Salah kaprah dalam pengertian entrepreneur sering terjadi dikarenakan entrepreneur sering dianggap sama dengan pengusaha padahal tidak demikian dan perbedaannya sangat signifikan.

Jadi pengertian entrepreneur dan pengusaha, keduanya memiliki pengertian serta perbedaan yang sangat menonjol. Walaupun untuk awam terlihat sama saja namun bila diperhatikan dengan seksama maka akan dapat dikenali mana yang entrepreneur dan mana yang pengusaha.

Untuk saat ini, orang-orang yang tergolong ke dalam entrepreneur masih sedikit. Sedangkan pengusaha sangat banyak bertebaran apalagi di era perdagangan bebas ini di seluruh dunia bermunculan pengusaha-pengusaha dari skala kecil sampai skala besar.

Untuk lebih jelas tentang pengertian entrepreneur maka simaklah beberapa pengertian dan ciri-ciri orang yang disebut pengusaha serta orang yang disebut entrepreneur. Menurut Hermawan Kertajaya dan beberapa pakar lainnya, entrepreneur adalah penerapan aktivitas oleh seseorang yang didukung oleh inovasi tiada henti dalam mencari peluang atas masalah-masalah yang timbul.

Pengertian entrepreneur melibatkan pengamatan yang dilakukan secara cermat dalam rangka mengembangkan pemecahan atas permasalahan yang telah diidentifikasi oleh orang yang memiliki jiwa entrepreneur. Solusi tersebut akan menjadi produk baik fisik maupun jasa yang dapat diambil manfaatnya oleh orang banyak, tidak hanya itu dalam rangka menjalankan solusi atas permasalahan yang timbul tersebut seorang entrepreneur akan selalu memperhitungkan resiko dan menciptakan sistem yang dapat mengatasi resiko yang mungkin akan dihadapi.

Baca Juga: Daftar Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia untuk Calon Pengusaha

Perhatikan Ini Dalam Pengertian Entrepreneur

Ya pengertian entrepreneur dan pengusaha memang berbeda. Boleh dikatakan bahwa entrepreneur merupakan orang-orang yang memiliki daya kreativitas yang sangat tinggi dan daya pikir yang super cermat. Entrepreneur tidak terpengaruh pada pakem keberhasilan seorang pengusaha, namun cenderung bertindak lebih dari itu sesuai jiwa entrepreneur yang dimilikinya.

Ciri-Ciri Seorang Entrepreneur

1. Ide bisnis

Pengertian entrepreneur jiwanya selalu mencari pemecahan atas segala masalah yang timbul kemudian mengembangkannya sendiri. Tidak terpengaruh akan konsep orang lain. Sedangkan pengusaha biasanya menerapkan apa yang memang sudah sukses dipraktekkan oleh pengusaha lain. Pengusaha lebih sering melakukan blueprint yang telah jelas terbukti menghasilkan kesuksesan.

2. Pangsa Pasar

Pangsa pasar seringkali diciptakan oleh para entrepreneur dengan keunikan produk maupun jasa yang dimiliki oleh entrepreneur. Keunikan tersebut jelas saja mengundang pasar untuk mendekati produk yang dihasilkan oleh entrepreneur. Produk tersebut tentunya produk yang akan mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan pengusaha justru memanfaatkan pasar yang telah terbentuk oleh para entrepreneur.

3. Cara Pengambilan Keputusan

cara pengambilan keputusan
(Sumber: Dictio.id)

Seorang entrepreneur dengan insting wirausahanya lebih sering memutuskan sesuatu berdasarkan instingnya. Meskipun banyak yang meremehkan bahkan disebut aneh, ia tidak akan terpengaruh dan dengan percaya diri menjalankan keputusan berdasarkan instingnya. Lain halnya pengusaha, keputusan diambil berdasarkan pertimbangan yang sangat matang, terencana, dan telah didiskusikan oleh tim yang dimilikinya.

4. Tujuan Bisnis

Pengertian entrepreneur, dari tujuannya juga berbeda dengan pengusaha. Bila seorang entrepreneur lebih mementingkan sumber daya alam yang dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kegiatannya dalam menjalankan usaha akan lebih memfokuskan pada segala kondisi yang berkaitan dengan pasar, konsumen, serta pekerja yang berada di bawah pimpinannya. Sementara seorang pengusaha lebih fokus pada keuntungan yang didapat serta hal lainnya yang terkait dengan omset dan sejenisnya. Apakah keuntungan dari produk yang dijual dapat memenuhi biaya operasional untuk melakukan pengembangan dan lainnya.

5. Tingkat Kompetisi

Faktor kompetisi memang sangat menjadi perhatian agar usaha tidak mandek. Namun dengan jiwa entrepreneurship yang terantama maka hal itu bukanlah momok menakutkan. Menurut seorang entrepreneur hal itu akan dengan mudah diatasi karena mereka memiliki sebuah keunikan tersendiri yang otomatis akan mengundang konsumen dan pasar akan lebih berpihak pada mereka. Dengan demikian tingkat persaingan cenderung lebih rendah dan terbatas. Sedangkan seorang pengusaha cenderung takut melangkah dan mengembangkan usahanya bila dihadapkan pada tantangan ketiadaan pangsa pasar.

