Promosi adalah salah satu aspek yang sangat memengaruhi perkembangan suatu bisnis. Terutama dalam meningkatkan penjualan produk yang dimiliki. Bisnis dalam bidang apapun harus dipromosikan sebaik mungkin, tujuannya adalah supaya masyarakat mengetahui bisnis tersebut dan tergerak untuk membeli produk yang dimiliki. Sehingga seorang pemilik bisnis harus memiliki ide-ide promosi kreatif.

Ada banyak cara untuk melakukan promosi, baik secara offline maupun online. Akan tetapi sayangnya trik promosi suatu bisnis seringnya stagnan hanya di cara itu-itu saja padahal masih banyak lagi trik promosi yang secara tak terduga dapat meningkatkan penjualan produk. Kreatifitas adalah kuncinya. Ide promosi kreatif dan unik akan lebih menarik minat masyarakat untuk membeli produk daripada menggunakan cara promosi yang biasa saja.

Baca Juga: 5 Tips Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Terbukti Berhasil

10 Trik Ide Promosi Kreatif dan Unik untuk Meningkatkan Penjualan

1. Mengadakan Giveaway di Social Media

Mengadakan Giveaway di Social Media
(Sumber: Monsterinsights.com)

Program giveaway tidak pernah menjadi trik promosi yang basi karena pasti akan selalu ada peminatnya. Memangnya siapa yang tidak ingin mendapatkan gift secara gratis? Tentu saja semua orang menginginkannya. Terutama jika mengadakannya melalui medsos, para pengguna medsos akan menyebarkan informasi mengenai giveaway secara meluas kepada teman mereka.

Giveaway sendiri bukan hanya sekadar ajang bagi-bagi hadiah gratis, melainkan juga merupakan ajang promosi dengan modal yang tidak seberapa besar. Tentu saja para peserta giveaway harus memenuhi persyaratan dengan add atau follow akun bisnis, memberi like dan komentar di setiap postingan, mengikuti kuis atau misi, serta share informasi pada teman beserta hashtag supaya jangkauan audiens semakin luas.

Dengan begini mau tak mau para pengguna medsos akan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai bisnis yang dijalankan berserta produk-produk yang dimiliki. Siapa tahu mereka akan tertarik untuk membeli produknya secara langsung tanpa embel-embel giveaway lagi.

2. Melakukan Program Discount Web

Selain giveaway, masyarakat biasanya akan lebih tertarik dengan suatu produk apabila ada diskonnya. Tidak ada salahnya memberi diskon untuk produk-produk yang dijual atau dimiliki. Selain mempromosikan diskon di jejaring sosial media sendiri, promosi diskon juga dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan web discount, contohnya groupon, ensogo dan disdus. Misalnya pebisnis memberikan diskon sebesar 20%, maka web discount akan mempromosikan discount tersebut di website mereka.

Namun untuk dapat bekerjasama dengan web discount, biasanya pemilik bisnis akan dikenai charge sesuai dengan kebijakan dari websitenya. Sehingga pemilik bisnis harus memiliki budget lebih untuk melakukan trik promosi ini.

3. Menawarkan Program Member

Menawarkan Program Member
(Sumber: Sbaoi.org)

Tidak sedikit bisnis yang menjalankan program membership. Baik itu bisnis yang masih baru atau sudah beroperasi sejak lama, kunci dari kesuksesan suatu bisnis adalah loyalitas para pelanggannya. Salah satu cara untuk mengumpulkan pelanggan adalah dengan program membership. Dimana pelanggan diminta untuk membayar sejumlah uang pendaftaran jika ingin menjadi member, dan sebagai gantinya pemilik bisnis memberikan berbagai benefit yang hanya terbatas untuk para member. Benefit tersebut dapat berupa diskon khusus, hadiah apabila mereka telah mencapai target pembelian tertentu, dsb.

4. Diskon Sesuai Umur

Jangan kira bisnis makanan tidak bisa memberikan promosi-promosi yang menarik. Justru peluang untuk melakukan promosi jauh lebih besar dan cukup mudah, terutama bisnis restoran. Salah satu contoh promosi kreatif yang bisa diterapkan adalah diskon sesuai umur.

