Etika dalam berbisnis merupakan suatu hal yang sangat penting dan harus dipelajari, khususnya bagi para pengusaha yang baru mulai menyelami dunia bisnis. Perlu dipahami jika memang benar bahwa etika bisnis adalah hal yang sangat wajib dimiliki oleh para pengusaha, baik pengusaha baru atau lama.

Pasalnya, tidak akan ada pengusaha yang bisa sukses tanpa mengedepankan etika bisnis yang baik. Sebaliknya, pengusaha yang memiliki etika buruk biasanya tidak mungkin bisa mempertahankan kesuksesannya dalam jangka waktu lama. Etika bisnis telah terbukti mampu menciptakan pengusaha dan perusahaan-perusahaan yang sukses. Etika bisnis menjadi modal utama dalam meraih kesuksesan dalam kegiatan berbisnis.

Mengenal Apa Itu Etika Bisnis


Etika Bisnis adalah
(Sumber: qazwa.id)

Etika bisnis adalah hal yang wajib dimiliki oleh para pebisnis atau pengusaha dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis. Ketika sedang mengerjakan sebuah tugas atau menjalankan kegiatan bisnis, maka sangat diperlukan adanya rasa untuk bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang sedang dijalankan.

Selain itu, dibutuhkan adanya aturan yang bisa mengatur tindakan-tindakan apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Hal ini akan menjadi pendorong bagi para pengusaha untuk mendorong bisnisnya menuju pintu kesuksesan. Etika bisnis juga dikatakan sebagai pengetahuan mengenai tata cara yang paling ideal dalam mengelola dan mengatur sebuah bisnis. Tentunya, dengan memperhatikan moralitas dan norma yang berlaku universal.

Tujuan Adanya Etika Bisnis


Dalam suatu perusahaan, penerapan etika bisnis akan membentuk norma, nilai, dan perilaku para karyawan dan pimpinan dalam mewujudkan hubungan yang suasananya sehat dan adil. Baik terhadap sesama rekan kerja ataupun terhadap konsumen.

Etika bisnis inilah yang nantinya secara tidak langsung dapat mendorong seluruh pihak yang terlibat dalam perusahaan akan memiliki sikap jujur dan tanggung jawab saat menjalankan kegiatan bisnis. Dengan begitu, maka semua aktivitas bisnis perusahaan bisa berjalan lancar dan lebih mudah untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan. 

Baca Juga : Penjelasan dan Contoh Kartu Nama Bisnis Terlengkap

Etika bisnis adalah suatu pedoman yang sangat penting untuk membangun kiprah sebuah perusahaan. Membangun perusahaan, kemudian memperluas dan mengembangkannya menjadi lebih besar, tentunya bukan hal yang mudah untuk diwujudkan. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencapai itu semua, yaitu dengan memiliki etika bisnis di dalam perusahaan.

Saat menerapkan etika bisnis dengan sebaik-baiknya, maka reputasi para pebisnis pemula akan semakin meningkat. Tentunya, pebisnis pemula akan semakin mempunyai reputasi yang baik di hadapan para rekan kerjanya. Jadi, sudah pasti bahwa etika bisnis merupakan pedoman yang akan membawa suatu bisnis ke arah lebih baik.

Prinsip Umum Etika Bisnis


Etika Bisnis adalah
(Sumber: jarvis-store.com)

Prinsip umum dalam sebuah etika bisnis merupakan sebuah prinsip yang akan memudahkan setiap prosesnya. Berikut adalah beberapa prinsip etika bisnis yang sangat penting:

1. Mengedepankan Rasa Saling Percaya

Rasa saling percaya juga termasuk ke dalam prinsip umum dari etika bisnis. Melalui sikap saling percaya dan mematuhi aturan atau perjanjian yang dibuat, nantinya akan membangun rasa untuk saling menghargai serta saling memberikan semangat.

2. Bertanggung Jawab

Setiap perusahaan harus bisa bertanggung jawab demi menciptakan atau mewujudkan kemakmuran. Kemampuan harus bisa diperoleh oleh para pemegang saham, para pemangku kebijakan, serta lingkungan operasional dalam perusahaan tersebut.

3. Penghargaan Terhadap Lingkungan Hidup

Setiap perusahaan harus mampu untuk menjaga, mengelola, serta memanfaatkan sumber daya alam dengan lebih efisien. Selain itu, perusahaan juga harus memberikan kontribusi nyata kepada alam dalam hal menjaga kelestariannya.

