5 Perbedaan Pasar Bisnis dan Pasar Konsumen Wajib Diketahui

perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen

Selama ini masyarakat masih cenderung bingung dengan perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen. Mayoritas dari mereka menganggap bahwa kedua hal tersebut sama karena berada dalam dunia bisnis. Akan tetapi, sesungguhnya pasar bisnis dan pasar konsumen sangatlah berbeda. Keduanya memiliki peran, tujuan, dan manfaat masing-masing dalam dunia perekonomian. Hal ini harus dipahami secara mendalam agar masyarakat mempunyai pengetahuan yang lebih baik sehingga bisa menjalankan roda perekonomian dengan sebaik mungkin.

Apa Itu Pasar Bisnis?

Pasar bisnis atau yang juga dikenal dengan istilah business to business merupakan kumpulan dari semua organisasi yang akan melakukan pembelian terhadap barang atau jasa guna sebagai bahan baku dalam produksi maupun untuk dijual kembali sebagai sarana bisnis. Dalam hal ini, pembeli akan mendapatkan keuntungan terhadap barang-barang yang telah dibeli tersebut.

Lebih lanjut, pembeli dalam pasar ini tidak akan langsung menggunakan barang yang telah dibeli secara pribadi. Akan tetapi, mereka menggunakannya untuk memasok kebutuhan barang pihak lain. Pasar bisnis tersebut bergerak dalam berbagai bidang perekonomian seperti halnya pertanian, perikanan, kehutanan, perindustrian, transportasi, informasi, manufaktur, keuangan, asuransi, dan masih banyak lagi lainnya.

Pasar ini bisa dikategorikan sebagai sebuah pasar yang besar dan melibatkan banyak penjual, pembeli, serta barang dagangan yang diperjualbelikan. Bisa dibilang bahwasanya keberadaan pasar bisnis tersebut sebagai pilar perekonomian bangsa. Jika kegiatan dalam pasar ini berjalan sukses, perekonomian pun tidak akan mengalami pailit. Akan tetapi sebaliknya, jika pasar bisnis sepi dan tidak ana inovasi yang baru, masyarakat tidak akan bisa menjalankan roda bisnis mereka dengan sebaik mungkin.

Baca Juga: Apa Itu Pasar Bisnis? Inilah Pengertian dan Ciri-Cirinya

Apa Itu Pasar Konsumen?

Berbeda dari pasar bisnis, pasar konsumen merupakan kumpulan dari para konsumen atau pembeli yang akan melakukan pembelian barang-barang untuk digunakan secara pribadi. Itu berarti bahwasannya barang atau jasa tersebut tidak untuk dijual kembali guna mendapatkan keuntungan secara materi. Masyarakat akan mudah menemukan pasar konsumen tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka saat melakukan perbelanjaan.

Perilaku pembelian masyarakat yang ada di pasar konsumen ini cenderung dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya faktor pribadi, budaya, sosial, dan juga psikologis. Dalam hal ini, faktor yang dinilai paling menonjol adalah faktor budaya. Budaya dalam pasar konsumen memiliki peran yang sangat besar. Jika budaya dalam suatu masyarakat cenderung tidak konsumtif, maka pasar konsumen pun tidak akan ramai dan juga sebaliknya.

Di samping itu, faktor sosial seperti halnya gaya hidup keluarga juga akan mempengaruhi kesuksesan pemasaran dari pasar konsumen. Hal-hal tersebut menjadi acuan untuk melakukan pembentukan pasar konsumen di suatu daerah karena tiap-tiap wilayah akan memiliki daya konsumtif yang tentunya berbeda-beda.

Perbedaan Mendasar Pasar Bisnis dan Konsumen

Selama ini mungkin masyarakat menganggap bahwa pasar apapun itu namanya merupakan suatu tempat yang digunakan untuk transaksi jual beli. Hal ini cukup masuk akal memang, tetapi istilah-istilah tertentu seperti halnya pasar konsumen dan pasar bisnis mempunyai pengertian tersendiri. Keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari segi operasional, fungsi, manfaat, dan perannya dalam dunia perekonomian.

1. Segmentasi Pasar

Segmentasi Pasar
(Sumber: Algotech.co.id)

Perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen yang pertama bisa dianalisa dari segmentasi pasar yang diberlakukan. Pada dasarnya segmentasi pada kedua pasar ini cenderung sama karena memang keduanya akan memberlangsungkan proses jual beli barang dan jasa. Akan tetapi, dalam hal ini tetap ada perbedaan yang harus dipahami oleh para penjual dan juga pembeli.