6. Resiko

Dengan instingnya yang tajam, seorang entrepreneur menciptakan manajemen resiko untuk kemudian diubah menjadi peluang. Peluang yang tidak hanya di awang-awang saja namun peluang itu akan terus diperjuangkan dan dilakukan treatment tertentu sehingga peluang tersebut akan menjadi nyata dan menjanjikan. Sedangkan seorang pengusaha biasanya akan lebih memilih bergelut dalam menjalankan bisnis yang amat sedikit resikonya.

6. Metode Pelaksanaan Bisnis

Dalam melaksanakan bisnisnya seorang entrepreneur akan menjalankannya dengan metode yang ia yakini bertahan dalam segala resiko. Metode yang berbeda dengan kebanyakan orang atau anti-mainstream. Kalau pengusaha akan memilih metode konvensional yang teruji akan bertahan di tengah badai dan tantangan.

Baca Juga: Etika Bisnis Adalah Kunci Sukses Pengusaha Pemula, Apa Benar?

Sikap Yang Wajib Dimiliki Entrepreneur

1. Mindset Positif

Mindset positif
(Sumber: Lifestyle.kompas.com)

Dengan mindset positif maka segala tantangan yang datang menghalangi akan dihadapi dengan penuh keyakinan dan hal itu akan berefek pada hasil yang baik. Pemecahan masalah dengan kepala dingin sangat membantu berpikir dengan jernih.

2. Passion

Passion memang sangat mendukung usaha bisnis yang dijalankan. Bila seseorang memiliki passion akan bidang tertentu maka hal itu membantunya untuk tidak mudah menyerah dengan keadaan. Melakukan sesuatu sesuai passion akan menambah kekuatan dan data tahan dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi.

3. Action

Tidak hanya angan-angan namun action lebih menentukan keberhasilan dalam berusaha. Meskipun dengan langkah terseok-seok namun bila action dilakukan dengan kesabaran dan terus menerus maka perlahan usaha tersebut akan dikenal orang serta memiliki pangsa pasar sendiri.

4. Selalu Menganggap Masalah yang Ada Sebagai Peluang

Pengertian entrepreneur dalam melihat lingkungan sekitar dan permasalahan yang dihadapi oleh lingkungan tersebut sebagai peluang. Caranya dengan memberikan solusi serta menawarkan pemecahan masalah tersebut sebagai suatu bentuk bisnis.

Baca Juga: Keuntungan Membuat Studi Kelayakan Bisnis untuk Pengusaha

5. Gigih

Gigih
(Sumber: topcareer.id)

Dalam menjalankan bisnis tidak sekali jalan dan kemudian sukses. Pasti ada masa-masa dimana bisnis belum berkembang dan kendala yang dihadapi. Bahkan setelah berhasil pun kemungkinan untuk mengalami pasang surut. Bila tidak ada kegigihan tentu akan mudah menyerah. Dampaknya bisnis yang telah dibangun akan mandek dan akan merugi lalu mati.

6. Selalu Mencari Solusi dan Tidak Menyalahkan Keadaan dan Pihak Lain

Ini sangat penting. Semua dianggap sebagai tanggung jawab sendiri. Tidak menyalahkan keadaan. Segala keadaan merupakan hal yang harus dihadapi dengan kreatifitas yang ada./ menyalahkan pihak lain hanya klan membantu bisnis bangkrut perlahan-lahan.

Ya berdasarkan pengertian entrepreneur tersebut di atas, saat ini kita lihat contoh-contoh entrepreneur yang sukses di dunia adalah Bill Gates, Mark Zuckerberg. Sedangkan di Indonesia sendiri ada Nadiem Makarim sebagai CEO Gojek, juga Belva Devara CEO Ruangguru. Ruangguru merupakan platform pendidikan berbasis teknologi yang sukses menjadi platform pendidikan daring terbesar di Asia dengan pengguna yang tercatat di atas angka 17 juta pelanggan pada awal 2020.

Itulah bahasan yang berkaitan dengan pengertian entrepreneur. Ingatlah bahwa kesuksesan itu tidak bergantung pada relasi dari entrepreneur lainnya. Namun tergantung ketekunan dan mental yang dimiliki yang bersangkutan. Jangan pernah putus asa, juga tidak perlu memaksakan diri. Jika memang diri kita merasa lebih cocok menjadi seorang pengusaha, maka jalani dengan konsisten dan penuh keseriusan. Namun jika memang merasa bahwa ciri-ciri entrepreneur ada pada diri kita, jalani dengan penuh tanggung jawab. Percayalah ada bidangnya masing-masing. Kesuksesan akan mengikuti bila kita mengikuti juga kata hati kita.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.