Banyak hal yang bisa kita jadikan inspirasi dalam membangun sebuah usaha. Lagu, quotes, bahkan film motivasi bisnis bisa kita jadikan referensi dan pelajaran untuk kembali membangkitkan semangat juang dalam berbisnis.

Terdapat beberapa film yang ternyata memiliki banyak pesan dan makna untuk dijadikan bahan penyemangat kita dalam berbisnis. Bagi para entrepreneur, cobalah luangkan waktu untuk menonton film-film ini dan semoga mampu meningkatkan motivasi dalam mengelola bisnis yang dijalankan.

14 Rekomendasi Film Motivasi Bisnis Luar Negeri

Bagi pecinta film luar negeri, inilah beberapa film motivasi bisnis yang layak untuk dijadikan inspirasi usaha: 

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Bisnis untuk Pengusaha

1. Crocodile in The Yangtze

Film ini menceritakan tentang pemilik perusahaan Alibaba.com, Jack Ma yang disajikan dalam bentuk dokumenter. Perjalanan karirnya cukup tergambarkan dengan jelas pada film ini. Cocok untuk ditonton entrepreneur yang baru saja membangun bisnis start up nya.

2. Pirates of Silicon Valley

film motivasi bisnis
(Sumber: Angkatigabelas.blogspot.com)

Rekomendasi film motivasi bisnis berikutnya terinspirasi dari kisah Bill Gates dan Steve Jobs. Diceritakan dengan jelas, bagaimana optimisme seseorang dapat membawa bisnis pada kesuksesan. Para pemilik usaha, terutama bidang teknologi, disarankan untuk menonton film yang satu ini.

3. Office Space

Film ini berkisah mengenai seseorang yang mulai jenuh dengan rutinitasnya sebagai seorang pekerja dan berada di bawah tekanan atasannya, hingga tiba di suatu titik, ia memutuskan untuk membangun usahanya sendiri.

4. Glengarry Glen Ross

Film ini dapat membantu para pebisnis untuk mengetahui bagaimana caranya menggaet pelanggan. Dengan menonton tayangan ini, pelaku usaha dapat mengambil hikmah dan serangkaian pelajaran mengenai strategi bisnis.

5. The Social Network

Siapa yang tak kenal Facebook? Film motivasi bisnis ini berkisah tentang pemilik aplikasi media sosial tersebut. Ya, Mark Zuckerberg. Bagaimana kisahnya memulai dan mengelola Facebook akan tergambarkan melalui film ini

6. Joy

Seperti judulnya, pemeran film ini bernama Joy Mangano yang memiliki banyak hak paten dan mampu mendatangkan keuntungan yang besar untuknya. Film motivasi bisnis ini menceritakan bahwa setiap perjalanan jatuh bangun pengelolaan sebuah usaha, pasti dibutuhkan dukungan yang berarti dari support system yang mampu membantu para pebisnis untuk menjalankan usahanya.

7. The Wolf of Wall Street

Pelajaran yang dapat diambil dari film ini adalah bagaimana kejujuran menjadi hal yang penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Segala cara mungkin bisa membawa kita pada titik kesuksesan, namun ingatlah apa yang kita tanam, maka hal itu yang akan kita tuai juga.

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Bisnis – Teori, Fungsi, Konsep dan Penjelasannya

8. Margin Call

Rekomendasi film tentang bisnis berikutnya berlatar belakang krisis ekonomi AS Tahun 2008. Sama halnya dengan film sebelumnya, margin call juga mengajarkan kita akan pentingnya arti sebuah kejujuran dalam membangun bisnis.

9. Startup

Startup adalah film serial yang menceritakan dua orang sahabat yang mulai merintis sebuah bisnis. Seperti pengelolaan usaha pada umumnya, konflik tentu saja selalu ada dan tidak bisa dihindarkan. Anda bisa mendapatkan banyak pelajaran bisnis dari film ini. 

10. The Founder

film motivasi bisnis
(Sumber: Kincir.com)

Kita semua pasti tahu dan mengenal restoran cepat saji yang bernama McDonald, bukan? Film motivasi bisnis berikutnya diangkat dari kisah pemilik resto McD tersebut. Bagaimana kita bisa memanfaatkan peluang dan melakukan serangkaian negosiasi untuk mendapat keuntungan yang besar, ilmunya bisa kita dapatkan dengan menonton film ini.

11. The Billionaire

Film asal Thailand ini berkisah tentang seseorang yang membangun sebuah bisnis sejak usia muda. Lika likunya menjadi pebisnis, dapat dijadikan motivasi dan pembelajaran oleh para pebisnis khususnya kaum milenial.

