6 Ide Bisnis Jualan di Mobil yang Patut Untuk Dicoba

Jualan di Mobil

Tentunya semua orang menginginkan makanan lezat yang instan, dan bisnis makanan yang bisa bergerak secara mobile diposisikan secara unik untuk menyediakannya. Baik itu berjualan tahu bulat, crepes, sampai membuat bisnis food truck, berikut adalah pembahasan mengenai metode jualan di mobil.

Meski sedang mengalami masa resistensi, bisnis yang harus sering mengalami trial and error ini sudah berhasil memberi makan banyak generasi. Hari ini, ada sekitar 3 juta food truck yang sedang beroperasi di seluruh dunia. Apa kalian ingin menjadi salah satunya?

Nah, sebelum kita mulai membahas mengenai beberapa ide bisnis usaha di mobil, ada baiknya jika kita menelaah dulu bagaimana prospek industri makanan dengan cara berjualan mobile ini.

Prospek Bisnis Jualan di Mobil

Jualan di Mobil
(Sumber : dagelan.co)

Saat ini, generasi baru pecinta makanan jalanan bersedia untuk mengantri di food truck dan gerobak makanan tidak seperti pada zaman-zaman sebelumnya. Sedikit yang mereka tahu bahwa bisnis di mobil dengan food truck maupun bisnis cuci mobil bukanlah hal yang sama sekali baru. 

Sebagaimana seperti tren populer lainnya, bisnis adalah adalah versi terbaru dari industri makanan yang lama. Namun dulunya industri makanan jalanan tidak pernah mendapat begitu banyak publisitas atau ketenaran.

Baca Juga : Bangun dan Kembangkan Bisnis Kayu dengan 6 Metode Ini!

Menurut perusahaan riset industri yang berbasis di Los Angeles, IBISWorld, bisnis makanan jalanan, termasuk food truck dan mobil yang menjajakan makanan ringan, adalah industri senilai $1 miliar yang telah mendapatkan tingkat pertumbuhan 8,4 persen dari 2007 hingga 2012. 

Bisnis ini sangat mengandalkan individu pemilik usaha, karena 78 persen usahawan bisnis ini hanya memiliki empat atau lebih sedikit karyawan. Jumlah sebenarnya dari bisnis ini sulit dihitung, karena industri makanan yang mobile telah banyak sekali muncul di mal serta banyak tempat lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

Pengamat industri makanan sendiri mengklaim bahwa bisnis food truck sebagian besar telah meningkat sebagai respons terhadap ekonomi yang tumbuh lambat. Maka dari itu, banyak orang mencari sarapan dan makan siang yang ramah di kantong. 

Dan juga, banyak karyawan saat ini sering tertekan oleh waktu, dengan lebih banyak pekerjaan dan jam makan siang yang lebih singkat. Faktor-faktor ini membuat konsep mobile-food lebih menarik dari sebelumnya.

Dari sudut pandang kewirausahaan, kios, gerobak, trailer, dan truk makanan memiliki overhead yang lebih rendah daripada restoran dan dapat dipindahkan jika satu lokasi tidak menghasilkan keuntungan yang cukup baik.

Daripada harus menentukan dimana harus membuka restoran dan khawatir tentang lokasi, pemilik sebenarnya dapat berkendara ke lokasi baru jika bisnisnya buruk.

Selain dari makanan, bentuk usaha lain seperti menjual perabotan rumah tangga juga akan terus dicari oleh ibu-ibu. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa bentuk bisnis ini sangatlah menguntungkan.

Ide Bisnis Jualan Di Mobil yang Bisa Dicoba

1. Membuat Food Truck

Jualan di Mobil
(Sumber : indonesiatraveller.id)

Jika kalian sudah memiliki mobil yang kebetulan jenisnya van, kalian bisa memanfaatkan mobil ini untuk berbisnis food truck. Bisnis yang akhir-akhir ini menjadi sebuah hal yang populer kerap digandrungi oleh pelanggan.

Food truck menjadi sebuah tren yang populer di kalangan anak muda. Konsepnya yang tak biasa membuat kesan menikmati makanan menjadi istimewa.

Belum lagi, banyak tempat usaha yang menawarkan berbagai tawaran menarik berupa potongan harga atau paket makanan yang murah.

Dari segi biaya, food truck memiliki biaya yang lebih rendah karena tidak ada biaya tempat atau lokasi. Hal ini juga membuka kesempatan untuk owner agar bisa mencari lokasi yang paling sesuai untuk usahanya.

