Pengertian Ergonomi Adalah: Tujuan dan Penerapan di Tempat Kerja

ergonomi adalah

Istilah ergonomi mungkin saja masih sangat terdengar asing di bagi mayoritas masyarakat. Sesungguhnya, ergonomi adalah istilah yang sudah sangat populer dalam dunia kerja. Hal tersebut memiliki tujuan tertentu yang harus diketahui oleh semua pekerja agar mereka bisa menerapkannya dengan baik sehingga proses pekerjaan yang dilakukan berkualitas dan menghasilkan output yang baik pula. Keberaan ergonomi ini menjadi pendukung suksesnya relasi pekerjaan bagi satu pihak dengan pihak yang lainnya.

Apa Itu Ergonomi?

Ergonomi adalah sebuah studi yang mempelajari tentang aspek-asek manusia yang berada di dalam lingkup dunia kerja. Istilah ini lebih populer di wilayah Eropa Barat, sedangkan untuk wilayah Amerika, ergonomi lebih akrab disebut dengan human enginering. Hal tersebut akan membahas mengenai anatomi, desain peralatan manusia dalam melakukan pekerjaan, fisiologi, dan juga manajemennya secara meneyeluruh.

Dalam ergonomi tersebut, pekerja bisa mempelajari karakteristik dari rekan kerja mereka mulai dari sifat, kesehatan mereka, dan juga bagaimana cara memperlakukan rekan kerja dengan sebaik mungkin akan tercipta lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Dalam hal ini, semua tindakan pekerjaan yang dilakukan harus dengan seergonomis mungkin.

Jika pekerja bekerja dengan mengabaikan aspek ergonomi, maka bisa menimbulkan berbagai masalah dalam bidang kesehatan seperti keseleo, cedera punggung, dan masih banyak lagi. Di samping itu, gangguan tersebut juga bisa mengganggu mental para pekerja sehingga mereka tidak dapat melakukan tugas dan kewajiban pekerjaannya sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Apa Itu Peta Proses Operasi dan Cara Membuatnya dengan Benar

Prinsip Dasar Ergonomi

Prinsip Dasar Ergonomi
(Sumber: Greatdayhr.com)

Ergonomi mempunyai prinsip dasar yang harus ditaati para pekerja agar kesehatan mereka tetap terjaga dengan baik sehingga setiap hari bisa mengais rezeki dengan halal. Apa sajakah prinsip tersebut? Mari simak penjelasannya berikut ini:

  • Jika pekerja melakukan pekerjaan lebih banyak dengan berdiri, sebisa mungkin hal tersebut harus diubah dengan pekerjaan yang melakukannya dengan cara duduk.
  • Arah pengelihatan dalam pekerjaan harus tepat dan sesuai dengan arah penglihatan pekerja saat beristirahat supaya mata tetap sehat dan bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.
  • Sikap tubuh dalam melakukan pekerjaan akan sangat dipengaruhi oleh ukuran, penempatan, serta bentuk mesin yang digunakan.
  • Melakukan sikap duduk yang paling baik dengan cara sedikit membungkuk jika ditinjau dari segi otot. Lalu, dari segi tulang, sikap duduk yang terbaik yakni duduk dengan tegak.
  • Gerakan lengan harus dikendalikan sebaik mungkin dan harus sering-sering berpengangan ketika sudah mulai merasa pegal.
  • Pekerja diharuskan melakukan gerakan yang kontinu dan berkelanjutan.
  • Pengangkatan beban harus lebih dikendalikan.
  • Kemampuan maksimal seseorang dalam bekerja yakni hanya sekitar 8-10 jam saja per satu hari satu malam.

Prinsip Kerja Ergonomi

Keberadaan ergonomi sebagai suatu studi tentunya mempunyai prinsipnya dalam dunia kerja tertentu. Hal ini akan memudahkan para pekerja dalam melakukan manajemen terhadap pekerjaan mereka. Dengan belajar ergonomi, secara tidak langsung pekerja akan memperoleh berbagai prinsip seperti berikut ini:

  • Panca indera yang dimiliki manusia hendaknya digunakan sebagai kontrol kesehatan tubuh. Hal ini berarti bahwa jika salah satu panca indera mengalami gangguan, pekerja harus peka dan melakukan istirahat sebaik mungkin.
  • Menggunakan tenaga yang dimiliki dengan seefisien mungkin untuk melakukan pekerjaan baik itu yang sifatnya ringan atau pun berat. Jika dirasa beban yang dibawa terlalu berat, sebaiknya harus dikurangi.
  • Melakukan sikap tubuh berdiri, duduk, dan jongkok dengan tepat dan sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada di dalam ergonomi.
  • Jantung harus benar-benar dijaga kesehatannya dan tidak boleh diforsir ketika melakukan pekerjaan.