Baca Juga : Daftar Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia untuk Calon Pengusaha

Salah satu contoh menghargai lingkungan hidup adalah tidak melakukan tindakan yang dapat mengotori dan merusak alam, seperti membuang limbah produksi di tempat sembarangan. Selain itu, jangan sampai perusahaan melakukan pemborosan penggunaan sumber daya alam yang dimanfaatkan sebagai bahan baku produksi.

4. Taat Pada Aturan Hukum

Setiap pebisnis harus memiliki sikap yang taat pada hukum. Contohnya adalah tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum, seperti tindakan suap, korupsi, hingga tindakan pencucian uang.

5. Pertimbangan Dampak Kegiatan

Dampak kegiatan mencakup dampak terhadap ekonomi dan sosial. Selain itu, juga mempertimbangkan dampak yang berkaitan dengan rasa keadilan, penegakan hak asasi manusia, inovasi, pendidikan, hingga pemanfaatan sumber daya alam dengan lebih efisien.

Manfaat dari Penerapan Etika Bisnis


Etika Bisnis adalah
(Sumber: jurnal.id)

Bagi para pebisnis yang menerapkan etika bisnis dalam menjalankan perusahaannya tentu akan memetik manfaat yang akan diperoleh. Berikut ini daftar manfaat yang akan diperoleh ketika menerapkan etika bisnis dalam menjalankan sebuah bisnis.

1. Menjadi Perusahaan yang Terpercaya

Perusahaan dengan etika bisnis yang baik, tentunya akan memperoleh kepercayaan yang tinggi dari para konsumen atau pelanggan. Etika bisnis menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sangat mengedepankan kejujuran serta tidak mungkin membuat kebohongan yang akan merugikan pelanggan. Kepercayaan dari para pelanggan inilah yang pada akhirnya membuat perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat dengan reputasi yang baik.

2. Meningkatkan Citra Perusahaan

Citra perusahaan yang terlihat baik di mata pelanggan adalah sebuah prestasi yang sangat cemerlang. Menerapkan etika bisnis dalam mengelola perusahaan, nyatanya dapat memperbaiki dan meningkatkan citra baik perusahaan di mata para pelanggan dan masyarakat luas. Ketika memiliki citra yang baik, maka perusahaan akan lebih mudah berkembang serta lebih cepat mencapai target kesuksesan.

3. Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Etika bisnis akan membuat para pelanggan percaya 100% terhadap kinerja perusahaan. Kepercayaan pelanggan terhadap kinerja perusahaan merupakan sebuah kunci untuk meraih keuntungan yang besar. Berbagai masalah yang biasanya akan mengganggu keuangan perusahaan pun bisa lebih mudah teratasi. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan pun akan lebih maksimal.

Baca Juga : Pengertian Apa Itu Bisnis Serta Tujuan dan Juga Jenis-Jenis Bisnis

4. Menjunjung Tinggi Moral

Salah satu hal yang bisa dibanggakan oleh sebuah perusahaan adalah memiliki karyawan yang saling menjunjung tinggi nilai dan moral. Etika bisnis sangat berkaitan erat penerapan nilai dan moral dalam melaksanakan segala tindakan yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan. Etika bisnis akan membuat semua karyawan saling akrab dan bersikap sopan santun satu sama lain.

5. Mengutamakan Kepentingan Bersama

Saat etika bisnis berhasil diterapkan pada diri masing-masing karyawan di lingkungan perusahaan, maka kepentingan bersama akan lebih didahulukan dibandingkan kepentingan golongan maupun individu. Manfaat ini hanya akan diperoleh ketika suatu perusahaan menerapkan etika bisnis.

Tanpa adanya etika bisnis, tidak mungkin manfaat ini bisa diperoleh. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menerapkan dan membangun etika bisnis yang lebih mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan individu atau golongan.

Nah, itulah sejuta manfaat etika bisnis bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Mengingat bahwa etika bisnis adalah sebuah pondasi dari jalannya suatu bisnis atau usaha, maka etika ini sangat penting untuk diterapkan pada perusahaan, terlebih pada perusahaan yang baru dirintis atau baru mulai mengembangkan karirnya. Dengan etika bisnis, maka perusahaan akan lebih mudah berkembang dan melesat menuju kesuksesan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.