Jangan lupa untuk mempromosikan food truck yang kamu buat dengan mengaplikasikan cara jualan di Instagram untuk mendapat engagement yang lebih besar.

2. Berjualan Tahu Bulat

Kami rasa kalian sudah familiar dengan bisnis ini. Tahu bulat sempat menjadi sensasi di nusantara dengan banyaknya orang mulai berjualan produk yang sama.  Kalian pun bisa mencoba cara jualan di mobil dengan metode ini.

Usaha ini memerlukan jenis pickup yang bisa menampung peralatan membuat tahu bulat, sekaligus si pembuatnya. Biasanya, si pelaku usaha hanya mempersiapkan bahan baku dari tahu bulat itu sendiri, seperti tepung, garam, dan bahan lainnya.

Baca Juga : Apa Itu Peta Proses Operasi dan Cara Membuatnya dengan Benar

Seluruh proses memasak dilakukan di mobil pickup, sesuai dengan konsep “dadakan’. Biaya yang penting selain dari bensin mobil adalah tahu itu sendiri. Tahu bulat mentah biasanya bisa didapat di supplier atau toko-toko kelontong.

Pilihlah peralatan yang bisa diandalkan untuk bekerja seharian. Meskipun harganya sedikit mahal, kompor yang berkualitas akan bisa menghasilkan profit yang maksimal.

3. Gunakan MPV Untuk Jualan Oleh-oleh

Selain untuk berjualan snack atau makanan ringan, kalian juga bisa menggunakan mobil kelas MPV untuk berjualan oleh-oleh. Meski bisnis ini masih belum begitu terkenal, kalian dapat dengan mudah menjumpainya di kota-kota wisata.

Beberapa contohnya adalah Bolu Amanda atau Roti Bluder Kapas. Untuk bisa mendapat supply produk-produk ini, kalian bisa menghubungi supplier official dari masing-masing produk. 

Setelah berhasil mendapatkan produknya, kalian tinggal berhenti di pinggir jalan dan kemudian membuka bagasi mobil. Lebih bagus jika kalian sudah menyiapkan banner tersendiri.

Untuk memulai bisnis, kalian bahkan tidak perlu menyewa tempat atau ruko. Dengan bermodalkan kendaraan pribadi, kalian bisa merubah barang menjadi uang dengan jualan di mobil.

4. Jualan Sayuran dengan Pick Up

Jualan di Mobil
(Sumber : mobilmo.com)

Selain membuat usaha tahu bulat, kalian juga bisa menggunakan mobil jenis pick up untuk berjualan sayuran. Semua orang pasti butuh untuk membeli sayur mayur.

Dengan kebutuhan yang terus ada, kalian bisa memanfaatkan ini sebagai ladang usaha. Ubah pick up kalian menjadi mobil yang siap untuk berjualan sayur dan buah. Dengan kendaraan yang mudah untuk diajak kemana-mana, kalian bisa meraup pasar potensial dimana-mana.

Atur waktu untuk berjualan di waktu pagi dan siang hari

5. Membuat Jasa Travel

Apabila kalian memiliki mobil jenis minibus, ada baiknya jika kalian melirik usaha travel. Usaha ini sebenarnya cocok untuk orang yang memiliki beberapa mobil yang berbeda. Tapi untuk awalnya, satu mobil sudah cukup.

Membangun jasa travel erat kaitannya dengan internet marketing. Promosikan usaha kalian di sosial media untuk mendapat calon pelanggan yang banyak.

Baca Juga : Syarat dan Prosedur Mendirikan SPBU Pertamina Lengkap

Jangan lupa tawarkan promo menarik yang sekiranya bisa menarik hati pelanggan.

Dalam melakukan bisnis ini, pertimbangkan juga faktor yang mempengaruhi penetapan harga agar bisa menentukannya dengan baik.

6. Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Usaha ini cocok bagi kalian yang memiliki 1 mobil dengan ukuran MPV. Satu mobil saja sudah cukup untuk digunakan menjemput beberapa anak sekolah.

Tawarkan saja jasa kalian ke lingkungan rumah, yang mana pastinya sudah akrab dengan kalian. Dengan begitu, tetangga bisa percaya pada kalian. Usaha ini bisa dilakukan secara perorangan maupun kelompok, tergantung pada besar kecilnya modal.

Itulah tadi beberapa ide bisnis jualan di mobil yang bisa kalian coba, kalian bisa pilih cara mana yang paling cocok untuk kalian, semoga sukses ya.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow dan Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube Owner Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like