Banyak ide bisnis travel dan ticketing modern yang menyuguhkan beragam paket perjalanan yang cukup variatif. Mulai dari paket ekonomis sampai paket bisnis. Munculnya berbagai macam bisnis travel dan ticketing, tidak lepas dari usaha pemerintah dalam memajukan dunia pariwisata di Indonesia.

Selain itu, banyaknya pesona indah yang disuguhkan negeri tercinta Indonesia juga menjadi salah satu potensi bagi agen travel dalam mengembangkan usaha atau bisnisnya. Semakin majunya perkembangan zaman, para agen travel pun dituntut untuk semakin inovatif dan memberikan pelayanan terbaik untuk semakin menarik minat masyarakat di lingkungan persaingan bisnis yang semakin hari makin ketat.

Rahasia Memulai Bisnis Travel untuk Pemula


Ide Bisnis Travel dan Ticketing
(Sumber: anaca.or.id)

Setidaknya, ada terdapat dua cara dalam membangun dan mengembangkan peluang bisnis travel. Cara yang pertama adalah dengan membangun badan usaha yang memiliki izin resmi dan menjadi anggota resmi dari asosiasi pelaku bisnis travel, seperti BPW, ASITA, atau IATA. Namun, cara tersebut masih tergolong lumayan sulit karena dibutuhkan dana yang cukup besar.

Baca Juga : Bisnis untuk Mahasiswa Pemula Anak Kuliah Tahun Pertama Semester 1

Cara yang kedua yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis travel, yaitu dengan menjadi agen dari penyedia jasa layanan travel yang sudah ada. Bisnis travel harus bisa memberikan kemudahan bagi siapa pun yang memiliki keinginan untuk mengembangkan peluang bisnis atau usaha di bidang travel yang tentunya dengan budget yang minimalis.

Selain cara di atas, terdapat beberapa cara tambahan yang dapat diterapkan dalam usaha untuk membangun bisnis di bidang travel berikut ini:

1. Pilih Jenis Bisnis Travel yang Diinginkan

Bisnis travel merupakan bisnis yang memiliki cakupan yang amat luas, terutama yang berfokus pada inti bisnis itu sendiri. Tersedia bermacam-macam agen travel yang mengkhususkan diri pada pasar yang berbeda-beda, misalnya seperti agen travel khusus wisata domestik hingga agen travel khusus haji dan umroh.

Selain itu, bisa menjadi agen penyedia tiket online (ticketing modern) seperti tiket kereta, tiket pesawat, hingga agen yang menyediakan jasa penukaran khusus mata uang asing atau money changer. Dari berbagai pilihan tersebut, kita dapat memilih peluang bisnis travel manakah yang akan dijalankan. Bisa juga memilih semua jenis usaha atau bisnis travel tersebut, jika sekiranya mampu dalam menjalankan bisnis tersebut secara keseluruhan.

2. Cek Kesiapan Modal

Modal merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis, termasuk bisnis travel. Akan tetapi, modal juga tidak melulu persoalan uang. Terdapat beberapa faktor penting yang sangat berpengaruh besar dalam membangun dan mengembangkan ide bisnis travel dan ticketing modern.

Modal utama dalam sebuah bisnis atau usaha adalah karakteristik atau kepribadian pelaku bisnis. Karakteristik atau kepribadian seseorang dapat menentukan keberhasilan sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan.

Karakteristik ini biasanya yang berpengaruh sekali saat usaha atau bisnis yang dijalankan menghadapi masalah, baik itu masalah internal maupun masalah eksternal. Mental dan karakter yang tangguh merupakan modal utama dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis.

Modal kedua dalam menjalankan usaha atau bisnis adalah seberapa besar aset yang dimiliki. Bangunan yang dimiliki merupakan kepunyaan pribadi atau hasil dari sewa, besarnya tabungan yang dimiliki, juga masalah perizinan dalam mendirikan bisnis travel. Akan tetapi, apabila lebih tertarik menjadi agen travel biaya atau dan yang dibutuhkan biasanya lebih minim.

