Di Indonesia, pendidikan tertinggi dapat diraih di bangku perkuliahan. Para siswa-siswi yang telah menuntaskan wajib belajar 12 tahun, kemudian memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan. Salah satu jurusan yang paling diminati oleh pelajar di Indonesia adalah jurusan manajemen bisnis. Seorang lulusan manajemen bisnis dituntut mampu menguasai banyak softskill agar mampu bersaing di dunia kerja.

Sekilas Tentang Jurusan Manajemen Bisnis


Jurusan Manajemen Bisnis
(Sumber: cedarsconsulting.co.uk)

Ilmu manajemen merupakan ilmu tertua dari deretan jenis ilmu lainnya. Pasalnya, manajemen itu sendiri telah ada ketika manusia mulai untuk hidup dengan cara berkelompok. Proses tersebut membuat manusia mengalami sebuah manajemen secara tidak langsung. Dikatakan sebuah proses manajemen karena para manusia tersebut memulai sebuah proses seperti mengatur, merencanakan, hingga mengelola semua proses yang ada agar mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Ketika menjalankan sebuah bisnis, maka seseorang perlu memiliki ilmu manajemen. Melalui ilmu manajemen bisnis, nantinya para pengusaha dapat mengelola dan menjalankan bisnisnya dengan benar. Tentunya, saat memiliki ilmu manajemen bisnis, nantinya para pengusaha akan mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai.

Baca Juga : Apa Itu Bisnis Model Canvas? Definisi, Pengertian, dan Cara Memulai

Dari definisi di atas, membuat banyak sekali kalangan yang akhirnya menganggap jika jurusan manajemen bisnis merupakan jurusan yang cukup aman. Melalui jurusan manajemen para mahasiswa nantinya akan diajari betul mengenai berbagai cara mulai dari teori hingga prakteknya.

Jurusan manajemen bisnis yang ada di luar negeri bahkan memiliki sistem pembelajaran kurikulum yang lebih kompleks dan tertata. Para mahasiswa manajemen bisnis di luar negeri akan diajarkan teori dan praktik langsung dengan program kerja magang yang wajib dilakukan oleh  para mahasiswanya.

Pelajaran untuk Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis


Bagi para siswa-siswi yang baru saja menyelesaikan masa putih abu-abunya dan berniat untuk melanjutkan kuliah di jurusan manajemen bisnis, tentu akan sangat penasaran mengenai apa saja mata kuliah yang akan dipelajari bukan? Berhubung bergerak dalam bidang manajemen dan bisnis, maka semua mata kuliah yang diajarkan tidak akan jauh dari garis besar materi tersebut, manajemen dan bisnis. Nah, saat melanjutkan kuliah di jurusan manajemen bisnis, maka beberapa mata kuliah yang akan dipelajari adalah berkaitan dengan hal-hal:

  1. Memahami apa saja tujuan-tujuan yang harus dicapai.
  2. Mengumpulkan, menganalisis, serta membuat data dan informasi penting.
  3. Membuat rencana dengan strategi yang berprinsip pada “Efisien dan Efektif”.
  4. Mengimplementasikan rencana-rencana yang telah dibuat.
  5. Mengevaluasi setiap proses-proses yang ada.

Mengenal Jenis Manajemen Untuk Bisnis


Jurusan Manajemen Bisnis
(Sumber: studyabroad.shiksha.com.com)

Jurusan manajemen merupakan sebuah bidang ilmu yang terbagi menjadi banyak cabang. namun bagi siswa-siswi yang berniat untuk fokus dalam mengembangkan bisnisnya, maka 4 jurusan manajemen inilah yang sangat cocok dan seirama dengan bisnis.

1. Manajemen Keuangan

Jurusan manajemen keuangan merupakan jurusan yang fokus untuk mengatur keuangan dari sebuah perusahaan. Ilmu yang didapatkan ketika mengambil jurusan ini dapat membantu mengatur arus kas perusahaan agar tetap terkontrol dan stabil. Selain itu, melalui manajemen keuangan nantinya akan memudahkan proses pengambilan keputusan supaya lebih akurat dan strategis, hal tersebut karena analisis yang ada juga dilakukan dengan tepat.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia

Sebuah bisnis hanya akan mampu berkembang jika unsur-unsur di dalamnya juga saling mendung. Baik perusahaan yang besar maupun perusahaan kecil sekalipun tentunya akan sangat bergantung pada kinerja oleh orang-orang yang mengelola. Ketepatan pengelolaan yang dilakukan masing-masing bagian haruslah memiliki SDM yang juga tepat. Untuk itu, melalui ketepatan SDM harapannya semua pihak dapat bekerjasama dengan baik, lebih efektif dan efisien.

