memiliki banyak teman. Hal tersebut bisa menjadi nilai plus jika bisa memanfaatkannya dengan baik. Relasi adalah pendukung dari tercapainya target bisnis yang dijalankan.

6. Leadership yang Baik

Keenam, beberapa diantara millennials memiliki bakat dalam berbisnis. Selain visioner dan kreatif seperti yang sudah dikemukakan pada point sebelumnya, anak muda yang berbakat juga akan memiliki jiwa leadership yang tinggi, berkemauan keras dan senang terhadap bidang yang digeluti.

Namun, sukses dalam membuka sebuah usaha, bukanlah hal yang sangat mudah. Perlu adanya konsep yang kuat dan juga perencanaan bisnis yang matang. untuk mempersiapkannya, mari kita ulas hal-hal menarik mengenai bisnis dan perencanaannya.

Apa Itu Perencanaan Bisnis?

perencanaan bisnis
(Sumber: Thenextscoop.com)

Perencanaan bisnis adalah serangkaian acara, yang biasanya dibuat tertulis dengan harapan agar dapat tercapainya tujuan dari usaha yang dikelola tersebut. Pada dasarnya, membuat perencanaan bisnis atau tidak adalah hak mutlak dari dalam diri seorang pengusaha. Sehingga apabila ada seorang pengusaha yang tidak memiliki business plan juga tidak masalah. Namun jika usaha berjalan tanpa adanya planning, ia akan cenderung mudah mengalami kebingungan.

Rencana dalam bisnis ini, bisa diperbaharui atau ditambahkan seiring dengan perjalanan usaha dan merujuk pada keadaan sekitar agar tetap mampu bertahan. Selain dapat membantu pengusaha mencapai tujuannya, perencanaan bisnis juga memiliki manfaatnya yang lain, seperti:

Baca Juga: Rahasia Strategi Bisnis Properti Untung Besar yang Mudah Ditiru Anak Muda

1. Membantu Mendapatkan Modal

Business plan yang jelas dan terperinci, bisa membantu pemilik usaha untuk mendapatkan modal usaha tambahan. Para entrepreneur bisa melakukan kerjasama dengan beberapa pihak atau bahkan menggaet investor untuk membuka sebuah bisnis.

Perencanaan bisnis yang baik akan menjadi penilaian penting bagi para investor atau pihak lain tersebut, karena tak mungkin mereka akan melakukan kerjasama dengan jenis usaha yang belum jelas arahnya atau tidak ada perencanaan sama sekali.

2. Meminimalisir Adanya Kegagalan

Perencanaan bisnis akan mencakup segala kemungkinan akan hal-hal yang terjadi di masa depan, dalam plan ini juga biasanya ditentukan beberapa opsi atau pilihan yang akan dilakukan ketika perusahaan dalam keadaan yang cukup sulit.

Dengan merencanakan bisnis, para pemiliknya juga akan memikirkan hal-hal yang bisa saja mendatangkan resiko kegagalan, maka sebelum hal itu terjadi, business plan tentu dibuat untuk memikirkan jalan keluarnya.

3. Mempersiapkan Masa Depan

Setiap pebisnis akan berharap agar usahanya bisa sukses dan bertahan. Bukan hanya di masa sekarang, namun jauh lebih luas, untuk bertahan di waktu-waktu yang akan datang. Perencanaan bisnis akan dibuat untuk menemukan cara atau strategi untuk jangka panjang tersebut.

Bagaimana para pemilik melihat bisnisnya di masa depan, akan ditentukan melalui sebuah perencanaan yang dilakukan di awal karir. Business plan akan membantu para pemilik bisnis untuk menyusun tujuan bisnisnya tersebut.

Cara Membuat  Perencanaan Bisnis Bagi Kaum Milenial

perencanaan bisnis
(Sumber: Igamingbusiness.com)

Memanfaatkan berbagai kelebihan yang dimilikinya, Milenial bisa menerapkan beberapa langkah untuk membuat perencanaan bisnisnya, sepert:

Baca Juga: Ide Bisnis Kuliner New Normal yang Tak Pernah Sepi Pembeli saat Pandemi Corona

1. Tetapkan Arah dan Tujuan yang Jelas

Bisnis adalah kegiatan penyediaan barang atau jasa demi tercukupinya kebutuhan banyak orang yang mampu menghasilkan pendapatan bagi pemiliknya. Dapat disimpulkan bahwa tujuan dari bisnis, utamanya adalah untuk mendapat keuntungan. Tapi, ada beberapa hal lain yang menjadi goals sebuah usaha dan harus ditentukan sejak awal.

Memberi manfaat pada sekitar, memudahkan keperluan banyak orang, membuka lapangan kerja, adalah beberapa contohnya. Tentukan keinginan atau cita-cita bisnis yang dijalankan tersebut. Perjelas akan kemana arah serta tujuannya, agar ketika membuat perencanaan bisnis, hal tersebut bisa menjadi landasan utamanya.

2. Melakukan Riset

Setelah mendapat ide, kaum milenial bisa melakukan penelitian atau riset terhadap pengembangan ide tersebut menjadi sebuah bisnis. Cocokkanlah ide atau gagasan tersebut dengan tujuan dan keadaan yang ada. Apakah bisa diaplikasikan, atau harus ditambah serta dilakukan penataan ulang terhadap beberapa poinnya.

Jika tujuan dari bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen, maka lihat dan cermatilah, betulkah gagasan yang dimiliki mampu menjawab itu semua? Karena pada hakikatnya, rencana dibuat untuk melancarkan jalan menuju tujuan.

3. Buat Kategori Perencanaan

Hasil dari analisis tersebut bisa dibagi kedalam beberapa kategori rencana, seperti hal-hal apa saja yang menjadi kelebihan bisnis yang akan dijalankan, kekurangan, peluang seperti seberapa besar dan hal apa yang bisa menjadi hambatan.

Dari pengkategorian tersebut, bisa dikembangkan lagi menjadi serangkaian strategi baru. Langkah apa saja kiranya yang bisa mempertahankan kelebihan, bisa memanfaatkan peluang, meminimalisir hambatan ataupun bisa menutupi kekurangan bisnis. Buatlah skema yang jelas dan terperinci untuk memudahkan kegiatan bisnis kedepannya.

Berbisnis di usia muda, bukalah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Kaum milenial justru memiliki banyak kelebihan yang bisa dijadikan modal untuk membuka usaha yang diinginkan. Dengan memanfaatkan passion  yang dimiliki, millennials bisa dan mampu untuk meraih kesuksesan.

Itulah informasi seputar perencanaan bisnis bagi kaum milenial. Demi tercapainya tujuan bisnis yang dijalankan memang perlu dibuat beberapa point dan perencanaan bisnis, dengan harapan hal yang telah melalui serangkaian pemikiran dan riset tersebut mampu memudahkan para pebisnis meraih cita-cita atau keinginannya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.