Modal yang terakhir adalah relasi, semakin luas relasi yang dimiliki artinya semakin besar pula prospek usaha atau bisnis travel tersebut dapat dikembangkan. Sebab, usaha atau bisnis travel merupakan salah satu jenis bisnis yang melibatkan banyak orang atau masyarakat. Usaha atau bisnis travel akan semakin baik apabila menjalin relasi dengan maskapai, hotel, pengelola tempat wisata, yang merupakan modal wajib dalam pengelolaan usaha atau bisnis travel.

3. Kreativitas dalam Menjalankan Bisnis

Ide Bisnis Travel dan Ticketing
(Sumber: yukkepo.com)

Bisnis travel merupakan bisnis yang memiliki peluang yang amat besar, namun juga sangat dituntut dalam hal inovasi dan kreativitas untuk menghadapi iklim persaingan yang semakin hari semakin ketat. Misal saja, dalam hal menarik konsumen atau pelanggan agar berlibur menggunakan jasa travel yang kita sediakan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Usaha Kecil Menengah untuk Milenial Indonesia

Kita bisa menggunakan iklan sebagai salah satu media promosi. Selain itu, bisa juga mengadakan promo atau diskon untuk setiap konsumen atau pelanggan yang akan melakukan perjalanan atau berlibur dengan jasa travel. Selain itu, pemanfaatan teknologi seperti internet juga menjadi media iklan yang sangat efektif dan tentunya minim biaya.

4. Bekerja Sama dengan Perusahaan Terkait

Mengembangkan peluang usaha atau bisnis travel tidak melulu soal berlibur dan tempat wisata yang akan dituju, melainkan lebih dari pada itu. Banyak faktor yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menjalankan usaha atau bisnis travel. Misal saja, mengenai masalah kenyamanan dari segi transportasi maupun hotel yang sesuai dengan harapan konsumen atau pelanggan.

Di sinilah seorang agen travel dituntut berhubungan dengan banyak hal yang berkaitan dengan usaha atau bisnis travel. Caranya dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti hotel, maskapai penyedia jasa transportasi, penginapan, catering, atau bahkan restoran.

Kerjasama dan hubungan bisnis sangatlah diperlukan, terutama pola kerjasama yang luas dan fleksibel. Semuanya itu, akan berpengaruh terhadap pola marketing yang akan dilakukan. Dengan adanya kerjasama atau relasi antar banyak pihak, diharapkan dapat semakin membantu dalam mengembangkan usaha atau bisnis di bidang travel.

Ketahui Aneka Keuntungan Dari Ide Bisnis Travel dan Ticketing Modern


Ide Bisnis Travel dan Ticketing
(Sumber: jurnal.id)

Usaha atau bisnis travel memiliki berbagai macam keuntungan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan melalui bisnis travel dan ticketing modern:

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Usaha Kecil Menengah untuk Milenial Indonesia

  1. Usaha atau bisnis travel memiliki pangsa pasar yang amat luas, mulai dari cakupan domestik sampai dengan cakupan internasional, sehingga bisa menjadi target pasar yang sangat potensial bagi usaha atau bisnis travel yang dijalankan.
  2. Membangun usaha atau bisnis travel mempunyai keuntungan yang pasti dalam hal penjualan semua produk-produk agen travel, seperti tiket pesawat, tiket kereta, paket wisata, voucher hotel, umroh dan lain sebagainya.
  3. Usaha atau bisnis travel tak akan pernah ada matinya, sebab setiap orang setiap hari melakukan perjalanan, sehingga bisnis ini akan terus ada dan akan semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu.
  4. Bisnis travel sendiri merupakan salah satu jenis usaha yang sangat fleksibel, karena bisa dijalankan di mana pun.
  5. Menjalankan usaha atau bisnis travel akan terhindar dari yang namanya masalah kadaluarsa, barang yang tidak laku dijual, ketersediaan bahan baku, dan lain sebagainya seperti bisnis makanan dan produk lainnya.

Itulah ulasan mengenai ide bisnis travel dan ticketing  modern. Dengan adanya informasi tersebut, semoga dapat menambah wawasan dan motivasi bagi siapa saja yang ingin merintis usaha dan bisnis travel. Pastikan untuk memulai bisnis travel dan ticketing dengan persiapan yang matang. Dengan mengandalkan inovasi dalam berbisnis travel dan ticketing modern, maka bisnis Anda bisa lebih dikenal banyak orang dan cepat meraih kesuksesan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.