Contoh proposal usaha sangat diperlukan ketika akan membuka sebuah bisnis, dengan proposal usaha akan diketahui apa saja yang dibutuhkan ketika menjalankan bisnis termasuk didalamnya adalah tujuannya.

Jika ingin membuka sebuah bisnis tentunya memerlukan kesiapan yang matang dan penuh dengan pertimbangan. Adanya contoh proposal usaha memudahkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena di dalamnya terdapat tujuan dan pedoman secara detail dan jelas. Selain itu dengan adanya proposal usaha bisa digunakan untuk mencari tempat yang tepat, bahkan klien yang bisa diajak untuk kerjasama. Bukan hanya itu saja manfaat proposal usaha. Berikut manfaat lainnya dari proposal usaha.

Baca Juga: Bagian Bagian Contoh Proposal Bisnis Beserta Penjelasan Lengkap

Ketahui Manfaat Contoh Proposal Usaha

Sudah dijelaskan di atas, manfaat proposal usaha bisa digunakan untuk mencari tempat usaha yang tepat juga mencari investor. Selain itu ada manfaat lain contoh proposal usaha.

1. Sebagai Perbandingan Antara Rencana dengan Hasil Sebenarnya

Di dalam proposal usaha tentunya terdapat rencana. Di dalam rencana juga terdapat beberapa bagian, yaitu anggaran dan yang lainnya. Lalu bandingkan proposal yang tertulis dengan pekerjaan di lapangan yang sudah dikerjakan. Apakah semuanya sudah seperti yang diharapkan.

2. Untuk Menguji dan Mengembangkan Ide

Proposal usaha memiliki manfaat positif bagi pengusaha. Yaitu mengembangkan usahanya. Salah satu caranya dengan mengembangkan ide dengan melakukan inovasi sendiri.

3. Analisis Finansial

Dengan adanya proposal bisa melihat peluang bisnis yang akan dijalankan. Selain itu prediksi tingkat keberhasilan pun bisa dilihat dengan menganalisis finansial.

4. Untuk Melihat Gambaran Kemampuan Seorang Manajer

Sebuah proposal usaha bisa digunakan untuk melihat kemampuan manajerial pemilik usaha. Karena di dalam proposal terdapat perencanaan yang akan dilakukan. Sedangkan pelaksanaannya dipengaruhi oleh kemampuan pemilik proposal dalam menjalankan bisnis tersebut. Oleh karena adanya contoh proposal usaha turut menggambarkan kemampuan dalam mengelola usaha.

5. Adanya Pemikiran Objektif dan Kritis

Menjalani sebuah usaha memang tidak mudah. Tapi jika ada proposal, secara tidak langsung sudah termasuk memikirkan banyak hal tentang usaha secara objektif dan kritis. Dan itu membuat klien mungkin akan tertarik untuk bekerja sama. Selain itu, semua rencana sudah tertuang dalam proposal yang otomatis klien juga akan memikirkan prosesnya dan keuntungan yang akan didapatkan jika bekerja sama.

Itulah beberapa manfaat proposal usaha. Setelah mengetahui manfaatnya tentunya belum lengkap jika tidak ada contoh proposal usaha. Berikut contoh proposal untuk usaha jasa, dagang, kerajinan, dan makanan.

Baca Juga: Film Motivasi Bisnis yang Ampuh Membuat Kamu Bangkit dari Kebangkrutan Usaha

Isi Contoh Proposal Usaha di Bidang Jasa

Contoh Proposal Usaha di Bidang Jasa
(Sumber : Kompasiana.com)

Yang pertama dilakukan untuk membuat contoh proposal usaha adalah ide usaha jasa yang ingin didirikan. Misalnya bimbingan belajar. Ide ini bisa digunakan mengingat sekolah tidak bisa masuk dikarenakan adanya pandemi Covid 19. Jika berniat membuka usaha bimbel, selalu gunakan protokol kesehatan dari pemerintah dan mendapatkan surat izin untuk tatap muka. Berikut apa saja isi dari proposal usaha Bimbel.

1. Judul Proposal

Diisi nama bimbel yang nantinya dipakai.

2. Struktur Organisasi dan Rincian Tanggung Jawabnya

Sebutkan beberapa bagian yang ada di bimbel dan uraikan tugas-tugasnya. Misalnya bagian direktur, akademik, administrasi, keuangan, marketing, tutor, dan karyawan lainnya.

3. Target yang Diharapkan

Misalnya SD ada 50 siswa, SMP ada 100 siswa, dan seterusnya.

4. Produk yang Ditawarkan

Di dalamnya terdapat produk atau paket yang nantinya ditawarkan kepada konsumen. Contohnya paket reguler SD, paket sukses UN, dan lain sebagainya.