Perbedaan segmentasi pasar antara pasar bisnis dan konsumen yakni terletak pada tata caranya. Untuk pasar konsumen, semua dilakukan dengan cara yang mengalir dan tidak harus berurutan. Sebaliknya, untuk pasar bisnis biasanya segmentasinya harus dilakukan dengan berurutan dan terstruktur.

2. Karakteristik Khas Permintaan Barang

Ciri khas permintaan barang yang ada dalam pasar bisnis dan konsumen cenderung berbeda. Dalam hal ini, sifat permintaan pada pasar bisnis merupakan turunan dari permintaan konsumen. Hal ini berarti bahwa permintaan tersebut dipengaruhi oleh besar kecilnya permintaan yang berasal dari para konsumen. Lebih lanjut, stabilitas permintaan barang di pasar bisnis juga relatif mudah terganggu daripada di pasar konsumen sehingga stabilitas dan ketersediaan stoknya memang harus benar-benar dijaga sebaik mungkin.

Karakter permintaan ini juga mencakup terhadap elastisitan permintaan barang. Maksud dari hal tersebut adalah pengaruh harga barang terhadap permintaan dari konsumen. Di pasar binis, perubahan harga ini tidak akan mempengaruhi permintaan karena pada dasarnya konsumen tetap membutuhkan barang tersebut untuk dijual dan mendapatkan keuntungan kembali. Lain lagi di pasar konsumen, jika harga relatif tinggi, konsumen cenderung membatasi daya beli mereka agar keuangan rumah tangga tetap stabil.

Baca Juga: Jenis-Jenis Produk Bisnis Afiliasi Terlaris dan Paling Laku Setiap Hari di Pasaran

3. Struktur Pasar

Struktur Pasar
(Sumber: Forumdaily.com)

Dalam struktur pasar, pasar bisnis lebih didominasi oleh pembeli yang kuantitasnya kecil dengan kapasitas pembelian yang besar, sedangkan di pasar konsumen akan melibatkan pembeli dengan kuantitas banyak, tetapi jumlah pembelian masing-masing akan relatif kecil.

Dapat dikatakan bahwasannya walaupun kuantitas pembeli dalam pasar bisnis sedikit, bukan tidak mungkin penjual akan mendapatkan keuntungan yang besar. Pasar ini malah menjadi ladang distribusi dan cenderung mendatangkan banyak keuntungan dalam berbisnis. 

4. Karakteristik Strategi Pemasaran

Dari segi karakteristik pemasarannya, pasar bisnis lebih menekankan pada kinerja keuntungan para penjual di dalamnya. Sebaliknya, pasar konsumen akan berfokus pada pangsa pasar atau kuantitas target konsumen yang akan melakukan pembelian terhadap barang atau jasa yang dijajakan setiap harinya.

Lebih lanjut, perbedaan karakteristik pemasaran antara kedua pasar tersebut bisa dijabarkan sebagai berikut:

  • Tipe kemasan pasar bisnis cenderung protektif dan pasar konsumen promosional.
  • Penekanan promosi pasar bisnis dengan personal selling dan pasar konsumen dengan iklan.
  • Tawar menawar pada pasar bisnis lumrah terjadi dan di pasar konsumen jarang terjadi.
  • Waktu pembelian di pasar bisnis harus dengan perencanaan dan di pasar konsumen bisa dilakukan sewaktu-waktu.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pendukung Bisnis yang Digunakan Perusahaan Besar

5. Hubungan Pemasok Barang dan Pelanggan

Hubungan Pemasok Barang dan Pelanggan
(Sumber: Seruni.id)

Perbedaan terakhir dari pasar bisnis dan pasar konsumen bisa diidentifikasi dari segi hubungan antara pemasok barang dan pelanggannya. Dalam konteks pasar bisnis, hubungan antara pemasok dan pelanggan akan lebih dekat karena memang pemain dari pasar bisnis tidaklah banyak. Di samping itu, nilai bisnis di sini lumayan besar sehingga memerlukan interaksi yang lebih erat pula.

Hal itu sangat berbeda dengan yang ada di pasar konsumen. Di sini hubungan antara pemasok dan pelanggan hanya sekedarnya saja karena pelakunya banyak dan besaran bisnis yang dilakukan hanyalah kecil. Biasanya, hubungan yang ada di pasar bisnis mempunyai timbal balik dan yang ada di pasar konsumen tidak ada timbal baliknya.

Informasi seputar perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen tersebut diharapkan mampu memberikan tambahan pengetahuan khususnya bagi masyarakat yang masih awam dalam dunia perekonomian. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk terus meningkatkan keterampilan berbisnis guna menyukseskan kegiatan ekonomi bangsa.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like