Tentukan usia berapa saja yang berhak mendapatkan diskon. Atau bisa saja menerapkan konsep usia = besaran diskon. Semisal pelanggan yang datang berusia 30 tahun, maka diskon yang bisa mereka dapatkan adalah sebesar 30%. Tentu saja pelanggan harus memenuhi persyaratannya, yaitu harus membawa KTP sebagai kartu untuk mendapatkan diskon.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pendukung Bisnis yang Digunakan Perusahaan Besar

5. Bekerjasama dengan Influencer

Trik promosi pemasaran lainnya yang saat ini sedang banyak dipilih oleh para pemilik bisnis adalah melakukan kerja sama dengan influencer atau brand ambassador. Trik promosi ini memang memerlukan biaya yang cukup besar, namun di satu sisi terbilang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk.

Pemilik bisnis tidak bisa sembarangan memilih influencer untuk mempromosikan produknya. Kuncinya adalah bijak dan selektif. Pilih influencer yang memang dipandang positif oleh masyarakat dan sesuaikan juga jenis produk yang mau dipromosikan. Lakukan riset lebih lanjut dengan melihat mayoritas followers dari influencer tersebut, sesuai atau tidak dengan target pemasaran. Jangan asal memilih influencer hanya karena alasan viral dan banyak followers saja.

6. Twazzup

Trik promosi yang dapat dilakukan secara gratis salah satunya adalah Twazzup. Trik ini dilakukan di Twitter, yakni dengan melakukan mention mengenai bisnis yang dijalankan pada pengguna Twitter yang tengah membicarakan topik yang sesuai. Semisal mereka membicarakan tentang produk sepatu olahraga, maka pemilik bisnis sepatu dapat menawarkan produk sepatu olahraga pada mereka dengan cara mention.

7. Check-in Lokasi Bisnis

Ide promosi kreatif satu ini bisa diterapkan pada restoran maupun kafe. Dimana para pelanggan yang datang wajib melakukan swafoto dengan latar belakang lokasi restoran atau kafe, lalu di upload di media sosial pribadi. Cara ini lebih mudah diterapkan apabila restoran/cafe sedang mengadakan event tertentu, seperti Halloween, Natal, lebaran, dsb. Pelanggan harus memposting foto, like postingan dari akun milik restoran/cafe, dan check-in lokasi ke media sosial mereka sebagai syarat mengikuti event.

8. Promo Gratis bagi yang Berulangtahun

Sekali lagi, siapa sih yang tidak ingin mendapatkan produk atau makanan gratis? Tentu semua orang akan menyukai hal-hal dengan embel-embel gratis. Tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan produk atau makanan gratis bagi yang sedang berulang tahun. Promo ini dapat dilakukan setiap minggu atau setiap bulan, tentu saja para pelanggan harus menunjukkan kartu identitas mereka apabila ingin mendapatkan promo ini.

Tidak hanya bagi yang berulangtahun, promo ini juga dapat diberikan untuk orang-orang dengan nama tertentu. Semisal: “gratis makan sepuasnya untuk yang bernama Layla”, atau “promo beli 1 gratis 1 bagi yang bernama Reno”, dsb.

Baca Juga: Pengertian Cross Selling : Cara Kerja, Kendala dan Contoh

9. Promosi dengan Artis/Public Figure

Promosi dengan Artis/Public Figure
(Sumber: Energibangsa.id)

Hampir sama dengan promosi menggunakan influencer, apabila memiliki budget lebih maka tidak ada salahnya untuk menggandeng artis atau public figure. Biasanya artis atau public figure memiliki jumlah followers di media sosial yang sangat banyak. Hanya saja pemilik bisnis harus selektif dan bijak dalam memilih. Usahakan followers media sosial para artis/public figure ini memang sesuai dengan target penjualan produk.

10. Mensponsori Komunitas Lokal

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menjadi sponsor untuk komunitas lokal. Tunjukkan bahwa bisnis memang memiliki kepedulian dengan komunitas lokal dengan menjadi sponsor untuk event yang mereka adakan. Pemilik bisnis memberi sejumlah dana pada komunitas lokal untuk melangsungkan acara mereka, dan sebagai timbal baliknya, komunitas harus mencantumkan logo bisnis dan berpromosi pada masyarakat mengenai bisnis tersebut.

Demikian 9 ide promosi kreatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan produk. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.