Ketahui Jenis-Jenis AMDAL Beserta Manfaat dan Kegunaannya

jenis amdal

Hingga saat ini, masyarkat luas belum banyak yang tahu mengenai jenis-jenis AMDAL. Padahal, hal tersebut mempunyai jenis yang sangat beragam dan harus dipahami khususnya bagi para aktivis pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini sangat penting untuk dibuat sebaik mungkin karena dari keberadaan AMDAL tersebutlah, progress yang terjadi pada lingkungan di sekitar manusia bisa dianalisa secara lebih mendalam.

Apa Itu AMDAL?

Sesungguhnya AMDAL adalah singkatan dari Analisa Mengenai Dampak Lingkungan. Hal tersebut adalah sebuah studi yang dilakukan oleh seorang individu atau kelompok tertentu untuk memprediksi dan menganalisis seperti apa dampak yang ditimbulkan suatu proyek terhadap lingkungan di sekitarnya. Hal ini sifatnya resmi dan formal sehingga studi tersebut harus melalui perizinan yang sah serta terikat dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

Menurut Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1999, AMDAL merupakan hasil kaji tentang bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh suatu usaha terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. AMDAL ini sangat penting untuk memutuskan apakah suatu usaha boleh dilaksanakan di Indonesia atau tidak. Jika ternyata dari analisa yang dilakukan usaha tersebut akan memberikan dampak negatif pada lingkungan, maka biasanya usaha yang dimaksud akan dilarang untuk beroperasi.

Dalam hal ini, keberadaan AMDAL memang sangat penting untuk mempertahankan kelestarian lingkungan hidup. Akan tetapi, sekarang banyak sekali masyarakat yang acuh mengenai hal tersebut dan semabarangan saja dalam mendirikan tempat usaha atau pabrik tanpa melakukan analisa dampaknya terhadap lingkungan terlebih dahulu. Karenanya, kesadaran masyarakat terhadap AMDAL ini harus digalakkan agar tidak semakin banyak lingkungan yang tercemar karena pembuatan usaha yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Baca Juga: Apa Itu Lingkungan Pemasaran? Pengertian, Jenis, dan Contoh

Jenis-Jenis AMDAL

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis AMDAL yang mana hal tersebut mempunyai kajian analisa yang berbeda-beda. Hal ini didasarkan pada wilayah sekitar yang akan didirikan badan usaha. Oleh sebab itu, memahami jenis-jenis AMDAL sangatlah penting agar sesuai antara wilayah yang dianalisa dengan metode yang digunakan.

1. AMDAL Proyek Tunggal

AMDAL Proyek Tunggal
(Sumber: Greeners.co)

AMDAL Proyek Tunggal merupakan studi kelayakan lingkungan yang dilakukan hanya untuk satu jenis kegiatan saja. Dengan kata lain, di sana hanya terdapat satu instansi saja yang membidangi usaha atau proyek yang akan didirikan pada lingkungan yang akan dianalisa. Analisa hal ini relatif lebih mudah karena tidak melibatkan banyak pihak dengan kemauan, kriteria, dan tentunya spesifikasi usaha yang berbeda-beda.

Analisan dampak lingkungan terhadap proyek tunggal ini juga memakan waktu yang relatif cepat dan tidak banyak memakan banyak biaya. Akan tetapi, orang yang melakukan analisa juga harus benar-benar ahli dan teliti agar menghasilkan hasil kajian yang benar-benar akurat. Jika hal ini tidak akurat akan sangat berbahaya dampaknya bagi lingkungan.

2. AMDAL Kawasan

Merupakan studi kelayakan lingkungan yang dilakukan untuk berbagai jenis kegiatan, yang menjadi kewenangan dari satu sektor. Berbeda dengan AMDAL, proyek tunggal, AMDAL jenis ini akan memakan waktu yang lebih lama dan juga membutuhkan banyak biaya. Sebagai gambaran umum, setiap bidang usaha atau kegiatan yang akan dilakukan oleh suatu sektor tersebut akan dianalisa dampaknya masing-masing sehingga waktunya juga lumayan lama karena pemeriksa harus benar-benar teliti.

Untuk AMDAL Kawasan sendiri, ada beberapa kriteria yang harus ada di dalam analisa dampak lingkungannya yakni meliputi sebagai berikut:

  • Berbagai usaha dan/atau kegiatan yang saling terkait perencanaannya atar satu dengan lainnya.
  • Berbagai usaha dan/atau kegiatan tersebut terletak dalam/merupakan satu kesatuan zona pengembangan wilayah/kawasan sesuai dengan rencana tata ruang wilayah atau rencana ruang kawasan.
  • Usaha dan/atau kegiatan tersebut terletak pada kesatuan hamparan ekosistem.