Baca Juga : Pengertian Apa Itu Bisnis Serta Tujuan dan Juga Jenis-Jenis Bisnis

3. Manajemen Operasional

Sebuah bisnis haruslah memiliki manajemen operasional agar segala kegiatan yang berhubungan dengan bisnis tersebut juga berjalan dengan baik. Melalui pengelolaan operasional, nantinya segala hal akan dipantau dengan baik seperti pemilihan bahan baku terbaik, jam operasional yang dibutuhkan hingga tenaga operasional yang dibutuhkan.

4. Manajemen Pemasaran

Kelancaran dari sebuah bisnis tentu sangat dipengaruhi oleh manajemen pemasaran. Melalui manajemen pemasaran produk-produk nantinya akan sampai ke tangan para konsumen dengan baik. Maka manajemen pemasaran memiliki peran yang besar bagi berlangsungnya sebuah bisnis.

Aneka Soft Skill Wajib Mahasiswa Manajemen Bisnis


Jurusan Manajemen Bisnis
(Sumber: okezone.com)

Softskill juga menjadi hal yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa atau mahasiswi dari jurusan manajemen bisnis. Skill ini sangat penting dan diperlukan karena dalam pekerjaan sehari-hari yang nantinya akan dilakukan lulusan manajemen bisnis, softskill lah yang akan paling terlihat dan dibutuhkan dari seorang pekerja.

Baca Juga : Daftar Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia untuk Calon Pengusaha

1. Kemampuan untuk Berkomunikasi

Para mahasiswa jurusan manajemen bisnis dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu para mahasiswa untuk tampil lebih berani ketika berada di mata umum. Komunikasi yang baik dapat dilakukan mulai dari melakukan presentasi di kelas masing-masing.

2. Manajemen Keuangan

Keuangan merupakan salah satu poin kunci dalam sebuah usaha atau adanya usaha. Tanpa keuangan, suatu usaha tidak akan bisa berjalan dengan lancar dan baik. Tentu saja hal ini rincian keuangan harus dipelajari secara rinci,

Selain itu, mengatur keuangan merupakan suatu hal yang harus dibiasakan sejak dini oleh para mahasiswa manajemen bisnis. Hal tersebut berfungsi agar nantinya mereka akan terbiasa memiliki sistem manajemen keuangan yang lebih tertata. Mengatur keuangan dapat mulai dilakukan misalnya dengan memanajemen uang jajan, uang kuliah, dan keuangan lainnya.

3. Manajemen Waktu

Banyak mahasiswa yang kurang mengatur manajemen waktu. Mereka sering kali menghabiskan waktunya untuk hal-hal yang mungkin kurang bermanfaat. Hal ini tidak berlaku pada setiap mahasiswa jurusan manajemen bisnis. Mereka dituntut memiliki manajemen atau pembagian waktu yang baik. Supaya, semua aktivitas yang dilakukan bisa berjalan lancar dan baik. Bagi para mahasiswa jurusan manajemen bisnis, mereka diharapkan memiliki manajemen waktu yang lebih baik supaya ketika terjun langsung dalam dunia kerja akan memiliki manajemen waktu yang baik.

4. Berpikir Secara Kritis

Saat ini banyak sekali mahasiswa yang memilih untuk bungkam dan enggan berpikir kritis. Permasalahan tersebut merupakan sebuah masalah yang cukup serius mengingat mahasiswa memiliki tanggung jawab yang cukup besar untuk masyarakat. Bagi para mahasiswa manajemen bisnis, mereka harus berani bersuara dan berpikir kritis untuk menuangkan ide dan gagasan-gagasannya.

5. Mau Menerima Kritik

Meski para mahasiswa dituntut untuk memiliki pikiran yang kritis, namun bukan berarti mahasiswa juga enggan untuk mendengarkan kritik. Mahasiswa manajemen bisnis harus memiliki sikap yang kuat ketika menerima kritikan. Terlebih jika kritikan tersebut kurang membangun. Hal ini nantinya akan terpakai jika para mahasiswa terjun untuk berbisnis dan bekerjasama dengan para investor.

Nah, begitulah penjelasan mengenai apa itu kuliah jurusan manajemen bisnis, hingga skill apa yang perlu dikembangkan oleh para mahasiswa manajemen bisnis. Kedepannya, para mahasiswa manajemen bisnis diharapkan memiliki sikap dan soft skill yang baik. Dengan begitu, maka akan sangat bermanfaat dalam membangun karir yang cemerlang.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.