Bagi beberapa pelaku bisnis, menggunakan jasa seorang konsultan bisnis merupakan salah satu jalan menuju tercapainya tujuan usaha yang dibangun. Dengan dibantu oleh pihak professional yang telah mengerti seluk beluk dunia bisnis, para pengusaha tersebut merasa bahwa usaha yang dijalankan akan lebih tertata dan terarah.

Lalu, seperti apakah jelasnya pekerjaan seorang konsultan itu? Seberapa besar kontribusi yang ia berikan untuk perkembangan perusahaan? Skill apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang konsultan bisnis?

Pengertian Konsultan Bisnis

konsultan bisnis
(Sumber: Twitterpeek.com)

Konsultan bisnis diambil dari dua kata, yaitu konsultan dan bisnis. Konsultan adalah seseorang yang bertugas memberi masukan atas suatu hal, dan bisnis ada kegiatan penyediaan barang atau jasa yang dibutuhkan banyak orang dengan tujuan mendapat keuntungan.

Jadi, ia merupakan pihak lain dari luar perusahaan yang dipilih atau ditunjuk untuk memberikan solusi atas permasalahan ataupun masukan lain seputar bisnis yang sedang dikembangkan. Konsultan bisnis, atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan business consultant ini pada intinya adalah penasehat bisnis yang dilakukan oleh seorang ahli terhadap sebuah bisnis yang menjadi kliennya, dengan tujuan untuk membantu mengoptimalkan kinerja perusahaan. 

Baca Juga: Cara Membuat Konsep Bisnis yang Unik, Kreatif, Kuat dan Menarik

Sebuah bisnis, jika ingin kegiatannya lebih efektif ataupun cepat mencapai tujuan, menggunakan jasa seorang profesional seperti konsultan ini cukup menguntungkan. Pasalnya, pihak tersebut akan membantu kita dari mulai perencanaan, analisis, hingga mencari solusi atau permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan.

Peranan Konsultan Bisnis

1. Berperan pada Perencanaan Bisnis

Peran dari business consultant yang pertama adalah untuk membantu perusahaan membuat serangkaian strategi bisnis. Hal itu bisa dilihat dari situasi, keadaan, juga kompetitor. Rencana akan sangat berpengaruh terhadap setiap kegiatan bisnis nantinya, sehingga hal ini harus dipersiapkan dengan baik dan matang tentunya.

2. Menganalisis Masalah

Karena seorang konsultan telah terbiasa menghadapi berbagai persoalan dalam dunia usaha, ia akan lebih peka terhadap beberapa hal atau keadaan yang bisa mendatangkan masalah pada perusahaan. 

Masalah tersebut bisa diprediksikan melalui penilaian ataupun analisis perusahaan, dan sebelum itu terjadi, business consultant bisa meminimalisir resiko kegagalan bisnis. Jika masalah sudah terlanjur terjadi, maka business consultant akan melakukan serangkaian analisis data dan fakta untuk membantu menemukan inti permasalahan serta pemecahannya.

3. Memberikan Solusi

Dari analisis masalah yang telah diolah, seorang konsultan akan memberikan solusi untuk pemecahan masalah tersebut. Jika permasalahan dinilai cukup banyak, maka satu persatu akan diberikan jalan keluarnya masing-masing.

4. Membantu Melihat atau Mencari Peluang

Serangkaian analisis dari dalam maupun luar perusahaan (lingkungan bisnis dan kompetitor) akan menghasilkan beberapa poin atau kesimpulan penting. Hal tersebut akan disampaikan oleh konsultan sebagai peluang bisnis yang sebaiknya dimanfaatkan dengan baik.

Untuk itu, seseorang yang berprofesi sebagai business consultant biasanya jeli dan peka terhadap peluang yang ada, update mengenai dunia bisnis hingga ide atau berbagai hal yang sedang tren.

5. Mengembangkan Bisnis

Karena seorang konsultan akan mempelajari bisnis kliennya, ia akan tahu apa saja yang merupakan kelemahan dan apa saja nilai plus perusahaan. Ia akan membantu bisnis berkembang dengan mengoptimalkan kelebihan dan sumber daya yang ada juga dengan memperbaiki atau meminimalisir kekurangan.

Manfaat Konsultan Bisnis

konsultan bisnis
(Sumber: Businesslabs.co)

Dengan hadirnya seorang konsultan bisnis, tentu ia akan membawa beberapa manfaat sebagai berikut: 

Baca Juga: Rahasia Trik Buka Bisnis Kopi Agar Meraup Keuntungan Besar dengan Cepat

1. Bisnis Menjadi Lebih Optimal 

Melalui berbagai nasihat yang disampaikan oleh konsultan, kegiatan atau perjalanan bisnis dianggap lebih optimal karena point atau langkah-langkah yang harus dikerjakan sudah ditentukan.