3. AMDAL Terpadu Multi Sektor

Jenis AMDAL ini dilakukan untuk berbagai jenis kegiatan yang berasal dari berbagai sektor. Nantinya, kajian dampak lingkungan yang dihasilkan meliputi berbagai macam usaha terpadu yang hal tersebut berada dalam banyak sektor kehidupan, tetapi tempat pendirian usahanya berada dalam satu wilayah yang berdekatan. Ini tentu akan menimbulkan dampak yang sangat besar bagi lingkungan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Lantas, bagaimana kriteria lingkungan sekitar pendirian yang harus dilakukan analisa dengan AMDAL terpadu multi sektor? Berikut ini macam-macam kriterianya:

  • Berbagai usaha/kegiatan tersebut mempunyai keterkaitan dalam perencanaan dan proses produksinya.
  • Usaha dan kegiatan tersebut berada dalam suatu satu kesatuan hamparan ekosistem.
  • Usaha tersebut meliputi banyak bidang produksi.
  • Usaha tersebut dinaungi oleh instansi yang berbeda-beda dalam satu wilayah yang berdekatan.

Baca Juga: Apa Itu Peta Proses Operasi dan Cara Membuatnya dengan Benar

4. AMDAL Regional

AMDAL Regional
(Sumber: Pesona.co.id)

Merupakan studi kelayakan lingkungan untuk beberapa jenis usaha yang berhubungan satu sama lain. Jenis usaha yang dimaksud misalkan di sana ada produsen kain, produsen benag, dan juga produsen baju. Katiga hal itu merupakan ranah usaha yang masih memiliki keterkaitan satu sama lain dan tempat usahanya berada dalam suatu wilayah yang berdekatan dalam suatu lingkungan hidup di tengah-tengah pemukiman masyarakat.

Biasanya kriteria jenis proyek atau tempat usaha yang cocok dianalisa menggunakan jenis AMDAL yang satu ini yakni meliputi:

  • Beberapa usaha yang didirikan harus memiliki keterkaitan.
  • Usaha yang didirikan berada dalam suatu wilayah yang berdekatan.
  • Usaha tersebut boleh dinaungi oleh satu instansi atau instansi yang berbeda asalkan mereka mempunyai hubungan kerjasama dalam mendirikan usaha tersebut.

Tujuan AMDAL

Secara umum, tujuan AMDAL adalah melakukan penyelamatan lingkungan hidup agar tidak terdampak negatif terhadap suatu bidang usaha yang didirikan. Adapun, secara khusus tujuannya adalah sebagai berikut:

  • Memberi masukan dalam penyusunan rencana pengelolaan serta pemantauan lingkungan hidup.
  • Memberi masukan dalam penyusunan rencana pengelolaan serta pemantauan lingkungan hidup.
  • Memberi masukan dalam penyusunan rencana pengelolaan serta pemantauan lingkungan hidup.

Baca Juga: Siklus Manajemen Proyek untuk Pemula Secara Lengkap

Manfaat AMDAL

Manfaat AMDAL
(Sumber: Maxmanroe.com)

AMDAL mempunyai banyak manfaat dalam berbagai sektor kehidupan. Tidakhanya bermanfaat bagi lingkungan hidup dan masyakat sekitarnya saja. Akan tetapi, hal ini bermanfaat bagi pemerintah dan komponen-komponen lainnya. Melakukan analisa lingkungan hidup melalui AMDAL dijamin tidak akan sia-sia dan malah mendatangkan banyak keuntungan.

Untuk pemerintah, manfaat yang didapatkan melalui AMDAL yakni sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun rencana tata kelola lingkungan dan penempatan sektor usaha ke depannya. Hal ini juga memberikan manfaat pula bagi masyarakat agar mereka memilih daerah tempat tinggal yang kiranya jauh dari sektor usaha supaya tidak terkena dampak negatif di dalamnya.

Kemudian, untuk para pelaku sektor usaha, AMDAL akan memberikan manfaat bagi mereka karena setelah dilakukan analisa dan perencanaan tata kelola usaha yang baik akan memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Pelaku usaha lebih mudah berinteraksi dengan masyarakat sekitar.
  • Usahanya lebih aman dan terjamin.
  • Usaha bisa dijadikan contoh bagi tempat usaha yang lain.

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan mengenai jenis-jenis AMDAL lengkap beserta manfaat dan kegunaannya. Jangan pernah bosan untuk terus mengelola lingkungan hidup karena hal tersebut adalah aset masa depan bangsa yang akan dinikmati oleh anak cucu nantinya. Jika memang terpilih menjadi seorang pengelola lingkungan hidup, maka tatalah sebaik mungkin dan amanahlah dalam melakukan segala sesuatu.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like