12. Jobs

Film ini diangkat dari kisah Steve Jobs dan bagaimana kisahnya menjalankan Apple Inc hingga sukses dan mendunia seperti sekarang ini. Tak hanya kisah suksesnya saja, bagaimana Jobs berada pada titik down pun diceritakan pada film ini, sekaligus bagaimana caranya ia untuk kembali bangkit, bertahan dan mampu meraih kesuksesannya kembali.

13. Pursuit of Happiness

Banyak pebisnis yang menjalankan usahanya dari 0, seperti yang diceritakan dalam film ini. Mengawali karirnya sebagai seorang karyawan lalu banting setir menjadi seorang pebisnis. Meski pada awalnya ia mengalami serangkaian kejadian menyedihkan karena ditinggalkan sang istri, namun patah semangat dan menyerah bukanlah sebuah pilihan. Ia kembali bangkit dan menjalankan roda bisnisnya. 

14. Moneyball

Film yang berlatar belakang tentang dunia olahraga ini mampu menunjukkan pada kita bahwa uang bukanlah segalanya. Semuanya butuh proses, ketekunan juga inovasi yang mampu membawa seseorang pada kesuksesannya.

Film Indonesia yang Mampu Membangkitkan Motivasi Bisnis

film motivasi bisnis
(Sumber: Majalahpeluang.com)

Tak hanya film yang berasal dari luar negeri saja, beberapa Film Indonesia pun mampu memberikan motivasi bisnis melalui cerita yang disampaikannya. Berikut beberapa rekomendasi film motivasi bisnis di Indonesia:

Baca Juga: Cara Kerja Usaha dan Bisnis Franchise serta Definisi dan Keuntungannya

1. Filosofi Kopi

Film yang diperankan oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ini, mengisahkan sebuah bisnis kedai kopi yang dikelola oleh kedua sahabat itu. Seperti halnya yang biasa terjadi, menjalankan bisnis, terlebih yang dikelola oleh dua orang dengan pemikiran berbeda akan menjadi tantangannya tersendiri. Melalui film ini kita dapat belajar arti dari profesionalisme dalam berbisnis.

2. Cek Toko Sebelah

Kisah bisnis toko kelontong yang dibalut komedi. Ernest Prakasa adalah sutradara dari film ini. Bercerita tentang persaingan dua toko yang berada di lokasi yang sama untuk mendapatkan pelanggannya. 

Selain itu, konflik yang terjadi bukan hanya soal persaingan bisnis dengan toko sebelah, namun juga terjadinya konflik internal keluarga dalam mengelola sebuah bisnis. Dari film ini kita bisa belajar tentang bersaing secara sehat juga profesionalisme.

3. Milly & Mamet

Masih dari film karya seorang Ernest Prakasa. Film ini menceritakan tentang Mamet, seseorang yang memiliki passion bidang kuliner namun dengan terpaksa harus menjalankan bisnis mertuanya. Di film ini, kita dapat melihat bagaimana perjuangan seseorang serta berbagai kisah jatuh bangunnya untuk mengelola bisnis yang dicita-citakan.

4. Laundry Show

Film motivasi bisnis yang bercerita tentang lika liku dan persaingan dunia usaha lainnya adalah Laundry Show. Menjalani proses berbisnis hingga mencapai kesuksesan memang tidak selalu mudah. Persaingan dengan kompetitor memang tak dapat dielakkan lagi. Namun melalui kisah ini, kita dapat belajar untuk tidak mudah menyerah pada keadaan.

5. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Film motivasi bisnis asal Indonesia yang diadaptasi dari novel ini berkisah tentang pengalaman seorang motivator,  sekaligus pebisnis yang gigih serta pantang menyerah hingga akhirnya perjuangan mampu mengantarkannya pada kesuksesan

Selain melalui pengalaman, banyak hal lain yang bisa kita jadikan pelajaran dalam pengelolaan sebuah usaha, karya seni misalnya. Film motivasi bisnis yang diulas di atas mampu memberikan kita inspirasi dan juga pelajaran tentang bagaimana caranya untuk tetap bisa survive di dunia bisnis.

Semua memang tidak mudah, seperti hal yang tergambarkan dari film-film motivasi bisnis tersebut, dengan menonton, pikiran dan emosi kita dapat terbawa, sehingga kita bisa lebih menghayati dan dapat lebih mengerti tentang dunia bisnis yang tergambarkan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.