Tutorial Cara Kerja Online Dibayar dan Jenis Pekerjaannya

kerja online dibayar

Berkembangnya teknologi informasi membawa banyak perubahan dalam setiap aspek kehidupan manusia, tak terkecuali pada masalah pekerjaan. Bekerja secara online kini sudah menjadi trend baru di kalangan masyarakat luas baik anak muda, orang dewasa, ibu rumah tangga, Hal ini tentu memberi keuntungan tersendiri bagi orang-orang yang ingin tetap berpenghasilan dari rumah. Untungnya lagi, kerja online seperti ini bisa dilakukan tanpa modal. Kerja online dibayar seperti ini bisa memberikan penghasilan yang tidak terbatas karena sistemnya freelance dan bisa dikerjakan kapan saja.

Selain itu, jumlah pekerjaan yang bisa diambil pun tidak dibatasi. Terlebih lagi, banyak situs atau tempat kerja freelance yang membayar karyawannya per hari. Ingin tahu bagaimana cara kerja online yang akan membayar mahal para pekerjanya? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Penulis Artikel Online Untuk Pemula

1. Menjadi Copywriter

Menjadi Copywriter
(Sumber: Progresstech.co.id)

Sebutan copywriter tentu sudah tidak asing lagi. Bagi penggiat internet marketing, pemilik online shop, dan bisnis-bisnis yang melibatkan progam digital seringkali menggunakan jasa copywriter untuk mempromosikan bisnisnya. Jika didefinisikan, copywriter adalah pembuat kalimat berisi promosi yang bertujuan untuk memikat pembaca agar tertarik membeli jasa atau produk yang ditawarkan oleh klien.

Pekerjaan satu ini cocok bagi yang orang-orang yang pandai dalam membuat konten dan berpromosi. Tugasnya cukup mudah yakni membuat konten menarik dengan kata-kata bujukan yang membuat orang lain melirik dan membeli produk atau jasa milik sang klien. Terkait dengan bayarannya, seorang copywriter dibayar dengan jumlah yang bervariasi tergantung produk, kualitas konten, dan panjang katanya.

2. Melalui Situs Freelancer

Para pekerja freelance bisa sukses berkarir melalui situs Freelancer seperti freelancer.com, fastwork.id dan lain sebagainya . Di situs ini, para pencari kerja bisa mempromosikan dirinya lewat kemampuan yang bisa dilakukannya. Hebatnya, melalui aplikasi ini, penggunanya bisa mendapatkan kesempatan bekerja dari seluruh dunia dengan banyak kategori pekerjaan.

Bayaran yang didapatkan dari situs ini terbilang menggiurkan. Setiap proyek akan dihargai 30 sampai 1000 dolar tergantung kesulitan, kualitas pekerjaan, dan lama waktu pengerjaannya. Perlu diketahui, situs Freelancer memiliki persaingan yang tinggi untuk setiap proyeknya. Maka dari itu, berikanlah promosi yang terlihat jelas, memikat, dan tidak bertele-tele.

3. Jasa Edit Foto dan Video

Kerja online yang dibayar satu ini sangat cocok bagi para pemilik kemampuan editing.  Memulai bisnis editing tidak membutuhkan banyak modal. Hanya perlu niat, kemampuan, smartphone atau perangkat seluler lain, dan kuota internet saja.

Untuk membantu proses editing ini, pengguna bisa memanfaatkan beberapa tools atau aplikasi. Aplikasi seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, dan masih banyak lagi aplikasi editing lain yang bisa dimanfaatkan. Proses editing bisa dilakukan melalui smartphone atau laptop yang sudah memiliki aplikasi-aplikasi tersebut.

4. Melalui Situs Fiverr

Melalui Situs Fiverr
(Sumber: Fiverr.com)

Situs ini memiliki sistem yang sama dengan Fiverr. Setiap pekerja freelance disini akan dibayar dengan 5 dollar per proyeknya. Di Fiverr, setiap pencari kerja bisa memasang paket harga berbeda atau mengenakan biaya lain untuk layanan tambahan yang diminta oleh klien.

Sama seperti Freelancer, tingkat kesulitan di aplikasi Fiverr ini juga cukup tinggi. Namun, dibanding dengan aplikasi lain, para pencari kerja di situs Fiverr ini jauh lebih mudah untuk mendapatkan proyeknya. Fiverr juga menyediakan fitur-fitur tambahan yang akan membantu proses mencari kerja.

