Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan sebuah hal yang banyak sekali diimpikan oleh para pelajar. Salah satu jurusan yang menjadi primadona para mahasiswa adalah jurusan bisnis. Salah satu kampus bisnis yang telah banyak mencetak pengusaha hebat ialah Institut Bisnis Nusantara. Berikut informasi lengkap mengenai institut ini.

Sejarah Singkat Institut Bisnis Nusantara


Institut Bisnis Nusantara merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang lokasinya berada di Jakarta. Institut Bisnis Nusantara didirikan oleh seorang bernama Dasuki Angkosubroto yang juga anggota dari yayasan lembaga pendidikan bernama Gunung Sewu, pada tanggal 18 Agustus 1986. Sebelum berganti nama menjadi Institut Bisnis Nusantara, universitas ini merupakan sebuah lembaga pendidikan bernama GS Fame.

Dari tahun ke tahun, universitas ini mengalami pergantian nama yang cukup sering, mulai dari GS fame menjadi STIE Gunung Sewu, kemudian berganti menjadi STIE Nusantara, dan yang terakhir berganti menjadi Institut Bisnis Nusantara.

Fasilitas Pendidikan yang Ada di Institut Bisnis Nusantara


Institut Bisnis Nusantara
(Sumber: harga.web.id)

Seperti kampus pada umumnya, Institut Bisnis Nusantara juga memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran. Tercatat lebih dari 70 dosen disiapkan untuk membantu proses perkembangan dari para mahasiswa dan mahasiswi. Berikut ini fasilitas lain yang terdapat dalam Institut Bisnis Nusantara:

Baca Juga : Daftar Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia untuk Calon Pengusaha

1. Ruang Kuliah

Ruang kuliah merupakan sebuah ruangan wajib dimana proses belajar akan berlangsung di dalamnya. Terdapat banyak ruang kuliah yang nyaman bagi mahasiswa untuk belajar.

2. Ruang Perpustakaan

Institut Bisnis Nusantara memiliki sebuah perpustakaan berukuran besar yang di dalamnya tersedia berbagai jenis buku untuk membantu proses pembelajaran. Para mahasiswa dipersilahkan untuk meminjam berbagai jenis buku yang mereka butuhkan.

3. Ruang Broadcasting

Terdapat ruang broadcasting yang dapat difungsikan untuk keperluan yang berhubungan dengan broadcasting, terutama bagi para mahasiswa jurusan broadcasting.

4. Ruang Multimedia dan Studio

Institut Bisnis Nusantara merupakan sebuah kampus yang terbilang cukup lengkap. Dalam kampus ini disediakan ruang multimedia dan juga studio yang dapat digunakan oleh para mahasiswa untuk melakukan berbagai kegiatan yang terkait.

5. Laboratorium Editing, Multimedia, Komputer

Setiap jurusan dapat menggunakan dari masing-masing fasilitas laboratorium yang telah disediakan.

6. Auditorium

Institut Bisnis Nusantara juga dilengkapi dengan sebuah auditorium berukuran besar.

7. Masjid, Koperasi, Kantin

Selain dilengkapi berbagai macam fasilitas gedung untuk sarana belajar, Institut Bisnis Nusantara juga dilengkapi dengan fasilitas tempat untuk beribadah berupa masjid dan tempat untuk nongkrong seperti kantin.

8. Area Parkir

Area parkir yang disediakan bagi mahasiswa, dosen, maupun karyawan sangatlah luas.

Berbagai Program Kuliah yang ada di Institut Bisnis Nusantara


Institut Bisnis Nusantara merupakan sebuah universitas yang memiliki banyak sekali pilihan program studi. Namun, Institut Bisnis Nusantara membagi program kuliahnya menjadi dua yakni, IBN National Program atau kuliah reguler dan IBN International Program atau program kuliah international. Berikut ini daftar program studi yang terdapat di Institut Bisnis Nusantara:

Baca Juga : Pengertian Apa Itu Bisnis Serta Tujuan dan Juga Jenis-Jenis Bisnis

1. Kuliah Reguler

Pada program kuliah reguler terdapat 2 program, yaitu tingkat Strata 1 (S1) dan juga program Magister (S2). Masing-masing tingkatan memiliki program studinya sendiri. Berikut beberapa pilihan jurusan di Institut Bisnis Nusantara.

a.) Strata 1 (S1)

Dalam program strata 1 terdapat banyak sekali program studi yang dapat dipilih. Berikut daftarnya:

  • Pada fakultas ekonomi memiliki  dua program studi, yaitu akuntansi dan manajemen. Untuk program studi manajemen terbagi menjadi 3 bagian, yaitu manajemen keuangan dan perbankan, manajemen perusahaan, serta manajemen perdagangan dan pemasaran.
  • Pada Fakultas Komunikasi terbagi menjadi dua program studi, yaitu penyiaran atau broadcasting dan marketing komunikasi.
  •  Pada Fakultas Ilmu Komputer terbagi menjadi dua program studi, yaitu sistem informasi dan sistem komputer.
  • Pada fakultas bahasa memiliki satu program studi, yaitu bahasa inggris.

b.) Magister (S2)

Program kuliah magister sementara ini hanya tersedia jurusan manajemen. Jurusan manajemen terbagi menjadi 4 bagian yakni manajemen bisnis, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan yang terakhir adalah manajemen sumber daya manusia.

