Pandemi virus Covid-19 memang berdampak pada hampir seluruh sektor ekonomi. Banyak pebisnis mengalami kerugian, tak sedikit pula karyawan yang kini berstatus dirumahkan, bahkan beberapa diantaranya sudah mengalami pemutusan hubungan kerja. Keadaan memang belum sepenuhnya membaik, namun kebutuhan tetap harus terpenuhi, bukan? Untuk itu, kita harus lebih kreatif dan jeli dalam mengambil peluang hingga bisa mendatangkan penghasilan. Apa sajakah peluang bisnis saat Corona yang bisa menghasilkan keuntungan?

Tuhan memang selalu menyertakan kemudahan dibalik setiap kesulitan yang ada. Berbagai macam profesi juga inovasi bisnis kini mampu kembali memutarkan roda perekonomian. Ternyata, usaha yang dijalankan pun tidak terlalu sulit, sehingga bisa dicoba atau dilakukan oleh banyak kalangan.

Deretan Profesi juga Peluang Bisnis Saat Corona yang Mampu mendatangkan Keuntungan Besar

Berikut merupakan beberapa pekerjaan dan jenis usaha yang bisa coba Anda lakukan di masa pandemic Covid-19 ini, diantaranya:

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

A. Profesi

Beberapa profesi yang banyak dibutuhkan saat ini adalah

1. Freelancer

Profesi yang satu ini, bisa menjadi solusi bagi orang yang ingin tetap produktif dan menghasilkan Rupiah, namun menginginkan sistem kerja yang lebih bebas. Karena menjadi freelancer itu, kita bisa bekerja kapanpun, dimanapun. Yang terpenting adalah job yang diberikan klien selesai dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Selain itu menjadi freelancer khususnya bidang kreatif seperti writer, graphic designer, photographer dan videographer cukup banyak dicari dan dibutuhkan, termasuk saat masa pandemi Covid-19 ini.

2. Staff E-Commerce atau Admin online
peluang bisnis saat corona
(Sumber: Metrontb.com)

Wabah virus ini memang merubah sebagian besar kehidupan kita. Salah satunya adalah berbagai kegiatan yang berbasis digital. Mulai dari bekerja atau sekolah secara online, maupun kegiatan lainnya yang berjalan dengan mengandalkan koneksi internet.

Selain itu, karena keadaan yang memaksa kita untuk berjaga jarak, apalagi ketika masa PSBB berlangsung, sebisa mungkin, kita menghindari kegiatan di luar rumah dan melakukan berbagai aktivitas hanya di rumah saja. Berbelanja adalah salah satu contohnya. Memenuhi kebutuhan sehari-hari kini tak lagi harus berdesakkan dan menimbulkan resiko tersebar luasnya virus, karena kita tetap bisa melakukannya secara online.

Oleh karena permintaan pembelian pada e-commerce dan online shop meningkat tajam, otomatis keberadaan staff atau adminnya pun sangat dibutuhkan untuk menghandle urusan yang berkaitan dengan pelayanan terhadap konsumen.

3. Kurir 

Karena belanja online sekarang merupakan kebiasaan, selain staff, peluang profesi yang banyak dibutuhkan di masa sekarang ini adalah tentu saja jasa pengiriman barang yang dipesan secara online tersebut, atau yang sering kita sebut dengan kurir. Mulai dari pengantaran berbagai benda lewat ekspedisi maupun kurir pengantar pesanan makanan atau minuman, sangat membantu kita untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan hanya tinggal menunggu di rumah.

4. Guru Private

Kegiatan belajar mengajar di sekolah memang belum dimulai atau belum berlangsung seperti biasanya. Meski begitu, kegiatan school from home tetap dijalankan oleh berbagai lapisan institusi pendidikan. Namun pada kenyataannya, tak sedikit orang tua yang merasa pusing bahkan stress karena harus mendampingi kegiatan belajar anaknya.

Oleh karena itu, kehadiran guru privat setidaknya akan membantu orang tua dalam memberikan pengarahan pada sang anak, juga memberikan motivasi lebih agar tetap semangat belajar dan ‘sekolah’, meski tidak seantusias biasanya, karena semuanya hanya dilakukan rumah tanpa adanya tatap muka langsung dengan guru maupun teman-teman.