5. Penulis Lepas

Selain menjadi Copywriter, pekerjaan yang memanfaatkan kemampuan menulis lain sebagai penulis lepas juga layak untuk dicoba. Menjadi seorang penulis lepas tidak perlu mengeluarkan modal untuk memulainya. Meskipun tanpa modal, penulis lepas bisa menghasilkan banyak pundi-pundi uang.

Biasanya, para penulis lepas menawarkan paket untuk mengunggah atau mempublikasi konten di blog atau website milik si klien. Terkait dengan harga, setiap penulis memasang harga yang berbeda-beda tergantung kemampuan, kualitas, dan tema yang yang diminta oleh si klien.

Baca Juga: Kumpulan Website Dropship Terpercaya dan Paling Aman

6. Jasa Pembuatan Web

Pemilik kemampuan coding bisa mencoba pekerjaan ini jika ingin kerja online dibayar. Membuat web bisa menghasilkan bayaran yang menggiurkan. Setiap proyek yang berhasil terselesaikan akan dihargai mulai dari 700 ribu rupiah. Harga ini bisa meningkat lebih tinggi lagi tergantung dengan kerumitan website yang diminta oleh klien.

Umumnya, para pemilik toko online akan menyewa jasa ini untuk membuatkan web toko onlinenya. Bagi yang tidak memiliki background IT, bisa mengikuti kursus pembuatan web yang saat ini sudah banyak tersedia baik secara online maupun offline.

7. Jasa Asisten Virtual

Pekerjaan yang satu ini akan sangat cocok bagi para pemula di dunia freelance karena sangat minim resiko dan bisa dijalankan kapan saja. Bayaran yang didapatkan juga bisa langsung di transfer ke rekening ATM freelancer.

Apa saja tugas dari seorang asisten virtual? Umumnya, para pemilik online shop yang akan menyewa jasa asisten virtual untuk membantu mengurus tokonya. Singkatnya, asisten virtual akan membantu pemilik online shop untuk mengurus tokonya mulai dari update barang ke media sosial, menyusun keuangan, dan lain-lain. Banyak situs yang menawarkan pekerjaan ini.

8. iWriter

iWriter dikhususkan bagi para penulis lepas yang ingin mencari penghasilan dari rumah. Bayaran yang diterima oleh freelancer lewat situs ini berupa dolar. Besarannya bervariasi tergantung dengan kualitas dan kuantitas yang ditawarkan oleh si penulis.

Situs kerja online dibayar ini begitu populer di kalangan para penulis dari seluruh dunia. Setiap pekerja freelance yang mencari kerja di situs ini perlu mendapatkan persetujuan dari klien terlebih dahulu sebelum secara resmi memulai proyeknya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Cepat dan Halal di Internet

9. Gobann

Jika Fiverr, Freelancer, dan iWriter beroperasi dalam skala global, Gobann adalah situs khusus freelancer yang berasal dari dalam negeri. Situs ini menawarkan banyak pekerjaan freelance yang menarik. Setiap proyek yang berhasil terselesaikan di situs ini akan mendapatkan bayaran sebesar 50 ribu rupiah.

Update : Situs Gobann saat ini tidak dapat diakses, jika sudah bisa segera kami infokan.

10. Menjadi Dropshipper

Menjadi Dropshipper
(Sumber: Orderonline.id)

Satu lagi pekerjaan yang patut dicoba adalah menjadi seorang dropshipper. Sesuai dengan namanya, memulai bisnis ini juga tidak membutuhkan modal sedikitpun. Konsepnya, sama seperti reseller namun lebih mudah lagi karena tidak perlu ribet mengemas dan mengirim barang.

Para dropshipper bisa mencari supplier barang-barang yang akan dijual melalui media sosial atau marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, BliBli.com, atau marketplace lain. Nantinya, pihak supplier akan mengurus seluruh prosesnya dan dropshipper hanya tinggal menunggu barang sampai ke tangan pembeli.

11. Menjadi Seorang Developer Aplikasi

Sebagai penutup ulasan terkait kerja online dibayar, para freelancer bisa mencoba menjadi seorang developer aplikasi. Pekerjaan ini sangat cocok bagi programmer yang handal dalam bidang coding. Tugas seorang developer adalah membuat aplikasi dimana nantinya, aplikasi yang dihasilkan akan dijual melalui Google Playstore.

Setiap kali ada orang yang instal aplikasi tersebut, maka sang developer akan mendapatkan upah dari Adsense yang terpasang di aplikasi. Pekerjaan ini bersifat fleksibel dan dapat dilakukan dimana saja.

Demikianlah cara kerja online dibayar yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bekerja secara freelance tidak memiliki batasan sehingga freelancer bisa mengambil proyek atau tugas sebanyak-banyaknya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like