Tujuan Adanya Ergonomi

Setelah mengetahui prinsip dasar dan prinsip kerja ergonomi, para pekerja juga harus mengetahui tujuan dari ergonomi agar mereka lebih semangat lagi menerapkan prinsip-prinsipnya di dalam dunia kerja. Tujuannya yakni:

  • Meningkatkan kesejahteraan sosial yang dilakukan melalui kontak sosial dalam pengoordiniran kerja secara tepat guna dan efisien.
  • Meningkatkan kesejateraan mental dan fisik para pekerja.
  • Menyelaraskan keseimbangan antara aspek ekonomis, antropologis, dan juga teknis.

Baca Juga: Tutorial Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri Untuk Pemula

Penerapan Ergonomi dalam Dunia Kerja

Ketika sampai pada dunia kerja, pekerja harus menerapkan teori-teori yang telah dipelajari dalam ergonomi secara real dan sebaik mungkin. Penerapan ergonomi dalam dunia kerja tersebut mencakup beberapa hal sebagai berikut:

1. Sikap Duduk

Sikap Duduk
(Sumber: Blog.spacestock.com)

Ergonomi dalam dunia kerja wajib diterapkan dengan baik dalam sikap duduk yang dilakukan oleh para pekerja. Sebab, jika mereka lebih banyak bekerja dengan duduk, hal ini bisa dipastikan bahwa akan mempengaruhi kondisi kesehatan khususnya otot dan tulang belakang. Maka dari itu, aturlah sikap duduk dalam bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip dasar yang diberlakukan dalam ergonomi.

Penerapan sikap duduk yang baik dan tepat di dalam dunia kerja yakni sebagai berikut:

  • Duduk dengan punggung yang lurus dan bahu berada di belakang.
  • Usahakan pantat menyentuh bagian belakang kursi.
  • Duduklah di ujung kursi dan sedikit bungkukkan badan.
  • Tahan posisi duduk secara membungkuk tersebut dan perlahan-lahan lepaskanlah untuk memperoleh keseimbangan yang baik antara kemampuan otot dan juga tulang belakang.
  • Jangan duduk terlalu lama, dan jika sudah dirasa bosan bisa melakukan gerakan berdiri sesekali.

2. Proses Kerja

Proses kerja membahas bidang pekerjaan yakni hubungan antara pekerja dengan alat-alat yang digunakan. Hal ini menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap kemampuan, tingkat produktivitas para pekerja, serta tingkat kelelahan mereka. 

Dalam hal ini, proses kerja yang dirancang harus didasarkan pada berbagai faktor seperti halnya usia, jenis kelamin, dan lain-lain semacamnya. Tentunya, jenis kelami antara laki-laki dan perempuan harus diberikan porsi kerja yang berbeda. Hal ini berlaku juga pada tingkatan usia para pekerja.

Baca Juga: Cara Mendirikan PT: Biaya dan Syarat-Syarat Mendirikan PT

3. Tata Letak Tempat Kerja

Tata Letak Tempat Kerja
(Sumber: Kmobuilding.co.id)

Tata letak tempat kerja juga masuk dalam studi ergonomi yang akan sangat berpengaruh dalam kesehatan para pekerja. Display semua barang-barang yang ada di tempat kerja harus jelas serta memudahkan aktivitas para pekerja.

Jika display tersebut mudah dijangkau, para pekerja bisa menggunakan tenaga mereka dengan seefisien mungkin. Sebelum menentukan display barang-barang, sebaiknya uji cobalah terlebih dahulu apakah letak tersebut nyaman bagi pekerja atau tidak.

4. Beban yang Diangkat Pekerja

Penerapan beban yang boleh diangkat oleh para pekerja tidak boleh sembarangan saja. Hal ini harus didasarkan pada 2 prinsip kinetis yakni meliputi sebagai berikut:

  • Beban yang diangkat para pekerja sebisa mungkin harus menekan otot tungkai yang keluar dan otot tulang belakang harus dibebaskan dari pembebanan.
  • Untuk mengawali gerakan pengangkatan beban, momentum gerak badan haruslah dimanfaatkan sebaik mungkin supaya menghindari adanya cedera-cedera yang bisa terjadi pada punggung dan wilayah anggota gerak yakni tangan dan juga kaki.

Ergonomi adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Semoga dengan adanya informasi yang mendalam terkait dengan ergonomi tersebut, para pekerja lebih sadar akan peran mereka masing-masing. Di samping itu, aktivitas pekerjaan mereka akan lebih terarah dan nyaman jika menerapkan ergonomi yang baik dalam setiap aktivitas kerja yang dilakukan.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like