Administrasi bisnis adalah salah satu jurusan yang memiliki cukup banyak peminat di Indonesia. Tentu saja, pelajar yang memilih jurusan administrasi bisnis beralasan bahwa jurusan ini mempunyai peluang kerja yang sangat bagus dan terbuka luas. Bukan hanya dapat membangun karir di perusahaan besar saja, lulusan administrasi bisnis juga dapat membangun perusahaan sendiri. Jadi, tidak heran jika jumlah peminat jurusan ini sangat banyak. Lalu, apa saja yang dipelajari pada jurusan administrasi bisnis?

10 Mata Kuliah Yang Dipelajari Pada Jurusan Administrasi Bisnis


Jurusan Administrasi Bisnis
(Sumber: idntimes.com)

Tertarik untuk kuliah di jurusan administrasi bisnis? Sudah tau apa saja yang akan dipelajari? Nah, berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan dipelajari saat kuliah di jurusan administrasi bisnis:

Baca Juga : Daftar Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia untuk Calon Pengusaha

1. Dasar Pemasaran Bisnis

Pemasaran merupakan hal paling penting yang dilakukan dalam dunia bisnis. Tanpa melakukan pemasaran yang baik, maka akan terasa sulit untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Untuk itulah, sangat penting untuk mempelajari apa dan bagaimana dasar-dasar dalam pemasaran bisnis.

2. Dasar-dasar Akuntansi

Dunia bisnis tentu tidak terlepas dari sistem akuntansi. Untuk dapat mengelola administrasi secara baik dan maksimal, maka sangat perlu untuk mengetahui dan memahami bagaimana dasar-dasar akuntansi. Jadi, meskipun kuliah di jurusan administrasi bisnis, namun tetap akan belajar mengenai akuntansi.

3. Perpajakan

Seorang pengusaha atau pebisnis tentunya harus rutin membayar pajak dengan tepat waktu. Bisnis memang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya pajak. Jadi, ketika memutuskan untuk kuliah di jurusan administrasi bisnis, maka juga harus mempelajari serba-serbi tentang ilmu pajak.

4. Organisasi dan Manajemen Bisnis

Lulusan administrasi bisnis memiliki peluang sangat besar untuk membangun bisnis sendiri. Untuk itu, mahasiswa jurusan administrasi bisnis juga akan belajar tentang organisasi serta manajemen bisnis. Dengan mempelajari mata kuliah tersebut, maka akan menjadi bekal terbaik ketika akan membangun bisnis di masa depan.

5. Matematika Bisnis

Tidak dapat dipungkiri jika dunia bisnis pastinya memiliki hubungan erat dengan ilmu matematika. Jadi, dalam administrasi bisnis juga harus mempelajari dan memahami ilmu matematika bisnis sebagai bekal untuk menjadi pebisnis yang hebat nantinya.

6. Komunikasi Bisnis

Bisnis dan komunikasi merupakan dua hal penting yang tidak bisa dipisahkan. Untuk bisa membangun dan menciptakan kerjasama bisnis yang terbaik, maka seorang pebisnis harus menguasai dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

7. Perencanaan serta Pengembangan Bisnis

Seorang pebisnis yang hebat tentu harus menguasai bagaimana cara untuk merencanakan serta mengembangkan suatu bisnis. Untuk itulah, jurusan ini sangat penting untuk dipelajari agar lulusan administrasi bisnis nantinya bisa merencanakan bisnis dengan baik, lalu mengembangkannya dengan optimal.

8. Operasi Bisnis

Tentu akan percuma jika sudah memiliki bekal ilmu dan kemampuan dalam mengelola keuangan bisnis, namun tidak bisa memahami bagaimana praktek bisnis yang nyata. Oleh karena itu, mahasiswa administrasi bisnis juga akan mendapatkan pelajaran tentang operasi bisnis supaya nantinya bisa menerapkan bisnis secara baik dan benar.

9. Etika Bisnis

Saat menjalankan bisnis apa saja, tentunya ada aturan yang wajib untuk dijalankan dan diikuti. Ya, bisnis memang tidak dapat dilakukan secara asal-asalan begitu saja tanpa mengikuti aturan. Pada mata kuliah etika bisnis ini, mahasiswa akan belajar tentang berbagai etika yang baik dalam menjalankan bisnis.

10. Manajemen Keuangan Bisnis

Suatu bisnis bisa berjalan dengan lancar ketika ada seseorang yang mampu mengatur dan mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Untuk itulah, pada jurusan administrasi bisnis ini juga akan dipelajari tentang tata cara mengatur keuangan bisnis secara baik dan benar.