5. Kelebihan Bimbel

Tuliskan beberapa kelebihan dari bimbel. Misalnya di Tutor, jumlah anak setiap kelas, fasilitasnya, atau yang lainnya.

6. Harga

Sebutkan harga secara rinci dalam daftar harga setiap paket. Sehingga konsumen bisa langsung paham harganya.

7. Pemasaran

Di sini bisa dijelaskan bagaimana cara memasarkan agar bimbel bisa dikenal secara luas. Bisa dengan sebar brosur ke sekolah-sekolah. Kerjasama dengan beberapa pihak sekolah. Atau bisa menyebarkan brosur dengan adanya diskon namun terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku.

8. Statistik Keuangan

Di dalamnya terdapat rincian pengeluaran dana awal, kalkulasi perkiraan selama satu tahun, dan dana yang nantinya akan dikeluarkan.

9. Analisis Risiko dan Cara Mengantisipasinya

Di dalam bagian ini dituliskan risiko yang akan dihadapi jika tidak sesuai dengan espektasi. Namun juga diberikan solusi yang nantinya dipakai terhadap risiko tersebut jika muncul.

Itulah contoh proposal usaha di bidang jasa. Pastikan tulis secara lengkap agar bisa disodorkan ke investor sehingga bisa diajak kerjasama. Selain contoh di atas, di bawah ini juga ada contoh isi proposal usaha dagang.

Baca Juga: Peranan, Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Konsultan Bisnis dalam Perusahaan

Isi Contoh Proposal Usaha Dagang

Isi contoh proposal usaha dagang
(Sumber : Siapbisnis.net)

Tentukan barang yang nantinya akan dijual. Dan pastikan barang tersebut lain dari pada yang lain atau unik. Nah, apa saja yang akan disiapkan sebelum berdagang, berikut contoh proposal usaha dagang.

1. Judul Proposal

Tuliskan dagangan apa yang nantinya akan dijual. Misalnya mukena sulam pita, sepatu bordir, atau yang lainnya.

2. Target Pasar

Di bagian ini diisi siapa saja yang bisa memakai barang dagangan yang nantinya akan dijual. Apakah khusus pria atau wanita. Bisa juga semua kalangan masyarakat.

3. Strategi Marketing

Di dalamnya terdapat harga yang nanti ditawarkan. Promosi yang akan digunakan, bisa melalui pemasangan pamflet, sebar brosur, lewat sosial media, atau yang lainnya.

4. Strategi

Isinya tentu saja strategi pemasaran dagangan. Mungkin dengan memberikan diskon khusus, potongan harga di setiap jumlah pembelian tertentu.

5. Dana

Isi dengan dana yang nantinya akan digunakan. Bisa modal awal dan dana operasional.

6. Pendapatan

Diisi jumlah pendapatan kira-kira setiap item. Nanti dikalikan selama sebulan. Di akhir catatan beri jumlah pendapatan total.

Lanjut dengan contoh proposal usaha di bidang makanan. Sejak adanya pandemi Covid 19, usaha makanan menjadi meluas, apalagi dijual secara online dan dibuat homemade. Untuk ini pilih makanan beku yang unik yang jarang dibuat oleh lainnya.

Isi Contoh Proposal Usaha di Bidang Makanan

Contoh Proposal Usaha di Bidang Makanan
(Sumber : Ekrut.com)

1. Judul Proposal

Beri judul sesuai dengan makanan yang akan dijual.

2. Konsep yang Digunakan

Bisa diisi cara penyajiannya. Bagaimana cara menikmatinya atau keunikan bungkus yang digunakan.

3. Manajemen

Diisi dengan orang yang membuat ide usaha ini dan yang memulai usaha ini.

4. Deskripsi Usaha

Jabarkan produk yang nantinya dipakai. Bisa penyajiannya atau bungkus. Keunggulan produk yang nantinya dijual, misalnya rasanya yang khas.

5. Harga

Tuliskan harga secara lengkap di setiap variannya. Sehingga konsumen tidak perlu menanyakan kembali.

6. Promosi

Tuliskan secara jelas bagaimana cara mengenalkan produk makanan kepada khalayak masyarakat. Bisa secara offline atau online.

7. Target Pasar

8. Analisis SWOT

Isi dengan analisa SWOT yang meliputi kompetitor, kelebihan, kelemahan, dan opportunity.

Itulah beberapa contoh proposal usaha yang bisa dibuat referensi. Adanya proposal usaha bisa mematangkan rencana-rencana yang akan dilaksanakan. Namun jangan lupa aspek lain sebelum memulai usaha, yaitu keuangan. Seperti bensin, sebuah kendaraan tidak akan bisa berjalan jika tidak ada bensin. Begitu juga dengan usaha tidak akan berjalan jika tidak ada modal. Selamat mencoba.

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram Bukausaha.com. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.