2. Program Kuliah Internasional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Institut Bisnis Nusantara memiliki program kuliah internasional dalam kampusnya. Berikut program-program studi yang ditawarkan:

  • Accounting
  • Banking and Finance
  • Business Management
  • General Management
  • International Business
  • Mandarin Language
  • Marketing

Masing-masing jurusan mempunyai keunggulannya sendiri. Jurusan-jurusan tersebut disediakan untuk membantu para calon mahasiswa dan mahasiswi mendalami ilmu yang ingin dipelajari.

Aneka Kegiatan Di Luar Perkuliahan


Institut Bisnis Nusantara
(Sumber: dijelas.in)

Selain melalui program belajar yang ada di dalam kelas, Institut Bisnis Nusantara juga memiliki banyak sekali kegiatan di luar perkuliahan, seperti UKM dan kepengurusan pada masing-masing fakultas. Berikut rinciannya.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Bisnis Database dan Tips Menjalankannya

1. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Setiap masing-masing jurusan memiliki himpunan mahasiswa jurusan, berikut daftar himpunan mahasiswa jurusan yang terdapat di Institut Bisnis Nusantara.

  • Himpunan mahasiswa dari jurusan akuntansi memiliki himpunan mahasiswa jurusan bernama Himpunan Mahasiswa Akuntansi, atau yang sering disebut HIMAK.
  • Himpunan mahasiswa dari jurusan manajemen memiliki himpunan mahasiswa bernama Himpunan Mahasiswa Manajemen, atau yang sering disebut HIMAN.
  • Himpunan mahasiswa dari jurusan komputer memiliki himpunan mahasiswa bernama Himpunan Mahasiswa Komputer, atau yang sering disebut HIMAKOM.
  • Himpunan mahasiswa dari jurusan komunikasi memiliki himpunan mahasiswa bernama Himpunan Mahasiswa Komunikasi, atau yang sering disebut HIKOM
  • Himpunan mahasiswa dari jurusan bahasa memiliki himpunan mahasiswa bernama English Language Student Association, atau yang sering disebut ELSA.

2. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Sebuah kampus tentunya akan kurang jika tidak mempunyai unit kegiatan mahasiswa di dalamnya. Berikut ini daftar unit kegiatan mahasiswa yang ada di Institut Bisnis Nusantara:

  • UKM Olahraga
  • UKM Keagamaan
  • UKM Kesenian
  • UKM Pecinta Alam dan Jurnalistik
  • Information Media

Information media merupakan sebuah UKM untuk anak-anak yang ingin mencoba di bidang penyiaran radio. Nama dari UKM ini ialah Uvon radio atau kepanjangan dari united voice of nusantara radio.

3. Klub Mahasiswa

Selain UKM, Institut Bisnis Nusantara juga memiliki klub mahasiswa. Klub mahasiswa tersebut diantaranya ialah klub mahasiswa bulu tangkis, klub taekwondo, dan klub capoeira.

Lokasi Institut Bisnis Nusantara


Institut Bisnis Nusantara memiliki 2 kampus. Kedua kampus tersebut terletak pada lokasi yang berbeda, yaitu:

  • Untuk kampus pertama (Kampus A) terletak pada Jl. Mayjen D.I Panjaitan Kav.24 Jakarta Timur. Kode pos 13340.
  • Untuk kampus kedua (Kampus B) terletak pada Jl. Pulomas Timur 3A Blok A nomor 2, Kayu Putih, Jakarta Timur. Kode pos 13210.

Nah, itulah informasi untuk mengenal lebih dekat tentang Institut Bisnis Nusantara. Bagi para siswa dan siswi yang ingin mendalami bisnis, kampus ini sangat cocok untuk mempelajari ilmu-ilmu tentang bisnis lebih mendalam. Kualitas pendidikan di kampus tersebut juga sangat unggul dan terbukti telah menciptakan banyak pebisnis yang sukses. Jadi bagi para calon pebisnis muda, jangan ragu untuk mengenyam pendidikan di institut ini ya!

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.