Baca Juga : Mengenal Hukum Bisnis Secara Detail dan Lengkap

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Administrasi Bisnis


Jurusan Administrasi Bisnis
(Sumber: apartmentsearch.com)

Administrasi bisnis merupakan bidang studi yang khusus mempelajari semua hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dan operasional perusahaan. Aktivitas bisnis meliputi kegiatan produksi, marketing atau pemasaran, mengelola keuangan, hingga mengelola SDM atau personalia. Lantas, bagaimana dengan prospek kerja jurusan administrasi bisnis?

Jurusan yang diminati oleh banyak sekali pelajar ini tentu menawarkan berbagai prospek kerja yang menjanjikan. Nah, berikut ini adalah beberapa prospek kerja jurusan administrasi bisnis:

1. Manajemen Perusahaan

Seorang lulusan administrasi bisnis tentu sudah mempunyai kompetensi bisnis yang sangat lengkap. Salah satunya adalah kompetensi dalam bidang manajemen. Jadi, lulusan administrasi bisnis memiliki kesempatan yang luas untuk menempati posisi manajemen perusahaan. Manajemen perusahaan bertugas dalam kepemimpinan, pengadministrasian, serta mengarahkan jalannya perusahaan.

Manajer adalah seseorang yang dapat mengambil keputusan yang tepat, memberikan motivasi, berkomunikasi, melakukan delegasi, hingga berupaya mengembangkan kemampuan orang lain dengan memberikan saran atau training. Selain itu, seorang manajer juga harus mampu membuat perencanaan yang matang mengenai segala hal yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan sekaligus mengawasi semua kegiatan yang berjalan.

2. Staf Administrasi

Lulusan administrasi bisnis bisa menempati posisi di perusahaan sebagai staf administrasi. Seorang staf administrasi juga dapat menempati beberapa posisi di dalam perusahaan tersebut, misalnya staf administrasi umum, gudang, perpajakan, dan posisi administrasi lainnya.

3. Staf Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan salah satu jenis mata kuliah yang telah dipelajari oleh seorang lulusan administrasi bisnis. Oleh karena itu, para lulusan dari jurusan administrasi bisnis memiliki kesempatan yang besar untuk bisa bekerja menjadi staf pemasaran dalam perusahaan.

Seseorang yang menempati posisi pada divisi pemasaran bertugas untuk melakukan berbagai strategi promosi guna meningkatkan penjualan jasa atau barang yang diproduksi oleh perusahaan.

4. Staf SDM

Staf SDM atau Sumber Daya Manusia juga menjadi posisi yang bisa ditempati oleh lulusan administrasi bisnis di perusahaan. Staf SDM atau lebih dikenal dengan HRD (Human Resource Development) merupakan bagian perusahaan yang memiliki tanggung jawab mengelola sumber daya manusia.

HRD bertanggung jawab dalam persiapan rekrutmen karyawan atau pegawai baru sampai mengatur kontrak kerjanya. Selain itu, seorang HRD juga bertugas menyaring dan memetakan SDM dalam perusahaan.

5. Konsultan Bisnis

Lulusan administrasi bisnis pastinya sudah menguasai segala ilmu dalam bidang bisnis. Untuk itulah, lulusan administrasi bisnis memiliki kemungkinan untuk berprofesi sebagai konsultan bisnis.

Baca Juga : Bagian Bagian Contoh Proposal Bisnis Beserta Penjelasan Lengkap

Konsultan sendiri merupakan seseorang yang mendapatkan kepercayaan untuk memberikan nasihat kepada perusahaan klien tentang berbagai macam aspek yang berkaitan dengan bisnis. Namun, tugas konsultan hanya memberikan nasihat saja tanpa memiliki wewenang untuk melakukan kebijakan dan implementasi pada perusahaan.

6. Entrepreneur

Lulusan administrasi bisnis bukan hanya bisa bekerja di sebuah perusahaan saja. Mereka juga sangat mungkin untuk membangun perusahaan sendiri. Semua ilmu bisnis yang dipelajari ketika berada di bangku kuliah pastinya memiliki potensi besar untuk dapat diaplikasikan dengan cara membangun serta mengelola usaha sendiri.

7. Dosen

Bagi lulusan administrasi bisnis yang ingin meneruskan pendidikannya hingga jenjang S2 atau S3, maka berprofesi sebagai dosen adalah pilihan yang tepat. Selain bisa mengajar para mahasiswa di kelas, seorang dosen juga bisa terus mengembangkan diri dengan melakukan penelitian sesuai bidang yang digeluti.

Itulah informasi mengenai berbagai hal yang dipelajari di jurusan administrasi bisnis serta prospek pekerjaan yang menanti para lulusannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengambil jurusan ini ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.