5. Youtuber

peluang bisnis saat corona
(Sumber: Insider.com)

Banyak orang kini beralih profesi sebagai Youtuber. Youtube tampaknya menjadi peluang bisnis saat Corona yang cukup menggiurkan. Dengan mengunggah berbagai konten yang menarik, kita bisa menambah pundi-pundi Rupiah. Terlebih, jaman sekarang ini, banyak hal yang mudah sekali dibuat viral. Semakin banyak like, comment, atau share sebuah konten, maka akan mudah cepat dikenal Youtuber tersebut.

Berbagai konten kreatif bisa kita buat dan upload ke dalam platform dengan lebih dari dua milyar pengguna tersebut. Seperti vlog, konten Pendidikan, hiburan, edukasi, informasi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Strategi Bisnis Laundry Kecil-Kecilan, Rumahan dan Kantoran 

B. Peluang Bisnis 

Selain berbagai profesi di atas, beberapa jenis usaha yang bisa menjadi peluang bisnis saat Corona adalah

1. Menjadi Seorang Reseller 

Peluang bisnis saat corona yang pertama adalah menjadi reseller. Usaha yang satu ini terbilang simple, mudah dan juga murah. Pasalnya, dengan menjadi reseller, biasanya kita tak perlu mengeluarkan modal yang banyak, bahkan beberapa diantaranya sama sekali tidak membutuhkan modal. Dengan menjual produk milik pihak lain, kita bisa mengasah skill dalam berbisnis sekaligus meraup keuntungan dari setiap item yang terjual.

2. Usaha Fashion

Salah satu jenis peluang bisnis saat Corona yang masih bisa bertahan dan menghasilkan keuntungan adalah bidang fashion, karena pakaian menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat. 

Namun, pada pelaksanaannya, kita tetap harus peka pada tren pasaran dan melakukan sejumlah inovasi bisnis agar usaha yang dijalankan tetap mampu bertahan. Contohnya adalah dengan memproduksi masker yang dibutuhkan di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini.

3. Usaha Kuliner
peluang bisnis saat corona
(Sumber: Liputan6.com)

Sejalan dengan fashion. Kuliner pun menjadi peluang bisnis saat Corona yang mampu mendatangkan keuntungan besar. Karena tak ada satupun manusia yang tidak membutuhkan makanan. Terlebih, bisnis yang satu ini juga dianggap membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, dan bisa disesuaikan dengan keadaan pemilik usaha, sehingga untuk memulainya pun tidak terlalu sulit.

Kemudahan dan kepraktisan menjadi salah satu daya tarik dari bisnis ini, dengan menawarkan produk yang banyak dicari dan dibutuhkan serta pelayanan yang memuaskan, usaha kuliner mampu membawa pemiliknya mencapai kesuksesan.

4. Usaha Sembako

Selain penyedia makanan, salah satu jenis usaha yang masih banyak dicari adalah sembako atau kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir dan lain sebagainya. Selain dibutuhkan banyak orang, bisnis sembako kini menjadi salah satu hal yang dicari beberapa kalangan atau pihak tertentu yang berbaik hati ingin memberikan bantuan pada saudaranya yang mengalami kesulitan dengan membagi-bagikan bahan pokok tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

5. Bisnis Digital Marketing

Ilmu digital marketing kini memang sedang marak dipelajari dan dipraktekkan oleh berbagai macam bisnis. Maka, tak ada salahnya jika kita memanfaatkan peluang bisnis saat Corona yang satu ini dengan menawarkan keahlian yang dimiliki pada beberapa usaha yang membutuhkan jasa kita. Contohnya adalah pengelolaan dan optimalisasi media sosial, Search Engine Optimization (SEO), e-mail marketing dan berbagai jasa lainnya.

Segala hal yang dilakukan melalui daring menjadi salah satu peluang besar yang bisa dimanfaatkan. Karena dengan menjadi seorang digital marketer, kita dapat menjadi solusi bagi permasalahan maupun kebutuhan pengelolaan bisnis pihak lainnya.

Berbagai profesi dan peluang bisnis saat Corona yang disebutkan di atas, bisa menjadi inspirasi bahkan solusi bagi yang sedang mencari referensi untuk kembali mendapat penghasilan di masa pandemi ini. Ketekunan, kejujuran dan konsistensi tetap menjadi kunci keberhasilan apapun pekerjaan yang kita jalankan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.