2. Perusahaan Mendapat Insight Baru

Melalui adanya pihak lain di luar perusahaan yang sifatnya professional, perusahaan mendapat berbagai masukan, ide, gagasan yang akan berguna pada pengembangan bisnis. Sehingga perusahaan tidak stuck atau hanya jalan di tempat.

3. Mengembalikan bisnis kepada jalurnya

Jika perusahaan dirasa sudah banyak masalah ataupun sedikit melenceng dari jalur, rencana maupun tujuannya, konsultan bisnis akan membantunya untuk kembali ke jalurnya dan menemukan solusi atas permasalahan yang ada sehingga kesalahan tidak akan terulang kembali.

4. Terhindar dari Kerugian

Karena perusahaan menyewa jasa profesional di bidangnya, maka mereka sudah terlatih dan berbagai masukan yang disampaikan akan berdasar pada keadaan perusahaan tersebut, sehingga, kehadiran konsultan diharap akan menjauhkan perusahaan dari kerugian.

5. Menambah Keuntungan

Selain menghindarkan usaha dari kerugian, manfaat dari penggunaan jasa konsultan dalam bisnis tentu saja untuk menambah penghasilan dan keuntungan perusahaan dengan cara menjalankan saran, ide dan rencana yang ditetapkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Konsultan Bisnis

Tugas utama seorang konsultan terhadap bisnis kliennya adalah sebagai berikut:

  1. Mempelajari dan memahami profil bisnis klien
  2. Melakukan komunikasi dengan para pekerja yang ada di perusahaan
  3. Melakukan identifikasi kekurangan perusahaan
  4. Memprediksi masalah dan menganalisis solusinya
  5. Menetapkan rencana bisnis melalui berbagai peluang

Selain memiliki beberapa tugas utama, tanggung jawab lain seorang business consultant terhadap perusahaan kliennya adalah:

  1. Mengatur kegiatan bisnis klien sesuai dengan hal-hal yang telah disepakati
  2. Turun langsung ke lokasi untuk melihat dan mengidentifikasi masalah
  3. Mengumpulkan data dan informasi klien dengan berbagai metode yang relevan
  4. Melakukan analisis dan membuat detail rinciannya dengan bahasa yang bisa dipahami 
  5. Membuat rumusan solusi 
  6. Membuat rekomendasi peluang
  7. Memberi saran bisnis kepada klien
  8. Memandu klien dan bisnisnya untuk keluar dari masalah

Kemampuan Konsultan Bisnis

konsultan bisnis
(Sumber: Grapadinews.co.id)

Skill atau Pengetahuan yang Harus Dimiliki Seorang business consultant, diantaranya:

  1. Ekonomi
  2. Akuntansi
  3. Manajemen Bisnis
  4. Pemasaran
  5. Administrasi Bisnis

Selain itu, berprofesi sebagai konsultan juga harus disertai dengan beberapa kompetensi yang menunjang profesionalismenya, seperti:

  1. Problem solving
  2. Peka dan sensitif
  3. Komunikasi yang baik
  4. Negosiasi
  5. Critical thinking

Pada intinya, konsultan bisnis adalah seorang atau pihak profesional yang bekerja untuk membantu optimalisasi perusahaan atau bisnis yang sedang dikelola oleh kliennya. Tugas utamanya adalah memberi masukan, baik itu mengenai rencana bisnis, solusi atas permasalahan, ide dan gagasan, strategi dan pemanfaatan peluang yang baik.

Baca Juga: Pengertian Matematika Bisnis, Fungsi, Tujuan Karir Beserta Contohnya Paling Lengkap

Mengapa business consultant dibutuhkan? Karena tentunya perusahaan ingin mendapat penghasilan maksimal dengan mengurangi berbagai resiko yang mungkin dapat merugikan perusahaan. Sosok konsultan yang pastinya sudah terlatih dan berpengalaman tersebut akan dibutuhkan untuk membantu pemilik dan bidang usahanya.

Tetapi, ada hal yang harus menjadi catatan bagi para pengusaha. Adanya business consultant ini adalah untuk memberi saran di waktu tertentu. Karena beberapa perusahaan bisa saja merasa ketergantungan dengan adanya bantuan dari konsulat ini. Selain ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, sebagai pemilik bisnis juga diusahakan untuk bisa mencari jalan keluar dari masalah yang dialami perusahaan juga memaksimalkan sumber daya yang ada, demi tercapainya tujuan bisnis. Karena bisa saja ada hal mendadak yang perusahaan dituntut agar bisa mengambil tindakan sesegera mungkin.

Itulah informasi seputar konsultan bisnis, peran, tugas dan tanggung jawabnya dalam sebuah perusahaan. Dengan informasi ini diharapkan para pemilik bisnis bisa mengetahui betapa pentingnya konsultan ini untuk keberlangsungan usaha mereka. 

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.